Download Games Digital Lebih Cepat Menggunakan PSX Download Helper

Semakin hari game-game PS4 digital saya rasa terlihat semakin marak, dengan berbagai macam diskon-diskon yang diberikan membuat harga-harga game PS4 ini semakin terjangkau oleh kantong kita, hal ini tentunya membuat banyak orang yang mulai beralih yang dahulunya game fisik berubah ke game digital. Namun tentunya kita tau sendiri kendala dari game digital adalah kita harus mendownload base game-nya terlebih dahulu, dan kadang ukuran dari game-nya cukup besar hingga 50-100 GB. Ukuran file game yang besar dan kecepatan internet yang pas-pas-an kadang membuat orang-orang berfikir kembali untuk membeli game dalam bentuk digital. 
Outlast 2 Gameplay
Namun sebenarnya ada sebuah alternatif yang bisa saya berikan, program ini sebenarnya program lama yang dulu pernah saya gunakan saat men-download game PS3 di mana speed internet Speed saat itu masih 512 Kbps. Saya contoh kan mendownload game dengan judul Outlast 2 pada jam-jam sibuk jam 12 siang membutuhkan waktu sekitar 98 Menit.
Download Outlast 2 selama 98 Menit
Program yang saya gunakan namanya PSX Download Helper dan PSX Link Generator. Kedua program ini sebenarnya digunakan untuk memindahkan proses download game yang sebelumnya kita lakukan di PS4, di pindah ke PC/ Laptop dengan menggunakan Internet Download Manager. Dengan menggunakan download manager ini secara teori proses download sebuah game akan lebih cepat karena di download secara part dan bersamaan. Pada artikel ini saya akan mencoba memberikan panduan secara lebih rinci bagai mana cara menggunakan program ini dan hal apa saja yang di perlukan serta trial and error yang pernah saya alami.

I. Hal yang dibutuhkan dan di siapkan.
  1. Laptop/PC dengan program Internet Download Manager (IDM) yang sudah ter-install.
  2. Kabel UTP/LAN (straight) - Kabel LAN jadi bisa di beli di toko komputer.
  3. Program PSX Download Helper
  4. Program PSX Link Generator
Diagram-nya kurang lebih akan seperti ini :
Diagram sederhana

II. Langkah Awal Setup Network Laptop.
  1. Hubungkan laptop ke Koneksi Wifi seperti biasa, saya menggunakan Indihome dengan kecepatan 50 Mbps.
  2. Hubungkan Kabel UTP/LAN dari laptop ke PS4.
  3. Pada Laptop (Windows 10) setting pada Control Panel - Network and Internet - Network and Sharing Center - Change Adapter Setting - Pilih Wifi - Klik Kanan - Properties - Sharing - Centang pada Allow Other User... - Pada Home Network Connection pilih Ethernet (Kabel LAN yang terhubung dengan PS4).
    Setting Network di Windows 10
Centang sesuai gambar

III. Langkah Awal Setup PSX Download Helper.
  1. Jalankan PSX Download Helper di laptop (awal akan bahasa China) - Klik Tombol Play hijau besar - lalu masuk ke tab setting seperti gambar di bawah untuk merubah ke bahasa Inggris, tutup aplikasi lalu jalankan lagi.
    Tombol Play
    Bahasa China bingung
    Ubah bahasa ke Inggris biar mudah di pahami
  2. Jalankan kembali PSX Download Helper di laptop makan akan muncul alamat IP, alamat IP di sini sebenarnya adalah lokal IP dari laptop kita (192.168.1.13), dan alamat IP ini perlu kita set pada PS4 di menu Proxy. (Jangan tekan tombol Start terlebih dahulu ya).
    Halaman depan PSX Download Helper
  3. Pada menu PS4, masuk ke menu Setting - Network - Set Up Internet Connection - Use a LAN Cable - Custom - Automatic - Do Not Specify - Automatic - Automatic - Use - Masukan IP 192.168.1.13 ada Address dan Port biarkan 8080 - Next - Jangan Klik Test Internet Connection terlebih dahulu.
    Setting Proxy di PS4
  4. Kembali Ke laptop, Klik tombol Start pada PSX Download helper, di laptop saya tidak tau kenapa akan muncul 1 error, namun tidak ada masalah sih, saya klik Oke dan Yes aja 2x.
    Error tidak tau kenapa? mungkin format jam
  5. Setelah masuk ke halaman utama, seperti gambar di bawah ini, kembali ke PS4 dan klik aja Test Internet Connection, harusnya semua berjalan dengan sukses. *Jika error pada Test koneksi di PS4, coba disable firewall laptop dan cek kembali IP PS4 (segemen nya beda di saya 192.168.37.1), cek setting proxy di PS4, cek kabel, cek IP laptop apa sama dengan yang muncul di PSX Download Healper, jika tidak sama kita bisa ubah secara manual.
    Halaman utama program PSX Download Helper
    Sukses test koneksi internet
IV. Proses Download Games di Laptop.
  1. Setelah PSX Download Helper jalan dan sudah terhubung dengan PS4 menggunakan kabel UTP LAN, kita di PS4 tinggal masuk ke library games dan memilih game yang akan kita download, di sini saya memilih games Outlast 2 sebesar 18 GB, Saya tinggal pilih aja Download seperti biasa, saat download berjalan kita lihat pada Program PSX Download Helper, maka program ini akan memperlihatkan link download ke Server PSN dari game Outlast 2, kemudian di PS4 proses download nya akan saya stop karena link download sudah saya dapat.
    Link Download Sudah di dapat
  2. Selanjutnya link 1 pada PSX Download helper akan saya copy dan paste ke program satunya (PSX Link Generator), karena ukuran game dari Outlast 2 sekitar 18 GB jadi game tersebut akan di bagi menjadi 5 part, karena memang server PSN menyimpan file dalam model part potongan 4GB seperti ini. Klik aja tombol Generate Link, dan tunggu hingga selesai kadang butuh waktu 1 menit *info aja saat saya extract program ini file .exe, terdeteksi virus oleh antivirus saya, maka perlu di matikan dulu antivirus-nya sementara dan extract ulang file rar nya. 
    Halaman utama PSX Link Generator
  3. Biasanya supaya tidak salah copy link karena link nya hampir mirip-mirip, saya klik Menu - Export Link - lalu save dalam bentuk text, dari sini tinggal copy-paste aja ke program IDM klik Task - Add Batch Download from Clipboard, maka otomatis semua link akan masuk ke program IDM dan kita tinggal download semua part hingga selesai. *Saya sarankan download satu part-satu part, karena pengalaman saya download 5 part secara bersamaan seperti gambar di bawah ternyata hasil akhirnya ada part 2-3 yang error corrupt.
    Download secara bersamaan
V. Proses memasukkan games ke PS4.
  1. Setelah 5 part sudah selesai saya download, saatnya kirim ke PS4, pertama saya buat folder dengan nama PS4 di Laptop saya, contoh saya taruh misalkan di D://PS4 dan copy semua file ke folder baru tersebut.
    Contoh folder PS4 di D:\
  2. Kita buka lagi PSX Download Helper di laptop, masuk ke tab Setting pada pilihan dan centang pada Auto Find Replace File, kita klik tombol Folder dan arahkan ke folder yang barusan kita buat di poin nomer 1. Setelah ini biarkan PSX Download helper jalan di laptop jangan di tutup, dan jangan lupa sambung kan kabel UTP LAN ke PS4, pastikan juga setting-an Proxy sudah benar, karena kalau kita download di lain hari kemungkinan akan berubah dan perlu kita setting lagi terlebih dahulu.
    Arahkan ke D:\
  3. Selanjutnya kembali ke PS4, biasanya Game Outlast 2 yang awal saya download saya hapus dulu, lalu saya kembali masuk ke Library dan pilih download ulang game Outlast 2, di sini proses akan copy game Outlast 2 dari laptop saya ke PS4, dan prosesnya hanya memakan 5-9 menit karena cuma copy data lokal saja. Pada proses ini sebenarnya PSX Download Helper mengelabui PS4 kalau ambil datanya tidak via Internet ke PSN Server, melainkan hanya copy data secara Lokal (Intranet).
    Proses Copy data ke PS4
  4. Setelah ini makan Game Outlast 2 akan di install dan bisa di mainkan seperti biasanya.
  5. Untuk Proses download bisa di resume, jika link mati tinggal buat tautan link baru, jadi proses download file game-nya jadi lebih fleksibel, bisa pinjam Bandwidth kantor, sekolah, kampus dll. Kalau saya pengalaman di kawasan perkantoran kantor pemerintahan (PNS) biasanya ada wifi yang super kencang, teman - teman tinggal speak-speak aja dengan satpam di lokasi siapa tau dapat password wifi-nya.
VI. Penutup dan Kesimpulan dari Saya.

Menurut saya PSX Download Helper ini sangat-sangat membantu, karena download dari Server PSN untuk Game Outlast 2 dengan ukuran 18 GB membutuhkan waktu 98 Menit (1 Jam 38 Menit) sedang saat menggunakan PSX Download Helper dan IDM hanya membutuhkan waktu 68 Menit (1 Jam 8 Menit). Namun tentunya semua ini tergantung dengan kondisi Server dari PSN, jujur saat saya tulis artikel ini Server PSN sedang di batas-in speed-nya karena sedang Pandemic, sehingga saat saya lihat di IDM pun speed download nya tidak maksimal, saya membandingkan dengan download file dari Google drive bisa tembus 5-7 Mbps sedang Server PSN mentok di 2-3 Mbps. Dengan kondisi maksimal tentunya saya juga yakin kalau menggunakan PSX Download Helper akan lebih cepat. 
Hal ini tentunya ber imbas juga ke Indonesia
Kelebihan lainnya tentunya kita tidak harus rest mode PS4 dalam jangka waktu lama (*hemat listrik), laptop bisa di hidupkan dan di matikan kapan saja, dan proses download bisa di lakukan di mana saja, bisa juga ke lokasi yang tersedia layanan wifi.id yang speed internet-nya up to 100 Mbps. Saat terjadi file corrupt pun kita bisa tracking di part mana yang error, berbeda dengan download langsung di PSN, saat terjadi error misal download Outlast 2 ini, kita baru tau nya saat sudah selesai download, dan kita tidak bisa apa-apa selain menghapus file Download-an kita dan memulainya lagi dari nol. Kalau pakai PSX seperti kasus saya, saat ada error di copy data 10 GB itu berarti part 3 yang error, tinggal download ulang aja part 3 nya 4 GB tidak usah ke keseluruhan file dari awal.
Outlast 2 Gameplay
Kelemahan PSX Download Helper tentunya, ribet instalasi-nya, harus butuh kabel UTP LAN (model beli), harus colok sana-sini, harus setting sana sini dan tidak praktis. PSX Download Helper juga tidak bersahabat dengan pengguna awam yang tidak ada basic komputer. Namun awalnya tentunya teman-teman akan kebingungan, namun kalau sudah coba berkali-kali tentunya akan paham dan berkata "oalah gitu aja toh". Saat terjadi error akan langsung bisa tau ini apanya yang salah. Jika teman-teman merasa tutorial nya kepanjangan, teman-teman bisa search di google tentang artikel ini sudah banyak banget yang bahas baik dari bahasa Indonesia / Inggris

Sebagai penutup, semoga artikel ini bisa membantu teman-teman semua. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ya, kedepan-nya mungkin akan saya buat tutorial tanpa menggunakan kabel UTP LAN hanya menggunakan wifi. Terimakasih.

14 comments:

  1. Thanks for your marvelous posting! I seriously enjoyed reading it, you are a great author.I will always bookmark your blog and will come back later in life. I want to encourage one to continue your great posts, have a nice morning!
    Best cheap ps4 games

    ReplyDelete
  2. nice info gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan..Senang artikelnya bisa bermanfaat

      Delete
  3. Thanks bang infonya. Kebetulan banyak games fisik yang susah nyarinya di onshop. Terus katanya klo beli di psn bisa di share bang.gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di share ke 1 PS4 lain, gamenya belinya juga bisa patungan, biasanya kalau mau beli game dengan patungan tinggal buat id PSN baru yg hanya di isi 1 game, lalu user PSN sama passwordnya tinggal di share ke temen yg di ajak patungan tadi. Artikel lebih lengkapnya ada di sini : https://hydeist666.blogspot.com/2018/03/cara-berbagi-akun-psn-berbagi-library.html

      Delete
  4. Bang buat download update game bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Prosesnya cuma beda ini di PS4 pilih update game, lalu di stop kalau link updatenya sudah ke baca di Psx download helper, lanjut download link dari pc sampe selesai lalu entar tinggal ulang proses update bedanya skrg data di ambil dari PC bukan server psn

      Delete
  5. Bang,file yang di download ini dalam format apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Formatnya Package (.PKG) setiap file ukuran 4GB, jadi kalau file updatenya 20Gb jadi ada 5 part file pkg

      Delete
    2. Buat diinstal lagi harus di satuin lagi ato kagak. Namanya juga harus diganti gak.
      TRIms n stay save

      Delete
    3. Nama ga ush di ganti, kalau di ganti malh error, biarin aja nama filenya sesuai yg kita download. Nanti filenya di taruh dalam satu folder, sudah lengkap saya tulis di artikel di atas, di baca aja yg teliti pasti bisa..

      Delete
  6. Bang, kok kecepatan transfer dr laptop ke ps4 nya cuma 1-2 mbps ya? padhal udah sesuai semua sama tutorialnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya full speed-nya kalau LAN kan bisa sampai 300Mbps, coba ganti kabel UTP mas

      Delete
    2. kabelnya harus straight mas? atau bisa pake cross

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.