A Story That Could Only be Told by Video Games

-An ordinary story telling....

Kita sebagai manusia hanya menjalani siklus hidup yang yang tidak akan pernah berakhir... Selalu berulang, hingga kita mati... "Hidup adalah perjuangan tanpa akhir..

Dengan bermain video game, hal itu akan mengubah perspektif kita dalam menjalani hidup, karena akan ada skenario-skenario pilihan yang tidak akan pernah kita alami di kehidupan nyata, sebuah PENGALAMAN yang hanya bisa kita dapatkan dari bermain video games.. 

-What meaning of life?
Dalam game Nier: Automata diceritakan Bumi terkena wabah misterius, ditambah invasi alien dari luar angkasa yang membangun "mesin robot" lalu berperang dengan manusia, manusia juga membuat Android untuk bisa memerangi para mesin ini, hingga akhirnya manusia terdesak dan mundur membuat koloni di bulan. Namun konflik perang antar android dan mesin ini berlangsung ribuan tahun, dimana mereka masing-masing berperang mengatas nama-kan "PENCIPTA"-nya

-The Ship of Theseus 
Pada beberapa misi awal game Nier: Automata, ada salah satu misi yang cukup menarik bagi saya, dimana kita harus mencari suku cadang untuk seorang Android Supply Trader di suatu tempat penampungan, suku cadang tersebut digunakan untuk memperbaiki kaki yang rusak dari Android tersebut..
Singkat cerita, akhirnya saya mengumpulkan semua suku cadang yang di butuhkan, lalu kembalilah saya ke Android Supply Trader tersebut, namun setelah saya berikan semua suku cadang yang di butuhkan, Android tersebut terdiam dan malah tidak mengganti kaki rusaknya dengan suku cadang yang baru..

Saat Saya tanya, "Kenapa kamu tidak mengganti kaki kamu yang rusak?" lalu Android itu merespon, "Aku sudah melalui ratusan peperangan, dan aku sudah mengganti semua part yang ada di dalam tubuhku, hingga aku tidak ingat lagi sudah berapa ratus kali aku menggonta-ganti anggota part tubuhku..

Namun hanya satu anggota tubuhnya yang sama sekali belum pernah dia ganti sejak awal, yakni kakinya yang sekarang rusak...

Si Android berkata "Jika saya mengganti part original yang TERAKHIR masih terpasang di tubuhku ini, apakah aku masih "ADA" atau aku akan berubah menjadi se seorang yang baru??... di sini saya geleng-geleng kepala, buset deh..

Teka teki pertanyaan di atas di ambil dari sebuah teka teki terkenal yaitu "Ship of Theseus paradox", dimana kapal perang Theseus dari mitologi Yunani yang telah melewati ratusan peperangan dan mengalami kerusakan di sana-sini, dan selalu di perbaiki hingga akhirnya berubah menjadi sebuah kapal yang 100% berbeda dari original nya, dan sekarang tersimpan di museum.
Hal ini juga relevan dengan sistem biologi tubuh manusia, "Sel" dalam tubuh manusia yang merupakan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup, Sel akan selalu membelah diri dan ber-regenerasi namun akan ada beberapa dari Sel yang ikut mati, proses ini akan terus berulang hingga pada usia 30 tahun, di usia 30 tahun kita tidak memiliki Sel Original dari usia 10 tahun.. 
Jadi jika tidak ada yang tersisa lagi dari sel original 20 tahun yang lalu, apakah kita sekarang masih manusia yang sama?? ada teman-teman yang bisa jawab?...Kalau saya pribadi sudah tau jawabannya apa..heheh

Dan akhirnya si-Android Supply Trader tidak mengganti kakinya yang rusak, dan menghabiskan sisa hidupnya di tempat penampungan. Misi awal ini merupakan sebuah pesan dari game ini supaya kita lebih memperhatikan detail dari game ini.

-Pascal Wager
Dalam game Nier: Automata, kita akan bertemu dengan tokoh mesin bernama "Pascal" tokoh ini tentunya di ambil dari tokoh asli bernama Blaise Pascal seorang filsafat dan matematika terkenal dari abad ke 17. Blaise Pascal sangat terkenal dengan text tentang Geometri dan Probability, namun tidak itu saja ada satu hal yang berhubungan dengan keagamaan yakni "Pascal Wager" atau "Taruhan Pascal"...
Dalam argumennya Blaise Pascal, sebagai matematik-awan dan ahli statistik dia mengungkapkan tentang ada dan tidak adanya, percaya atau tidak tentang eksistensi Tuhan di dunia ini, dia memiliki teori yang menarik...

Menurut perhitungan dan statistik yang telah di lakukan oleh Pascal, Sebaiknya kita percaya akan Tuhan, bahwa Neraka dan Surga itu ada, karena kalau kita SALAH, maka tidak akan terjadi apa-apa saat kita nanti mati, dan jika kita BENAR maka saat kita mati, kita akan menikmati Surga yang sudah di siapkan oleh Tuhan.
Sebaliknya jika kita TIDAK mempercayai adanya Tuhan maka, saat kita mati kita akan mendapatkan siksa dari Nya selama-lamanya. 

Hal ini akan berakhir pada sebuah KETAKUTAN, ketakutan akan mati, ketakutan akan masuk neraka sebagai hukuman sesudah kita mati.. Pelajaran yang bisa kita ambil dari Pascal Wager ini sebenarnya, menyarankan kita untuk TAKUT akan murka Tuhan, dan memotivasi kita untuk hidup soleh dan berbudi luhur, taat dengan Agama dan kepercayaan masing-masing.
Karakter Pascal dalam game Nier: Automata, diceritakan sebagai seorang pemimpin dari kelompok mesin yang tidak terhubung dengan jaringan dari Alien dan membuat kelompok tersebut tidak mendapatkan perintah dari penciptanya, sehingga mereka memilih untuk membuat sebuah desa kecil dan mencoba untuk hidup damai layaknya kehidupan manusia..
Singkat cerita, di pertengahan dari game, Desa yang di pimpin oleh Pascal ini di serang oleh mesin-mesin yang men-gila, dan akhirnya Pascal berhasil meloloskan diri dengan anak-anak mesin yang tersisa dan berlindung di sebuah ruangan pada pabrik kosong di dekat desa.. 
Akhirnya karakter utama di tugaskan mati-matian untuk mempertahankan pabrik itu, gelombang demi gelombang serangan dari mesin gila terus menghujani karakter yang saya mainkan, benar-benar sebuah pertarungan tanpa henti yang melelahkan. Kemenangan karakter utama terbilang kemenangan yang sangat tipis karena secara logika harusnya saya kalah... 

Setelah berhasil menang kembalilah karakter utama dan Pascal ke ruangan tempat anak-anak mesin tersebut bersembunyi, dan betapa kaget nya Pascal melihat semua anak-anak mesin ternyata malah BUNUH DIRI.. Semua anak-anak merasa putus asa melihat pertarungan yang tidak mungkin di menangkan karakter utama.. dan memilih untuk mengakhiri hidupnya dari pada tunggu di bunuh oleh mesin gila..
Dari sini Pascal menyadari dia telah melakukan sebuah kesalahan fatal dalam mendidik anak-anak mesin, Pascal mengajarkan konsep KETAKUTAN dalam berfikir, karena dengan mengajarkan hal itu maka Pascal akan menjaga anak-anak mesin selalu aman terhindar dari bahaya.. Namun semua ternyata salah.. Saya ingat orang tua saya mengajarkan, "hayoo jangan main sampai magrib nanti di culik sama hantu" dll...
Konsep yang sama seperti dunia nyata, Salah satu hal yang di butuhkan dalam iman adalah percaya akan ada kekuatan yang lebih besar dari diri kita...

Setelah melalui sebuah tragedy yang membuat Pascal sangat putus asa, dan  akhirnya dia meminta kita untuk mengakhiri hidupnya, dari sini kita akan di berikan 3 pilihan untuk menentukan nasib dari karakter Pascal ini..

1. Membunuh Pascal sesuai keinginan dia.
2. Menghapus memory Pascal, supaya dia bisa memulai lagi dari awal.
3. Meninggalkan sendiri Pascal.

Sebuah pilihan yang menarik, kita di suruh memilih sebuah jawaban yang sekiranya paling MANUSIAWI, beberapa pilihan di atas tentunya memiliki sebuah konsekuensi dalam game ini..

Jika saya memilih Nomer 1, jelas itu tidak manusiawi, mengakhiri hidup suatu mahluk, di agama mana pun itu tidak di perbolehkan. Pilihan Nomer 2 terlihat paling manusiawi, namun ternyata tidak... Dengan menghapus memory Pascal maka karakter Pascal akan mengulang semua kesalahan yang sama seperti yang pernah dia lakukan mulai dari awal lagi, malah setelah kita menghapus memory Pascal, dia dengan tanpa merasa bersalah malah mencopot semua suku cadang dari anak-anaknya yang bunuh diri tadi dan menjualnya di Market, dan Pascal memulai konsep mengajarkan ketakutan kepada orang lain.
Pilihan Nomer 3 lah ternyata pilihan paling manusiawi, dengan meninggalkan Pascal apa adanya, membuat dia berfikir dan tentunya memberikan kebebasan padanya untuk menentukan nasib nya sendiri, membuat dia berfikir untuk tidak mengulang kesalahan yang sama. Manusia akan selalu melakukan kesalahan, dengan belajar dari kesalahan itu dan tetap bangkit membuat kita Manusia berbeda dari mahluk lainnya... END

Itulah sedikit cerita dari Video Game, sebuah pengalaman yang hanya bisa di dapatkan dari memainkan nya, tentu tidak itu saja dalam satu game Nier: Automata sebenarnya ada banyak buanget pelajaran hidup tentang gender, moral, agama, penciptaan dunia, manusia dll, itu baru cerita dari satu game, dan masih buayak judul game lain yang memberikan sebuah cerita yang luar biasa bagus..
Hiburan dari Buku dan film, memaksa kita untuk berfikir dan melihat apa yang ingin di tunjukkan oleh sutradara dan penulis buku, pesan moral yang di sampaikan via audio visual namun dalam video games kita bebas melihat secara 360 derajat memiliki kemampuan untuk memilih sendiri pilihan-pilihan moral yang menentukan kelangsungan hidup dari karakter-karakter yang ada di dalamnya... dan kita akan selalu belajar dari hal terkecil apa pun..

Ini lah video games sebuah hiburan yang KALIAN anggap hanya mainan orang bodoh yang hanya meng-habis habiskan waktu dan bersifat ke kanak-kanak-an..

-Glory to mankind...

2 comments:

  1. salam kenal mas, saya suka bgt dgn isi artikel diatas....ijin copy yaa....hehehe....pada dasarnya bermain game tdk cuma sekedar bermain tp bisa sambil belajar juga didalamnya....#main_AC_Odyssey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas, wah saya jadi inget dulu pas main ac oddesy ada misi di awal-awal, tentang wabah (black death), yg kena satu keluarga, dan pada saat itu ada dokter yg akan membunuh mereka supaya wabah tdk menyebar, karakter utama datang lalu di suruh utk memilih, antara menyelamatkan keluarga dgn membunuh dokter atau membiarkan dokter2 membunuh keluarga tersebut.. pada saat itu saya memilih pilihan yg salah wkwwk.. masih kepikiran sampe skrg.. Ac Oddesy game yg bagus, bisa explore athena dan spartan dengan visual 3d merupakan keajaiban.. walaupun hanya dalam game.. .. salam Gamer

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.