Metode Baru Login ke Akun PSN Menggunakan PassKey


Mantap juga ya Akun PlayStation Network (PSN) sudah support login menggunakan PassKey. Metode login menggunakan PassKey memang di rencanakan sebagai pengganti dari sistem login menggunakan password. 

Kelemahan kalau kita login menggunakan password adalah, kita biasanya sering lupa, ribet harus kombinasi angka dan spesial karakter, harus di ganti secara berkala, bisa di hack dengan metode brute force dll.


Metode login menggunakan PassKey itu menggunakan sistem biometric yang melekat pada diri kita, seperti sidik jari dan kontur muka, sehingga login menggunakan metode ini di anggap lebih praktis dan aman.

Berikut cara aktivasi PassKey di akun PSN :
1. Login seperti biasa ke akun PSN kita.
2. Masuk ke Account Management.
3. Pilih Security.
4. Pada Sign in with Passkey pilih Edit.
5. Pilih Create a Passkey.
6. Ikuti langkah-langkahnya

*Pastikan juga HP teman-teman support /dalam metode login menggunakan Biometric.


Saya menggunakan meotode PassKey dengan Face recognition dari hp iOS. Saya langsung meng-aktifkan di 3 akun utama saya (US, Indonesia dan Turkey), lalu mencoba login dari berbagai perangkat baru, seperti laptop windows, mac, hp android dan hp utama. 

Saya sudah test login berulang kali juga sama sekali tidak ada kendala.


Pengalaman loginnya jauh lebih praktis dan menyenangkan, karena saya tidak perlu memasukkan password yang berbeda-beda di 3 akun PSN Saya, dan tidak perlu repot-repot lagi untuk membuka program Microsoft Authenticator untuk meminta 2 step verifikasi.

Hal di atas merupakan kelebihan dari metode login menggunakan PassKey.

Setiap kelebihan tentu memiliki kelemahan, menurut saya hal paling bahaya adalah saat kita kehilangan HP utama tempat PassKey tersebut tersimpan, atau bisa juga jika hardware untuk metode authentifikasi nya rusak (sensor sidik jari / kamera IR sensor wajah). Kelemahan lainnya adalah PassKey juga belum support ke PS3 dan PS Vita.

Namun saya baca jika menggunakan ekosistem iOS, jika hp hilang, masih bisa login menggunakan perangkat lain, seperti iPad atau laptop Mac. Dan tentunya seperti biasa, kita bisa email pihak PSN untuk mematikan sistem PassKey ini jika kita mengalami kendal login.

Apakah PassKey ini lebih aman dari Password? kalau menurut saya pribadi, iya, PassKey ini setingkat lebih aman. Walau di dunia ini tidak ada yang namanya aman 100%, karena saya tau para hacker itu "nyolong" akun PSN kita dari sistem Cookies / Token.

Yuk buruan di aktifkan PassKey di akun PSN teman-teman.

Semoga artikelnya bermanfaat. Terima kasih

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.