Berita & Rumor Tentang PlayStation 5 (PS5)


Isu tentang kemunculan PS5 sudah semakin sering bocor ke internet, kali ini kebocoran informasi di dapat dari salah satu user yang melakukan posting di Pastebin, user tersebut mengaku sebagai developer pihak ke tiga yang membantu membuat game untuk PS5 yang direncanakan akan release di  akhir tahun 2020. Laju informasi yang sangat besar ini pun akhirnya tidak bisa terbendung lagi, dimana banyaknya spekulasi di media-media online akhirnya John Kodera yang merupakan CEO dari Sony Interactive Entertainment mengumumkan bahwa "akan ada PlayStation baru sebelum tahun 2021".

Namun tentunya untuk spesifikasi detail nya belum di Informasikan oleh pihak Sony, karena ini merupakan hal yang cukup besar pasti akan di umumkan di event khusus. Namun berikut ini saya akan merangkum berita isu kemunculan PS5 di ambil dari berbagai macam sumber:

PlayStation 5
1. CPU (Processor) 7nm Ryzen 8 Core, 16 Threads
2. GPU (Grafis) 7nm Navi arhitecture around 14 TFLOPs
3. Memory (Ram) 24GB GDDR6 + 4GB DDR4 Untuk menjalankan OS
4. Harddisk 2TB Special Costom SSD
5. Resolusi yang akan di capai 1080p 60fps, 4K 60fps beberapa, dan 8K Upscaling.
6. Kemungkinan Harga : 599$ (Rp. 8.386.000)

Mari kita bandingkan dengan generasi saat ini,

PlayStation 4 Pro
1. CPU (Processor) 16nm AMD Jaguar x86-64 8 Core, 8 Threads
2. GPU (Grafis) AMD Radeon 4.2 TFLOPs
3. Memory (Ram) 8GB GDDR5
4. Harddisk HDD 1TB 5400RPM
5. Resolusi yang di capai 1080p 60fps beberapa, 4K 30fps beberapa, dan 4K Upscaling.
6. Harga Saat Launching : 399$ (Rp. 5.586.000)


Kalau kita bandingkan dari spesifikasi di atas, maka spesifikasi PS5 diperkirakan akan 3X lebih kencang dari PS4 Pro, sebenarnya semakin tinggi spesifikasi PS5 akan semakin bagus bagi kita para konsumen, dengan meng adaptasi teknologi hardware komputer terbaru maka umur dari PS5 akan bisa lebih panjang. Namun teknologi hardware terbaru juga biasanya harganya akan lebih mahal, semoga saja PS5 Harganya masih bisa terjangkau walau dengan spesifikasi tinggi.
Tidak itu saja beberapa fitur tambahan yang mungkin akan ada di PS5 :


1. Fitur Backward Compatible, dimana kita bisa memainkan kaset fisik dan digital dari console sebelumnya yakni games PS4 dan PS3. Hal ini akan membuat koleksi game PS4 yang sudah kita punya bisa dimainkan di PS5 kelak. Hal ini tentunya akan baik untuk ekosistem penjualan kaset PS4 bekas, yang kemungkinan harganya akan tetap stabil walaupun sudah ada PS5. Kabar baiknya kemungkinan hal ini akan meminimalkan game lama yang di release ulang dengan label *Remastered
2. PS Plus Premium, Kita sudah lama mengenal PS Plus, dimana kita akan mendapatkan game-game gratis dan fitur online, namun di PS5 nanti kemungkinan akan ada layanan baru yakni PS Plus Premium, yang mana sebenarnya informasi tentang hal ini masih minim sekali, namun di rumor kan bagi yang langganan PS Plus premium akan mendapatkan kelebihan yakni mendapat kesempatan untuk mencoba game beta and alpha, dimana misal sekarang ini game Last Of Us 2 sedang di bikin, makan bagi pengguna Premium akan mendapat kesempatan mencoba beberapa level demo dari game tersebut. Tidak itu saja, pengguna Premium juga memungkinkan untuk membuat sebuah Server Privat yang digunakan untuk bermain online lebih lancar lagi. 
3. Ukuran Blu-Ray disc, Pihak Sony sendiri sudah memikirkan hal ini sejak jauh hari, dengan dikeluarkannya New BDXL 4-layer Blu-Ray disc dengan ukuran hingga 128 GB. Namun berita buruknya adalah, harga game dengan format ini bisa di atas 59$.
4. PlayStation VR-2, dengan upgrade resolusi 2560x1440,120hz, 220 derajat cakupan pandangan,  Eyes Tracking, non kabel alias full wireless serta headphones integrated merupakan sebagian kecil bocoran yang kemungkinan akan ada di PS VR-2.
5. Dualshock 5, Sudah tidak di pungkiri lagi setiap PlayStation me release console baru pasti di sertai dengan controller baru, DS5 ini di isukan memiliki built-in camera untuk di integrasi kan dengan PS VR-2, Memiliki analog precision yang lebih detail untuk memainkan game FPS, serta adanya built-in touch-screen yang memungkinkan kita mengakses menu PS5 dari layar controller. Namun semoga saja kualitas battery menjadi lebih bagus, karena adanya banyak fitur pada controller tentunya akan memangkas nyawa battery lebih cepat. 
Kemungkinan game yang akan di release PS5 ini :
- Gran Turismo 7 (vr)
The Last of Us: Part 2
- Ghost of Tsushima
- Horizon: Zero Down 2
- Final Fantasy VII Remake

Death Stranding
- Battlefield bad company 3
- Harry Potter RPG
- Grand Theft Auto 6  
- Uncharted 5
- Marvel's Spider-Man 2
Cyberpunk 2077 
- Assassins creed PS5
- Destiny 3
- God of War 5
- Avengers the Game 
- Battlefield dan Call of Duty PS5
- PES dan FIFA PS5
- PUBG Remaster 4k F2P with PS+ only on PS5
Guerrilla Multiplayer Shooter
- The Elder Scrolls VI
- The Lord of the Rings: Gollum
- Sniper Elite 5
- Starfield

Dari jejeran game di atas dan saya juga sudah merasa game PS4 sudah makin sedikit, dan developer juga sudah mulai membuat game untuk PS5, namun para developer tentunya di haruskan bungkam terlebih dahulu karena informasi PS5 saja belum resmi di keluarkan oleh Sony.

Perkiraan saya kemungkinan PS5 ini akan di umumkan pada event Sony tahun ini (Playstation Meeting 2019) dan akan di pasarkan di Jepang di September 2020 dan tersedia di Asia, Indonesia sekitar Awal 2021.


Tentunya saya juga tidak sabar dengan para competitor nya, yakni Xbox Scarlett yang katanya akan mengeluarkan console lebih kuat dari PS5, dan dari pihak Nintendo dengan Switch Pro.

1 comment:

  1. I really like this article, if you have the time and opportunity to play with us Syair Togel , thank you very much for the place

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.