Beli Game di Reg 1 Menggunakan Jenius

Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya, membeli game PSN di Region 1 USA menggunakan kartu Jenius. Kenapa harus repot-repot beli di region 1?, karena, entah ada angin apa reg 1 ini kadang-kadang ada game dengan harga yang sangat-sangat murah, awalnya beberapa bulan yang lalu game NBA 2K20 harganya di bawah $5 dan kali ini game Division 2 Standard Edition dengan harga $2.99 (38rb), hal ini yang memotivasi saya untuk bisa transaksi menggunakan kartu Jenius, kenapa harus pakai Jenius?, karena pakai Jenius lah yang paling murah, bayangkan kalau mau beli game dengan harga $2.99 kita harus beli voucher $10 se-harga 155rb kan malah jadi keluar uang banyak, dengan Jenius kita bisa keluar cuma 410rb an saja tergantung kurs dolar saat itu. Makanya saya merasa kartu Jenius ini sangat penting bagi para gamers yang suka belanja game digital, atau seperti saya hanya menggunakannya saat ada diskon seperti ini.

Kalau biasanya saya membeli game digital di Region 3 (Indonesia) sudah biasa dan mata uangnya juga sama, sama-sama menggunakan Rupiah (Rp). Bagai mana kalau beli nya di region 1 USA dengan mata uang Dolar ($), tentunya sedikit tricky, saya melakukan beberapa test ke beberapa akun region 1 sampai akhirnya terlalu banyak salah memasukkan data credit card (CC) sampai sampai di suruh nunggu 24 Jam untuk bisa mencoba lagi transaksi nya, biasanya muncul error "There’s been too many failed connection attempts. Give it some time and try connecting later". Masalah yang paling sering muncul saat kita meng input data CC adalah keluar pesan error seperti ini "Please check your credit/debit card information and try again" padahal data-data yang kita masukan sudah benar, saya mencoba beberapa percobaan sampai akhirnya menemukan beberapa informasi dan fakta yang akan saya share di blog ini. Pertama-tama langkah ini yang saya lakukan. 

1. Pastikan saldo e-Card pada kartu Jenius teman-teman ada. 
Saat saya membeli game dengan harga $2.99 saya mengisi kartu Jenius dengan saldo aktif 100rb rupiah dan 100rb lagi pada e-Card, kurs saat saya melakukan transaksi adalah Rp. 13.897 per 1 dolar, pastikan ada uang sisa jangan di pas kan dengan harga game yang mau kita beli.
nb. Pastikan menggunakan e-Card jangan menggunakan m-Card

2. Memperbarui/ Update alamat pada akun Region 1 Kita.
Kebetulan saya menggunakan akun baru yang memang sengaja saya gunakan untuk membeli game ini, namun saya sudah test juga di akun reg 1 utama saya dan sama-sama berhasil. Untuk mempermudah memasukkan alamat dengan auto fill Pertama-tama masuk ke web sony :id.sonyentertainmentnetwork.com/ - Lalu Login seperti biasanya, setelah itu masuk ke Basic Account Information - Edit lalu pada kolom setelahnya isi Lalu Save.
Street Address: Sesame Street (acak aja)
City: Beverly Hills
State/Province: California
Postal Code: 90210
Country/Region: United States

3. Berikutnya kita masuk ke Payment Management. 
Pilih menu Add Payment Method - Add a Credit/Debit Card - Isi data-data sesuai yang ada di kartu Jenius. Klik Next selanjutnya tinggal klik saja Use Residential Address Maka kolom di bawahnya akan langsung terisi. Setelah itu klik tombol Save, nah disini lah The Moment of Truth, berhasil apa tidak. Jika gagal akan muncul error "Please check your credit/debit card information and try again." dan jika berhasil akan muncul "Credit/debit card has been successfully added.". 



Jika kita mengalami gagal tips yang bisa saya berikan adalah coba Log off kemudian tunggu beberapa saat dan coba Login kembali. Sebenarnya di sinilah tricky nya, dari data yang saya kumpulkan ada bermacam-macam hal yang berbeda-beda, karena informasi error nya cuma sederhana maka kita cuma bisa menebak-nebak kesalahan kita ada di mana, dan hal ini tidak bisa juga kita konfirmasi ke pihak Sony atau pihak Bank penyedia CC. Di artikel di bawah akan saya bahas lebih mendalam mengenai error ini.

4. Membeli game digital seperti biasanya.

Jika sudah berhasil add CC, langkah selanjutnya tinggal masuk ke PSN Store, cari game yang mau kita beli dan lakukan transaksi seperti biasanya. Teman-teman tinggal mengikuti proses yang ada.




Error "Please check your credit/debit card information and try again" ada beberapa spekulasi mengenai error ini, berikut ini yang berhasil saya kumpulkan :

- Ada yang bilang CC (Jenius/ BTPN) origin nya di buat di Indonesia tidak bisa di gunakan di USA, kasusnya sama kayak Apple Wallet.
- Alamat yang di isi di form tadi harus alamat saat kita mendaftar CC (Alamat Indonesia/ KTP).
- Alamat yang di isi di form tadi harus sama dengan alamat saat daftar PSN atau yang ada di PSN (Alamat luar negri/ Alamat PSN).
- Alamat saat daftar CC dan alamat akun PSN harus sama.
- Alamat boleh alamat yang tertera di PSN tapi kode post harus kode post saat daftar CC.
- Saat memasukkan informasi CCnya harus via menu mesin PS4 atau Web atau aplikasi PSN App di handphone. 


Berikut ini ULTIMATE fakta-fakta yang saya temukan saat mencoba memasukkan CC ke akun region 1:

- Berhasil atau Tidak kita memasukkan data CC semua RANDOM (Acak) Namun kita bisa meminimalkan kesalahan dengan artikel yang sudah saya tulis di atas.
- Percobaan pertama saya coba input data CC sekali berhasil tersimpan, lalu saya remove card, lalu saya input lagi sama persis sama yang ke 2x gagal error muncul Please check your credit/debit card information and try again.
- Saat memasukkan Credit/Debit Card Number bisa copy - paste dari text atau aplikasi Jenius.


- Saat memasukkan Cardholder's Name, Nama huruf besar semua atau awalan nama huruf besar bisa, Pastikan di tulis manual, jangan copy - paste, dan pastikan nama yang kita tulis itu sama dengan nama yang tertera di kartu e-Card kita, baik singkatan pun samakan saja persis. (Contoh BAMBANG PAMUNGKAS atau Bambang Pamungkas).


Expiration Date isi sesuai kartu dengan memilih bulan dan tahun seperti biasa.
- CCV isi manual tanpa copy - paste dari aplikasi Jenius.
- Alamat bisa mengunakan trik yang saya berikan di atas (Alamat luar negri), namun di browser Chrome saya sendiri, saya isi juga alamat asli (Alamat Indonesia) setting di Chrome bisa ke alamat ini : chrome://settings/addresses. Karena untung-untung an isi alamat USA atau IND semua kadang sama-sama berhasil
Alamat luar negri atau Alamat Indonesia semua bisa, berlaku untuk semua kolom pada alamat, baik kita masukan kode post 90210 atau 76115 sama saja.
- Jika sudah berhasil memasukkan kartu CC, kemudian kita remove kartu lalu masukan lagi dengan data yang sama persis, pasti gagal, muncul error Please check your credit/debit card information and try again. Tidak ada waktu penalty karena gagal masukkan CC, karena kadang dengan merubah-ubah data nama atau alamat kadang saya langsung bisa di terima dlam 1-2 menit setelah gagal di awal.
Jika terlalu banyak gagal kita akan di suruh menunggu selama 24 jam dari terakhir kali gagal, jika kita mengulang lagi sebelum masa 24 jam berakhir maka 24 jam di hitung lagi dari terakhir kali kita mencoba login. Jadi pastikan kalau sudah error terlalu banyak gagal, kita benar-benar menunggu 24 jam sejak pesan itu muncul.
- Maksimal gagal add card adalah 10x dalam satu hari. 
- Jika gagal masuki kartu CC dan ke lock error terlalu banyak gagal masukin CC kita bisa membuat ID PSN Reg 1 baru dan mulai meng input data CC yang sama lagi. 
- Error terlalu banyak salah memasukkan CC tidak akan nge-banned nomer kartu CC, karena saya sudah coba puluhan kali dan sampai sekarang masih aman.
- Saya coba menggunakan VPN, IP USA - California tetap tidak ngefek, tidak bisa.
- Saya coba samakan dengan Jam California dengan jam pada komputer juga tidak ngefek.

- Saya mematikan deteksi lokasi pada laptop saya, pengaturan ada di Setting - Privacy - Location. Ini saya tidak tau pengaruh apa tidak, cuma teman-teman bisa matikan Location aja.


- Saya pastikan Saldo e-Card 100rb dan m-Card juga 100rb, minimal ada sisa saldo setelah kita membeli game yang kita inginkan.

- Saya coba masukan nomer m-Card ternyata juga bisa, namun belum saya coba test transaksi.

- Setelah berhasil masukkan m-Card, lalu saya remove, lalu saya masukan e-Card hasilnya tidak bisa.
Kira-kira seperti itulah fakta yang saya temukan, dan setelah baca-baca di facebook ternyata ada juga yang mengalami kendala yang sama, setelah saya baca komentarnya ada satu komentar yang menarik, 
Namun fakta nya adalah kode pos berapa pun yang kita masukkan tidak masalah, mungkin itu kebetulan saja pas bisa, namun untuk meminamisir kesalahan sebaiknya kita bagi jadi 2 kode pos saja, satu kode pos California dan kedua kode pos tempat kita daftar CC, kalau saya Balikpapan. Ada lagi komentar, 



Kalau ini hampir sama dengan hasil investigasi saya, pastikan saldo e-Card atau m-Card mencukupi, kita tidak tau mana saldo yang di bawa di awal kita memasukkan CC ke web PSN.
Langsung berhasil tanpa kendala, inilah bentuk Randomize saat kita memasukkan CC ke server PSN, kalau beruntung ya langsung bisa pada percobaan pertama dan kedua. Oiya Saya keluar uang sekitar 41rb sesuai history yang ada di aplikasi Jenius.


Oke semoga artikel saya ini bisa membantu teman-teman sekalian, karena acak nya memasukkan CC ini saya berpikiran untuk tidak me Remove lagi kartu CC yang saya masukan, namun saat saya pikir-pikir lagi, melihat jejak sejarah dari PSN yang pernah ke hack secara besar-besaran, nampaknya saya tidak mau meninggalkan data sensitif CC saya di server PSN, untuk jaga-jaga aja. 

Tips yang bisa berikan adalah, jika muncul error Please check your credit/debit card information and try again saya tekan tombol Back, mengetik nama saya dengan nama semua huruf besar atau membalik nya dengan awalan huruf kecil, lalu mengisi CVV, next lalu merubah alamat mejadi alamat indonesia atau sebaliknya, lalu coba lagi save, jika gagal coba beberapa variasi tersebut, kalau beruntung bisa langsung sukses, jika gagal, biasanya saya Log Off, kemudian tutup Browser, Remove History, Cookies dan Cache dari browser lalu coba lagi.

*UPDATE 21 Februari 2020.
Setelah saya posting di grub WA komunitas PS4 Balikpapan, ternyata ada teman yang minta tolong untuk di beli in menggunakan akun Jenius saya, akhirnya saya pakai lah salah satu email yang yang kemarin saya pakai coba-coba, dan memang benar blokir 24 jam sudah tidak ada, dan saya masukan seperti biasa, artikel di atas, namun terus gagal, saya ubah nama huruf besar kecil, gagal, alamat ganti US/Indo juga gagal, ganti ke m-Card juga gagal, Log off, clear cache Chrome gagal, hingga 8x gagal, saya berfikir ya udah ke block lagi nih email ini, sampai akhirnya, saya pakai e-Card, alamat USA dan gagal, lalu dari alamat USA langsung saya ubah ke alamat Indo lalu save, dan di kesempatan terakhir malah berhasil.. akhirnya saya berhasil membelikan teman saya game, dan saya di transfer kembali 50rb, wah saya untung besar.. terimakasih temanku di sana. Sekian dan terimakasih.

5 comments:

  1. Gan,kalo mau beli2 di reg 1 bayarnya selain pake Jenius ada cara laen nggak,kayak PSN wallet gitu,terus top up wallet gitu gimana cara nya,bisa di alfa/indo mart kah? trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai beli psn wallet, belinya bisa di https://www.codashop.com/id/ atau https://digicodes.net/product/playstation-network-card-us-10-autocodes/ cuma ya itu agak mahal krna belinya pake pihak ke 3, mending pake jasa jenius aja, misal gamenya harga 14$ Mas harus beli 20$ 2x bisa habis 338rb, sedang kalau pakai jasa jenius paling 215rb. Kalau beli voucher nanti bentuknya kode, kita masukin di ps4 nanti jadi saldo. Bayarnya bisa di indomaret dkk

      Delete
    2. Gan barusan saya tes edit basic information di sonyenternainmentnetwork gabisa d edit countrynya

      Delete
    3. Negara hanya bisa di pilih pas awal daftar setelah itu ga bisa di ubah2 lagi. Kalau ingin daftar region tertentu terpaksa buat id baru

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.