Tips dan Tricks Cara Menghemat Baterai Controller PS4 (DS4)



DualShock 4 Wireless Controller atau lebih kita kenal dengan DS4 merupakan sebuah joystick yang biasa kita gunakan sebagai controller di console PS4joystick DS4 ini keluar bersamaan dengan mesin PS4 generasi pertama (fat), yakni 15 November 2013. Untuk generasi nya DS4 ada dua, yakni DS4 generasi pertama (CUH-ZCT1) seperti keterangan di atas dan DS4 generasi kedua (CUH-ZCT2) yang di release 15 November 2016 berdekatan dengan release mesin PS4 Pro. Kelebihan DS4 generasi terbaru, di klaim sudah memiliki berbagai macam perbaikan, seperti perbaikan komunikasi USB, Penggunaan baterai  di klaim lebih awet serta kita bisa melihat warna lampu DS4 dari permukaan touch pad. Namun dari dua generas DS4 ini masih sama-sama menggunakan baterai rechargeable 3.7 V, 1000 mAh lithium-ion. 
Dulu saat awal-awal kendala yang pertama kali saat saya rasakan dalam bermain PS4 adalah baterai dari DS4 yang terasa sangat boros di bandingkan dengan DualShock 3 (DS3) stick dari console PS3. Pada saat itu malah saya mengira joystick saya yang bermasalah baterai nya, namun ternyata tidak, hal ini yang juga di rasakan teman-teman komunitas PS4, yang baru saja beralih dari PS3. Setelah berganti ke DS4 generasi ke-2 pun sebenarnya tidak terlalu terasa hemat baterai nya, boros nya baterai ini mungkin di karena kan DS4 memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak ada di DS3, seperti Mini Speaker, Lampu LED, Touch Pad, memiliki sensor Giroskop dan AkselerometerStereo Headset Jack. Banyaknya fitur tambahan ini tentunya akan membuat baterai DS4 menjadi boros.
Sebelum saya bagikan tips dan trick nya, yuk kita ketahui dulu kira-kira berapa lama umur baterai DS4 jika kita gunakan untuk bermain secara nonstop, oke setelah saya kumpulkan data secara online dan dari pengalaman pribadi juga, baterai DS4 bisa bertahan antara 4-8 jam, tergantung dari jenis game yang kita mainkan, jika memainkan game fast-paced (alur cepat) seperti FPS atau fighting dimana banyak tombol di pencet secara beruntun tentunya akan lebih banyak menguras baterai di bandingkan game berjenis JRPGs, visual novel, tactic dll. Untuk proses pengisian daya dari 0-100% memakan waktu sekitar 2 JamUntuk jenis Lithium-ion memiliki ketahanan hingga 300-500 siklus isi ulang, jadi proses charge dari 0-100% itu terhitung 1x siklus, kalau 50%-100% dua kali itu juga termasuk 1x siklus dstUntuk menambah daya tahan baterai teman-teman bisa mengikuti tips dan trick di bawah ini, beberapa sudah saya praktek kan dan masih saya pakai sampai saat ini. 

1. Mengurangi Kecerahan/ Meredupkan Cahaya dari Light Bar
Menurut saya tips pertama ini merupakan tips yang paling efektif dan selalu saya pakai jika ada controller baru, cahaya lampu led yang terlalu terang saya rasa tidak perlu, saat cahaya di redupkan pun tidak pernah ada masalah. Cara meredupkannya dengan menekan dan menahan tombol PS pada Menu Utama hingga masuk ke quick menu, lalu pada setting Brightness of DUALSHOCK 4 Light Bar pilih Dim, maka secara otomatis lampu LED Light Bar akan meredup dan ini tentunya akan menghemat sedikit baterai dari DS4.
2. Mematikan Mode Vibration (Getaran) pada DS4.
Tips ini juga merupakan tips yang sangat jitu, karena Getaran pada DS4 merupakan konsumsi daya terbanyak yang akan menguras baterai dari DS4, apa lagi jika game yang kita mainkan banyak sekali fitur getaran nya, ini akan membuat daya tahan baterai bisa di bawah 4 jam. Saya pribadi sering mematikan dan kadang menyalakan lagi fitur getaran ini, tergantung situasi dari game yang saya mainkan, jika game itu butuh konsentrasi penuh biasanya fitur ini saya matikan. Untuk mematikan fitur ini caranya, pada Menu Utama masuk ke Setting - DeviceControllers lalu hilangkan centang pada Enable Vibration.
3. Mode Setting matikan DS4 Secara Otomatis.
Setting ini berfungsi bagi teman-teman yang sering meninggalkan permainan secara mendadak, dan kadang sering lupa kalau PS4 dan DS4 masih menyala. Tentunya tidak signifikan pengaruhnya. Kalau dari kasus saya, misal saat bermain, lalu tiba-tiba saya mau makan, atau mau baca panduan game, atau mau lihat tip trick di youtube, atau mau ganti ke siaran TV dll yang mana kita akan meninggalkan DS4 kita standby, nah alangkah lebih baik jika saat standby ini DS4 akan otomatis mati dan tentunya itu akan menghemat daya baterai. Nah untuk mengaktifkan fitur ini caranya pada Menu Utama masuk ke SettingPower Saving Settings - Turn Off DualShock 4 Automatically - pilih waktu yang paling kecil yakni 10 Menit. Menu ini pun bisa kita akses dari Quick Menu dengan menahan tombol PS di menu utama


Satu tips lagi, jika kita mau langsung mematikan DS4 saat mau kita tinggalkan, kita bisa menekan dan menahan tombol PS selama 10 detik, maka otomatis DS4 akan mati dan konsumsi baterai tentunya juga akan stop.

4. Mengurangi volume Speaker pada DS4.
Mengurangi volume juga bisa menghemat baterai dari DS4, memang tidak signifikan, karena hanya beberapa game aja yang menggunakan speaker pada DS4. Namun pengalaman saya adabeberapa game yang fitur speaker dari DS4 selalu menyala, bisa untuk suara hutan, burung dan hewan, atau suara kayu terbakar dan suara itu terdengar sepanjang level yang mana ini tentunya akan membuat boros baterai. Untuk mengurangi volume dari speaker DS4 adalah dengan cara Menu Utama masuk ke Settings - Devices - Controllers - Volume Control, kurangi seperlunya. Atau menu ini bisa di akses dari Quick Menu.
Tips dan Trick selanjutnya lebih extreme lagi, karena kita harus melakukan investasi lebih dalam untuk membuat baterai DS4 lebih tahan lama

5. Membeli DualShock 4 Battery Pack

Battery Pack disini biasanya merupakan baterai tambahan yang akan kita sambung kan dengan DS4. Kelemahannya tentunya DS4 kita akan terasa lebih berat karena ada baterai tambahan di belakangnya. Mungkin untuk segi kenyamanan dalam memegang DS4 juga akan berkurang sedikit, namun lama kelamaan biasanya kita akan terbiasa. Untuk Battery Pack yang secara official di lisensi oleh Playstation adalah merek Venom rechargeable battery packs harganya sekitar 128rb di Amazon. Atau kita bisa juga menggunakan produk dengan merek lain yang sudah tersedia di Indonesia seperti model klik link ini yang harganya 124rb di Tokopedia.


6. Mengganti Baterai 1000 mAh bawaan DS4 dengan 2000 mAh
Tips yang terakhir ini tidak terlalu saya sarankan karena kita harus membuka DS4 dan mengganti baterai bawaan pabrik dengan baterai costom dengan kapasitas lebih besar. Secara teori memang baterai yang memiliki milliampere-hours (mAh) lebih besar makan habisnya akan lebih lama. Di Tokopedia ada beberapa toko yang menyediakan baterai jenis ini dengan harga 50-100rb. Namun saya pribadi tidak bisa memberikan garansi apakah DS4 kita akan lebih awat atau tidak. Dengan mengganti baterai ini di pastikan garansi dari pihak Sony akan tidak berlaku lagi.
Oke semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat, walaupun sebenarnya ini informasi lama yang saya rangkum dan kemas kembali. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di kolom komentar, mari diskusi.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.