Masalah Bans dan Suspensions Pada PS4

Bans dan Suspensions dari Playstation merupakan sebuah hal yang mengerikan bagi kita gamer masa kini yang sudah terbiasa dengan konten game digital dan sistem game Online Multiplayer. Saya melihat beberapa teman-teman di forum PS4 Indonesia yang tiba-tiba di banned tanpa tau sebabnya, dan saya juga punya teman yang tiba-tiba akun PSN nya di banned, hal ini tentunya menimbulkan berbagai macam pertanyaan. Di artikel ini saya mau membahas secara lengkap apa itu Bans dan Suspensions pada sistem PS4.
Bans dan Suspensions adalah sebuah larangan atau blocking terhadap akun atau mesin console PS4 kita, sehingga akun atau mesin kita tidak bisa di gunakan lagi untuk login ke server PSN, yang artinya kita tidak bisa mengakses PSN Store, bermain game online, sinkronisasi trophy, update patch games, download DLC, dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan sistem online, tidak itu saya kita juga akan kehilangan semua library game digital yang pernah kita beli.
Walaupun mesin PS4 kita kena banned, kita tetap bisa bermain game seperti biasa, namun game yang bisa kita mainkan adalah game dalam bentuk BD fisik, dan tentunya kita tidak bisa update game tersebut ke versi terbaru dan kita juga tidak bisa download DLC dari game tersebut jika memang ada DLC nya.

Untuk penempatan nya bans di bagi menjadi 2 jenis:
1. Bans pada akun PSN.
2. Bans pada mesin console PS4.


Bans pada akun PSN PS4 tergolong lebih ringan, karena kita masih bisa membuat atau menggunakan akun lain untuk login ke mesin PS4 tersebut, karena bans melekat pada akun jadi saat kita buat baru maka kita terlepas dari banned tersebut, namun tetap saja jika akun tersebut meng koleksi game digital, DLC atau trophy tentunya hal ini akan menyakitkan
Bans yang melekat pada mesin PS4 merupakan hal terburuk, yang mana mesin PS4 itu tidak bisa di gunakan untuk online sama sekali, berganti akun PSN pun percuma karena Playstation melakukan banned terhadap MAC Address/ SN dari mesin console PS4 kita. Hal ini harus kita perhatikan saat membeli PS4 second hand yang berharga murah, saat membeli PS4 kita harus perhatikan firmware dan apakah PS4 tersebut aman saat digunakan untuk online.
Untuk jangka waktu bans di bagi menjadi 3 jenis yakni:
1. Bans yang sifatnya abu-abu.
2. Bans yang sifatnya hanya sementara.
3. Bans yang sifatnya permanen. 

Bans abu-abu ini merupakan banned yang sifatnya tidak jelas, kita harus tanya ke CS PSN dan menanyakan masalah apa yang terjadi kenapa akun saya di banned, dan bans jenis ini bisa di angkat jika kita menyelesaikan masalah kita setelah mendapat balasan dari CS PSN.
Bans sementara bersifat sementara dalam kurun waktu tertentu, setelah waktu yang di tentukan habis maka kita bisa online lagi dan biasanya setelah di banned kita akan di kirim email pemberitahuan alasan kenapa kita di banned, namun jujur sering kali tidak di email atau kita sudah tidak bisa akses ke email tersebut. 
Bans Permanen adalah bans yang tidak bisa di angkat dan bersifat permanen tanpa ampun dan kita harus ucapkan selamat tinggal kepada akun atau mesin console kita jika hal ini terjadi.
Tanda-tanda akun atau mesin PS4 kita kena banned adalah muncul error seperti di bawah ini saat mencoba login PSN di PS4:
  • 8002A227: You cannot use PlayStation®Network with this account.
  • 8002A231: Your PlayStation®Network account has been suspended.
  • WS-37337-3: This PSN account has been temporarily suspended.
  • WS-37368-7: This PSN account has been banned.
  • WS-37338-4: This PS4 console has been permanently banned from the PlayStation Network.
Berikut ini penyebab yang sering terjadi kenapa akun atau console kita kena banned :
  1. Menggunakan PS4 bekas hasil bajakan / hack / mod yang di jual murah.
  2. Akun PSN kita ke hack, dan di jual lalu digunakan di banyak PS4.
  3. Memainkan game bajakan, hasil beli atau copy dari seller tidak jelas dengan iming-iming harga game murah.
  4. Melakukan mod atau cheats pada sebuah game dan memainkan nya secara online.
  5. Memiliki akun PSN dengan nama yang jorok atau rasis.
  6. Di laporkan Player lain karena berkata kasar atau rasis saat bermain game Online.
  7. Melakukan spam pada message PSN.
  8. Masalah hutang karena Kartu kredit melekat pada akun PSN dan melakukan pembelian, atau pembaruan PS+ secara otomatis.
  9. Melanggar Community Code Of Conduct.
Hal yang bisa kita lakukan jika akun kita kena banned, adalah melakukan kontak dengan costumer service dari Sony, biasanya saya melaporkan via email, dan saya menggunakan bahasa Indonesia seperti biasa, menanyakan alasan mengapa akun kena banned dan adakah solusi yang bisa kita lakukan.

Pusat Informasi Konsumen

PT Sony Indonesia
Email : cic.indonesia@ap.sony.com
Telp : (Kode Area) 1500-323

*UPDATE 09 Maret 2021
Chat Online :
https://web.sony-asia.com/id/contact-us/
Chat FB : https://www.facebook.com/PlayStationAsia/
Twitter utk PSN NA : https://twitter.com/AskPlayStation
Setelah melakukan email biasanya kita akan di minta menulis kronologi kejadian supaya bisa di usut lebih dalam lagi, dan setelah 1-2 minggu biasanya sudah ada jawaban, tinggal kita mengikuti langkah-langkah yang di berikan oleh pihak CS. Jika ingin respon cepat saya juga ada yang pernah telepon, dan yang mengangkat awalnya menggunakan bahasa inggris, namun saat saya tanya apakah bisa menggunakan bahasa, dia bisa menjawab dengan bahasa Indonesia, walau tidak terlalu lancar, dan akhirnya saya di suruh mengirim email saja.
Saya punya teman yang tiba-tiba ke banned dan setelah email ke email di atas pihak Sony memberitahukan kalau akun dia di banned karena masalah hutang, dimana akun tersebut terhubung ke kartu kredit, dan melakukan pembelian game RDR2, setelah game di terima pihak bank menarik pembelian tersebut, sehingga teman saya itu ber hutang, setelah hutang di lunasi dengan mengisi voucher PSN senilai nominal game makan akun dia sudah di unban.

Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Info lebih lanjut bisa di baca di web PSN : 
https://www.playstation.com/en-gb/get-help/help-library/my-account/grief-reporting/banned-and-suspended-consoles-and-accounts/

30 comments:

  1. Bro. Punya gw beli second dan dj isi game bajakan ya. Terus lupa ke conect wifi. Lgsg red code alias banned selamanya bro. Ws 37338 4. Gimana ya bro cara bisa unbanned. Bantu brooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalau dari main bajakan sih setau saya sudah tdk ada ampun mas, kita lapor pun biasanya tetap tidak di pedulikan, krna kita salah main bajakan. Dan pihak ps tdk peduli apa pun alasan yg kita berikan. Solusinya mungkin jual lalu beli ps4 baru yg ori. Cuma ke banned pun kan tetap bisa main game, pakai aja apa ada nya sampai rusak.. atau kalau mau coba peruntungan bisa email alamat email di atas ke pihak sony asianya langsung, cerita aja apa adanya..

      Delete
    2. Tapi kalo misal di inject lagi bisa kan ya bro? Kemaren main game inject itu terus kena wifi kena banned sekaligus gamenya ke lock ga bisa di buka. Misal di isi lagi secara inject bisa ga broo mohon pencerahannya

      Delete
    3. Masih bisa krna inject game kan cuma copy cloning dari ps4 lain yg sudah ada gamenya, jd harusnya ga ada masalah

      Delete
  2. bro kalo ke suspended itu bro lama gua udh seminggu tp ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending lapor aja ke psn by email atau chats di fb, biar jelas knpa ke banned, misal ga berat bisa langsung minta di unban..kalu nunggu dan tidak ada laporan kadan pihak sony nya ga akan buka banned nya..

      Delete
  3. Saya abis beli ps4 second nih bro, eh pas di coba ternyata kena suspend/banned mesinnya, saya blm coba pake BD karna BDnya blm beli, tapi jni serius kalo pake BD/offline tetep work/bisa maen? Soalnya saya tanya" digroup bilang pada ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahduh dinkembalikan aja bro, sayang tuh kalau kena banned, setau saya kalau main game pakai bd tidak perlu auth dengan server sony jadi authtentifiksinya ada di bd nya, jadi harusnya bisa aja. Ibaratnya saya main game ps4 tanpa online kan tetap bisa, untuk game2 baru pun setau saya kadang di disknya sudah ada FW terbarunya jadi bisa update dari situ.. btw tanya ke grup mana ya mas? Hen apa ps4 indo mas?

      Delete
    2. ps4 indo, tapi udah banyak balesan katanya bisa pake BD, susah bang saya udah kontak sellernya slow respon banget, barang ini aja lama datengnya, semisal pake BD lancar saya mau terima nasib saja, saya maen offline saja, semisal ini dijadiin HEN bisa ga ya bang?

      Delete
    3. Kalau pakai BD harusnya lancar aja, kalau hen kayaknya agak susah krna kalau memang itu ps4 bisa di hen pasti sudah di jual mahal harga hen.. kalau mau coba kontak ps asia via facebook, coba aja tanya knpa ke banned dan bisa di unban apa enggak, mas bilang aja beli tanggan ke 2 jadi tidak tau, tunjukin bukti belinya.

      Delete
    4. btw saya cek di youtube ada yg jelasin ps4 yg kena banned, dia ttep bisa update fw sama game, cuman ya itu ga bsa masuk PSN aja

      Delete
    5. Btw ini chat ke playstation asia pake bahasa inggris atau indonesia?

      Delete
    6. Pake bahasa indonesia aja ga papa, memang kadang di bd game baru ada fw nya jd bisa di update. Ke banned cuma ga bisa main game online lagi sama beli game digital

      Delete
    7. Saya dapet info, ada org group yg kena banned mesin jugw dia tanya lewat fb, mesin dia kena banned 1bulan, dan bisa lagi masuk psn,

      Delete
    8. Kalu cek errornya yg mana mas di antara 3 ini :
      WS-37337-3: This PSN account has been temporarily suspended.
      WS-37368-7: This PSN account has been banned.
      WS-37338-4: This PS4 console has been permanently banned from the PlayStation Network.
      Kalu ke banned mesin WS-37338-4 sih harusnya 100% ga bisa balik..

      Delete
    9. bro kalo ke suspended itu biasanya brp lama yah saya udh 2 minggu masih ke suspended

      Delete
    10. Yg WS-37338-4 dia inbox PS Asia, terus ditanyain nomer seri psnya, seri apa psnya, terus dikasih tau masa suspend/bannednya sampai kapan

      Delete
    11. Oiya banned mesin bisa di unban ya, kalau ini saya baru tau, kalau memang benar bisa enk berarti ps4 hen bajakan bisa ke unban semua. Coba chat aja mas ke ps asia di facebook biasanya lebih cepat dari pada email, memang nanti biasa di tanya no seri mesin, tanggal pembelian, no digit terakhir cc dll. Saya sering lihat org lapor ke ps asia. Info ya mas kalau memang bisa ke unban

      Delete
  4. Lah, komennya koq dihapus Masbro?
    Ga bisa ke unban kah?
    ..

    Gw mo tanya bro, misal gw beli ps4 sekon trus ada game digital ORI, Kalo main game Digital itu harus pake akun psn milik yg punya akun atau ngga ya??

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan saya mas yg hapus, kayaknya ke dobel posingnya.

      Jadi game itu mengikat ke akun PSN, namun kalau akun PSN itu di set as primary maka bisa di pakai juga di akun yang lainnya di ps4 itu. Contoh saya ada 3 akun Reg 1,2,3 akun utama yang saya pakai main reg 1, akun reg 3 untuk klaim game PS+ aja, Reg 2 hanya untuk cek-cek diskon. Semua game hasil download Reg 2-3 saya mainkan di reg 1 asal di set as primary. Pastikan kalu beli PS4 dapat akun game ori mas dapat username + password PSN id dan emailnya untuk mas ubah passwordnya supaya game tidak ke lock

      Delete
    2. Ke double postnya, bisa balik yg kena banned, asal tangan pertama, nanti ditanyain nomer seri sama id psnnya, nanti dikasih tau sampai kapan di bannednya

      Delete
  5. Halo. Akun saya belum lama ini ditangguhkan sementara karena pelanggaran ToS. Tapi sampai saat ini belum ada email dari Sony untuk info berapa lama akun saya ditangguhkan. Apakah memang biasanya seperti ini atau saya perlu kontak CS Sony via email?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara2 ps plus collection ya mas? Kalau iya biasanya 2 minggu di tunggu aja.. cuma kalu mau email juga bisa, cuma jawabannya juga pasti suruh tunggu 2-2bln cuma kalau mau di coba aja

      Delete
    2. Bukan sih, karena message offensive dan direport player lain. Oh jadi mereka juga ga bisa nunjukkin pastinya berapa lama penangguhannya ya? Kemarin saya sudah kontak CS PS Indonesia via Facebook, jawabannya sama untuk kasus ini biasanya penangguhan 2 minggu. Boleh minta alamat email Sony internasional/Asia?

      Delete
    3. Emailnya : cic.indonesia@ap.sony.com
      Langusng aja sisi data di bawah ini pas email pertama biar lebih cepat mas
      1. PSN sign in email address
      2. Online ID
      3. Name (First Name and Last Name)
      4. Day of Birth (Your Actual Birthday)
      5. Serial number of the console (You could find the Serial Number have 15 digit numbers on the bar code at the backwards of the console)
      6. Mobile Number

      Delete
    4. Oke trims, barusan sudah saya kirim email dengan Bahasa Inggris. Saya coba tunggu beberapa hari untuk email balasan. Kalau memang nanti belum ada respon, mungkin saya coba telepon juga. Pakai nomor telepon yang 1500-323 itu bukan? Untuk kode area, nomor mana yang harus saya pakai? Indonesia kah (+62)?

      Delete
    5. mas AL bagaimana apakah sudah bisa akunnya atau sudah ada balasan dari pihak SONY?

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.