Cerita Memory : Castlevania: Symphony of the Night (PS1)

Castlevania: Symphony of the Night (1997) merupakan sebuah game yang sangat berkesan untuk saya, sebuah maha karya dari seri game Castlevania yang sudah ada sejak era Nintendo. 

Yang paling saya ingat dari game ini adalah, arena Castle yang ternyata bisa terbalik. Saat kecil saya memainkan game ini hingga tamat, namun baru tau setela era Emulator di PC, ternyata ending yang saya lihat di PS1 ternyata belum ending yang sesungguhnya.

Ide developer (Konami) untuk membalik posisi castle menurut saya benar-benar sangat brilian. Jaman dulu era PS1 ada keterbatasan aset yang bisa di load ke dalam memory, sehingga tidak memungkinkan untuk membuat arena baru. Dengan hanya membalik posisi castle, maka developer tidak menambahkan aset baru ke memory, namun kita masih bisa menikmati petualangan yang terasa baru dan lebih menantang.

Dalam game ini kita akan mengendalikan tokoh bernama Alucard (nama "Dracula" di balik) dan di akhir game kita akan melawan tokoh Richter Belmont (pembasmi Dracula) yang menjadi jahat. Dengan membawa item tertentu saat melawan Richter, kita bisa melihat sebuah bola berwarna hijau yang melayang-layang, ternyata bola itulah yang mengendalikan tokoh Richter, dengan menghancurkan bola tersebut tanpa membunuh Richter, maka kita akan berhasil membuat seluruh Castle menjadi terbalik.

Dengan membalik Castle, kita seakan-akan kita merasakan sensasi New Game+, di saat karakter Alucard sudah kuat, kita harus memulai petualangan dari awal dengan musuh dan item baru yang lebih menantang. Dari segi cerita, kita tidak tau siapa dalang utama yang mengendalikan Richter Belmont. Saat itu saya dan kakak saya benar-benar terpukau, setelah sekian lama kita mengira sudah menamatkan game ini, ternyata petualangan baru.. baru saja akan di mulai.

Mungkin teman-teman yang seumuran saya, punya pengalaman sendiri dalam memainkan game ini dulu di PS1? bisa ceritakan di kolom komentar ya 😃

#Castlevania #CastlevaniaSymphonyOfTheNight #CastlevaniaSOTN

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.