Cerita Games : Death Stranding (PS4)

Death Stranding (kepunahan massal) merupakan sebuah game open world yang disutradarai, ditulis dan diproduseri oleh one and only "Hideo Kojima". Memainkan game ini teman-teman akan memakan waktu kurang lebih 100 jam (sekitar 4 hari dalam dunia nyata). Setiap adegan dalam game ini kebanyakan akan menimbulkan sebuah pertanyaan baru dibandingkan sebuah jawaban, jadi memang membutuhkan konsentrasi penuh  dalam menyerap inti cerita yang di sajikan oleh game ini. Tujuan utama dari game ini tentunya membuat sebuah "Koneksi" antara sebuah game dengan para pemainnya.

Karakter Utama

Kita akan memainkan tokoh protagonist bernama "Sam Porter Bridges", yang bertugas sebagai seorang pengantar barang. Bridges merupakan nama perusahaan agen dari pemerintah, Porter merupakan pekerjaan dari Sam yaitu mengantar barang, dan Sam merupakan nama dari karakter utama. Sam memiliki sebuah kekuatan supranatural yang istilah nya DOOMs, dimana Sam bisa selalu kembali dari dunia orang mati jika dia mati (kembali hidup). Tokoh Sam juga menderita sebuah penyakit yang disebut Aphenphosmphobia, sebuah gejala penyakit yang mana penderita nya akan merasakan perasaan takut untuk menyentuh orang lain. Penyakit ini lah yang membuat Sam tidak dekat dengan semua orang.

Gameplay

Gameplay dari game ini cukup sederhana yakni mengantar paket dari fasilitas A ke fasilitas B, paket di bagi menjadi beberapa jenis, seperti jumlah kuantitas, kecepatan mengantar paket, serta ukuran paket. Dalam mengantar paket terdapat berbagai macam halangan baik itu dari sisi alam seperti sungai, dataran terjal, licin berbatu, atau dari sisi manusia, seperti teroris dan pencuri paket.

Setiap Fasilitas memiliki tingkatan yang direpresentasikan dengan 5 bintang, jadi Sam harus mengantar dan menyelesaikan tugas dari fasilitas tersebut supaya mendapat cukup "Like" dan mengisi bar dari 5 bintang ini. Jika sudah terisi minimal 2 bintang maka Sam bisa melihat dan menggunakan berbagai fasilitas yang sudah di bangun oleh player lain secara online di kawasan tersebut.

Selama perjalanan Sam akan di temani oleh "Bridge Baby" atau BB, yakni seorang bayi yang di tempatkan dalam sebuah pot dengan cairan air ketuban berwarna orange. BB merupakan jembatan antara dunia orang hidup dan orang mati. Fungsi dari BB adalah untuk mendeteksi "Beached Things" atau BTs, BTs merupakan  jiwa orang mati yang terperangkap di alam orang hidup.

Dalam kondisi hujan maka BTs akan muncul, maka karakter Sam harus berhati-hati dalam melewati arena tersebut. BTs tidak bisa melihat, namun bisa mendengar, jadi Sam harus bergerak perlahan serta menahan nafas jika dekat dengan BTs. Jika Sam tertangkap oleh BTs, maka Sam akan di tarik untuk bertemu Boss atau BTs dalam ukuran besar yang di namai "Catcher" (Penangkap).

Nanti dalam game kita akan bertemu musuh manusia, namun Sam tidak boleh membunuh musuh tersebut, kita akan menggunakan senjata dari peluru bola karet atau senjata tali yang tidak mematikan. Karena kalau Sam membunuh maka musuh yang di bunuh akan menjadi BTs. Untuk melawan BTs Sam menggunakan senjata ekstrak dari darah nya, karena setelah di teliti darah dari Sam unik dan bisa menyakiti dan membunuh BTs.

Goal dari game ini adalah menghubungkan semua fasilitas yang ada, kedalam satu jaringan milik pemerintah dengan nama Chiral Network, sehingga semua fasilitas yang terhubung dalam jaringan tersebut bisa bertukar data dan informasi supaya manusia tidak punah hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan bisa kembali membangun Amerika.

Konsep "Beach" / pantai (alam orang mati)

Pada game ini kita akan berkali-kali melihat setting tempat sebuah pantai, pada awal nya tentu kita bingung kenapa setting tempat nya berpindah-pindah. namun pada pertengahan game dijelaskan bawa setiap orang mati akan masuk kedalam "pantai", Pantai ini bentuknya bisa bermacam-macam tergantung siapa pemilik pantai tersebut. Kita akan melihat sebuah pantai dengan tema perang, atau bentuk pantai yang benar-benar seperti sebuah pantai pada umumnya, seperti yang dimiliki oleh karakter utama Sam.

Prologue: Porter

Game ini di mulai dengan adegan karakter utama Sam Porter Bridges sedang membawa paket dengan motor listrik nya. Saat tiba-tiba terjadi "Timefall" atau hujan air dimana jika air mengenai kulit maka akan memajukan waktu (proses penuaan), Sam terpaksa harus meloncati suatu tebing dan gagal, yang mengakibatkan motor listrik nya rusak. Sam memungut beberapa paket yang bisa di ambil lalu lari ke sebuah gua untuk berlindung. Di dalam gua tersebut Sam bertemu dengan karakter wanita berambut pendek bernama "Fragile", yang memberikan peringatan kepada Sam untuk jangan bergerak, dan ternyata dalam gua tersebut ada mahluk tidak kasat mata yang meninggalkan jejak kaki jika berjalan (BTs), mahluk ini pun hilang di sertai hujan yang mulai reda.

Selama di dalam gua Sam dan Fragile sempat bercakap tentang tingkatan level dari DOOMs (kekuatan supranatural) merekaFragile juga mengungkapkan bahwa dialah orang yang bertanggung jawab atas Fragile Express, yakni sebuah perusahaan pengiriman barang sama seperti Bridges (lembaga pemerintah). Kemampuan DOOMs dari  tokoh Fragile adalah dia bisa melakukan teleportasi. Tidak berselang lama Sam menerima telepon dari orang-orang yang menunggu pengiriman nya di fasilitas dengan nama "Central Knot City". lalu Sam melanjutkan perjalanan nya ke fasilitas tersebut.

Setelah Sam mengantarkan paket ke fasilitas tersebut, Sam bertemu dengan karakter bernama Igor, yakni seseorang dari divisi pemusnahan mayat. Igor ingin Sam membantunya dalam memusnahkan mayat yang sedang mereka bawa. Dari adegan ini kita mengetahui kalau mayat yang tidak segera di musnahkan, maka mayat tersebut akan mengalami nekrosis (kebekuan), lalu bisa berubah menjadi BTs, jika BTs menangkap mahluk hidup seperti manusia yang berada di sekitarnya maka BTs tersebut akan meledak dengan dahsyat (Voidout) serta meninggalkan lubang besar yang bisa menghancurkan se isi kota dari Central Knot City. Jadi mayat yang di bawa Igor harus segera di musnahkan di fasilitas yang dinamai insinerator. Dalam adegan ini pun kita melihat Igor membawa sebuah BB (Bridge Baby), dan memiliki sebuah truck yang dia gunakan untuk membawa mayat tersebut. 

Sepanjang jalan, kita belajar dari Igor, bahwa jiwa dari orang mati yang terjerat dalam dunia orang hidup merupakan asal dari makhluk tak kasat mata atau BTs (Beached thing). Tidak berselang lama truck dari Igor di serang oleh mahluk tak kasat mata, yang mengakibatkan Igor harus bunuh diri agar tidak di makan oleh BTs dan menimbulkan ledakan besar. Sebelum Igor meninggal BB nya di serahkan ke Sam, namun ledakan besar tidak terhindarkan, yang membuat Sam meninggal, namun seperti kita tau di awal bahwa kemampuan supranatural Sam adalah bisa kembali dari dunia orang mati, dan akhirnya Sam bisa hidup kembali.

Episode 1: Bridget

Setelah meninggal dan kembali dari dunia orang mati, Sam tiba-tiba terbangun di kota yang berbeda, yakni di Capital Knot City. Sam di salami oleh seorang hologram dokter pria dengan nama "Deadman", lalu dia memberikan sebuah gelang khusus yang terhubung ke jaringan "Bridges", Bridges sendiri memiliki tujuan untuk membawa hukum dan ketertiban ke Amerika. Deadman juga memberitahu kepada Sam kalau BB nya juga selamat dari ledakan tersebut, karena BB memiliki tingkatan DOOMs yang tinggi sehingga ledakan voidouts tidak berdampak apa-apa ke BB.

Deadman memberikan sebuah pekerjaan untuk Sam, dia membutuhkan Sam untuk membawa paket morfin untuk "presiden Bridget" yang sudah berada di ranjang kematiannya. Pada game ini tokoh Sam diceritakan selalu menghabiskan sebagian besar hidupnya di hutan belantara dan tidak tahu ternyata masih ada presiden. Karena semua pos fasilitas lainnya terputus dari jaringan dan tidak memiliki sistem komunikasi yang berfungsi antar kota, jadi tidak ada yang tahu apa yang terjadi di kota lain.

Sam akhirnya menerima tugas tersebut dan membawa morfin ke Capital Knot City. Di sana dia bertemu dengan presiden Bridget, yang ternyata wanita itulah orang yang membesarkan Sam waktu kecil (Ibu dari Sam). Sam bahkan tidak tahu kalau wanita yang membesarkan nya adalah seorang presiden. Saat mereka berbicara presiden Bridget memberi tahu Sam bahwa dia sedang sekarat, lalu presiden mulai membahas tentang "Amelie", saudara perempuan dari Sam. Amelie memulai perjalanan nya pergi ke barat 3 tahun lalu untuk menghubungkan kembali semua fasilitas yang ada ke Jaringan UCA (United Cities of America).

Presiden Bridget yang sekarat mulai meraih Sam dan jatuh dari tempat tidurnya, dalam napas terakhirnya presiden Bridget meminta Sam untuk mencari Amelie dan melanjutkan tugas dari Amelie dengan menghubungkan kembali seluruh Amerika Serikat, serta memberi tahu Amelie bahwa mereka akan bertemu lagi di "Pantai" (dunia orang mati). Tidak berselang lama akhirnya Presiden Bridget meninggal.

Seperti yang sudah kita tau di awal, sebuah mayat perlu dimusnahkan atau kalau tidak mereka akan berubah menjadi BTs lalu meledak dan menghancurkan semua yang ada di sekitarnya. Lalu pengganti dari presiden sementara, yakni "Die-Hardman" (pria bertopeng) memberikan tugas mendesak tersebut kepada Sam, karena pada saat itu memang tidak ada porter lain yang tersedia, jadi Sam harus membawa mayat ibunya ke tempat pembakaran yang letak nya berada di gunung dan membakarnya.

Setelah Sam membakar mayat ibunya, secara tidak di duga-duga hujan pun mulai turun (Timefall) dan makhluk tak terlihat "BTs" (Beached Things) muncul di luar fasilitas tempat pembakaran mayat tersebut. Sam di hubungi oleh Deadman (dokter pria) dan memutuskan untuk terhubung dengan BB agar Sam untuk melihat posisi dari para BTs yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Saat Sam terhubung ke BB, Sam melihat sebuah kilas balik dari seorang pria yang tidak dia kenal. Sam harus bergerak perlahan di antara BTs untuk tidak menarik perhatian mereka (ingat BTs hanya bisa mendengar, tapi tidak melihat manusia). Sam akhirnya berhasil lolos dan kembali ke Capital Knot City.

Episode 2: Amelie

Sekembalinya Sam ke Capital Knot City, Sam pergi tidur di kamar pribadinya. Dalam tidurnya ia teringat sebuah kilas balik saat adiknya Amelie memberinya sebuah jimat berupa "Dreamcatcher" / penangkap mimpi buruk untuk menjauhkan Sam dari mimpi-mimpi buruk. Di tengah permainan kita ketahui Sam sering mengalami mimpi buruk tentang BB, seperti BB tiba-tiba berubah jadi Deadman atau BB mencoba untuk keluar dari pod nya

Setelah Sam terbangun dan mandi, Sam bertemu dengan hologram dari Die-Hardman (pria bertopeng) serta hologram saudara perempuannya AmelieAmelie menginformasikan saat ini dia berada di pantai paling barat Amerika Serikat. Amelie mulai memberi tahu kalau dia dan pasukannya pergi dari timur ke barat 3 tahun yang lalu dan menghubungkan semua fasilitas yang ada di sepanjang jalan untuk bergabung dengan jaringan Chiral UCA (United Cities of America). Namun na'as nya kelompok Amelie ditangkap oleh kelompok teroris dengan nama "Homo Demens". Amelie masih ditahan oleh pihak teroris di satu fasilitas di pantai barat dari Amerika, yang namanya Edge Knot City


Mereka masih mengizinkan Amelie (saudara perempuan Sam) untuk berkomunikasi melalui hologramAmelie menginginkan Sam untuk melakukan hal yang sama seperti yang diminta oleh ibunya, untuk menghubungkan seluruh Amerika ke jaringan Chiral UCA, dan mencapai pantai paling barat untuk menyelamatkan Amelie dari teroris. Untuk menyambung kan semua fasilitas ini, Sam diberi sebuah kalung berwarna perak yang di beri nama Q-PidQ-pid sendiri merupakan sebuah kalung yang berisi Chiralium dalam jumlah tinggi, yang memiliki serangkaian persamaan rumus fisika berukir pada tag kalung tersbut. Kristal Chiralium sendiri adalah bentuk kristalisasi Materi Chiral yang bersumber dari "Pantai" (alam orang mati), yang muncul di alam orang hidup akibat dari Timefall. Kalung khusus ini memungkinkan Sam untuk menghubungkan fasilitas lain ke Jaringan Chiral UCA. 

Setelah sebuah fasilitas terhubung, fasilitas tersebut dapat berkomunikasi dan bertukar informasi, bahkan hologram orang lain pun dapat dikirim di antara pos-pos yang sudah terhubung. Hal ini kembali mengingatkan dan menjabarkan misi utama dari game ini, tugas kita adalah menghubungkan kembali Amerika dengan mengunjungi semua fasilitas serta menyelamatkan Amelie di Edge Knot City.

Namun sayangnya, Sam tidak ingin berurusan dengan semua masalah ini, dia menolak mentah-mentah tugas dari Die-Hardman (pria bertopeng). Akhirnya Sam kembali ke fasilitas pribadinya lalu kembali tidur, dalam tidurnya Sam kembali bermimpi Amelie mendatanginya, Amelie mengingatkan Sam tentang betapa dia mencintainya dan bahwa dia akan melakukan apa saja untuk Sam. Keesokan paginya Sam mulai berfikir dan pada akhir nya Sam setuju untuk menghubungkan kembali Amerika, tetapi sebenarnya misi utama yang mendorong Sam adalah untuk menyelamatkan saudara perempuannya Amelie dari teroris yang sedang menyekap nya.

Sam akhirnya memulai perjalanan panjangnya. Sepanjang jalan yang di lalui, ternyata terjadi masalah dengan BB-Nya. Sebenarnya BB memang terlihat seperti bayi dalam wadah pod, namun BB dalam game ini tidak di perlakukan seperti layaknya bayi pada umumnya, mereka diperlakukan hanya sebagai sebuah peralatan untuk mendeteksi BTs. Saat Sam mencapai Distribution Center West of Edge Knot City, dia berbicara dengan hologram Deadman (Dokter pria) dan memasukkan BB-nya ke dalam inkubator. Inkubator langsung menghubungkan BB dengan ibu kandung bayi tersebut yang masih ada di dalam di Capital Knot City dan menenangkan nya, sehingga keadaan BB bisa pulih dan dapat digunakan kembali.

Deadman (Dokter pria) menjelaskan bagaimana semua ini bekerja, BB (Bridge Babies) adalah jembatan ke "Pantai" (dunia orang mati), jadi siapa pun yang membawa & terhubung dengan BB maka dia dapat melihat BTs (Beached Things). Dan BT adalah jiwa orang mati yang terjebak di dunia orang hidup. BB sendiri di ekstraksi dari rahim ibu yang otak nya sudah mati. Itulah mengapa bayi dalam BB ini menjadi istimewa, mereka berada di antara dunia yang hidup dan dunia yang mati (mereka tidak sepenuhnya hidup atau tidak sepenuh nya mati). Deadman kembali mengingatkan Sam bahwa BB hanyalah peralatan, dan memperingatkan untuk tidak terikat secara emosional dengannya. Sam pun akhir nya tertidur.

Amelie (saudara perempuan Sam) menemui Sam lagi dalam mimpinya dan memberitahu Sam jika Jaringan Chiral UCA tidak dibangun kembali oleh Sam, maka orang-orang yang masih tersisa pada akhirnya akan punah. Membangun kembali jaringan akan memberi orang harapan untuk masa depan yang lebih cerah. Sam harus melakukan beberapa pengiriman lagi antar fasilitas di daerah ini untuk akhirnya sampai di fasilitas paling ujung yakni Port Knot City (kota pelabuhan). Pada Port Knot City juga merupakan sebuah fasilitas pelabuhan tempat Sam harus naik kapal ke Amerika bagian Tengah tempat Sam mulai melanjutkan perjalanannya untuk menghubungkan semua fasilitas yang ada.

Setelah Sam tiba di Port Knot City, tempat itu diserang oleh "Higgs Monaghan" yang merupakan kepala terorisHiggs memiliki DOOMs (kemampuan supranatural) level sangat tinggi yang mana Higgs dapat berteleportasi, melakukan telekinesis serta memanipulasi cuaca beserta BTs (Beached Things), Higgs dapat memanggil BTs dan memerintahkan mereka sesuai dengan keinginannya. Higgs juga memakai topeng berbentuk tengkorak yang terbuat dari kristal Chiralium  dan memakai jubah hitam bercorak warna emas. Dia menggunakan kemampuan supernatural nya untuk memanggil "Catcherbentuk BTs yang lebih besar dan agresif. Ini adalah pertarungan bos pertama dalam game ini. Sam berusaha sekuat tenaga untuk bisa selamat dan bisa membunuh "Catcher" dengan bantuan granat dari ekstrak darah nya. Pada akhirnya Sam berhasil membunuh "Catcher" tersebut dan Higgs pun pergi.

Setelah semua bahaya ter lalui, Sam dan Fragile siap berangkat ke Amerika Tengah. Mereka naik kapal untuk sampai ke sana. Sam tertidur. Lalu Amelie (saudara perempuan Sam) mendatanginya dalam mimpi dan berbagi kenangan masa lalu ketika Sam mengunjungi nya di pantai (dunia orang mati). Pada adegan ini di jelas kan bahwa Sam juga memiliki kemampuan untuk bisa melompat ke dunia orang mati dan kembali sesuka hati nya. Sam bangun dan akhirnya tiba di Amerika Tengah.

Episode 3: Fragile

Sam dan Fragile akhirnya tiba di Amerika Tengah dengan kapal. Selama perjalanan Sam harus membawa beberapa paket yang harus mereka bawa ke Lake Knot City (kota pelabuhan) terdekat dan menghubungkannya ke Jaringan Chiral UCA. Amelie dan Die-Hardman (pria bertopeng) juga memberi tahu Sam bahwa Bridges (lembaga pemerintah) tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk menghubungkan semua fasilitas yang ada, jadi mereka menghimbau Sam untuk mendapatkan dukungan dari semua fasilitas di wilayah tersebut untuk saling bantu membantu satu sama lain.

Sam kembali tidur di fasilitas pribadi Lake Knot City (kota pelabuhan) dan kembali dikunjungi oleh Amelie (saudara perempuan Sam) dalam mimpinya, kali ini Amelie mengingatkan kenangan di mana Sam memberi adiknya Amelie sebuah kalung emas, yang sering dia pakai hingga saat ini. Saat Sam terbangun, Fragile (wanita berambut pendek) sudah ada di kamarnya. Dia memberinya sebuah gelang yang biasa dipakai anggota dari Fragile Express, sehingga musuh di area tersebut tidak menyerangnya. Fragile kembali menjelaskan bahwa kemampuan DOOMs (Supranaturalnya) adalah dapat melakukan teleportasi dan Fragile meninggalkan salah satu payung nya di kamar Sam untuk keperluan memanggil Fragile dan melakukan teleportasi ke fasilitas lain nya, mekanisme ini kita kenal dengan "fast travel".

Sam harus menyelesaikan berbagai macam kontrak mengirim paket dari satu fasilitas ke fasilitas lain nya, sampai pada akhirnya Sam mendapat sebuah kontrak untuk mengantarkan sebuah paket yang "sangat rapuh" dari Lake Knot City (kota pelabuhan) ke South Knot City (fasilitas paling selatan). Ternyata  Higgs si penjahat bertopeng emas yang menyamar lalu memberikan Sam paket tersebut, isi dari paket tersebut adalah bom nuklir. Jika karakter Sam benar-benar mengantar paket tersebut ke South Knot City maka paket tersebut akan meledak sesampai nya di sana, dan game ini akan Game Over, kita harus mengulang kembali save file terakhir.

Solusi agar tidak Game Over adalah menemukan karakter Fragile (wanita berambut pendek) di ruang pribadinya di Selatan Lake Knot City. Dia akan menyadari kalau isi dari paket tersebut adalah bom nuklir. Singkat cerita Sam kemudian ditugaskan untuk membuang paket tersebut ke sebuah sungai terdekat yang berisi cairan "Tar" (Aspal) lalu melempar paket berisi bom nuklir tersebut ke danau itu, kandungan dari aspal yang lengket akan menyerap efek ledakan dari bom nuklir tersebut setelah meledak.

Fragile muncul di lokasi tersebut kemudian mulai mengungkapkan kisah pribadinya, Higgs pada awal nya merupakan anggota dari Fragile Express, lalu entah kenapa Higgs membelot dan menjadi pemimpin dari teroris. Higgs beberapa kali berhasil meledak kan sebuah kota dengan bom Nuklir, hingga pada suatu kesempatan Fragile berhasil menggagalkan pengiriman bom nuklir yang sama dengan mengunakan kemampuan teleportasi miliknya. Malang nasib nya Fragile di tangkap oleh kelompok Higgs. Karena kejadian Higgs ex Fragile Express ini yang membuat nama Fragile Express di anggap ikut bertanggung jawab atas terjadi nya pengeboman kota sebelumnya.

Higgs memaksanya Fragile untuk berlari 1/2 telanjang menerobos hujan Timefall (hujan yang airnya akan pempercepat proses penuaan)kalau tidak mau Higgs mengancam akan meledak kan sebuah kota lagi. Fragile memilih untuk menyelamatkan kota dan seluruh tubuhnya menua oleh hujan tersebut, kecuali wajahnya yang sengaja di pakai kan topeng sebagai penanda kejadian tersebut. Fragile sangat membenci Higgs karena masalah itu, dan akhirnya menjadi musuh bebuyutan nya. Fragile meminta kepada Sam untuk berjanji memberikan Higgs kepadanya jika Sam berhasil mengalahkan Higgs. 

Akhirnya Sam sekarang bisa dengan aman memasuki South Knot City dan beristirahat di sana.

Episode 4: Unger

Saat Sam mencoba meninggalkan South Knot City, tiba-tiba terjadi sebuah badai besar yang misterius, tubuh Sam melayang di udara karena ter tiup angin puting beliung yang sangat kuat. Badai tersebut secara misterius membawa Sam ke sebuah dimensi ruang dan waktu yang berbeda. Badai tersebut melemparkannya Sam ke dalam sebuah dunia yang di dalam nya terjadi Perang Dunia ke I. "Clifford Unger", adalah seorang pria misterius yang terlihat dalam kilas balik saat Sam menghubungkan dirinya dengan BB ternyata juga ada di sana. Sam sangat kebingungan, dengan bantuan arahan dari BB Sam harus bisa mengalahkan Clifford Unger beserta tentaranya.

Episode 5: Mama

Setelah Sam berhasil mengalahkan pria misterius tersebut, badai mulai berhenti dan Sam terlempar kembali ke dunianya. "Mama" (seorang teknisi wanita) menelepon Sam dan tidak percaya ketika Sam mengatakan rasanya dia sudah pergi ke dunia tersebut selama berjam-jam, tetapi menurut mama sambungan Sam hanya terputus selama 1 detik. Mama mencatat bahwa secara tiba-tiba kepadatan Chiral di atmosfer meningkat dengan cepat yang mengakibatkan muncul nya badai tersebut, petunjuk tersebut membuat Sam harus menemui Mama di laboratorium nya sekarang.

Saat Sam bertemu Mama, Sam melihat Mama sedang menggendong bayi berbentuk bayangan BTs (Beached Things). lalu Mama mulai menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Mama sedang pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan operasi caesar bayi yang dia kandung, secara tidak di duga-duga rumah sakit tersebut diserang oleh para teroris (Homo Demens / Higgs) dan langit-langit rumah sakit tersebut mulai runtuh. Mama terjebak di bawah reruntuhan tersebut selama berhari-hari, dan secara ajaib Mama malah melahirkan bayi perempuannya. Tapi bukannya membawa kehidupan ke dunia, dia malah membawa kematian ke dunia ini. Bayi itu sudah meninggal saat puing-puing berat yang jatuh di atasnya. Kemudian bayi BTs (Beached Things) tersebut mulai melayang-layang dan menangis, tangisan tersebut lah yang akhir nya membuat regu penolong menemukan Mama dan menolong nya. Bayi BT tersebut akhirnya masih terhubung dengan tali pusar Mama hingga saat ini.

Mama juga menjelaskan kepada Sam bahwa menghubungkan lebih banyak fasilitas ke Jaringan Chiral UCA (United Cities of America) akan meningkatkan Kepadatan Chiral di udara tempat fasilitas tersebut berada. Ketika Kepadatan Chiral menjadi terlalu tinggi, itu akan mengakibatkan sebuah fenomena Badai Chiral, seperti yang Sam alami di Episode 4 yang membawanya melintas ruang dan waktu yang berbeda. 

Jadi tugas Sam untuk menghubungkan fasilitas - fasilitas yang ada akan menjadi lebih berbahaya. Namun untuk menanggulangi efek samping tersebut Mama sudah mempunyai perbaikan pada kalung Q-Pid (kalung yang berisi Chiralium dalam jumlah tinggi). Masalahnya Mama hanya lah insinyur dari perangkat keras nya saja (hardware), bukan insinyur perangkat lunak (software). Sementara perangkat keras Q-Pid yang baru selesai, masih membutuhkan tambalan isi perangkat lunak agar bisa berfungsi dengan sebagai mana mestinya. Jika hal ini tidak dilakukan, maka bisa mengakibatkan Death Stranding (kepunahan massal). Mama mengirim Sam untuk mencari saudara perempuannya "Lockne" di Mountain Knot City, dia merupakan seorang insinyur perangkat lunak dan akan tahu apa yang harus dilakukan.

Ketika Sam tiba di Mountain Knot City, Sam tidak diterima dengan baik oleh saudara Mama Lockne. Dia langsung mengatakan kepada Sam untuk meninggalkan kota dan tidak mau terhubung dengan jaringan Chiral UCA (United Cities of America)Lockne sadar akan peningkatan Kepadatan Chiral di udara akibat terhubung dengan jaringan Chiral UCA, serta paham akan bahaya yang dapat ditimbulkannya. Sam harus berfikir keras bagai mana cara untuk bisa mengubah pikiran dari Lockne (saudara perempuan Mama). Sam bergegas kembali ke laboratorium Mama, di sana Mama menemukan sebuah teknologi gelang khusus yang bisa memutuskan tali pusar antara BTs dan Mama, lalu Mama meminta Sam untuk memotong tali pusar dan melepaskan bayi BTs nya, karena Mama menyadari kalau fenomena ini tidak bisa berlangsung selamanya. 

Mama juga mengungkapkan sebuah fakta baru, bahwa sebenarnya bayi tersebut bukan bayi milik nya, karena Mama sebenar nya tidak bisa hamil karena tidak bisa memproduksi sel telur, sedangkan saudaranya (Lockne) bisa hamil namun tubuh nya tidak kuat, akhirnya sel telur dari Lockne digunakan oleh Mama untuk pembuahan dan akhirnya mama bisa mengandung. Jadi secara teknis, anak dalam bentuk BTs tersebut adalah anak Lockne. Akirnya Sam dengan berat hati menuruti apa perintah dari Mama, dan memotong tali pusar yang menghubungkan Mama dengan bayi BTs tersebut, dan secara misterius bayi tersebut mulai menghilang di bersatu dengan udara sekitar.

Kemudian Sam membawa Mama ke Lockne di Mountain Knot City, dengan harapan reuni keluarga tersebut akan mengubah pikiran Lockne untuk bergabung dengan jaringan Chiral UCA. Tali pusar yang dipotong oleh Sam ternyata malah secara perlahan membunuh Mama dan dia meninggal sesaat setelah mereka tiba di Mountain Knot City. Pasalnya, bayi BT itulah yang mempertahankan Mama untuk tetap hidup. Mama sebenarnya sudah meninggal saat berada di bawah reruntuhan rumah sakit beberapa tahun lalu dengan kondisi bayi itu masih di dalam dirinya

"Ka" (Jiwa) milik Mama berpindah ke sisi alam orang mati, sedangkan "Ha" (Tubuh) miliknya tetap berada di dunia orang hidup. Bayi BTs adalah penghubung antara kedua dunia tersebut, tapi dengan terputusnya hubungan antara Mama dan bayi BTs, nyawa dari Mama mulai pergi dan memudar. Di saat-saat sekarat Mama meminta Lockne untuk membantu Sam. Akhirnya Lockne menghormati keinginan saudara perempuannya, Mountain Knot City mau bergabung dengan jaringan Chiral UCA serta membantu Sam untuk menyempurnakan perangkat lunak di Q-Pid miliknya. Tanpa di sadari ternyata jiwa dari Mama malah terhubung dalam satu tubuh milik Lockne, membuat mata dari Lockne berubah warna, satu biru dan satu kuning, dimana kemampuan Hardware dan Software akhirnya terhubung menjadi satu. Jiwa Mama tinggal didalam raga Lockne.

Episode 6: Deadman

Sam ter tidur di Mountain Knot City. Deadman (Dokter pria) tiba-tiba di kamar Sam. Dia memberi tahu Sam bahwa ada masalah dengan BB milik nya, BB yang seharusnya berada di tengah-tengah antara alam orang hidup dan mati kini mulai mendekati alam orang hidup, mulai menjadi sadar dan ada tanda-tanda tumbuh menjadi anak yang sebenarnya. Seperti yang dia jelaskan di awal game, BB (Bridge Baby) hanyalah "alat" yang dirancang untuk tujuan tertentu, tetapi Sam tidak setuju, Sam menjadi terikat dan melihat BB sebagai teman dan mitra dalam perjalanan nya, bahkan Sam memberi nama BB nya dengan nama "Lou". Deadman terpaksa harus membawa BB itu pergi untuk mengatur ulang dan serta menghapus ingatannya.

Pada kesempatan ini juga Deadman menjelaskan tentang origin nyaDeadman di ciptakan dari proses pembuahan pada rahim buatan, dan 70% dari tubuhnya di dapat dari bangkai manusia. Deadman adalah "Monster Frankenstein", dia tidak punya istri, tidak punya anak, tidak punya teman, tidak memiliki jiwa, tidak memiliki pantai (alam orang mati), oleh sebab itu dia mencoba menghubungkan dirinya dengan Sam. 

Deadman meminta Sam melepas gelangnya dan mereka berdua bersembunyi di dalam kamar mandi, di mana suara gemericik air akan membuat "pemerintah Amerika" sulit mendengar apa yang Deadman dan Sam katakan, Sam dan Deadman perlu berbicara secara pribadi tanpa ada yang mendengarkan mereka. Deadman mencurigai Die-Hardman (pria bertopeng) dan misteri seputar eksperimen BB yang dilakukan di masa lalu oleh mantan presiden Bridges. Deadman juga memperingatkan Sam bahwa dia bahkan tidak tahu siapa Die-Hardman karena dia selalu memakai topeng tapi sekarang bertindak sebagai direktur UCA (United Cities of America).

Tanpa BB Sam tidak dapat menuju ke barat (Sam juga diberitahu bahwa wilayah tersebut dipenuhi oleh BTs). Jadi sementara Sam harus menunggu Deadman untuk memperbaiki BB. Sementara itu Sam harus menghubungkan seluruh wilayah Tengah ke Jaringan Chiral UCA. Setelah melakukan beberapa pengiriman di fasilitas-fasilitas sekitar Mountain Knot City, Sam disuruh bertemu dengan Deadman di puncak sebuah bukit bersalju. Ketika Sam sampai di sana, badai Chiral lain terjadi yang membuat Deadman belum sempat menyerahkan BB dan bersama Sam tersedot ke dimensi lain.

Episode 7: Clifford

Sam dan Deadman terlempar ke dimensi ruang waktu secara bersamaan, kali ini mereka masuk ke dimensi dari era Perang Dunia ke IIDeadman dan BB terpisah dari Sam, tugas Sam adalah menemukan Deadman dan BB, karena tanpa BB Sam tidak bisa melihat pasukan BT yang ada dalam dimensi dunia tersebut. 

Setelah Sam menemukan Deadman, Deadman memberikan BB kepada Sam, anehnya BB sudah tidak dekat lagi dengan Sam, BB malah terlihat senang ketika di gendong oleh Deadman. Secara sepktakuler "Clifford Unger" muncul, lagi - lagi Cliff sangat tertarik untuk merebut BB milik Sam. Sam sekali lagi harus mengalahkan Clifford Unger beserta tentaranya. Setelah itu, Sam dan Deadman dikembalikan ke dunia mereka.

Episode 8: Heartman

Setelah BB bisa di gunakan kembali akhirnya misi utama dari Sam bisa berlanjut, tapi sebelum Sam bisa mencapai Edge Knot City tempat Amelie (saudara perempuan Sam) ditahan, kita harus menghubungkan satu fasilitas lagi. Melalui hologram Die-Hardman (pria bertopeng) memberi tahu Sam bahwa seorang ilmuwan bernama "Heartman" akan membantu kita menyelesaikan masalah ini. Sam harus mengunjungi nya terlebih dahulu. Heartman’s Lab berada di tengah pegunungan bersalju yang sangat sulit untuk di datangi. Sam juga membawa jasad dari Mama untuk di bawa ke Heartman’s Lab untuk di teliti lebih lanjut.

Singkat cerita akhirnya Sam berhasil bertemu dengan Heartman, seorang ilmuan yang sedang meneliti tentang peristiwa "pantai" (alam orang mati). Heartman menjelaskan kalau dia memiliki sebuah jantung spesial yang berbentuk hati (maka dari itu namanya Heartman) yang mana memungkinkan dia untuk bisa menginduksi jantung nya untuk berhenti berdetak setiap 20 menit, kemudian dia akan mengalami mati suri selama 3 menit, di waktu 3 menit ini Heartman bisa menjelajah pantai dunia orang mati, sebelum akhirnya dihidupkan kembali oleh mesin defibrillator.

Heartman lalu menceritakan bahwa dia beserta keluarganya sebenarnya telah meninggal bertahun-tahun lalu dalam sebuah kecelakaan massal. Namun entah kenapa ternyata nyawa Heartman berhasil di tolong. Di alam orang mati Heartman sempat melihat anak dan istri nya berjalan menuju suatu tempat. Hal ini mendorong Heartman untuk memulai penelitian nya dengan tujuan bisa menemukan istri dan putrinya yang telah meninggal di alam orang mati, dan ketika dia menemukan mereka, dia berencana untuk ikut benar-benar mati untuk selamanya lalu tinggal bersama mereka. 

Heartman menjelaskan sebuah aturannya tentang dunia orang mati, dimana 1 orang per 1 pantai (alam orang mati) jadi setiap orang hanya sendirian di akhirat nanti nya, kecuali jika banyak orang meninggal pada saat bersamaan seperti kejadian keluarganya meninggal. Heartman mencoba mengelabui cara kerja kehidupan setelah kematian dengan menemukan pantai baru di mana istri dan putrinya berada, kemudian tinggal bersama mereka untuk selama-lamanya.

Sebelum membantu Sam, Heartman ingin Sam menghubungkan 3 fasilitas ilmuwan terdekat di jaringan Chiral sebelum Sam akhirnya bisa pergi ke tempat Amelie (saudara perempuan Sam). Setelah Sam berhasil menghubungkan fasilitas tersebut, Sam kembali ke Heartman, Heartman akhirnya bisa mengakses semua data dari fasilitas-fasilitas tersebut yang memang fasilitas tersebut khusus meneliti tentang fosil-fosil purba di daerah tersebut.

Heartman lalu menjelaskan teorinya, Kalau sebenarnya selama kehidupan ini sudah terjadi 5x Death Stranding (kepunahan massal) di masa lalu: di mulai dari Era Trilobites, Ammonites, Dinosaurus, Mammoth, dan terakhir era Manusia Es. Data dari Heartman menunjukkan bahwa kita berada di tengah Kepunahan Massal ke-6. Heartman lagi-lagi berbagi teori lain, dimana Makhluk hidup dengan tali pusar utuh (Untaian) adalah Extinction Entities (EE). EE dapat mengakhiri semua kehidupan di bumi. EE terhubung melalui untaian mereka (tali pusar) ke semua pantai (alam orang mati) dan melalui koneksi inilah mereka dapat menyebabkan Death Stranding.

Sebelum nya hologram dari Deadman (Dokter pria) juga bergabung di lab milik Heartman lalu menyampaikan sebuah pesan kalau dia menyembunyikan tali pusar dari presiden Bridget di antara kargo mayat Mama yang dibawa oleh Sam untuk Heartman, dan ajaib nya memang mayat dari Mama tidak terlihat ada tanda - tanda menjadi BTs dan sama sekali tidak menua sama sekali seperti terhenti dari waktu.

Mereka berteori bahwa karena presiden Bridget memiliki untaian (tali pusar) yang tidak menua, maka presiden Bridget adalah seorang EE. Dan Higgs (kepala teroris) menyebutkan bahwa Amelie (putri presiden) juga seorang EE, dan itulah mengapa Higgs dan kelompok teroris nya menculik Amelie untuk melakukan Death Stranding berikutnya.

Akhirnya setelah mengetahui semua fakta di atas, Sam bisa melanjutkan perjalanan kita ke barat, ke tempat Amelie (Saudara perempuan nya). Namun Sam dihalangi oleh sebuah danau Tar (aspal) yang sangat luas. 

Untuk melewatinya, Sam harus sedikit kreatif dengan cara Sam sengaja harus ditangkap oleh beberapa BTs sehingga mereka menyeretnya pergi dan memanggil "Catcher" (BT yang ukuran nya lebih besar). Bersama dengan muncul nya Catcher maka, kota tua yang berada di bawa sungai aspal tersebut didorong ke permukaan , sehingga Sam bisa melompat dari satu gedung ke gedung berikutnya untuk menyeberangi danau dan mencapai barat di sisi lain nya.

Episode 9: Higgs

Begitu Sam tiba di wilayah barat, dia disambut oleh Higgs si pemimpin teroris. Karakter Higgs dalam game ini sangat suka sekali melakukan "monolog", Higgs ingin Sam membalap nya ke Edge Knot City tempat Amelie ditahan. Tentu saja Higgs adalah seseorang dengan kekuatan DOOMs level lebih tinggi dimana dia bisa berteleportasi, tetapi itu tidak akan menghentikan upaya Sam, Sam sudah datang sampai sejauh ini untuk menyelamatkan saudara perempuannya dan tidak akan berhenti disini.

Tentu Higgs sampai duluan di Edge Knot City dan dia sudah menangkap AmelieHiggs memanggil BTs dengan ukuran sangat besar (titan), lalu menempelkan Amelie pada titan BTs tersebut. Sam harus bersusah payah untuk mengalahkan BTs titan tersebut dengan bantuan senjata rocket launcher. Pada akhirnya Sam berhasil membunuh titan BTs tersebut, namun Higgs berhasil memindahkan Amelie lebih dahulu ke pantai sebelum Sam yang sudah kelelahan bisa menghampirinya.

Sam akhirnya menghubungkan kota terakhir Edge Knot City, lalu beristirahat di kamar pribadinya, saat berada di sana Fragile (wanita berambut pendek) menjelaskan kalau dia bisa mengirimkan Sam ke pantai tempat Higgs berada dengan bantuan objek kalung "Dreamcatcher" yang pernah di berikan oleh Amelie. Akirnya Sam berhasil berteleportasi ke pantai tempat Higgs dan Amelie berada, pada saat awal datang terlihat Higgs sedang berlutut di hadapan Amelie, hemm aneh?


Pada pantai (alam orang mati) ini Higgs menjelaskan tujuan utamanya
, yakni tak lain tak bukan untuk membantu 
EE (Extinction Entitymelancarkan proses kepunahan ke-6. Higgs memiliki sebuah filsafat bawa dia adalah bagian dari "The Particle of God" dimana dia bertingkah selayaknya Tuhan yang bisa menentukan nasib mahluk hidup serta entitas orang orang mati (BTs) sesuai dengan keinginan dia. Seperti disebutkan di atas, Higgs menerima takdir kepunahan ke-6 ini, dan bahkan selama ini memanipulasi Sam untuk membantu dan memperlancar percepatan Peristiwa Kepunahan ke-6 dengan menghubungkan semua jaringan Chiral dari satu fasilitas ke fasilitas lain nya.

Singkat cerita Sam dan Higgs melakukan pertarungan se level boss fight. Higgs memberitahukan kalau orang yang mati di dalam pantai akan benar-benar "mati", karena dia mati di alam orang mati jadi tidak akan pernah kembali ke alam orang hidup. Pertarungan terakhir di lakukan secara klasik dengan adu jotos tanpa senjata. Sam akhirnya bisa menang. Sam yang sudah berjanji kepada Fragile akhirnya menyerahkan Higgs yang sudah tidak berdaya ke Fragile, Fragile yang ingin balas dendam atas semua yang dilakukan Higgs padanya. 

Higgs kaget Fragile berada di sana, dia berlutut di hadapan Fragile yang sudah memegang senjata. Karena sifat Fragile yang tidak bisa merusak sebuah benda, akhirnya Fragile memberikan sebuah pilihan pada Higgs, membiarkan nya hidup di dalam pantai tersebut selamanya dan sendirian atau memilih untuk bunuh diri. Pada akhir adegan kita tidak dilihatkan secara langsung apa pilihan Higgs, namun terdengar sebuah letusan senjata yang mungkin Higgs memilih untuk mati.

Sam akhirnya berhasil menyelamatkan Amelie. Mereka secara aneh berlari di pesisir pantai secara bersama, wajah Sam terlihat tersenyum bahagia, tapi kemudian Amelie bertingkah sangat misterius dan ingin Sam menunggu sementara dia pergi naik ke atas tebing. Sam tidak diam saja lalu mengejarnya. Alih-alih melihat Amelie di atas tebing, Sam tidak dapat mempercayai apa yang dilihat oleh matanya, ketika ia melihat presiden Bridget juga berada di pantai tersebut dan sedang berbicara dengan Die-Hardman (pria bertopeng). 

Die-Hardman berkata akhirnya dia di undang ke pantai oleh presiden Bridget, serta menodongkan sebuah pistol yang sudah di isi oleh darah Sam, ke arah presiden BridgetDie-Hardman menembakkan peluru ke arah presiden Bridget namun tidak terjadi apa-apa. Tak selang lama, tiba-tiba Clifford Unger (pria dalam flash back BB) muncul dan untuk pertama kali Die-Hardman melepaskan topeng nya ke hadapan Cliff, dan secara aneh Cliff mengenali Die-Hardman, dan menodongkan senjata ke arah Die-Hardman, namun sebelum di tembak presiden Bridget menunjuk ke arah Sam, dan fokus Cliff akhirnya tertuju ke Sam yang membawa BB.

Sam Kaget Amelie tiba-tiba muncul, lalu mendorong Sam jatuh ke laut. Didalam laut Deadman menarik Sam kembali ke dunia nyata. Sam pun terbangun.

Episode 10: Die-Hardman

Die-Hardman memiliki nama asli John Blake McClane merupakan seorang manusia biasa yang sama sekali tidak memiliki DOOMs (kekuatan supranatural), dia diceritakan adalah seorang veteran perang yang sangat royal dan setia terhadap atasan nya. Die-Hardman telah mengikuti beberapa perang dan secara kebetulan atasan nya ternayata adalah komandan Clifford Unger, maka nya saat berada di pantai pada episode 9, Cliff langsung mengenali Die-Hardman. John Blake McClane mendapat julukan Die-Hardman karena saat berperang dia selalu di selamatkan oleh Cliff berkali-kali yang mana membuat dia "susah untuk mati".

Setelah di dorong oleh Amelie, Sam kembali ke dunia kehidupan. Hologram Deadman berasumsi bahwa Higgs lah mengendalikan Cliff, tapi sekarang Higgs sudah tidak ada dan anehnya Clifford Unger masih mengejar BB milik Sam, tampaknya Cliff-lah yang seharusnya bertanggung jawab atas semua ini. Deadman ber pikir Cliff menyandera Amelie dan Die-Hardman di pantai.

Deadman mengatakan kalau teman-teman kita semua sedang berkumpul di fasilitas Capital Knot City yang berada di bagian paling timur tempat permainan pertama kali dimulai. Mereka ingin Sam kembali ke sana untuk membuat rencana bagaimana menyelamatkan Amelie dari pantai tersebut lalu menghentikan kepunahan ke-6. Untuk menuju ke Capital Knot City Sam harus lakukan secara manual lewat darat, Fragile telah menteleportasi terlalu banyak orang akhir-akhir ini, dia terlalu lemah untuk teleportasi Sam. Lonjakan jaringan Chiral juga telah terjadi di mana-mana mengakibatkan perjalanan Sam kali ini lebih berbahaya dari biasanya, karena muncul nya BTs di mana-mana.

Episode 11: Clifford Unger

Dalam perjalanan Sam kembali ke timur (Capital Knot City), ketika Sam hampir mencapai Lake Knot City (Kota pelabuhan), tiba-tiba badai Chiral besar muncul dan menyapu Sam masuk kedalam nya, Sam kembali terlempar ke dalam dimensi ruang waktu yang berbeda, kali ini mengambil setting dunia era "Perang Vietnam". Tentu saja Clifford Unger juga ada di sana. Cliff masih terus ingin merebut BB milik Sam. Singkat cerita Sam akhirnya berhasil mengalahkan Cliff dan tentaranya. 

Clifford Unger adalah seorang komandan Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat. Setelah kepulangannya dari perang, Cliff dan Lisa (istri Cliff) yang sedang hamil terlibat dalam kecelakaan maut, keduanya berhasil keluar hidup-hidup dari kecelakaan tersebut, akan tetapi istrinya Lisa mengalami mati otak dan anak mereka yang belum lahir berisiko ikut mati. Putus asa untuk menyelamatkan keluarganya, Cliff rela membawa mereka ke Bridges untuk melakukan prosedur eksperimental bayi BB, Cliff tidak menyadari apa yang akan terjadi dengan bayi nya. Lisa yang koma diberikan bantuan alat ber tahan hidup untuk mencegah kematian dan tidak berubah menjadi BTs, dan bayi mereka di keluarkan lalu diletakkan dalam sebuah wadah portabel yang penuh dengan cairan ketuban, membuatnya tetap dalam kondisi tersebut. Ternyata John (Die-Hardman masih muda) juga bekerja sebagai kepala security pada fasilitas tersebut.

Setelah menegtahui apa yang sebenarnya terjadi dalam experimen BB, dimana bayi nya hanya akan di jadikan sebuah alat oleh presiden Bridget, Cliff memutusakan untuk mengakhiri hidup istrinya dan membawa lari BB dari fasilitas tersebut, dibantu oleh teman royal nya John (Die-Hardman masih muda). Singkat cerita proses pelarian dari Cliff gagal total, Cliff kepergok anggota scurity yang sedang bertugas dan tertembak, luka parah akhirnya Cliff kembali ke kamar dari Lisa istrinya dan meminta maaf ke Lisa. Cliff akhirnya di tembak mati dalam ruangan tersebut oleh Presiden Briget dan secara tidak sengaja pula membunuh BB dalam pelukan Cliff. Setelah kematiannya, Cliff terdampar ke pantai miliknya dalam pencariannya untuk kembali menemukan BB (anak nya) nya sebagai "veteran perang".

Cliff yang terjebak di masa lalu, pantai dari Cliff adalah refleksi sebuah perang yang tiada akhir. Pada titik ini Sam telah melihat banyak kilas balik bersama Cliff saat berinteraksi dengan BB-nya (setiap kali Sam keluar dari kamar pribadi di fasilitas). Cliff meminta Sam untuk mengembalikan BB-nya. Akhirnya Sam memberikan BB padanya, namun Cliff terlihat ragu-ragu, dia bersiul, BB terlihat kerah Cliff mengenali siulan tersebut, dan seakan ingin mengapai Cliff, ternyata siulan tersebut bisa di lanjutkan oleh Sam membuat BB melihat ke aras Sam juga, karena Sam sudah mendengarkan siulan tersebut saat kilas balik dengan BB

Namun akhirnya Cliff bisa memegang BB tapi tidak berselang lama Cliff mengembalikan BB ke Sam, Cliff akhir nya mempercayakan BB kepada Sam (orang yang masih hidup). Cliff juga memberi Sam sebuah kalung tag, dan sebuah pelukan. Lalu Cliff pun menghilang. Badai Chiral sudah berakhir dan Sam kembali ke alam orang hidup.

Episode 12: Bridges

Sam kembali ke dunia kehidupan dan bangun di kamar pribadi Lake Knot City (kota pelabuhan). Deadman (Dokter pria) memutar ulang rekaman hologram dari Die-Hardman sebelum dia menghilang di panggil ke pantai (dunia orang mati) oleh Amelie. Die-Hardman mencatat bahwa tidak ada yang pernah melihat Amelie secara langsung, bahkan grup ekspedisi Bridges yang menghubungkan kembali fasilitas jaringan UCA 3 tahun lalu. Satu-satunya cara seseorang bisa berhubungan dengan Amelie adalah melalui hologram. Tidak ada yang benar-benar tahu siapa dia atau di mana dia sebenarnya berada.

Die-Hardman mengungkapkan setelah presiden Bridget meninggal, dia menggunakan hak aksesnya ke dalam jaringan utama Chiral dan menemukan bahwa presiden Bridget tidak dapat memiliki anak. Dia tidak mungkin memiliki seorang putri (Amelie) atau seorang putra (Sam). Die-Hardman mulai mempertanyakan apakah Amelie benar-benar nyata?Die-Hardman sudah tau kalau dirinya akan di undang pergi ke pantai, dalam kasus jika benar Amelie (Saudara perumpuan Sam) benar-benar EE (Extinction Entity) dia harus menghadapinya. Die-Hardman sengaja membawa pistol (yang sudah di isi darah dari Sam) sebenarnya bukan untuk membunuh Amelie sebagai EE, melaikan memberikan koneksi kepada Sam.

Fragile yang sedang sakit kehabisan tenaga muncul melalui hologram dan mengungkapkan, dia sempat mengobrol dengan Higgs di pantai. Higgs mengatakan Amelie lah yang sebenar nya berada di balik semua kejadian ini, semua kejadian yang menuntun untuk terciptanya Kepunahan ke-6. Amelie lah yang sebenarnya mengendalikan HiggsAmelie sebagai EE sengaja memberikan kekuatan DOOMs kepada Higgs agar dia bertingkah seperti Tuhan. Fragile juga mengungkapkan bahwa dia menemukan boneka bayi di dalam pod yang digunakan oleh Higgs, bukan BBs. Sekarang jelas bahwa anggota teroris hanya menggunakan boneka bayi (replika BB) untuk terhubung mereka ke pantai dengan bantuan dari Amelie.

Sam kembali melanjutkan perjalan nya menuju Capital Knot City. sesampai nya di depan pintu gebang Capital Knot City Sam di hadang oleh BT dalam bentuk seekor paus raksasa menghalangi perjalan Sam untuk memasuki Capital Knot City

Sam akhirnya mengalahkan BT raksasa ini dan memasuki Capital Knot City. Sam bertemu dengan semua teman-teman nya. Mereka merencanakan upaya terbaik untuk bisa menghentikan Amelie sehingga kepunahan ke-6 tidak terjadi. Sam berencana pergi dan berbicara dengan Amelie di pantai (alam orang mati) untuk mengubah pikirannya. Fragile dengan kekuatan terakhir nya berhasil memindahkan Sam kembali ke pantai tampat Amelie berada.

Episode 13: Sam Strand

Sam tiba di pantai tempat Amelie berada. Amelie lalu menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, Amelie dan Presiden Bridget sebenarnya adalah satu entitas, mereka adalah sama satu sama lain nya. "Ha" (tubuh) dalam bentuk presiden Bridget yang hidup di dunia orang hidup, sedang "Ka" (Jiwa) dalam bentuk Amelie yang tinggal dalam dunia orang mati"Ha" (tubuh) dari presiden Bridget memiliki batasan yang mana akhirnya sakit lalu menua dan mati. Sedangkan "Ka" (Jiwa) nya selalu mudaJadi sebenarnya Amelie tidak pernah ada di dunia nyata dan “mereka” itu adalah Extinction Entity (EE).

Amelie sebagai EE menganggap bahwa kepunahan ke-6 cepat atau lambat akan terjadi pada umat manusia, maka dia berencana untuk mempercepat semua itu dengan cara menghubungkan semua pantai serta dunia orang hidup ke pantai miliknya, sehingga saat terjadi ledakan besar (big bang) semua orang mati secara ber samaan lalu mereka semua akan tetap berkumpul dalam satu pantai yang sama untuk "Selama-lamanya", saat ngenetahui fakta ini saya merinding, serem. Proses di atas merupakan proses yang akan dilakukan Amelie sabagai EE (Extinction Entity)

Setelah mengungkapkan apa motif-nya, Amelie memberi Sam dua pilihan, untuk tinggal bersamanya di pantai dan menyaksikan dunia hancur dalam satu ledakan besar (big bang), atau membunuh Amelie sebagai EE dengan pistol yang dibawa oleh Die-hardman sehingga dengan demikian menghentikan proses Death Stranding (kepunahan massal) yang sebentar lagi akan terjadi. Tentu ini menjadi keputusan Sam yang paling berat, dimana dia harus memilih antara dunia dan orang paling dekat dengan dia. 

Selama proses Death Stranding berlangsung, Amelie (EE) mengungkapkan fakta bahwa dia sebenarnya adalah "Pantai". Dia tidak hanya tinggal di sana, dia adalah "segalanya", dialah ruang dan waktu dan mengontrol segalanya dari sana. Sam yang sudah menodongkan senjata ke arah Amelie akhirnya memilih untuk, memasukan senjatanya dan memegang tangan Ameli lalu memeluk nya. Amelie tidak menduga akan apa yang dilakukan oleh Sam, Amelie tergugah hati nya dan pada akhirnya dia setuju untuk memutus hubungannya dengan semua pantai yang lain dan dunia orang hidup, untuk menunda kepunahan massal. Dengan teputusnya koneksi antara pantai orang mati dan dunia orang hidup otomatis yang akan hancur saat proses Big Bang hanyalah pantai milik Amelie sendiri.

Pada detik detik terakhir Amelie mendorong Sam keluar dari pantainya, sebelum itu dia mengatakan "Kalau pistol yang di bawa oleh Die-hardman memiliki fungsi nya sendiri". Setelah itu Amelie memutus dirinya untuk mencegah Death Stranding (kepunahan masal) terjadi pada semua pantai dan alam orang hidup. Tetapi proses Death Stranding itu sendiri sebenarnya telah dimulai dan hal itu tidak dapat dihentikan, ledakan planet yang sangat besar dapat kita lihat, kemungkinan ledakan besar tersebut menghancurkan pantai milik Amelie. Pada akhirnya Amelie telah mengorbankan dirinya sendiri untuk Sam dan untuk semua nya

Sam masuk ke dalam pantai milik nya, karena Amelie sebagai EE sudah tidak ada lagi, maka Sam sudah tidak memiliki kekutan DOOMs (kekuatan supranatural) untuk kembali ke alam orang hidup, Sam terdampar selama nya di pantai milik nya, pada adegan ini Sam berlari kemanapun akan tetap kembali ke posisi awal, pada kondisi ini title roll ending mulai berjalan, seakan-akan game ini sudah berakhir di sini. 

Namun kita masih tetap bisa mengontrol Sam, Karena putus asa kemanapun bergi percuma akhirnya Sam teringat apa kata-kata dari Amelie "Pistol ini memiliki fungsinya", dengan berat hati Sam mengeluarkan pistol nya dan mengarahkan ke kepalanya, dan "Klik", pelatuh pistol di tarik. Di sini adegan saat Sam mearik pelatuk langsung di potong, dan tulisan hitam besar muncul "Death Stranding". 

Eh ternyata pistol itu kosong, tidak ada peluru nyahingga akhirnya terdengan panggilan dari Fragile "Sam..Sam!", Sam mengikuti arah panggilan suara tersebut yang menuntun nya ke tengah lautan, terlihat di angkasa ada 5 benda melayang, adegan ini kelihatn sangat keren sekali,dan tiba-tiba Deadman dan Lou menarik kaki dari Sam dan, akhirnya Sam pun bisa kembali ke alam orang hidup.

Episode 14: Lou

Die-Hardman dilantik sebagai presiden baru UCA (United Cities of America). Dia melepas topengnya kepada publik untuk pertama kalinya. Die-Hardman mengatakan tidak ada lagi yang akan memaki topeng, maksudnya tidak ada lagi informasi yang akan di tutup-tutupi dari dunia setelah pelantikanyaDie-Hardman juga menjelaskan kalau sebenarnya pahlwan sesunguhnya yang meng hubungkan kita semua adalah seseorang yang tidak mau di sebutkan nama nya dan kalian semua tau siap "Dia" (si Sam lah). Pada adegan ini kita melihat semua anggota berada pada ruangan pidato tersebut, Sam, Fragile, Deadman, Mama, Lockne, Heartman. Sam keluar dari ruangan pidato sebelum pidato dari Die-Hardman selesai.

Deadman menyusul Sam yang keluar lebih dulu, saat di lorong Deadman menarik tangan Sam, dan ternyata Sam sudah sembuh dari penyakit aphenphosmphobianya (penyakit takut di sentuh orang lain) lalu Deadman dengan senang memeluk Sam. Setelah itu Deadman juga menjelaskan bagai mana proses dia bisa menarik kembali Sam dari pantai milik nya. Dengan tali pusar milik presiden Bridget, tidak bisa karena semua pantai sudah terputus oleh Amelie. Hardman dan Mama (dalam bentuk jiwa) saling bantu membantu untuk mencari pantai dari Sam, setelah satu bulan tidak menghasilkan apa-apa, Sam kaget ada perbedaan selisih waktu dari alam orang hidup dan mati. Singkat cerita Deadman mengatakan kalau pistol dari Die-hardman lah yang akhirnya bisa menuntun Sam untuk keluar dari pantai nya. Jadi benar yang di katakan Amelie kalau pistol tersebut tujuan nya adalah untuk membantu teman-teman Sam menemukan pantai milik Sam, itulah fungsi dari pistol tersebut, bukan sebagai "Tongkat/Senjata" melaikan sebagai "Tali/Penolong".

Setelah acara pidato pelantikan Die-Hardman keluar dari ruangan dan ingin berbicara secara pribadi dengan Sam, Die-hardman menangis saat mengungkapkan latar belakang ceritanya. Dia merasa tidak enak karena dipaksa oleh Presiden Bridget untuk membunuh Cliff. Die-Hardman merupakan orang yang sangat loyal, Cliff sebenarnya adalah komandan Die-Hardman dalam perang telah menyelamatkan nyawanya berkali-kali. Bahkan pada adegan di pantai saat Die-Hardman bertemu dengan Cliff di episode 10, pun akhirnya Cliff tidak jadi membunuh Die-hardman, lagi-lagi Die-hardman selamat dari maut.

Semua itu mengerucut untuk satu alasan yakni, untuk mengangkat Die-Hardman menjadi presiden Amerika. Namun Sam berkata, Amerika tidak butuh presiden yang tidak takut mati, kalau kamu tidak takut mati bagai mana kamu bisa menghargai apa arti dari kehidupan?. Perkataan itu menggugah hati Die-Hardman, dan dia berterimakasih kepada Sam. Sam pun pergi ke elevator.

Saat Sam mau keluar dari Capital Knot City, Deadman punya kabar buruk. BB sudah tidak berfungsi lagi, sepertinya bayi dalam pod tersebut sudah mati. Dia merasa bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberikan Sam sebuah tugas pengantaran paket terakhir kali nya, sebuah pengiriman terakhir ke fasilitas kremasi mayat insinerator untuk membakar mayat BB yang mulai berubah menjadi BTs. Sebelum berangkat Deadman menonaktifkan gelang Sam sehingga UCA tidak bisa melacak nya.

Sam dapat menggunakan ini untuk melarikan diri dari masyarakat dan menjauh dari itu semua yang ada, menjalani hidup sederhana sendiri. Deadman juga menyarankan Sam untuk membuka pod dari BB, walaupun itu melanggar protokol dan belum pernah dilakukan sebelumnya, namun kita tidak tau apa yang akan terjadi saat BB keluar dari pod nyaSam lalu mengucapkan selamat tinggal pada Deadman dan Fragile. Fragile Express di tunjuk menjadi partner resmi pengiriman dari pemerintah UCA, dan tetap melanjutkan tugas nya mengirimkan paket-paket.

Pengiriman terakhir, Sam membawa BB ke insinerator tempat dia membakar tubuh Presiden Bridget di awal dari game ini.

Saat dia tiba di insinerator, Sam memutuskan untuk terhubung ke BB untuk terakhir kalinya, pada kilas balik kali ini terlihat urutan lengkap kilas balik yang selalu di alami oleh Sam secara terpotong-potong. Sam mengingat semuanya sekarang, istri Cliff, Lisa menjadi mati otak selama kehamilan dalam sebuah kecelakaan maut. Cliff setuju dengan eksperimen BB yang dilakukan oleh Bridges organisasi milik pemerintah Amerika. Namun Cliff tidak menyadari bahwa mereka akan menempatkan anaknya di dalam wadah pod dan memperlakukannya seperti sebuah peralatan, BBs akan dinonaktifkan ketika telah memenuhi tujuannya. 

Cliff juga dikurung di sebuah ruangan bersama istrinya dan anaknya di dalam sebuah kapsul pod. John (Die-Hardman muda) memperingatkan nya bahwa pemerintah akan mengambil BB milik Cliff untuk selamanya, Cliff tidak akan pernah bertemu lagi dengan BB nya dan menyuruhnya melarikan diri bersama BB sebelum semua hal itu terjadi. Cliff kemudian membunuh istrinya agar tidak meninggalkan penderitaannya, mengambil BB-nya dan berusaha melarikan diri. Tapi Cliff tertangkap. Presiden Bridget memaksa Die-Hardman untuk membunuh Cliff (ingat keduanya adalah rekan lama dalam perang dan teman baik). 

Terungkap juga, bahwa BB dari Cliff adalah laki-laki, yang tidak sengaja tertembak. Amelie "Ka" dari presiden Bridget mencari bayi laki-laki tersebut dalam pantai, lalu menemukan dan menyembuhkan luka tembakan pada perut bayi tersebut. Bayi tersebut bisa hidup kembali, karena menunjukan perkembangan lebih condong ke alam orang hidup, akhirnya bayi tersebut tidak bisa dijadikan BB lagi, dan presiden Bridget memutuskan untuk membesarkan bayi tersebut dengan mengarang cerita kalau bayi tersebut adalah anak nya. Maka seiring dengan waktu bayi laki-laki tersebut menjelma menjadi tokoh protagonist yang selam ini kita mainkan dari awal game ini "Sam Porter Bridges". Hal ini juga menjelaskan kenapa DOOMs dari Sam adalah selalu bisa kembali dari alam orang mati-alias tidak bisa mati.

Kilas balik yang selama ini di lihat oleh Sam merupakan sebuah ikatan antara Sam dan Cliff sebuah ikatan antara Ayah dan anak nya, bukan ikatan Sam dan BB Lou. Dari kilas balik tersebut Sam jadi sadar kalau Cliff mengeluarkan BB dari dalam pod nya dan bisa hidup.

Saat detik terakhir Sam mau melakukan proses kremasi terhadap BB, Sam memutuskan untuk mengambil BB dan membuka Pod nya, namun BB tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan, malah proses perubahan menjadi BTs mulai terjadi, Sam berusaha mengelus-elus tubuh BB dan memberikan nafas buatan, namun BB tidak kunjung hidup, hingga akhirnya BB Sam peluk dan Sam menangis, di saat itulah BB membuka matanya, dan kembali hidup. Disini kita ketahui kalau BB merupakan bayi perempuan dan Sam beri memberi nama lengkap "Louise". Adegan ditutup dengan Sam keluar dari fasilitas tersebut saat hujan, dan aneh nya hujan yang terjadi adalah hujan biasa, bukan hujan Timefall. di End credit terlihat tangan Sam dan Louise saling berpegangan tangan menunjuk kan mereka sudah terkoneksi. Tamat

Jadi pertanyaan nya, Apakah setelah memainkan game ini lebih dari 100 jam, kita mengetahui semua mekanisme-nya, mengetahui semua karakter-karakter yang ada di dalam nya, mengetahui alur ceritanya, "kita" sebagai pemain bisa "TERKONEKSI" dengan game ini? Sesuai dengan pondasi dari game ini? yang membaca sampai akhir artikel panjang ini tolong komentar di bawah. 

Terima kasih.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.