Ayo Aktifkan Proteksi Ganda Pada PSN ID Kita (2-Step Verification)

Sebenarnya proteksi ganda menurut saya sangat diperlukan bagi para member PS4 yang bermain games secara serius dan berpikir akan digunakan dalam jangka waktu panjang. History pembelian game digital, library games, free games PS+, transaksi kartu kredit, Trophy, Save file dll, itu merupakan sebuah aset digital yang harus kita lindungi. Dengan semakin banyaknya game digital yang kita beli maka semakin penting akun PSN tersebut dan tentunya kita tidak ingin terjadi apa-apa dengan akun tersebut.
Akun PSN kita pada prinsipnya sama seperti sebuah "Bank" menurut saya pribadi, di mana semakin banyak kita membeli game digital sama seperti kita menabung uang di dalamnya, maka semakin meningkat nilai dari akun tersebut. Di atas kenapa saya bilang untuk gamer yang yang berpikir jangka waktu panjang? karena akun PSN inilah yang tetap akan kita gunakan saat nanti ada varian console terbaru lain dari PlayStation, misalkan PS5 dan handheld yang mungkin akan di release di tahun-tahun depan.
Kita kadang berandai-andai, ah tidak mungkin server Sony terkena hack, Sony itu perusahaan teknologi yang sangat besar di Jepang yang isinya semua orang pintar. Namun fakta berkata lain, pada tahun 2011 Server PSN terkena hack yang bersifat sangat massive, dan pada kala itu server PSN sampai down selama 1 bulan. Tercatat pada saat itu ada sekitar 77 Juta akun PSN yang ter hack, yang mana angka tersebut membuat kasus ini menjadi salah satu pelanggaran keamanan data digital terbesar dalam sejarah manusia. Pada kala itu sistem keamanan Sony masih sangat lemah, hal ini mengakibatkan Sony melanda rugi sekitar 171 juta dolar. red. Wikipedia
Saya akan jelaskan secara singkat terlebih dahulu apa itu 2-Step Verification, 2-Step Verification merupakan 2 pengaman ganda yang melibatkan kita sebagai pemilik akun untuk bisa mengakses akun kita sendiri. Keuntungan dari hal ini adalah, jika server Sony ke bobol lagi dan ada hacker yang mau mencoba login ke ID kita di mana hacker pasti sudah tau username dan password ID PSN kita, namun dengan mengaktifkan fitur keamanan ini hacker tersebut memerlukan lagi 6 digit kode verifikasi yang hanya dikirimkan via SMS ke handphone kita, jadi prinsip kerja dari sistem keamanan ini adalah setiap kali kita mau login ke akun PSN kita, baik itu via komputer atau PS3/PS4/PS Vita maka server Sony akan mengirimkan SMS yang berisi 6 digit kode unik ke no HP yang sudah kita registrasikan. Memang sih hal ini membuat membuat proses login sedikit lebih lama, namun kita tentunya berpikir lebih untuk aspek keamanan.
Untuk mengaktifkan fitur ini, teman teman tinggal mengunjungi web ini : https://www.playstation.com/en-us/account-security/2-step-verification/ 

lalu menekan tombol ACTIVE NOW,
lalu login seperti biasa

lalu tekan tombol Edit pada tulisan Inactive 2-Step Verification,

lalu tekan Activate,
Lalu Continue,  Pilih bendera Indonesia, lalu masukan nomer HP kita tanpa angka 0 di paling awal, karena sudah otomatis di isi +62 kode negara Indonesia,

lalu Continue, lalu Sony akan melakukan sms ke no kita tersebut,
masukan 6 digit angka ke halaman yang diberikan lalu klik Verify, lalu Oke,
maka otomatis kita akan sign-out dan muncul pemberitahuan via sms kalo 2-Step Verification sudah aktif.
Selanjutnya tinggal coba login seperti biasa, maka sebelum login akan ada SMS seperti di atas lagi.
Setelah login kembali, Saya menyarankan untuk melakukan Print pada kolom Backup Code, backup kode ini digunakan jika 2-Step Verification sedang tidak aktif/ Gangguan, silakan foto menggunakan handphone atau print kode tersebut.
Saya memiliki 3 akun utama dengan region berbeda-beda, dan tentunya semua sudah saya aktifkan mode ini, dan faktanya, beberapa kali saya menerima SMS kode tanpa Saya request, yang tandanya ada orang lain yang mencoba untuk login akun Saya, namun terhenti dengan fitur keamanan ini. Saya tidak bisa membayangkan jika hacker tersebut berhasil login akun saya, mengganti email dan password, lalu menjual akun saya di black market, akun dengan banyak game di dalamnya tentunya akan laku untuk di jual.

Semoga informasinya bermanfaat untuk teman-teman, Terima kasih.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.