Masalah Power Supply PS4

*UPDATE 12 Januari 2021
Saya dapat update ilmu baru dari forum FB
Saat di tekan tombol power PS4, lampu berkedip sebentar lalu langsung mati, ada dua kemungkinan :

1. Setelah nyala biru terus mati, tekan tombol power lagi bisa nyala tidak? Atau harus cabut power dulu? kalau harus cabut power dulu, kemungkinan power supply unit/PSU. Ganti PSU sekitar 750 ribu.

2. Kalau tanpa harus cabut kabel power bisa nyala biru terus mati lagi, kemungkinan prosesor/APU bermasalah. Ini yang seram, karena harus reball/perbaikan koneksi prosesor ke motherboard. Biayanya bisa 1 jt an dan penyakitnya tidak 100% bisa sembuh, bisa kambuh lagi.
Libur telah tiba - libur telah tiba, Hore ~ Hore :)

Saatnya istirahat melepas penat dari segala macam masalah kerjaan dan bersantai bersama keluarga..

Kali ini saya mau cerita pengalaman kemarin, beberapa hari yang lalu ada teman yang datang untuk ngetest PS4nya yang tidak bisa nyala, jadi kasusnya saat tombol power ditekan PS4 nyala sebentar, lampu led warna putih menyala dan selang beberapa detik langsung mati lagi, dan setelah itu ditekan tombol power sama sekali tidak mau menyala, harus lepas kabel power lalu disambungkan kembali baru bisa menyala.
Setelah usut demi usut, ternyata kerusakan diperkirakan adalah power supply PS4nya, dimana power supply tidak kuat mengangkat beban daya dari PS4, lalu mati.
Jadi dari kasus di atas, Saya pribadi sih menyarankan untuk tidak menggunakan kipas yang mengambil power dari PS4, mungkin kasus serupa bisa terjadi terjadi jika kita menggunakan aksesoris dari pihak ke tiga seperti :

Setelah bercerita panjang lebar, ternyata kerusakan power supply terjadi karena yang bersangkutan menggunakan 2 kipas external yang mana kedua kipas tersebut menyolok ke USB dari PS4. Ini yang mengakibatkan power failure, alias di saat PS4 membutuhkan daya yang cukup besar untuk mengolah grafik tinggin, ini terpaksa terbagi oleh kipas external, yang mana kipas memerlukan power yang lumayan.
- NYKO Data Bank
- NYKO Modular Charge Station
- NYKO Intercooler
- NYKO Modular Charge Kit
Sebelum ke tempat Saya, teman sempat membawa PS4nya ke service center resmi Sony Balikpapan, berharap PS4 nya bisa diperbaiki oleh team ahli dari Sony, namun kenyataan tidak se indah itu, setelah PS4 menginap sekitar 2 minggu dan dari pihak service tidak ada kabar, pihak costumer yang selalu harus followup, dan setelah menunggu lama ternyata mesin PS4nya tidak bisa diperbaiki dengan alasan mesin PS4 tersebut bukan dari Indonesia. Seri PS4 nya CUH-1200AB, setelah searching ternyata barang import dari Jepang, yang mana teman saya tidak tau kalau ternyata mesin PS4nya mesin jepang, padahal dia beli 2nd dan bilang tangan pertama dia beli di mall BC, dan belum 1 tahun alias masih garansi.

Untuk info aja, sebenarnya misal mau perbaiki sendiri sih bisa aja, asal ada keberanian. Untuk harga power supply PS4 KW versi tokopedia seharga 395rb, dan panduan untuk bongkar PS4 bisa di lihat di


Semoga informasinya bermanfaat, Terimakasih

81 comments:

  1. Salam bro... mo tanya
    Stik ps4 g bisa konek ke ps4..
    Gimana spy bsa konek..
    Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Colok pake kabelnya aja gan...nanti jg konek

      Delete
    2. Kalo udah dicolokin tapi gk bisa konect gmna gan ,padahal kalo dibcolokin bisa ngecas tapi kalo di tekan tombol ps nya gk mau hidup

      Delete
    3. Kasus ane sama nih, kyknya ada masalah di tombol logo PS nya, g bs ditekan. Musti ganti PCB itu

      Delete
  2. mo nanya gan, ps4 ane bisa nyala dan mati sendiri, baik pas waktu main atau nggak. itu knapa ya? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong di jelaskan kenapa ps4 saya maati sendiri dan sekarang ga mau idup ? Padahal baru 4 hari beli baru

      Delete
    2. Itu kejadian sama punya saya. Batu beli tiga hari mati total. PS gw lagi tahap perbaikan Sony Indonesia. Pihak Sony bilangnya power suplai rusak atau jebol. Nasip nasip dapet barang baru tapi yg jelek.

      Delete
  3. Maap mau tanya ps4 mati lg main terus ada bunyi dan bau kebakar
    Di nyalain nyala lampu biru terus mati lg kira2 apa tuh masalah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power suplai jebol. Sama kaya gw. Bawa ke geray Sony Indonesia aja.

      Delete
  4. gan mau nanya, kalo matiin ps 4 pas keadaan udh mati (lampu indicator udh mati) tp kabel power masih kecolok itu gpp ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa, cuma kalo kena petir biasanya ya menjalar walau elektroniknya dalam keadaan mati, solusinya coba cari sambungan yg ada stekernya mas, sama ada fusenya supaya dobel proteksi

      Delete
  5. mau tanya bro ps4 saya kena air tombol power gak mau hidup sama sekali

    ReplyDelete
  6. mau tanya bos.ps4 slim saya,saat saya tekan tombol power hanya 1 detik warna biru terus mati,dan saya tekan power gak bisa nyala lagi,tapi kalau dicabut dan di colokin kabel powernya nyala biru dan mati lagi..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, gmna solusinya tuh?

      Delete
    2. Sama juga pny saya. Bawah e kena rmbesan air di keramik. Nyala biru trus mati lgsung.

      Delete
    3. Persis sama baget ma punya saya ps4 slim. Apa mesti cma ganti power supply?? Ada yg pernah coba?? Kalo pwr supply penyebabnya... saya mau bli dah...

      Delete
    4. Sama ps4 ku matot pas nyala ada petir disekitar kompleks,sampe matilampu, trnyata ps4ku ikut mati..... Apa yg hrs gnti yaa..

      Delete
    5. Sama.punya saya juga sperti itu

      Delete
  7. mau tanya bang,PS4 saya pas pertama di nyalain di layar tv nya itu kyk mental gtu,udah masuk logo Playstation lalu balik lagi "notifikasi di tv nya dari HDMI jadi DVI, itu masalahnya di mana???

    ReplyDelete
  8. Ps4 kenapa ringkih banget yah
    Ternyata makin canggih makin lemah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut data dari Sony, cuma 1% dari keseluruhan mesin PS4 yang dipasarkan yang terkena kendala mas, berhubung di indonesia listrik sering tidak stabil jai itu lah musuh utama dari PS4 ini, semoga PS4nya cepat sembuh mas

      Delete
  9. Mau tnya gan. Ps4 saya di tv detect gan gambarny cuman layarny hitam. ada suara tpi pas beberapa detik hilang dan beberapa detik lagi ada, begitu trus gan. Ps4 saya kena mati lampu 5 kali gan. Jdi apa ya rusakny? Mohon dibalas gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bisa jadi kerusakan modul HDMI nya, coba ganti pake HDMI yg lain atau coba pindah TV lain, kalo masih sama berarti ya itu modul HDMI..

      Delete
  10. Bro ps4 saya pas di tekan power cuma nyala bentar biru lalu mati total . Di tekan power pun gak nyala harus cabut kabel dulu.. apa sama PSU nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kemungkinan masalah PSU mas, PSU sudah tidak kuat untuk menyuplai listrik ke semua komponen PS4, kalo BLOD biasanya biru terus dan ga mati lampunya, kalo mati PSU masalah. Coba cek tokopedia atau bukalapak mas utk cek harga PSU nya..

      Delete
    2. Sama persis pnya saya. Nyala biru lgsung mati. Apa PSU nya y..?

      Delete
  11. Permisi gan mau tny. Ps4 saya nyala biru trus 1 detik lgsung mati. Apakah power suply nya. Mula nya bawah e kena rembesan air di keramik trus bunyi ledakan kecil. Dan kadang bisa nyala 1 jam lbih trus mati lagi. & seterus nya.

    ReplyDelete
  12. Ps4 slim saya mati lampu indicator juga tdk mnyala,pdhl listrik stabil dan tidak jatuh,biasanya saya lepas colokan nya saya pasang lagi bisa,kali ini ga bisa,apa masalah di PSU jga gan?mhn pencerahan nya

    ReplyDelete
  13. Kalau ps4 saya kena petir bs diperbaiki tidak?

    ReplyDelete
  14. Aku juga punya masalah serupa, pas dinyalain cuma kedip biru sebentar abis itu mati. Apa bener ya kena PSU? Agak ragu aku soalnya aku awam. Tapi pas tanya" tukang servis katanya musti di ribol. Jadi bingung. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya punya saya juga gitu nyala biru 1 dtik lgsung mati total. Gk bisa nyala lagi dan hrus cabut dulu dan nyalain lg lgsung nati. PSU Nya mungkin y..

      Delete
    2. Wahhh saya juga nih caranya gimana yaa ?

      Delete
    3. kemungkinan ya 2 kalo tidak PSU ya harus di rebol, kalo sudah pernah ribol biasanya bakal kena lagi sutu saat, memang suhu cpu yg berlebih biasanya mebuat solderan di cpu putus, jda harus di sambung lagi

      Delete
  15. Blu-ray game saya gak, dikeluarkan saat update firmware apakah akan aja

    ReplyDelete
  16. aku punya masalah tentang ps4,masalah nya kenapa kipas ps4 tidak menyala(tidak berfungsi) lagi sampai sekarang?

    ReplyDelete
  17. Gan,ps4 saya mati total karena kena petir tapi ps4 nya sudah saya matikan tapi masih tercolok sama listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jd dalam keadaan mati trus kesamber petir gitu ya mas? Saya punya temen jg gitu, malamnya hujan petir pdhal psnya ga nyala paginya ga bisa nyala, hdmi pd tv juga gosong satu.. akhirnya ps4 nya ganti power supply..

      Delete
    2. Masih awet g mas ps4 nya setelah ganti power suplay.

      Delete
    3. Kalau power supply harusnya awet aja, kalau tdk awet berarti ada yg salah dgn keliatrikn di rumah agan, atau sering mati listrik..

      Delete
    4. Sekarang kondisi ps4 nya gimana gan?

      Delete
    5. Gw juga pernah gtu gan gara2 petir, entah Ps4 ato Tv saya yg rusak, yg jelas lampu indikator ps4 nyala normal, tpi di layar tv ga muncul gambar, tpi pas 4-5 bulan saya coba hidupkan lagi eh tb2 nyala dan smpe skrg alhamdulillah lancar2 aja mainnya, kira2 itu kenapa ya gan,,?

      Delete
  18. Apa solusi memperbaiki ps4 yg sdh d matikan tapi tidak di cabut kabelnya kena petik dan mati gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas saya ga bisa kasih solusi lebih dalam, sebaiknya di bawa ke tukang service mas yg lebih tau permasalahannya. Utk kedepannya misal hujan petir mending di cabut stop kontak tv dan ps4 nya supaya tdk ada aliran listrik yg mengalir.. turut berduka mas atas musibah ps4 punya mas

      Delete
  19. Mau tanya. Semalam sy main ps4 slim tris setelah main sy matikan tp kabel power masih tetap tercolok ke liatrik. Paginya ps4 sy pamas tp masih panas yg normal. Kira2 apa penyebab ps4 sy bisa panas padahal sdh dimatikan semalaman?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kasus unik ini, saya baru denger yang seperti ini. kalau hasil analisa saya, mungkin PS4 nya hidup sendiri malam-malam, saya pernah pengalaman punya PS4 fat yang kena penyakit auto eject, kalau malam kadang nyala sendiri sampai pagi saya bangun tidur. Nah kasusnya mas mungkin sama seperti saya, cuma mungkin sebelum pagi ada mati listrik, jadi PS4 mati, tapi komponen masih hangat.
      Mungkin kalau malam di lepas aja mas kabel powernya.. atau ada kemungkinan mas masuk rest mode? bukan turn off PS4??

      Delete
  20. Gan ps4 fat saya waktu untuk main pes 20 layarnya warna.nya kabur tidak jelas kira kira penyebabnya apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabur berbayang kah? Utk main game lain gmna? Mungkin HDMI nya kali mas, atau TV coba di set ke mode GAME mungkin itu effect auto motion

      Delete
    2. Untuk game lain juga sama mas layarnya kabur kadang redup kadang bikin silau brarti yang harus diganti bagian apa mas

      Delete
    3. Kemungkinan sih port hdmi mas, karena hubungannya dengan gambar, bisa baca artikel saya ini mas : https://hydeist666.blogspot.com/2019/12/5-masalah-hardware-yang-paling-sering.html

      Untuk service tentunya coba cari tukang service rekomended di kota mas

      Delete
    4. Lalu ps fat saya it wkt dimatikan ga bisa mati mas .tetep nyala terus warna putih. Apa itu ada hubunganya dgn hdmi nya juga ya mas

      Delete
    5. Ga bisa turn off ya, mungkin utk lebih pastinya di bawa ke tukang service mas, kemungkinan ada yg error mungkin hardwarenya. Atau kalau mau coba reset dulu aja Ps4 nya siapa tau masalah software, caranya bisa di baca di sini https://hydeist666.blogspot.com/2018/02/cara-masuk-ke-save-mode-ps4.html?m=1

      Delete
  21. Malem mas, mau tanya kalo ps4 ketika di turn off tidak bisa mati, dia malah restart terus. Itu masalahnya dimana ya? Jadi satu2 nya cara ya saya cabut kabel powerny. Tapi kalo diteruskan saya takut komponennya cepat rusak. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ps4 nya apa terkoneksi dengan wifi atau jaringan mas? Coba di putus dulu jaringannya, saya pernah punya kasus ps4 ga mau mati gara2 wifi error..

      Delete
  22. Sama nih, sy baru beli ps4 tp pas di turn off lampu power ga mati trus nyala lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba langsung sambungkan PS4 ke stop kontak PLN tanpa kabel perantara / kabel roll mas, ini kemungkinan masalah power yang tidak mati total sih.. Sama matikan juga wifi/internet yang terhubung ke PS4

      Delete
    2. Power suplay ps4 fat nya udah di ganti yg baru ya

      Delete
  23. mas saya punya ps4 fat pas main bunyi kretek" gtu itu knp yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah bunyinya seperti ini mas : https://youtu.be/B7w66pXJN80 ,kalau iya namanya Coil Whine Buzzing

      Delete
  24. Mas ps4 fat saya cuma kedip biru langsung mati,penjet power ga mau hidup ,cabut ppower ac udah tu colikin lagi ,kedip biru lagi 1detik langsung mati lagi tolog dunk info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ini BLOD atau masalah power supply, kalau BLOD biasanya krna pernah jatuh PS4 nya, kalau PSU biasa masalah listrik tdk stabil..kalau BLOD harus di reball biaya 500rb namun masalah bisa sembuh, tapi tidak ada jaminan akan kambuh lagi suatu saat. kalau PSU sekitar 450rb, cuma harus tanya ke teknisi lokal dulu utk menanyakan masalahnya di mana.

      Delete
  25. mau tanya dong??
    Kalau lampu power led mati itu kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampunya aja kah mas yg masti? Ps4 tetep nyala normal? Kalau ps4 nya juga ikut mati itu tandanya BLOD atau ya masalah power supply antara dua itu..

      Delete
  26. mau tanya mas ps4 saya sudah ganti powe suplay baru, tapi kok mesin ps4 masih sering mati sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matinya langsung mati atau selang beberapa menit/jam matinya mas?
      Kalau baru nyala mati itu 2 kemungkinan yakni power supply atau BLOD
      Kalau lama baru mati kemungkinan overheat perlu di bersikan/ ganti termal pasta

      Delete
  27. Gan mau nanya ps4 saya masih nyala saat keadaan mati listrik itu gimana ya apakah mempengaruhi mesinnya dan solusinya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu kalau ke seringan terjadi yang akan rusak itu HDD, kemudian power supply lalu merambat ke komponen lainnya. Kalau PS4 saya juga sudah kena mati listrik beberapa kali, memang HDD terasa lebih lambat saya ga tau masalah umur HDD yang sudah 2thn atau bukan..

      Delete
  28. Mas ps4 saya pas di idupin pakai stick trus kaya ada bunyi mletus gitu,trus mati. padahal listrik aman² aja .Btw saya sekarang stay di jepang. Saya idupin lg ga bisa sampai sekarang, solusi nya gimana ya mas. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. PS4 nya dari indonesia apa beli di jepang mas? setau saya listri di jepang kan 110V sedang di indo 220v jd beda tegangan, bunyi meletus kemungkinan ada yg konslet di dalam PS4 nya, coba di cium bagian belakang PS4 nya apa ada bau gosong? karena posisi power suppply ada di bagian belakang..kalau sama sekalai ga nyala ya kemungkinana power supplaynya.. semoga aja tidak parah. Cek juga misl ada kabel extension siapa tau yg meletus itu kabelnya bukan PS nya..

      Delete
    2. Ps4 beli di sini(Jepang) mas. Iya mas sama sekali fa nyala. Kedip biru pun ga nyala. Kabel extension itu kabel buat colokan ke colokan dinding ya mas?
      Rencana nya mau di bawa ke Sony aja, tapi takutnya kemahalan hehe

      Delete
    3. Bener kabel extension/ roll yg kabel panjang, itu kalau kualitas jelek kadang panas dan konslet jd mati. Kalau di indo mungkin bisa di service ke teknisi lokal, bisa lebih murah kalau memang cupa power supply nya. Kalau di jepang bakal sudah. Memang mau ga mau harus di bawa ke service center nya.. yahh semoga menemukan solusi terbaik dan cepat sembuh ps4 nya mas 🙏🏻

      Delete
    4. Aamiin. Makasih banyak saran nya mas. Semoga lancar rezeki nya🙏

      Delete
  29. Lampu indikator ps4 saya tidak bisa mati kenapa ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kedap kedip putih lama, itu tandanya PS4 nya belum mati sempurna, biasanya saya sperti ini karena macet di wifi indihome, begitu modem saya matikan PS4 jadi bisa mati normal, lalu saya reset networknya di PS4 dengan buat koneksi baru..

      Delete
  30. bro ps 4 ane kondisi nyala atau mati ada bunyi beepnya, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya pas nyalain pertama ada bunyi bip 1x, cuma kalau matiin seingat saya tidak ada. Tapi kalau pas masalah kadang dia bunyi bip 2x pas mati, itu krna masalah koneksi internet atau proses matiin tidak sempurna..

      Delete
  31. Mas PS saya kalo main di rumah suka mati sendiri, pas tombol power di pencet ga bisa nyala harus cabut kabelnya dulu. Tapi setiap dibawa ke servis dan coba main di tempat servis berjam2 ga mati sama sekali.. kebetulan kalo dibtempat servis kabel power dan HDMI nya pake punya mereka, apa mungkin masalahnya di kabel power?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya kadang kalau pakai kabel roll kualitas jelek pernah kejadian seperti itu, coba pindah tempat mas ke stop kontak pln yg lain, langsung ke stop kontak pln tanpa kabel roll. Kadang juga kalau jadi satu aliran sama kulkas atau ac/ pompa air listrik suka down.

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.