Cerita Games : Konsep Nihilism Dalam NieR : Automata

Dalam cerita game NieR : Automata (2017) sebenarnya menyimpan sebuah gagasan pemikiran yang sangat dalam ya itu "God is dead" atau sering di kenal dengan "Nihilism". Nihilism (ketiadaan) merupakan buah pemikiran dari seorang Filsuf berkebangsaan Jerman bernama Friedrich Nietzsche. Argumen utama dari Nietzsche adalah "Tuhan sudah Mati"

Alih-alih berbicara tentang Tuhan yang sebenarnya, Nietzsche mengisyaratkan gagasan bahwa kita, sebagai manusia, telah mencapai titik di mana ilmu sains dan pemikiran analitis secara efektif telah "merasionalisasi" konsep Tuhan dari pandangan yang masuk akal. Konsep ini akan menghilangkan tujuan manusia ketika melihat sebuah agama.

"Agama adalah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya" (red. Kbbi)

"God Is Dead" sebuah filosofi yang menjelaskan bahwa Tuhan telah mati dan agama hanyalah buatan manusia, untuk menghindari ketidakadaan makna dalam hidup ini. Filosofi ini dipakai juga dalam game NieR : Automata, diceritakan dalam game ini ketika manusia sudah di ambang kepunahan mereka menciptakan Android YorHa (Salah satunya 9S dan 2B) yang di beri tugas untuk mengabdi kepada manusia dan berperang demi umat manusia (Tuhan-nya). 

Selama perjalanan game ini kita akan bertemu karakter dengan nama SimoneSimone adalah mesin yang bersarang di sebuah arena bernama di Amusement Park. Dia adalah salah satu bos yang diperangi karakter 2B dan 9S. Simone memikat para android dan mesin masuk ke taman hiburan miliknya, lalu dia "mengonsumsi" mereka untuk menghiasi dirinya dengan ornamen-ornamen bagian tubuh dari para android-mesin yang sudah mati dia bunuh. 

Kekejaman kanibalistik terjadi karena kedengkian Simone, dan kegilaannya terhadap karakter mesin lain bernama Jean-PaulSimone ingin meniru sifat dari manusia yakni "Cinta", dia ingin mempercantik dirinya agar Jean-Paul terpikat dengan kecantikan dirinya. Sebuah ironi yang cukup tragis, mesin tidak akan memiliki perasaan apa-apa. Tujuan yang gigih Simone untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari Jean-Paul tidak akan pernah terbalas.

Sama persis seperti manusia, apakah kita mencoba untuk menirukan Tuhan dengan cara menciptakan kehidupan baru seperti, rekayasa gnome, genetika, cloning, transplantation, cangkok, menghidupkan orang mati, mencari cara hidup abadi, melakukan hibrida antara hewan dan manusia, lalu dengan sombongnya melakukan kolonialisasi ke planet Mars??

Seiring berjalannya game android mulai menyadari kalau "Manusia" yang mereka anggap Tuhan sebenarnya telah punah atau mati, agama yang mereka anut yaitu "berperang" sama sekali tidak memiliki arti, karena mereka terjebak di dalam siklus perang antara android dan alien yang di rancang agar android selalu kalah lalu mereka memulai lagi perang dari awal.

Android yang rusak, hancur dan mati dalam peperangan bisa hidup kembali asalkan datanya mereka masih tersimpan di server pusat. Hal ini hampir sama dengan konsep reinkarnasi pada agama Hindu-Budha. Sebuah kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan setelah mati, jiwanya akan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan yang lain.

Pada tahun 1907 ada sebuah eksperimen yang dinamakan "21 gram of data" yang dilakukan oleh Duncan MacDougall, sebuah eksperimen, untuk mengukur berat dari jiwa manusia, eksperimen ini di uji pada orang yang sudah mau meninggal, saat orang itu meninggal, makan tubuh orang tersebut akan kehilangan 21 gram dari berat badannya. Ilmuwan tersebut menganggap kalau jiwa itu hanya sebuah kumpulan data dalam sebuah wadah tubuh yang kita gunakan sekarang ini.

Keadaan ini secara tidak langsung memiliki keterkaitan dengan kata - kata yang diucapkan oleh android 2B di prolog dari game ini "Everything that lives is designed to end. They are perpetually trapped in a never-ending spiral of life and death.  However, life is all about the struggle within this cycle. That is what 'we' believe." yang artinya "Segala sesuatu yang hidup dirancang untuk berakhir. Mereka terus-menerus terjebak dalam spiral hidup dan mati yang tidak pernah berakhir. Namun, hidup adalah tentang perjuangan dalam siklus ini. Itulah yang 'kita' yakini."

Semua tidak akan SIA-SIA..

Pada ending E game NieR : Automata, karakter kita akan dimasukkan ke dalam sebuah mini-game pesawat yang di ibaratkan sebuah "NERAKA" yang sangat berat dan mustahil untuk di lalui. Karakter kita akan mati terus menurus, setelah mati akan di ulang lagi dari awal, mati lagi, ulang lagi, sebuah siklus yang sepertinya tidak akan berakhir.

Namun kali ini ada yang berbeda. "Pod" dari android 9S muncul dan memberikan sebuah pertanyaan, “APAKAH ANDA MENERIMA KEKALAHAN?”, "APAKAH SEMUA ITU TIDAK BERARTI?", "APAKAH ANDA MENGAKUI, TIDAK ADA ARTI DUNIA INI?" pertanyaan-pertanyaan ini muncul setiap kali kita dikalahkan.

Akhirnya, ada sebuah penawaran dari pod 9S, Apakah kamu mau mengorbankan save data game ini untuk membantu orang lain? jika kita jawab IYA, maka lagu "The Weight of the World" akan mulai di putar, mini game yang sama akan di mulai lagi, sampai pada titik yang sangat sulit. Pada bagian ini player lain mulai muncul dalam jumlah yang sangat banyak, mencoba melindungi pesawat milik kita, player lain yang sama sekali tidak kita kenal membantu pesawat kita memalui tantang sulit ini. 

Sebuah level yang mustahil untuk di lewati sendiri akan menjadi tidak mustahil jika di lewati secara bersama-sama, seperti maksud dari lagu The Weight of the World, kita tidak bisa mengangkat beban dari dunia ini sendirian, namun kita bisa melakukannya jika dilakukan secara bersama-sama. Proses kita melalui level sulit secara bersama-sama kemudian berhasil melaluinya, menciptakan sebuah adegan emosional yang sangat mengejutkan.

NieR: Automata memberikan sebuah jawaban sederhana atas konsep Nihilism-ini, yaitu "Tidak semuanya hal perlu dijelaskan", "Tidak semuanya hal perlu ada jawabannya". Sebuah tujuan hidup bisa kita temukan melalui hal-hal kecil yang kita temui sehari-hari. Bahwa tidak ada satu-pun yang sia-sia dalam hidup ini, sekecil apa pun itu. :D

Semoga artikelnya bermanfaat.

SUMBER Artikel :
- https://en.wikipedia.org/wiki/Friedrich_Nietzsche
- https://en.wikipedia.org/wiki/Nihilism

- https://en.wikipedia.org/wiki/Jean-Paul_Sartre
- https://en.wikipedia.org/wiki/Simone_de_Beauvoir
- https://philosophyandvideogamesblog.wordpress.com/2018/03/30/nihilism-in-nier-automata/
- https://kbbi.web.id/agama
- https://id.wikipedia.org/wiki/Reinkarnasi
- https://en.wikipedia.org/wiki/21_grams_experiment
- https://ichi.pro/id/bakat-filosofis-nier-automata-21982413749650
- and Someone Facebook post that i forget

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.