PlayStation Berencana Nge-Ban Easy Platinum Games

Menurut berita yang beredar melalui website dexdotexe.com, yang kurang lebih isinya seperti berikut; pihak PlayStation telah mengirimkan email ke semua developernya, yang menyatakan bahwa semua Shovelware (Low-budget, poor-quality video games), game yang di-reskin, non-game, dan game yang dibuat hanya untuk memberikan Trophy Platinum kepada pemain, maka semua game yang masuk ke dalam kategori tersebut akan diblokir, di-hidden atau bahkan akan dihapus secara permanen. Kemungkinan terburuk jika masih melakukan hal yang sama maka developer game tersebut akan dilarang menerbitkan game di PlayStation Store.

Menurut saya hal ini adalah berita yang sangat menggembirakan, karena quality control game yang bisa tayang di PSN Store beberapa tahun ini sangat-sangat-sangat payah sekali. Beberapa minggu kemarin saya sempat memainkan game dengan judul "Lady in a Leotard With a Gun" yang merupakan sequel dari game dengan judul "Lizard Lady vs the Cats: Platinum Edition", kedua game tersebut merupakan jenis game dengan kategori reskin.

Menurut saya kedua game tersebut memang berada di level yang jauh berbeda dari game-game yang pernah saya mainkan sebelum-sebemumnya, satu kalimat yang bisa menggambarkan kedua game tersebut adalah "nasty". Cuma ya tidak apa-apa, sesekali kita harus memainkan game jelek supaya bisa lebih menghargai game-game bagus seperti God of War Ragnarök :D.

Menurut data yang saya kumpulkan, kedua game tersebut laku terjual sebanyak 12.644x, jika harga gamenya 0,49$ maka developer game tersebut mendapatkan 6.195$, jika di rupiahkan jadi sekitar 92 juta rupiah (hitungan kasar). Lumayan ya, padahal 0,49$ adalah harga termurah, bahkan ada developer yang men-jual gamenya di harga 3.99$. 

Sejelek apa pun gamenya, Sebusuk apa pun gamenya, pasti akan laku, pasti akan ada yang membeli, karena developer game tersebut mengeksploitasi cara mendapatkan platinum trophy dengan cara mudah dan cepat. Beberapa Platinum hunter suka mendapatkan platinum game dengan cara ini. 

For your information, di PlayStation Store ada sekumpulan game dengan judul Stroke The Dog, Stoke The Cat, Stroke The Spider, Stroke The Fish dll, game tersebut cuma berisikan gambar JPG dari hewan sesuai judulnya, dan tugas kita cuma di suruh menekan tombol X pada gambar tersebut sebanyak 2000x untuk mendapatkan 71 Trophy dan 1 Platinum, menurut saya ini bahkan bukan sebuah game. 

Jika di biarkan terus menerus di developer bisa saja membuat game "Stroke The ..." semua hewan yang ada di bumi ini yang totalnya ada 7 juta spesies, dan belum lagi hewan-hewan fantasy seperti Pegasus atau Unicorn. Bisa-bisa PlayStation Store akan di penuhi game-game seperti ini, karena developer-developer baru memanfaatkan celah yang sama.

Dengan ada ketegasan dari Pihak PlayStation ini /mau rugi, saya berharap library game yang terbit di PlayStation Store menjadi lebih teratur dan tidak di penuhi game-game sampah yang muncul baru setiap minggunya. Ada yang bilang hal ini akan membuat Platinum hunter kembali menjadi honourable.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.