Games Yang Akan Hadir di PlayStation 5 (PS5)



Kemunculan Playstation 5 (PS5) sudah di ujung tanduk, pihak Sony sudah menginformasikan bahwa PS5 akan release pada liburan tahun 2020 atau sekitar bulan Oktober atau Desember 2020. Ini tandanya kita akan mendapatkan informasi lebih detail tentang PS5 mungkin pada E3 2020, atau mungkin Sony akan membuat acara sendiri seperti tahun ini. Kemunculan PS5 juga bersamaan dengan console kompilator nya yakni Xbox Project Scarlett, kedua console ini sudah memulai peperangan console sejak jaman PS2 Vs Xbox tahun 2000an. Tentunya kita juga sudah banyak dengan rumor kalau spesifikasi hardware Xbox Project Scarlett kemungkinan akan berada di atas PS5, namun yang jadi masalah adalah game exclusive Xbox yang tidak terlalu terdengar, berbeda dengan Playstation yang memiliki line up game exclusive yang siap di keluarkan untuk di luncurkan di PS5 nantinya.


Berikut ini saya mau buat list mengenai game-game PS5 yang akan muncul, list game akan saya bagi menjadi 2 bagian yakni game-game yang sudah di konfirmasi akan release dan game rumor-rumor yang kemungkinan besar akan keluar nanti di PS5 :

Game yang sudah di konfirmasi oleh developer akan release di PS5:

1. Final Fantasy VII Remake
Final Fantasy VII merupakan sebuah game RPG klasik yang merupakan game RPG terlaris milik Square Enix, terjual hingga 10 Juta copy, dan sekarang orang-orang yang belum pernah memainkan game masterpiece ini bisa memainkan nya dengan sentuhan dan mekanisme yang lebih modern. Di konfirmasi oleh CEO Square Enix, Yosuke Matsuda bahwa game ini akan di develop dan bisa di mainkan di dua console lintas generasi yakni PS4 dan PS5. Namun tentunya kita akan bingung karena game ini akan release di 3 Maret 2020 di PS4 dalam bentuk episodik, apakah nanti versi PS5 nya akan menunggu full versi nya atau tetap dalam bentuk episodik yang di remastered? kita lihat saja nanti.
2. Dying Light 2
Kita tentunya sudah tau kalau game Dying Light 2 yang bercerita tentang zombie apocalypse ini akan release di PS4 tahun depan, namun developer dari game ini yakni Techland, telah mengkonfirmasi kalau dari awal game ini di bangun sudah memikirkan untuk di kembangan di lintas generasi console, yang artinya game Dying Light 2 ini akan release di PS4 dan PS5. Saat melihat trailer nya di PS4 terlihat begitu cantik, saya tidak bisa membayangkan nanti seperti apa versi PS5nya.
3. Call of Duty: Black Ops 5
Black Ops 5 mengambil tema saat perang dingin dan rencana di release di PS4 pertengahan tahun 2020, namun sudah di konfirmasi melalui Kotaku, bahwa game ini akan Cross Console, yang artinya setelah PS5 keluar versi remastered dari game ini akan di keluarkan juga.
4. Bluepoint Games
Bluepoint merupakan sebuah developer yang sudah sukses melakukan remastered terhadap game-game exclusive dari Playstation, seperti kita tau game game seperti Uncharted Remastered, God of War 3 Remastered, dan yang baru-baru ini Shadow of Colossus yang mendapatkan banyak pujian dari berbagai pihak. Nah developer ini sudah menginformasikan kalau sedang mengembangkan sebuah game yang nantinya akan di mainkan di PS5. Mereka kemungkinan akan me Remastered sebuah game lama milik Playstation, dengan kekuatan besar yang dimiliki oleh PS5 nantinya kita tidak tau seperti apa nanti game yang akan di buat. Isunya developer ini akan me remake franchise Demon's Souls.

Games yang masih merupakan rumor akan release di PS5:
1. Ghost of Tsushima
Ghost of Tsushima merupakan game besutan dari developer Sucker Punch yang telah sukses membawa game inFamous serries. Game IP baru dari Playstation ini telah mencuri banyak perhatian dari para gamer sejak trailer pertamanya di luncurkan di E3 2017, tentunya saya dan banyak teman-teman saya yang lainnya yang sudah rindu dengan game model seperti ini, kita menganggapnya game The Witcher 3 versi Jepang. Dalam game ini kita akan memainkan Samurai terakhir yang berjuang hidup saat awal terjadi invasi dari Mongol. Saya pribadi sangat berharap kalau game ini akan keluar di console dengan power yang maksimal nanti di PS5.

2. The Last of Us Part 2
The Last of Us merupakan IP yang terbilang masih baru namun menjadi salah satu ujung tombak dari Playstation. Dengan kesuksesan nya The Last of Us versi PS3 dan PS4 tidak tidak dapat di pungkiri kalau game ini nantinya juga akan release di PS5, tentunya dalam format remastered. Para gamer se dunia sudah menunggu release nya game ini, walau terjadi penundaan hingga bulan mei 2020, tentunya kita akan tetap setia dan sudah tidak sabar lagi untuk bisa memainkan game ini baik di PS4 atau PS5 nantinya.
3. Uncharted 5
Memang developer Naughty Dog sedang fokus dengan The Last of Us Part 2, namun tidak menutup kemungkinan setelah menyelesaikan The Last of Us Part 2 developer ini akan beranjak ke seri Uncharted, karena seri origin Uncharted sudah berumur 3 tahun dan game ini masih memiliki alur cerita dan karakter yang cukup luas.
Assassin's Creed: Kingdom
Sudah di konfirmasi oleh Kotaku, jika cerita Assassin's Creed selanjutnya akan mengambil tema masa Vikings. Ubisoft vakum dari seri ini di 2019, dan membuat Watch Dog Legion. Di tahun depan tentunya pihak Ubisoft sudah memikirkan akan membuat Assassin's Creed untuk di kembangkan di PS5.
5.Elder Scrolls VI
Elder Scrolls VI masih menjadi sebuah misteri, developer nya sendiri Bethesda belum me release informasi apapun sejak kemunculan trailer singkatnya di E3 2019, namun bisa di pastikan game ini akan release dalam waktu yang masih lama, mungkin 2021-2022 yang mana muncul spekulasi bawa game ini menunggu untuk di kembangkan langsung di PS5 nantinya. Sudah banyak gamer menunggu bagai mana kelanjutan dari serries Skyrim ini.

6. Grand Theft Auto 6
Grand Theft Auto V telah sukses membawa Rockstar Games menjadi Best-Selling Game of All Time, menjadikan GTA 5 sebagai game yang terus di jadikan sapi perah oleh developer nya. Setelah Red Dead Redemption 2 selesai sepertinya Rockstar Games akan mulai mengembangkan GTA 6, karena usia PS4 sudah berada di ujung masanya jadi kemungkinan besar GTA 6 akan di kembangkan untuk generasi PS5.
7. Horizon Zero Dawn 2
Horizon Zero Dawn merupakan IP baru yang cukup sukses di 2017, Engine yang power full namun ringan di gunakan Kojima untuk membuat Death Stranding. Di konfirmasi dari aktris yang memerankan tokoh utama dari game ini yakni Janina Gavankar, mengatakan kalau Horizon Zero Dawn 2 sedang di kerjakan. Pihak developer Guerrilla Games juga sejak 2018-2019 sudah pindah ke studio yang lebih besar, untuk mempersiapkan Horizon Zero Dawn 2 ini. Memang belum di konfirmasi game ini akan release di PS5, namun kemungkinan besarnya tetap game ini saya rasa akan keluar di PS5 karena membutuhkan power yang lebih besar.
8. God of War 5
God of War 2018 dengan grafis, story dan segala mekanisme barunya sudah mengangkat game ini menjadi Game of the Year 2018, membuatnya menjadi cukup layak mengisi line up IP terbaik milik Playstation. Dengan maksimal nya power yang di gunakan saat release di PS4 kemungkinan besarnya game selanjutnya dari God of War ini akan di release di PS5. Masih belum di konfirmasi oleh pihak developer Santa Monica Studio. Namun hal ini juga di per kuat dengan banyaknya membuka lowongan pekerjaan di developer ini.
9. Spider-Man 2
Marvel Spider-Man merupakan sebuah IP baru milik Playstation, yang memiliki masa depan cukup cerah, para gamer tentunya akan menunggu sequel dari game ini, bagai mana kelanjutan game ini dan tentunya itu akan kita lihat di generasi konsol selanjutnya.
10. Cyberpunk 2077
Cyberpunk 2077 yang merupakan game Cyberfuturistic Distopia yang sebenarnya sudah di konfirmasi saat interview dengan developer dari game ini, bahwa game ini sebenarnya di bagun dari awal dengan ide next gen console (PS5), jadi bisa di pastikan game yang direncanakan akan release pada 16 April 2020 ini akan di kembangkan juga di PS5. Karena sangat di sayangkan kalau tidak bisa melihat game dengan developer se bagus ini berada di console PS5
11. Death Stranding
Game ambisius terbaru dari Kojima ini memang belum di konfirmasi akan release di PS5, namun tentunya tidak menutup kemungkinan kalau game ini akan di bawa ke PS5, dengan grafis yang support hingga 8K maka tentunya kita ingin sekali melihat game ini jalan di PS5 nantinya. Saya merasa game ini kemungkinan besar akan release juga nantinya di PS5 karena Kojima menginginkan yang terbaik untuk game nya.
12. Harry Potter Open world RPG
Game Harry Potter terakhir yang ada di console tahun 2011 (Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2), sudah lama sekali kita tidak melihat sepak terjang dari game ini, padahal menurut saya game ini memiliki potensi yang sangat besar jika bisa di eksekusi dengan baik. Pada Oktober 2018, muncul bocoran video pada youtube, yang menampilkan sebuah game harry potter yang sepertinya memiliki mode open world dan terlihat memiliki grafis yang mungkin di peruntuk kan untuk PS5. Setelah video tersebut tayang pihak studio Warner Bros langsung melakukan take down terhadap video tersebut.
Bagai mana menurut teman-teman semua?, Sony Playstation memiliki line up list game exclusive yang sangat menarik di banding Xboxgame exclusive yang memiliki masa depan cukup cerah, dan semua rata-rata merupakan game single player dan tentunya saya sangat suka itu. Foto dari Dev Kit PS4 yang berbentuk huruf V juga sudah mulai bertebaran di Internet, tinggal kita menunggu pihak resmi Sony untuk mengumumkan spesifikasi, harga dan bentuk dari console PS5. Game lintas console menurut saya kurang bagus, karena kita akan memainkan game yang sama dengan experience yang hampir sama namun kita harus membeli 2 game yang berbeda.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.