Geme Overview : Uncharted 4: A Thief's End (PS4)



Geme Overview : Uncharted 4: A Thief's End (PS4)

Uncharted 4: A Thief's End merupakan sebuah penutup terbaik dari francaise Uncahrted (bahasa indonesia: "yg belum dipetakan") series, setiap seri Uncharted menurut saya selalu bagus-bagus, dan yang ke 4 ini merupakan yang terbaik diantara ke-3 game sebelumnya, baik itu dari segi cerita atau dari segi grafis tentunya.


Sebenarnya tergolong sudah sangat basi jika mereview game ini sekarang, karena game ini sudah release 1 thn yang lalu, namun saya cuma ingin berbagi cerita, pengalaman memainkan game series uncharted ini.

Developer Naughty Dog kali ini tidak tanggung-tanggu, mengangkat sebuah cerita tentang kisah harta karun paling besar, yakni harta karun bajak laut nomer 1 di dunia kala itu, bernama Henry Avery a.k.a The King of Pirates (Raja Bajak Laut). Jika kita mengikuti seri uncharted maka kita akan paham secara mendalam plot story dari uncharted 4 ini. Saya baru saja menulang main Uncharted Collection (1,2,3) jadi cerita back storynya masih melekat dengan baik di otak saya. Diceritakan tokoh utama Nathan Drake yang sudah pensiun dari pekerjaannya sebagai pemburu harta karun, setelah kejadian pada Uncharted 3: Drake's Deception akhirnya Nathan menikah dengan Elena. Dan memutuskan untuk menjalani "Normal Life" namun kelihatan sekali mereka sama sekali tidak menjalaninya dengan normal. Pada UC4 ini juga menceritakan masa lalu Nathan dan Saudaranya Samuel Drake lebih dalam lagi, dalam seri Uncharted 1: Drake's Fortune Samuel sedang mencari harta karun Henry Avery, namun tidak berhasil, dan akhirnya kakak-beradik ini berkumpul dan berkolaborasi bersama-sama dengan alasan yang cukup kuat untuk menemukan harta karun terbesar ini.



Gameplay yang disajikan hampir sama seperti seri-seri uncharted sebelumnya, yakni action-adventure game dengan kamera 3dr person, yang baru dari gameplay kali ini cuma berayun dengan tali dan tentunya map yang lebih besar dari seri-seri sebelumnya. Arena map yang ada juga berfariatif, saya paling terkesan saat berada di Madagascar, yang panas terik kemudian berangsur-angsur masuk ke hutan yang hijau, tidak itu saja kita juga akan menjelajahi pulau-pulau kecil dengan mengendarai speedboat, dan alamnya benar-benar memanjakan mata, Saya memainkan game ini sekitar 40-50 jam dan kebanyakan hanya untuk melihat-lihat beberapa sudut yang terlihat bagus. Ending dari game ini juga sangat epic, pada era bajak laut pertarungan apa yang paling sering dilakukan? ya betul pertarungan menggunakan pedang, di akhir game ini Nathan Drake akan melawan musuh utama dengan menggunakan pedang bajak laut, dan effek api serta pencahayaan yang ajaib lalu gerakan karakter yang natural, membuat pertarungan terakhir ini menjadi memoreable.










Dari grafis, ini sudah tidak diragukan lagi, Naughty Dog selalu mendoroang sebuah console untuk memberikan peforma maksimal disisi grafisnya, saya pribadi tidak nyangka akan se-detail ini karakternya, sampai bulu dada dan tangan dibuat sedetail mungkin, hal tersebutlah yang membuat karakter Nathan enjadi seakan-akan hidup. 








Dunia dari Uncharted ini benar-benar bagus banget, efek cahaya pada dedaunan yang diberikan sangat bagus, angin, air, api, kabut, rumput, partikel salju, dan debu di udara serta banyak elemen-elemen pendukung lainnya ditambahkan agar mebuat dunia Uncharted 4 ini menjadi sempurna. Tidak itu saja dari segi sound effect juga sangat mendukung, musik-musik tema adventure membuat game ini semakin hidup. Voice acting dari karakter-karekternya juga selalu saya akui jempol, joke-joke yang diberika cukup membuat saya tersenyum dan kadang tertawa kecil. Benar-benar rasanya kita seperti menonton sebuah filem action yang mana semua karakternya terasa hidup.






Untuk cerita sudah tidak diragukan lagi, alur cerita mengalir seperti air yang awalnya pelan kemudian mulai menjadi aliran yang deras, saya dengan mudah dapat memahami garis besar dari cerita di game ini. Dan ada beberapa story yang twist di akhir game yang tidak akan kita sangka-sangka, dari segi story ini merupakan sebuah penutup yang sempurna.. its realy,realy a masterpeace.




Memang saya rasa, sangat-sangat disayangkan kalo game ini tidak memenangkan title "Game of the Years 2016" karena ke exclusive-annya dan dikalahkan sama game Overwatch yang dari segi cerita 0 dan gameplay yang katanya adiktif.


Kesimpulannya, game ini merupakan game yang sangat teramat wajib dimainkan bagi pengguna PS4. karena bisa dinikmati oleh semua kalangan baik casual maupun hardcore gamers. Saya sarankan main langsung di level paling sulit karena kita akan mendapatkan elemen mengendap-endap dan tidak asal tembak terang-terangan seperti Rambo.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.