Gagal Membeli Game Digital Di PSN Store Menggunakan Kartu Debit

Sebelumnya saya mau cerita intermezzo dulu, pada awalnya saya biasa transaksi membeli game digital mengunakan kartu debit Bank BTN, selama berjalannya waktu transaksi ke PSN Store berjalan dengan lancar hingga suatu ketika, saat ada diskon besar-besaran di PSN dan saya mencoba membeli game seperti biasanya, alhasil transaksi saya di tolak, error menunjukan kalau alamat yang saya isikan salah atau error terlalu banyak koneksi gagal atau terjadi kesalahan silahkan coba lagi nanti, lalu saya mencoba berbagai macam kombinasi, dengan melakukan input alamat sesuai KTP, input alamat sesuai yang ada di buku tabungan Bank BTN, input alamat rumah lama saya, input alamat rumah baru saya, menyamakan alamat di akun PSN saya dengan semua alamat yang sudah saya input, alhasil semuanya gagal. Pada saat itu akhirnya saya membeli top up wallet dari Tokopedia dengan selisih biaya yang lumayan tinggi. Akhirnya event Diskon PSN pun berlalu, dan pada saat itu saya berfikir "ah mungkin hanya error sementara aja, server PSN atau banknya yang error" pada saat itu saya juga sudah posting di forum PS4 Indonesia, dan memang dari laporan beberapa user di sana, debit bank tidak bisa digunakan, sama seperti saya.
Dengan seiring nya waktu, akhirnya kali ini ada event besar lagi "Days of Play" mulai tanggal 7 s/d 17 Juni 2019, kali ini yang menjadi incar an dari semua member PS4 adalah diskon PS+ 30% yang mana langganan 1 tahunnya hanya menjadi 245 ribu saja. Event ini juga merupakan event terakhir dimana bulan Agustus 2019 nanti PS+  akan naik menjadi 599 ribu per tahun. Jadi kali ini lah kesempatan emas untuk stock PS+ 2-4 tahun ke belakang. Akhirnya dengan semangat 45, saya coba lah untuk mengunakan kartu debit BTN saya, dan ya error yang sama masih saja terjadi. Saya mengira kartu saya ter block untuk transaksi menggunakan Visa. Pada saat itu saya juga sampai mencoba upgrade debit kartu Debit Mandiri saya menjadi Gold, info yang saya dapat, Debit Mandiri Gold bisa digunakan untuk transaksi Visa nya, dan setelah kartu saya jadi saya tunggu 24 jam, malah kartu saya tidak bisa di masukan saat memasukkan data pribadi dari pemilik kartu, sial gagal lagi, dan waktu terus berjalan.
Akhirnya saya kembali fokus ke kartu debit BTN saya, saya mencoba kartu saya untuk membeli Dolar $ di PayPal, dan ternyata transaksi berhasil, ini tandanya kartu saya sebenarnya tidak ada masalah, oke mungkin cuma kebetulan, lalu saya iseng mencoba subscribe 1 bulan service pada website Mega.nz dengan mata uang Euro , harga langganan nya 4.99 €/ bulan, dan saya mengunakan transaksi menggunakan Debit BTN yang sama, dan ternyata juga berhasil, berarti transaksi Visa saya memang jalan. Oke saya mencoba lagi membeli kaset PS4 Spider-Man dan  Spyro Reignited Trilogy di Tokopedia, saat saya cek Tokopedia ternyata menerima transaksi mengunakan debit yang ada Visa nya, dan tanpa basa basi saya langsung coba menggunakan layanan pembayaran tersebut, dan holaa bisa juga, namun dengan cas biaya admin sekitar 13 ribu, jadi FIX kartu Debit BTN saya tidak ada masalah.
Dari semua transaksi di atas, ada satu hal yang saya pelajari, ini lah kunci kenapa kartu Bank BTN dan Mandiri Gold saya tidak berfungsi lagi, Saya mengambil kesimpulan; Transaksi selalu gagal karena website PSN Store Indonesia belum mendukung sistem keamanan One-time password (OTP) untuk transaksi online. Awalnya transaksi Bank BTN saya sukses di awal-awal tahun  2019 karena bank BTN belum meng-implementasi kan sistem keamanan OTP ini. Sistem keamanan OTP ini sebenarnya cukup simple yang mana Bank sebelum meng "OKE" kan transaksi yang mau kita lakukan, Bank akan mengirim pesan singkat OTP ke handphone yang sudah terdaftar sebelumnya, nah 4 digit yang sudah kita terima dari handphone akan kita masukan ke web dimana kita mau melakukan transaksi. OTP ini sebenarnya sudah ada lama, ya memang merupakan sistem keamanan yang standar sebenarnya, namun yang saya pelajari saat transaksi mengunakan Debit BTN di awal-awal tahun, adalah sistem PSN Store Indonesia belum menggunakan sistem OTP ini, jadi saat kita membeli game, di keranjang, saat proses check out pembayaran tekan tombol Oke makan transaksi akan sukses dan selesai dah itu aja, sebenarnya ini sangat berbahaya, jika nomer kartu Debit dan CVV kita ter HACK, jadi orang yang tidak bertanggung jawab bisa mengunakan data kita untuk membeli sesuatu tanpa se pengetahuan kita, teman-teman bisa baca pada artikel ini, saat saya tertipu : Email Penipuan!! Pembelian Aplikasi di iOS atau Google Store untung pada saat itu masih bisa di refund.
Saat saya transaksi di Paypal, Mega, Tokopedia, saya menerima OTP pada handphone saya, makanya sistem nya memproses pesanan saya. Sebenarnya saya sudah email langsung ke Sony Indonesia, dan sampai artikel ini di tulis, saya sama sekali belum mendapatkan tanggapan dari pihak Sony Indonesia, pada saat ini error yang terjadi adalah error E-8200012C, yang setelah saya googling maksudnya "Credit or debit card information is invalid" data pada kartu kredit/debit salah. Padahal saat saya upgrade ke Mandiri Gold, saya wanti-wanti CS Mandiri yang melayani saya, Mbak alamat yang terdaftar di sistem Bank Mandiri di samakan persis dengan KTP saya ya mbak. dan tetap saja walaupun alamatnya sudah di update sama tetap transaksi ini gagal. Oiya error E-8200012C ini terjadi di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia saja, dan error rata-rata mereka yang menggunakan debit.
Solusinya memang kita harus menunggu PSN Store untuk meng upgrade sistem keamanan transaksi online nya dengan menggunakan OTP, Mungkin teman-teman yang membaca artikel ini bisa membantu saya, untuk melaporkan ke alamat email dari Sony Indonesia di : cic.indonesia@ap.sony.com 


UPDATE 30 Maret 2021 : 
Kartu Kredit/Kartu Debit yang bisa digunakan transaksi di PlayStation Store (Store Indonesia, card issuer juga dari Indonesia)

Kartu Kredit (modelnya ngutang, bayar ketika tagihan diterbitkan oleh bank issuer)
  • Visa BCA
  • Visa BNI46
  • Visa ANZ
  • MasterCard BRI Business Card
  • Visa Standard Chartered
  • Visa CIMB Niaga
  • Visa Citibank
  • MasterCard Bank Mega 
  • MasterCard CIMB Niaga
  • VISA BRI Touch
  • VISA Mandiri
  • VCN Mastercard Debit BNI46 (kadang bisa kadang nggak)
  • Danamon (VISA/Mastercard?)
  • MasterCard Mandiri
Kartu Debit (modelnya langsung bayar sesuai saldo yg tersedia di rekening)
  • BTPN Jenius 
  • BTPN Jenius dapat digunakan di store lain (selain reg 3 indo) dengan konversi otomatis. 
  • Kartu ATM Permata Bank (chip/non-chip)
  • Debit BNI Mastercard (transaksinya kena pajak ~13,5k)

7 comments:

  1. pake jenius BTPN bro, ane berhasil terus, udah dapet crash nsane trilogy, nfs payback deluxe edition, spyro trilogy, watchdogs2 gold edition, ratchet and clank.

    kartu debit yang setia menemani ane beli-beli di PSN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas, saya juga sudah pake Jenius, ini sudah pake untuk beli PS+ pas event kemarin. mantap deh..

      Delete
    2. Klo mau mau pake jenzous harus daftar ke btpn atau lewat app jenius aja udah bisa?

      Delete
    3. Ini ada artikelnya saya buat lengkap : https://hydeist666.blogspot.com/2019/06/beli-game-digital-di-psn-store.html

      Delete
  2. Soalnya ane beli di toped mayan juga 30rb mahal bet klo oake jenius kena biaya lagi ga? Klo kena berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake Jenius beli game harga 100rb bayar 100rb, beli PS+ 1 tahun 350rb bayarnya 350rb pokonya bayarnya 1:1

      Delete
  3. Iye, jenius buat beli di pan store, berguna bgt.. lcrrr . wkwkwk

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.