Masa depan Mobile Games akan kalahkan segmen Console?




Beberapa media internasional bilang masa depan dari video games itu adalah mobile games, alias game yang ada di smart phone kita, industri mobile phone berkembang sangat pesat sekali. Laporan dari Newzoo menyebut kalau pada tahun 2020 segmen paling menguntungkan adalah mobile gaming dari pada home gaming console, Newzoo menyebutkan hampir dari setengah market total akan diambil oleh mobile gaming yakni sekitar 46,1 miliar dolar dari total 108.9 miliar dolar.



Namun saat ini trend mobile game pun sudah sangat berubah, beberapa tahun yang lalu, developer game masih mengeluarkan game-game dengan storyline yang lumayan bagus seperti judul Chaos Rings series, Dungeon Hunter, Dead Space, Asphalt, Infinity Blade dll, dimana sebuah game dengan storyline yang dapat kita "tamatkan".




Namun sekarang segmen ini sudah sangat berubah, sebuah ekosistem yang sudah berubah secara drastis, dimana banyak games dengan label gratis namun disisipi dengan mekanisme mikro transaksi dan loot boxes yang lebih mendominasi industri video games, bayangkan saja, developer membuat games dengan biaya paling minim namun memberikan untung yang luar biasa banyak dengan mekanisme mikro transaksi ini, ketimbang mereka harus membuat sebuah game AAA dengan biaya produksi besar namun untung yang belum pasti dan diterima pasaran atau tidak.


Sekarang ini sebuah game dalam mobile game menjadi endless, tidak bisa tamat, tidak terbatas dan bersifat online, kita secara tidak sadar juga harus beli kosmetik dari game tersebut supaya bisa se-level dengan player lain, sejago player lain, ada nya sistem waktu tunggu yang mana membuat player yang tidak sabar untuk menunggu akan merogoh kocek lebih dalam agar waktu tunggu ini bisa dilalui.




Untuk mobile game saya memainkan Pokemon Go dan Idle Poring Ragnarok, semua game itu penuh dengan mikro transaksi dan sebuah game dengan story nol besar, sebuah game yang tidak akan selesai sampai server gamenya ditutup. Jujur saya menjadi rindu dengan game-game seperti Chaos Rings dan game se era-nya, dimana pada saat itu saya mengira beberapa tahun ke depan akan banyak game dengan kualitas seperti ini dan mungkin grafis lama kelamaan akan menyamai PS3, saat itu saya merasa masa depan video games ada di tangan saya. Namun ternyata sistem mikro transaksi, loot boxes telah merusak ekosistem dari mobile gaming ini.





Bagi saya,
R.I.P Moblie Gaming..

3 comments:

  1. Selamat Datang Di 7LiveBet Situs Betting Terbaik Dan TerpercayaDapatkan
    Hot Promo Hanya Di 7LiveBet(.)COM :
    * HOT PROMO NEW MEMBER
    * BONUS TURNOVER POKER 0.3%
    * BONUS CASHBACK SPORTBOOK 15%* PROMO UANG TUNAI 5JT
    * BONUS REFERRAL 5% SEUMUR HIDUP

    BCA - MANDIRI - BNI - BRI

    Link Resmi : www(.)7LiveBet(.)com
    Link Alrternatif : www(.)7LiveBet(.)Asia

    UNTUK INFO SELENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    PIN BBM DC71D9A0
    WA +6281271235854

    WEBSITE PREDIKSI di :
    PREDIKSIBOLA118(.)COM

    Sports
    Live Casino
    IDN Poker
    Slots Games
    IDN Live

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.