Beli Share Akun PSN di PS4, Apakah Aman?


Saya melihat jual-beli akun PSN PS4 akhir-akhir ini semakin marak, saya sempat mengikuti beberapa grup WA / Telegram yang khusus menjual akun-akun ini. Jadi ada seorang penjual, menjual beberapa macam akun PSN (Username+Password) yang di dalam akun tersebut terdapat beberapa games, game nya bisa bermacam-macam judulnya, dan jumlahnya setiap akun berbeda-beda, tergantung dengan harga akun tersebut. Share akun sendiri sebenarnya memang merupakan sebuah fitur yang resmi diberikan oleh PlayStation, namun jika di per-jual belikan untuk keuntungan pihak ke-3 beda lagi ceritanya. Kalau kita mau berfikir positif ini merupakan sebuah alternatif bagi teman-teman yang mau memainkan game PS4 dengan harga terjangkau, namun setelah itu akan muncul pertanyaan, apakah aman membeli share akun ini? Apa yang terjadi setelah kita membeli akun-akun ini? dan siapa aja sih yang di rugikan? yuk mari kita bahas :)
Chapter 1: Asal-usul akun PSN yang di jual.
Saya sempat penasaran dari mana sebenarnya akun yang di jual-jual ini? setelah saya melakukan beberapa riset dan memikirkan nya, saya mendapatkan kesimpulan yang mungkin bisa kita diskusikan di kolom komentar, Pertama akun-akun ini memang sengaja di buat oleh satu-atau dua pihak yang sengaja mau memasarkan akun berisi game ini dengan metode embel-embel share akun ini, kenapa bisa saya bilang seperti itu, karena kalau dilihat dari pola game yang di tawarkan, rata-rata itu merupakan game-game baru seperti Red Dead Redemption 2, Death Stranding, Dragon Ball Z: Kakarot, dan lain-lain. Kalau ini memang akun real harusnya library game nya lebih luas lagi, kayak game-game free PS+, atau game-game lama lainnya. 

Kedua, akun di dapatkan dari hacking akun milik user lain, hal ini mungkin saja terjadi, banyak kasus yang saya baca dari forum PS4 Indonesia, kalau tiba-tiba akun nya berubah passwordnya, dan game nya ke lock. Hal ini bisa aja terjadi di seluruh dunia di banyak pengguna PS4 di seluruh dunia. Kalau akun hasil hack, saya perhatikan di dalam akun ada terdapat Tema atau Avatar berbayar. Untuk menjaga agar akun kita tetap aman, pastikan teman-teman meng aktifkan : Activate 2-Step Verification. Hal lain yang di curigai bisa membuat akun kita ke hack adalah tiba-tiba ada pesan dari orang tidak di kenal di PS4 kita, seperti dengan ID yang mencurigakan seperti Bored_Girls yang tiba-tiba mau mengirimkan foto, atau tiba-tiba ada yang memuji trophy kita dll, sebaiknya pesan-pesan ini jangan di buka atau set security hanya bisa menerima pesan dari teman yang sudah ada di list friend kita.


Yang Ketiga, akun di buat dari hasil carding, carding sendiri merupakan hal ilegal, mencuri informasi kartu kredit milik orang lain, dari informasi yang ada pihak yang tidak bertanggung jawab membuat akun PSN baru, lalu dengan CC tersebut dia membeli game sebanyaknya, lalu cepat-cepat di jual/ di putar kembali, karena menurut saya, metode CC ini lah yang paling berbahaya, jika pemilik CC melapor ke bank terkait dan pihak bank melanjutkan melapor ke pihak Playstation bisa di pastikan 1000% kalau akun yang di gunakan untuk membeli game-game tersebut akan di banned. Proses pelaporan ke bank-PSN pengalaman saya memakan waktu sekitar 30 hari. Saya ada artikelnya : KLIK DI SINI

Chapter 2: Aman-atau tidak membeli share akun ini?
Aman-atau tidak saya tidak bisa menjaminnya, namun dari kasus yang saya kumpulkan belum ada kasus akun ID PSN atau mesin PS4 yang ke banned setelah membeli share akun ini. Namun saya bisa jamin 100% kalau kita membeli share akun seperti ini maka cepat atau lambat game nya akan ter gembok/ tidak bisa di mainkan. Hal ini terjadi karena pemilik akun asli telah mengganti master password miliknya, bisa karena di sengaja supaya game bisa di putarkan lagi, dan di jual ke user yang lainnya. Atau misalkan ini merupakan hasil akun hack, pemilik akun memiliki waktu sekitar 6 hari untuk melaporkan ke PSN dan password di reset oleh pihak Sony. Untuk mengakali game ter gembok ini biasanya penjual meminta setelah men-download game nya, PS4 kita di suruh offline, supaya saat server PSN merubah password, data yang dikirim dari server ke PS4 kita tidak sampai. Namun setelah kita online lagi suatu saat maka game akan ter gembok juga.  


Chapter 3: Apa yang terjadi setelah kita membeli share akun?
Yang terjadi tentunya kita bisa bermain game yang sesuai dengan akun yang kita beli, jika kita membeli akun yang gemuk (banyak game) maka kita harus memilih-milih game apa aja yang bisa kita download dan install di hardisk external-internal PS4 kita dan setelah itu kita offline kan PS4 kita dan mulai me namat kan masing-masing game tersebut. Karena kalau kita tetap online saat memainkan game-game tersebut takutnya akun akan ke lock di tengah permainan, baru 1/2 petualangan game nya ke lock, kan tidak lucu main game 1/2 jalan, kalau sudah ke lock tentunya itu akan menghancurkan experience kita dalam memainkan game tersebut, apa lagi kalau game RPG yang butuh grinding di dalam memainkan nya. Saat sudah ke lock seperti ini mungkin pihak penjual pun tidak tau apa password yang sudah di ganti tersebut, yang bisa di lakukan penjual adalah mengganti dengan akun lain yang masih aktif (jika ada perjanjian di awal), dengan begini kalau ada game yang sama dengan yang kita mainkan di atas ya selamat lah, kita bisa melanjutkan petualangan kita, namun banyak sekali faktor penghalang nya, seperti region game, men download ulang game, save game tidak sesuai karena masalah region dll. Saya sudah berdiskusi dengan beberapa member PS4 Balikpapan, berikut hasil capture nya.
Chapter 4: Siapa saja yang di rugikan?
Share akun seperti ini atau metode PS4 HEN, tentunya akan ada pihak-pihak yang akan di rugikan. Share akun ini jelas yang paling di rugikan adalah jika akun hasil hacking adalah pemilik akun yang di hack, dia tidak tau apa-apa, dia beli game secara susah payah, menabung, mengeluarkan energi untuk menimbang-nimbang dan bersabar menunggu sampai ada diskon dll, tiba-tiba aja akun nya di ambil oleh orang lain, menurut saya itu sama aja dengan mencuri, kita yang beli sama aja dengan penadah barang curian. Menurut saya itu parah sih. 

Jika akun-akun ini sengaja di buat dan di per-jual belikan seperti ini, menurut saya yang di rugikan adalah kita sebagai yang membeli akun, karena kita tidak dapat kejelasan yang pasti, hukum jual-beli itu adalah jelas di awal, penjual dapat apa? pembeli dapat apa? apakah sesuai antara harga dan apa yang di dapat? Semuanya jelas di awal, sampai akhirnya ada kata yak "DEAL", saya merasa banyak hal yang di tutup-tutupin dalam model jual share akun ini, coba deh sebelum beli tanya-tanya, "Ini akun nya dapat dari mana??", "mungkin tidak bisa di mainkan selamanya??", jika di menjual dan kita beli harusnya game nya jadi milik kita dong, kalau tiba-tiba ke lock di tengah jalan, kenapa tidak namanya "SEWA Share akun PS4", atau "Jasa jual akun hasil HACK, dijamin pasti ke lock". 

Jika akun hasil Carding, yaah tentu lah yang dirugikan pertama kali adalah yang punya kartu kredit, sudah hilang waktu mengurus sana-sini, nambah pikiran dll.

Setelah itu tentunya yang di rugikan adalah pihak PlayStation lalu Sony setelah itu Developer games, dan terakhir karyawan yang bekerja di studio tersebut, toko-toko game dan seterusnya.
Chapter 5: Kesimpulan dan Penutup.
Tidak Akan Ada Asap Jika Tidak Ada Api, tidak ada penjual akun jika tidak ada pasar nya. Dengan adanya jual-beli share akun PS4 ini tandanya ada pangsa-pasar nya, ada permintaan, ada yang beli dan akhirnya bisnis ini bisa berputar, ada pihak-pihak yang di untung kan. Harga baru game PS4 yang begitu mahal membuat orang-orang memutar otak, memikirkan bagaimana cara agar bisa mendapatkan game dengan harga lebih murah. Saya pribadi sudah lama tidak membeli game baru, game terakhir saya Star Wars Jedi: Fallen Order (2019) yang merupakan game tahun lalu, kalau saya sih lebih banyak bersabar menunggu harga menjadi lebih murah, tidak keburu-memainkan game dengan judul baru, toh game nya tidak akan lari ke mana-mana.

Saya pribadi tidak membenci orang yang menjual share akun PSN, saya tidak ada dendam apa pun, saya tidak di rugikan dengan aksi mereka, dengan artikel ini saya cuma ingin berbagi pandangan tentang dunia yang saya cintai ini, dunia video game, setelah ini silahkan teman-teman yang membaca mengambil keputusan masing-masing, kita sudah dewasa, sudah bisa membedakan mana baik-mana buruk, mana benar-mana salah. Kita cuma berada di satu hobby yang sama.

Kalau saya di tanya apakah saya mau membeli share akun model seperti ini? jawaban saya solid TIDAK, ya karena ketidak jelasan di atas, kalau saja penjual bilang ini akun saya pribadi, saya jual setelah 3-6 bulan saya lock akun nya karena mau saya putar lagi, maka saya mendapat suatu kepastian, saya punya sebuah target menyelesaikan beberapa game dalam kurun waktu 3 bulan, dan saya bisa memainkan game tersebut dengan tenang tidak takut sewaktu-waktu di lock. Harganya memang murah dan menggiurkan, namun di situlah jebakan nya..

* UPDATE Informasi 13 Juni 2020
Ceritanya ada teman yang info ke saya dan dia habis beli share aku ke seseorang di Internet; apakah bisa orang lain melakukan banned ke PS4 kita, saya jawab aja bisa, dengan beberapa kondisi tentunya tidak sembarangan main banned aja, seperti dilaporkan berbicara Rasisme, spam, bicara kasar saat main game multiplayer dll. Akhirnya dia bertanya apakah mungkin penjual share akun melakukan banned ke PS4 kita? di sini saya akin bingung, lalu saya minta lah percakapan mereka.
Pada saat itu saya berfikir gila juga seller-nya mau banned PS4 yang beli share akun-nya. Tau nya, teman saya itu mengganti password dari akun yang dia beli, dari percakapan WA gambar 1, memang seller tidak menjawab boleh untuk mengganti password share akun tersebut, dan teman saya itu menganggap boleh, di mana dalam hukum jual beli share akun memang di wajibkan untuk tidak mengganti password share akun yang sudah di beli. Pada percakapan WA gambar 2, si seller mengancam akan melakukan banned terhadap mesin PS4 teman saya, mungkin karena geram. 

Lalu muncul pertanyaan, apa bisa seller / orang lain meminta Sony untuk banned ID PSN atau Mesin PS4? jawabannya tentu bisa, namun pihak Sony tentunya juga memiliki berbagai pertimbangan dan harus di investigasi dulu kasusnya sebelum Sony benar-benar melakukan banned terhadap suatu mesin PS4. Mungkin seller email ke pihak Sony, kalau aku nya di HACK dan minta Sony untuk banned mesin PS4 yang akun-nya di gunakan untuk login, yang mana itu adalah mesin PS4 teman saya. 

*UPDATE 7 AGUSTUS 2020
Saya jadi berfikir, selama ada peminat atau pembeli makan sistem share akun ini akan selalu ada, akan tetap subur, karena memberikan iming - iming bermain game secara murah. Saat ada teman saya posting di forum PS4 Balikpapan, mata saya jadi terbuka, bahwa kita harus bisa stop hal ini, lakukan lah hal kecil walau hal itu tidak merubah apa-apa.. karena Semua itu tetap ada nilai nya. Se pengetahuan saya sebagian besar teman saya yang beli share akun menggunakan nama orang luar ngeri yang mana itu mengindikasikan bahwa itu akun hack milik orang lain..

UPDATE 23 Oktober 2020 - Saya ambil dari salah satu komentar.
Jadi, share akun hasil hack itu kan ngambil sistem Primary/Primer sebuah akun, akunnya orang. Misal si pemilik asli akun tersebut sadar akunnya udah di hack, karena dia udah gak bisa set Primary lagi di ps4nya, maka dia lapor ke sony dan minta Primary nya balik, dan minta ps4 yang ambil akun tsb di proses. Boom, sony ban ps4 itu. Karena udah masuk ke pencurian. Makanya pas lapor sony selalu minta data2 akun kayak nama, nomor transaksi, serial number ps4 dll. Jadi bakalan tau siapa yang ambil akun tsb.

Kalo kita pake akun share hasil hack dan aman2 aja sampai saat ini, ya itu artinya kita lagi beruntung. Mungkin pemilik asli akun tsb gak butuh Primary nya, atau udah lapor ke sony tapi cuma minta primary nya balik tanpa mempermasalahkan. Itu lagi beruntung ya. Tapi kan, siapa yang tau kalo bakalan apes?

Ciri-ciri akun hack:
- Murah
- Game nya banyak
- Region luar, kayak US atau Eropa
- Nama akunnya orang luar

Semoga bermanfaat, terimakasih.

73 comments:

  1. Bermanfaat artikelnya bro trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama" semoga bisa bermanfaat bagi yg lainnya, soalnya byk bgt skrg model share akun ginian..

      Delete
  2. Mau tanya bro. Kalo udah beli share akun, trus main offline. Tapi nanti ketika mau main online pake BD apa ada resiko mesin kena banned?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya share akun ga sampe ke banned kok mas. Tergantung akun yg di share juga, misal hasil hack2an atau carding ada kemungkinan bisa di banned kalau ada yg lapor.. cuma utk saat ini sih blm ada kasus yg di banned

      Delete
    2. Jadi nanti kalo mau main pake BD dan online, resiko terbesar cuma game yg dr akun share tadi yg gak kebuka lagi ya?

      Delete
    3. kalau kasus nya main BD dan online tapi pake akun PSN sendiri , bukan main dihasil share akun .apakah sama saja bro?

      Delete
    4. Kalau online kan otomatis lisensi game akan terverifikasi ke server PSN, jd walaupun online pake akun pribadi, akun yg share kemungkinan akan ke lock walupun tdk di buka..

      Delete
  3. Terima kasih infony, ad yg sy ingin tanyakan apabila beli akun share ini dan sy main offline, setelah bbrp waktu sy mainkan sy hapus semua akun tsb dan coonect lagi pagi akun sy apakah akun sy yg ad bbrp game nyvmasih aman dimainkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun mas tentunya masih aman, tidak ada masalah. Kalau pun share akun masih belum di gembok pun masih aman aja untuk di download dan mainkan lagi, selama password dari yang punya akun belum di ganti..Kalau boleh tau tahan berapa lama ya mas akun offlinenya? berapa bulan? utk update data saya aja sih

      Delete
  4. Ada 2 pertanyaan nih
    Ad orng jual ps4 ny
    Share akun dia
    Ktny akun pribadi gameny ad 10 lbh baru baru
    Di srh wajib offline doang

    Pertanyaan
    1. Kl online pk id pribadi? Dan id pribadi saya primary
    Id dia ga primary di console yg udh jd milik saya.
    Besok nya ga nyalain internet krn mau main game di akun dia
    Apakah gamenya kena lock kl dia ganti password?

    Ke2
    Kl kita offline terus
    Dia ganti password
    Apakah kita tetap bisa play?
    Soalny kl ganti password
    Akun yg di share di console di lock gamenya.
    Apakah kl stay offline
    Meski dia ganti pass
    Kitabisa tetap play?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban :
      1. Tetap ke lock, walau online pakai akun mana pun dan di set as primary apa tidak, saat online PSN akan check semua lisensi game pada PS4 tersebut. Kemungkinana besar game akan di lock

      2. Kalau di ganti passwordnya, selama kita offline game tidak akan ke lock, jadi prosesnya password sudah berubah via PSN, namun PSN mau mengganti password di PS4 nya mas tidak bisa karena PS4 mas sedang offline, saat PS4 online maka PSN akan update lisensi game tersebut, kalau password tidak sesuai maka akan di gembok, kayak poin nomer 1.

      Itu menurut saya bukan akun pribadi, tapi akun share, yg PS4-nya di jual dengan bundle game supaya harga jual nya naik. Namun PS4 model seperti ini, cukup misterius, kita tidak akan pernah tau apakah PS4 ini mesin nya sudah ke banned apa belum, krna kita takut untuk online mempertahankan game yg ada di dalamnya.. Ada kasus jual PS4 yg mesinnya sudah ke banned tapi seller tidak bilang apa-apa, dan harganya normal.

      Delete
  5. mau tanya gan kalau misal saya mau share akun saya. misal saya ada akun A dan B, saya mau share akun B ke PS4 orang lain. apakah setelah saya share, game di akun B tetap bisa saya mainkan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun B tetap bisa di mainkan di PS4 mas, dan bisa di mainkan di PS4 yang mas share..Selama password akun tersebut tidak ada yg ganti

      Delete
  6. mo nanya om, sebenernya jual akun sendiri (bikin id-beli game legal sendiri) boleh ga sih? ane kan niatnya emang tiap game yg dibeli pake akun yg berbeda, niatnya emang dijual lagi..mohon pencerahannya ya...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau saya juga gitu mas, setiap beli game selalu saya buatkan ID khusus tidak gabung sama ID utama, maksudnya nanti bisa di jual lagi atau di sewakan sih.. Kalau masalah boleh dan tidaknya harusnya boleh aja sih mas, soalnya kita kan beli game itu, dan itu sudah jadi hak milik kita, misal mas mau jual lagi ya tidak papa asal jelas di awal, berikan juga username dan password dari email supaya benar-benar bisa di reset passwordnya. Dengan banyaknya diskon di reg turkey saya rasa banyak org yang mulai beralih ke digital dan mungkin kedepanya akan banyak akun digital yg secara terang-terangan di perjual belikan, (bukan model share akun).

      Delete
    2. sip sipp..iya sekarang daripada beli game di id kita (rawan dihack) mending ribet bentar bikin email trus bisa dijual lagi...makasih pencerahannya

      Delete
    3. Memang kalau mau aman aktivin 2 step verification mas, itu saya rasa sudah sangat aman kok.. 🙏🏻

      Delete
    4. Bikin email yang bagus dimana ya?

      Saya baru bikin 8 email di Yahoo aja udah di warnjng , katanya nomor hp saya terlalu banyak di gunakan di yahoo

      Delete
  7. artikel yang membantu buat pemula dalam hal ps4 seperti saya

    ReplyDelete
  8. kalau saya baru beli akun ps4. saya mainkan gamenya.
    apakah trophi nya ikut masuk ke akun pribadi saya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal akun yg mas beli itu bisa di set as primary lalu gamenya di mainkan di akun pribadi mas, maka save game sama trophy akan masuk ke akun pribadi mas.. beberapa yg jual share akun kadang gamenya di jual ke beberapa prg sekaligus yg mengakibatkan akun tab tdk dpt di set as primary

      Delete
  9. Bang maaf mau tanya, kalo akun psn yg di share itu dari PS4 A ke PS4 B wajib set as primary biar gamenya bisa dimainkan di kedua ps? bagaimana kalo tidak? trus kalo akun yg di share itu berlangganan PS Plus, apakah bisa kedua PS4 tersebut sama-sama bermain online? dan jika saya ganti ke akun pribadi psn saya, game yg telah di masukan dari akun psn lain masih tetap bisa dimainkan di akun psn pribadi saya?

    sebelumnya trimakasih artikel nya bermanfaat untuk pemula seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya kalo ingin berbagi, kedua akun di PSnya harus berlangganan PS Plus?

      Delete
    2. - Iya mas saya maafkan, supaya di PS4 B, akun game dari PS4 A bisa di mainkan maka akun PS4 A harus di set as primary di PS4 B, ini simple bgt, kalau sudah prakterk, memang susah untuk di jelakan krna jd berputar-putar.
      - Kalau akun PS4 A ada PS+ maka PS4 B akan mendapatkan fitur bisa bermain game online. PS4 B sendiri bisa main online juga di ID aslinya.
      - Kalau di akun isi game set as Primary maka game bisa di main kan pake akun pribadi, kalau tidak maka game akan ke gembok di akun pribadi, harus di set as primary.
      - Kalau ingin berbagi hanya 1 akun aja yg PS+

      Delete
  10. Jadi selama akun yang dibeli itu hasil hack password (bukan cardingan), kemungkinan terburuk game nya lock ya? Konsol aman dari ban mesin? Misalnya beli 5 akun, dan semua ke lock, apakah sony gk curiga dan bisa jadi alasan buat ban konsol kita? Ada pengalaman gitu gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pengalaman beli share akun tdk ada mas, saya cuma mengumpulkan info dari temen2 sekitar saya. Namun menurut saya kalau hasil hack password pun itu salah sih, tetep merugikan pengguna lain. Kalau psn id primer saya yg ke hack saya akan email sony meminta utk semua mesin ps4 selain punya saya yg pernah di pakai login utk di banned permanen. Ban bisa user yang meminta, jd saat kita pake akun share hack2 user yg punya bisa minta request ke sony dan itu akan di pertimbangkan lg tentunya.

      Delete
  11. selain 2 step verification, ada lagi gak cara biar akun aman gak di hack. jujur saya kalau beli game lebih milih yang disc daripada digital,kalau misal di hack tetap bisa buat akun baru dan semua utuh kan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tingkat tertinggi pengamanannya ya 2 step ver ini, sama mungkin pakai password yg rumit, dgn spesial karakter. Kalau game disk tentunya bisa di install di akun baru mana pun, namun save game tetep nempel di akun yg lama misal id itu ke hack..

      Delete
  12. Gan mau tanya, sy baru beli ps 4 second trus bonus game dari sellernya nah ternyata saya baru tau kalo gamenya itu pake share akun dan disuruh offline, tp saya tanya main online bisa katanya tp make bd dan tetep risiko ke lock gamenya.. Yg mau ditanyakan ni gan
    1. Kalo saya delete akun yg dari sellernya trus saya login akun saya apakah game dan save data game nya hilang? Jika gamenya hilang apakah save nya bisa terselamatkan ya gan,jadi misal saya mainin game itu lagi ga ulang progressnya ?
    2. Kalo misal di share akun nya itu ada update game apakah misal saya update dan tentunya make internet, apakah berisiko ke ban jg gan ?
    Lalu biar ga ke ban gimana ya gan sebaiknya ?
    Makasiih gann maaf nih masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau online pake BD game share akun pasti ke lock mas, ga ada kata mungkin, pasti ke lock
      1. Kalau dari awal mas main pake akun yg berisi game sahre akun maka semua save game ada di situ. Kalau mas login pake akun sendiri yg lain otomatis harus ngulang dari awal, krna save game mengikat ke psn id.
      2. Kalau online pasti ke lock mas, itu sudaj resiko sih, kalau masalah ban itu kebijakan sony, kalau share akunnya ilegal dan ada yg lapor maka mesin akan di ban, cuma utk saat ini saya blm pernah dpt info ada yg di ban krna share akun. Ya jaga2 aja sih... biar main ga was was.
      Kalau ada koneksi internet stabil mungkin lebih baik di gunakan fitur onlinenya, krna beli game digital skrg juga sudah murah kalau ada promo. Langganan ps+/ps now aja itu sudah ibaratnya kita ga ush beli kset lagi selamanya..

      Delete
    2. Saran saya mainkan aja semua game offline sampe tamat mas, sampai puas, kalau sudah tinggal di hapus, buat id psn baru dan semua save game masuk ke sana. Nikmati aja mas apa yg ada dulu :)

      Delete
    3. Mas setya yg pinter, mau tnya...

      Kmarin saya beli pes 2020 info dr seller reg turkey ...
      N dia bilg dsruh gnti passwrd ....

      Jd aman y mas klo kyk gini..takut ny ud d install d ps laen ny..n klo saya gnti passw d laporin ke sony...

      Delete
    4. Mas ganti aja mas password PSN sama email kalau di kasih. Supaya lebih aman. kalau sudah ganti password kan otomatis jadi milik mas game digitalnya dan tidak bisa di masukkan ke ps4 lain tanpa se ijin mas..

      Delete
    5. jadi klu hapus akun share nya apa game nya ikut ke hapus gan?

      Delete
  13. Gan mw tanya itu kok temen abang yg ps4 nya mw di bann bisa ganti pass share acount bukanya butuh gmail ya sedangkan gmailnya kan ga dikasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, yang temen saya ganti itu password akun PSN nya, kan bisa ganti password PSN. Cuma yg punya akun tau kalau password di ubah, mungkin ada notifikasi di emailnya. Akhirnya di pilih forget password dan perintah reset akan di email ke gmail yg mana hanya dia yang tau passnya, dan di ubah lah ke password yg punya akun. Dan akhirnya temen saya kena somasi itu.. beberapa bulan lalu saya tanya masih aman aja sih PS4 nya ga di ban..cuma ya dia ketakutan..

      Delete
  14. Saya ada pertanyaan gan semoga di jawab

    1.apakah ketika 6 hari tetep online tetapi tidak memakai game yg di jualkan apakah akan terlock juga?

    2.apakah mesin ps4 bisa terbanned kalau saya beli karna saya masih ragu gan untuk memainkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Yang menyebabkan game ter lock itu karena password PSN ada yang merubah, selama password tidak di ganti oleh seseorang maka game tidak akan ter lock. Cuma utk share akun pasti di batasi 1 bulan donload, dan setelah itu biasanya di minta untuk offline. Kalau kita online akan ada kemungkinan di lock gamenya. Jawabnnya walau tidak di mainkan gamenya tetap bisa terlock.
      2. Ini ada video yg mungkin bisa menjelaskan, bukan punya saya tapi cukup mewakili : https://www.youtube.com/watch?v=WGXs7xyL66k

      Delete
    2. Kalau saya disuruh logout ps4 artinya apa gan

      Delete
    3. log off itu ya log off, hbais download gamenya suruh log off ganti ke akun yang lain.. atau baiknya tanya yg jual aja mas, saya takutnya salah..

      Delete
  15. Gapapa lah mas thankyou ya saya rip duit juga gapapa udah terlanjur beli soalnya takut kenapa napa juga ps4 saya gan takutnya terbanned mesin wksk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas, yg sahre akun itu memang ga pernah terbuka itu akun hasil dari mana, memang yg paling apes kalau akun hasil hack, dan yg punya akun melaporkan ke psn, jd bisa ke banned..

      Delete
  16. Mau tanya bang klo punya game hasil share akun gini ,bisa make BD ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main pake BD bisa, bisa main normal, yg penting jangan connect internet aja mas

      Delete
    2. Gimana klo kasus banned mesin ps4 gan? Apa bisa dikembalikan jadi normal?

      Delete
    3. Tidak bisa, 99% sudah tidak bisa di pakai online, saya ga tau kalau ganti hardware masih bisa apa tidak..setau saya tidak bisa... btw ke banned kah mas?

      Delete
  17. Ngeriii bgtt, diancam mau di bann 😨😨😨

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sellernya ngeri, cuma bisa sih ada potensi bisa di benned kalau di laporin ke playstation asia

      Delete
  18. saya ada nanya seller akun share akunnya didapat darimana terus dijawab akunnya itu crack bukan pishing. Jadi kaya akun netflix yg dijual online katanya. Itu maksudnya gimana mas? apakah beda sama hack atau beda sebutannya aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama aja mas, intinya "mengambil sesuatu yang buka milik dia" lalu di perjual belikan untuk keuntungan pribadi.. kalau bentunya barang namanya "maling", Yg beli otomatis jadi "penadah". Objek digital pun juga seperti itu.. skrg tinggal kembali ke diri kita masing-masing aja..

      Delete
  19. saya ada nanya seller share akun, katanya akunnya bukan hasil hack atau carding tapi dari akun crack bukan pishing. Jadi kaya akun netflix yg dijual online. itu maksudnya gimana mas? apakah sama saja hack cuma beda istilah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sebenarnya bisa di lihat dari isi gamenya, itu hack-hack an apa tidak, ada juga kemungkinan juga seperti artikel saya di atas poin nomer satu, contohnya, Saya beli game judul Marvel's Avengers seharga 800rb resmi di PSN store, kemudian akun saya itu saya jual ke 3 orang dengan harga masing-masing 300rb, maka saya akan untuk 100rb, namun akan ada 3 orang yang saling tidak kenal tau ID PSN dan password, dan ada kemungkinan salah stu-nya yg tidak paham mengubah passowrd dari PSN tersebut, walau bisa saya ubah lagi karena saya yang pegang password email. jadi yang di butuhin saat membeli share akun itu, kalau benar-benar mau jadi hak milik kita 100% adalah kita minta username dan password PSN id dan juga email nya..

      Delete
    2. wah ngeri juga ya. Tapi sampai sekarang ada kasusnya ya yg ke banned mesin gara" akun share?
      btw domisili balikpapan mas?

      Delete
    3. Iya saya di Balikpapan mas, utk skrg saya blm pernah denger kasus banned mesin krna share akun ini, cuma kalau id ke banned pernah

      Delete
    4. di balikpapan ada komunitas playstation ya?
      soalnya di samarinda gak ada

      Delete
    5. Di balikpapan ada komunitasnya, lumayan lah kecil-kecilan, ada juga kok temen2 dari SMD yg join grup WA, dan FB, coba aja add, dan minta link utk join grub WAnya, saya perhatikan kadang pada mabar juga : https://www.facebook.com/groups/1656148337985010/forsaleposts/

      Delete
  20. Mohon pencerahannya ����

    Saya beli akun sharing, main online pakai akun pribadi.

    Setiap kali game dari akun A saya mainkan online, pasti game dari salah satu akun yang lain tergembok.

    Tapi kalo saya onlinein PSnya cuma buat download game (dalam arti gak mainin gamenya), semua game atau akun share aman tidak ada yang tergembok.

    Pertanyaannya:
    Berarti PS boleh online hanya untuk download game saja dan bukan untuk menjalankan aplikasi (game, YouTube, browser dll) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih yg menyebabkan game ke gembok itu kalau id psn di ganti password atau di set as primary ke ps4 lain, jadi saat PS online dia akan deteksi game-game apa aja yg memenuhi dua kriteria di atas. kalau sesuai maka game akan di lock mengindikasikan game tersebut di bagi ke beberapa PS4.

      Mungkin pas mas download aja itu, kedua kondisi di atas tidak terpenuhi, jd tidak ada game yg ke gembok.

      Misal memang bisa seperti ini, berarti peredaran share ID akan sangat marak sekali karena gamenya tidak ke gembok walau kita online

      Delete
  21. Ada tempat rekomend jual beli BD second gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya kalau beli BD second di grup jual beli ps4 yang ada di FB, coba cari dulu siapa tau ada grub jual beli game ps4 yg lokal di kota mas.
      Contoh yg inndonesia :
      - https://www.facebook.com/groups/1167279823316076/
      - https://www.facebook.com/groups/fjbps4/
      Enaknya yg di FB kita bisa check track record orangnya terlebih dahulu.

      Cuma sekarang kadang saya beli di Tokopedia juga

      Delete
  22. Misal nih gan,kalo ane mainin game hasil share account di akun pertama abis itu online, jadi akun pertama sama akun sharenya yg and beli ke banned dua duanya gak ya? kalupun ke banned,yg ke ban itu account ato mesinnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang kalau ga akan ke banned kok, paling akun share nya yg gamenya ke lock.. jarang sampe yg banned akun/mesin

      Delete
  23. Jadi, share akun hasil hack itu kan ngambil sistem Primary/Primer sebuah akun, akunnya orang. Misal si pemilik asli akun tersebut sadar akunnya udah di hack, karena dia udah gak bisa set Primary lagi di ps4nya, maka dia lapor ke sony dan minta Primary nya balik, dan minta ps4 yang ambil akun tsb di proses. Boom, sony ban ps4 itu. Karena udah masuk ke pencurian. Makanya pas lapor sony selalu minta data2 akun kayak nama, nomor transaksi, serial number ps4 dll. Jadi bakalan tau siapa yang ambil akun tsb.

    Kalo kita pake akun share hasil hack dan aman2 aja sampai saat ini, ya itu artinya kita lagi beruntung. Mungkin pemilik asli akun tsb gak butuh Primary nya, atau udah lapor ke sony tapi cuma minta primary nya balik tanpa mempermasalahkan. Itu lagi beruntung ya. Tapi kan, siapa yang tau kalo bakalan apes?

    Ciri-ciri akun hack:
    - Murah
    - Game nya banyak
    - Region luar, kayak US atau Eropa
    - Nama akunnya orang luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihhh mantep bgt penjelasannya mas... Harus di beratsa memang pencurian akun seperti itu..

      Delete
    2. Penjelasan mas, saya masukin ke artikel utama ya..mantap2

      Delete
    3. Mau nanya ms kalo akun share cumam online buat update aja trus kalo udah update mati in lagi internetnya . Itu bisa ke lock gak game nya ms

      Delete
    4. Biasanya sih gamenya ke lock, kalau online pasti verifikasi dengan server sony, trus akan baca semua game yg ada di ps4 kita beserta id nya, kalau id psn sudah di ganti passwordnya atau tidak sesuai makan akan di lock..

      Delete
  24. Bang mau tanya, kalau beli konsol ps4 via online dan sudah ada bonus 10-15 games itu akun sharing ya bang? Kalau misal saya beli ps4nya dan akun sharingnya ga di pake aman ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu model copy game offline, mirip dengan share akun cuma resiko-nya mungkin lebih besar. PS4 model seperti ini dapat game dengan metode copy dari PS4 lain (ilegal), dan console harus selalu offline jika ingin memainkan 10-15 game tersebut.
      yang jadi masalah saat kita ada niat untuk online dan ternyata saat online mesin console ke banned, itu otomatis tidak akan ada yang mau tanggung jawab.. console ke banned otomatis tidak bisa main game online atau download game digital. itu cuma case terburuk nya, memang ada banyak yg aman-aman aja

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.