Perjalanan Mendapatkan Shiny + Perfect IV Pokémon di Pokémon GO

Pokémon GO Water Festival 2022 Event telah di mulai, saya jadi mengingat kembali event pertama Water Festival pada Maret 2017, di mana Shiny✨ Pokémon pertama kali di perkenalkan pada game ini, Shiny Pokémon tersebut adalah Shiny Magikarp. Pada saat itu para Trainer (sebutan untuk pemain Pokémon GO) kembali dengan antusias untuk keluar rumah memburu Pokémon satu ini.

Seacara statistik kemungkinan kita menemukan Shiny Pokémon adalah 1:500 atau setara 2% di alam bebas. Yang artinya saat kita menangkap 500 Pokémon yang sama secara terus menerus, maka akan ada 1 kemungkinan di antara 500 Pokémon tersebut merupakan Shiny Pokémon. Tingkat kesulitan ini mengakibatkan sebuah Shiny Pokémon menjadi sangat langka dan berharga di bandingkan dengan Pokémon normal.

Shiny Pokémon di tandai dengan warna kulit yang berbeda, Magikarp secara normal berwarna Orange, sedangkan Shiny Magikarp berwarna Emas, evolusi dari Magikarp yakni Gyarados, secara normal berwarna biru sedang Shiny Gyarados berwarna merah yang terlihat cukup mencolok.  

Dalam kehidupan nyata istilah Shiny (mengkilap) ini juga bisa kita temukan pada berbagai macam hewan dan tumbuhan, di mana di antara banyak hewan yang sejenis ada beberapa yang memiliki corak warna tidak normal, dan itu sangat langka sekali, hingga bisa di lihat oleh manusia. Contohnya seperti Ayam yang berwarna hitam pekat (ayam Cemani), Lumba-lumba berwarna pink, Buaya berwarna putih (mitos buaya jadi-jadian), Harimau berwarna emas hingga Manusia Albino. 

Biasanya hewan-hewan ini sangat jarang kita lihat, karena biasanya hewan yang memiliki warna unik ini akan lebih sering mati sebelum menginjak usia dewasa, di bandingkan dengan spesies yang berwarna normal, hewan dengan warna unik juga biasanya lebih sulit berkamuflase dengan lingkungan dan lebih gampang di buru oleh predator lain, sehingga jumlahnya menjadi sangat sedikit.

Kembali ke Pokémon GO, dalam Pokémon GO di kenal juga yang namanya Individual Values (IV), IV ini melambangkan kekuatan dari Pokémon tersebut, IV di bagi menjadi 3 kategori Attack, Defense dan HP, setiap kategori memiliki nilai 0 hingga maksimal 15. Dalam komunitas Pokémon GO di kenal yang namanya 100% Perfect IV yang menandakan kalau Pokémon tersebut memiliki 15 Attack, 15 Defense dan 15 HP. Dalam kondisi normal kemungkinan kita bertemu dengan Pokémon Perfect IV ini adalah 1:4096 atau 0.0244%

Kita manusia sebenarnya telah mencapai sesuatu yang mustahil, kemungkinan mendapatkan Shiny Pokémon dan 100% IV adalah 1:2048000 atau 0,000000488% atau istilah lainnya adalah "MUSTAHIL". Pada tanggal 7 Mei 2022, saya mendapatkan, eh salah di "kasih" sama Niantic developer dari game ini, Shiny+100% IV Magikarp yang saya langsung Mega Evolve ke Mega Gyarados berwarna merah darah. 

Mungkin para pembaca sebagian besar sudah tau, kalau di luar sana ada tools program yang digunakan untuk memperbesar kemungkinan kita mendapatkan Shiny+100% IV ini, namun kalau secara normal setelah saya main game ini secara aktif selama 6 tahun pun logikanya tidak mungkin mendapatkan Shiny+100% IV ini. Secara log saya baru menangkap 10rb an Magikarp, dan masih jauh untuk mencapai angka 2 juta.

23 April 2022 : OFFICIAL NIANTIC EVENT in INDONESIA [Pokemon GO Community Day Stufful]

Sebagai penutup artikel, saya mau menjabarkan alasan kenapa saya masih tetap memainkan game ini hingga sekarang? Alasan itu karena game ini mau mendengarkan apa kemauan dari pemainnya, serta game ini selalu berevolusi dan beradaptasi untuk bisa menjadi lebih baik. Pada awal game ini release 2016 kita hanya bisa menangkap Pokémon saja, tidak ada fitur lain, dan hebatnya sekarang di tahun 2022, sangat banyak fitur dan mekanisme baru yang di tambahkan ke dalam game ini. 

Sehingga para Trainer bisa menyesuaikan cara bermain yang sesuai dengan keinginan dia, misal tipe pemain kompetitif yang suka main PVP, bisa bertanding melawan Pokémon Trainer lain secara online, bagi pemain yang suka dengan completionist yang ingin menangkap semua jenis Pokémon, bisa mulai mengoleksi Shiny, Lucky, Shadow dan Purified Pokémon, hingga pemain yang suka melawan Legendary Pokémon (Raid) bersama komunitas di kotanya.

Selain hal tersebut di atas, saya juga menganggap suatu saat Pokémon - Pokémon yang saya tangkap dan kumpulkan ini akan ada "nilainya". Ingat setiap Pokémon yang kita tangkap di Pokémon GO bisa di transfer ke Pokémon Home lalu dari Pokémon Home bisa kirim ke game dan platform mana pun. Konsepnya mirip Krypto, bisa di tambang (grinding), setiap Pokémon unik, bisa di kirim ke akun lain, bisa di adu (kayak sabung ayam :p), memiliki komunitas yang sangat besar dll. 

Event PVP Pokemon GO di Mall of Indonesia

Info yang saya dapatkan, pemain aktif harian Pokémon GO di Indonesia adalah sekitar 250-350rb, bahkan Trainer di Indonesia lebih banyak di banding dengan negara seperti Korea Selatan. Trainer Pokémon GO di Indonesia juga cenderung stabil, tidak pernah turun secara drastis, ini tentunya di tandai dengan GYM yang selalu penuh / ada saja yang menunggu GYM tersebut di sekitar tempat saya bermain. 

Gathering Pokémon GO Balikpapan

PokeStop juga semakin banyak jumlahnya dan tersebar di mana-mana, Indomaret, Starbuck dan beberapa perusahaan lain juga sudah bekerja sama dengan Pokémon GO, dengan ini saya merasa kalau game ini masih bisa bertahan di tahun-tahun yang akan akan datang. Oke seperti itulah cerita perjalanan saya memainkan Pokémon GO ini. Yuk teman-teman kita main lagi Pokémon GO :D.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.