Beli Game Digital di PSN Store Menggunakan JENIUS



Jenius adalah aplikasi perbankan digital yang memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelola keuangan dari ponsel, baik ponsel berbasis Android maupun iOS. Aplikasi ini diluncurkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) pada 11 Agustus 2016. Dalam operasinya, Jenius ter koneksi dengan ekosistem perbankan nasional dan sistem pembayaran internasional melalui kartu debit Visa. Pembayaran menggunakan Visa ini yang biasanya di gunakan oleh para member PS4 di seluruh Indonesia untuk membeli konten game digital, pembelian game bisa semua region baik itu Region 1 US, Region 2 EU, Region 3 Asia, dll.

*UPDATE 24 Maret 2021
Jenius sudah tidak bisa digunakan untuk pembelian di store region selain indonesia. Hal ini terjadi sejak 14 Februari 2021. Jadi pembelian PSN Store Turki, USA, EU, HK, JP dll sudah tidak bisa.


Kemudahan lainnya adalah proses pendaftaran dan aktivitas Jenius dapat dilakukan tanpa perlu bertatap muka dengan pihak perbankan, Tanpa harus ke Bank, antri di Bank, isi banyak form aplikasi, dengan Jenius semua bisa kita lakukan di rumah, tanpa beribet dan hanya membutuhkan beberapa jam saja. Pengalaman saya, saya daftar jam 8.14 WITA (15 menit pendaftaran) dan bisa digunakan untuk transaksi pukul 11 WITA, itu pun karena harus nunggu jam 9 WIB karena bank di Jakarta baru buka Jam 8 WIB. 

Kelebihan menggunakan kartu Jenius tentunya kita tidak harus membeli wallet atau subscribe ke PS+ melalui pihak ke tiga, jika kita menggunakan pihak ke tiga tentunya akan ada biaya service atau keuntungan ke pihak ketiga tersebut, contohnya misal kita beli wallet nominal 100 rb ke tokopedia, pastinya kita harus membayar lebih senilai 130 rb berlaku kelipatannya, namun dengan menggunakan Jenius kita bisa langsung membeli dengan nominal yang tepat sesuai harga dari game nya, kadang harga game di PSN Store juga tidak pas, misal harga game baru 699 rb, maka kita harus isi wallet 2x, dengan nominal 600 rb dan 100 rb. Oke tanpa basa basi lagi, berikut ini proses pendaftarannya.

Pertama-tama yang harus di siapkan adalah:
A. e-KTP Asli.
B. Kertas Putih yang ada Tanda Tangan sesuai KTP.
C. Kartu NPWP (kalau ada).
D. Ejaan nama Ibu Kandung. (menggunakan ejaan)
E. Download aplikasi Jenius di Android minimal Kitkat 4.2 (Download di sini), atau iOS minimal 7 (Download di sini).
F. Alamat email yang Aktif.
G. Saat di minta isi Referral ID mohon isikan ID saya ya, $setyapanca


1. Setelah aplikasi Jenius ter download, saya menggunakan iOS, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi, registrasi di sini sama seperti registrasi aplikasi - aplikasi sosial media seperti pada umumnya. Klik tombol Register.
2. Masukan alamat email dan nomer handphone yang aktif, setelah kita klik tombol Lanjutkan, makan akan ada notifikasi SMS ke nomer handphone kita, berisi 4 digit nomer, yang akan kita masukkan ke dalam Aplikasi, lanjut.
3. Setelah itu, kita di minta untuk me foto e-KTP, Selfie dengan e-KTP dan terakhir foto tanda tangan kita di kertas putih, pastikan setelah upload semua tombol berwarna hijau (seperti gambar di bawah ini), karena kadang proses upload ke server butuh waktu tergantung kecepatan jaringan internet kita, Lanjut.
4. Selanjutnya kita mengisi data-data pribadi, seperti Nama, tanggal lahir, nomer KTP dll, pastikan data yang kita input sudah sesuai dengan e-KTP, Lanjut.
5. Isi Alamat Korespondensi, dengan alamat rumah, bisa sesuai dengan alamat rumah yang di tinggal sekarang ini, kalau saya isi alamat kantor karena nanti kartu debit fisik akan di kirim ke alamat ini, Lanjut.
6. Selanjutnya membuat Password dan PIN, dalam form password kita harus menggunakan minimal 8 karakter, dan dalam karakter tersebut terdiri huruf besar, angka, lebih baik lagi jika menggunakan special karakter, setelah kita kelik Lanjut, lalu kita isi 6 digit angka untuk PIN. Perlu di perhatikan lingkaran bulat pada pojok kanan atas yang saya kasih tanda lingkaran merah (pada gambar di bawah), pada saat isi PIN pastikan lingkaran itu sudah ter isi penuh, pada saat saya register lingkaran saya tidak penuh ternyata foto e-KTP saya belum ter upload sempurna, jadi saya harus klik tombol kembali sampai ke menu upload foto e-KTP, Lanjut.
7. Selanjutnya kita di suruh mengisi, $Cashtag, ini isi aja nick name, atau nama yang mudah untuk di ingat, Lanjut.
8. Isi nama yang akan ada pada M-Card kita/ kartu debit fisik, Lanjut.

9. Proses registrasi sudah selesai, selanjutnya tinggal mengaktifkan akun kita, Aktivasi di sini jangan sampai melebihi 30 hari, saya punya pengelaman setelah selesai registrasi tidak saya aktif-asi karena waktu itu harus datang ke Bank BTPN untuk valid-asi data, dan waktu itu lebih dari 30 hari, akhirnya untuk bisa registrasi ulang, data-data lama saya harus di hapus dan itu memakan waktu 3 hari kerja. Namun sekarang tentunya untuk aktif-asi kita tinggal melakukan video call, kita akan di kasih sebuah link khusus yang saat kita klik kita akan buka menggunakan browser di handphone kita, dan berisi alamat untuk video call.
10. Aktif-asi menggunakan video call, kita akan di berikan link untuk melakukan video call, Saat video call yang kita lakukan cuma menunjukan e-KTP beserta wajah kita, sama saat kita selfie menggunakan e-KTP di awal registrasi, setelah itu yang di tanyakan adalah nama ibu kandung sesuai dengan Kartu Keluarga, di sini kita tinggal siapkan ejaan dari nama ibu kita, misal namanya Sulis berarti ejaan nya Sierra-Uniform-Lima-India-Siera. Maka proses valid-asi data menggunakan video call sudah selesai, maka kita akan di info kan kalau id Jenius yang kita bikin sudah di aktifkan, silahkan menunggu 1x24 jam. Pada Kasus saya, aktif dalam kurun waktu sekitar 20 menit setelah panggilan video call.
Akun Jenius kita sudah aktif, dalam aplikasi Jenius ada dua jenis kartu yakni :

  • m-Card (kartu fisik/atm) : Kartu ini merupakan kartu fisik yang akan di kirimkan oleh pihak Bank ke alamat saat kita mendaftar di aplikasi Jenius, status m-Card harus di Aktivasi terlebih dahulu, kita harus menunggu kartu fisik datang (14 hari kerja), dan memasukkan 3 digit angka CVV pada kartu fisik ke dalam aplikasi supaya kartu m-Card kita aktif, dan bisa di gunakan untuk mengambil atau melakukan transaksi online.
  • e-Card (kartu virtual) : Merupakan kartu virtual yang langsung kita bisa gunakan untuk melakukan transaksi online, untuk melihat CVV tinggal klik "LIHAT KODE CVV" lalu masukan password, maka nomer kartu dan CVV akan terlihat.

Langkah berikutnya adalah mengisi saldo akun Jenius kita, dengan cara transfer dari Bank utama kita ke akun Jenius, kita akan mendapatkan nomer rekening Bank BTPN, kali ini saya melakukan transfer menggunakan e-banking Bank Mandiri. Untuk transfer antar banknya tentu nya kena biaya tambahan sebesar Rp. 6.500. Misalkan saya melakukan transfer sebesar 1.3 jt ke akun Jenius saya.

Setelah di akun Jenius ada saldo nya, maka kita bisa melakukan top up ke kartu e-Card (kartu virtual), kita tinggal top up ke e-Card ini sesuai harga game yang mau kita beli, misal PS+ seharga 300 rb.

Setelah itu kita tinggal melihat nomer dan CVV dari kartu e-Card kita dengan mengelik "LIHAT KODE CVV". Selanjutnya kita tinggal memasukkan data-data transaksi ke website PSN Store.



1. Masuk dan Login seperti biasanya ke websitenya PSN Store Indonesia, lalu klik akun kita dan pilih Payment Management.

2. Klik Add Payment Method, sebelumnya pada option on/off di bawahnya biasanya saya memilih Require Password at Checkout: ON dan Automatically Add Funds.... OFF.

3. Pilih Add a Credit/ Debit Card.

4. Masukan semua informasi yang di perlukan, semua informasi ini kita dapat  dalam aplikasi Jenius, selanjutnya Next.
5. Selanjutnya kita tinggal isi alamat, bisa di isi manual atau otomatis, karena saya pernah memasukkan alamat saya ke PSN Store, jadi saya tinggal klik "Use Residential Address" untuk mengisi kolom alamat secara otomatis. Terakhir klik tombol Save.

6. Jika proses di atas berjalan dengan lancar maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini, kita sudah siap untuk melakukan transaksi online di PSN Store.

7. Selanjutnya kita tinggal browsing di PSN Store untuk mencari game yang mau kita beli, misalkan saya mau membeli PS+ promo Days of Play seharga 245 rb, saya sudah top up di e-Card senilai 300 rb jadi transaksi ini pasti berhasil.

8. Setelah kita klik beli dan masukan ke keranjang, langsung proses check out, tinggal klik Confirm Purchase dan masukan password PSN kita

9. Jika berhasil maka kita akan masuk ke halaman seperti gambar di bawah ini.

10. Terakhir kita tinggal check ke halaman Subscription Management.


Semua transaksi uang masuk dan keluar pada aplikasi Jenius tentunya bisa kita pantau dengan mudah, kelebihan dari Jenius juga jika saldo tidak mencukupi kita tidak bisa membeli game yang kita inginkan, tidak seperti kartu kredit. Infonya juga jika m-Card sudah aktif kartu itu pun bisa di pergunakan untuk transaksi online tanpa kita harus top up ke kartu e-Card kita. Saran aja, setelah selesai transaksi kita bisa hapus informasi kartu yang melekat di akun PSN Store kita, supaya jaga-jaga tidak ter hack.

UPDATE 1 JULI 2019
- Setelah saya pakai beberapa minggu ini, sering kali saat jam padat, misal jam 11-1 siang aplikasi sering overload, jadi harus sering di re fresh beberapa kali, namun transaksi tetap ter proses (Transfer masuk, top up dan beli item digital)

- Kelebihan transaksi IN-OUT yang benar-benar Jelas dan Real time dan sangat enak untuk di baca, tidak seperti Aplikasi internet banking yang lain.

- Sampai tanggal ini kartu fisik saya belum sampai.

Semoga artikelnya bermanfaat terimakasih.

39 comments:

  1. gk ad minimal saldo ya bang di akun jenius buat beli sesuatu ? klo bank kan minimal ada 50 rb, jgn ampe kurang dri itu. klo jenius gimana ? thx infornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Se tau saya tidak ada, ini saldo dari saya bikin sampai sekarang masih aja sisa sekitar 76rb, barusan pake lagi buat beli Coin di game Pokemon Go, Jenius sangat membantu sekali..

      Delete
    2. Kalo beli di ps store reg 2 (luar) bisa kan gan? Tapi terkendala di adress

      Delete
    3. Setau saya kalo beli game reg 1-2 harus pake alamat luar negri, cuma dulu beberapa kali saya beli pake debit bank BTN dia langsung otomatis kepotong sesuai rate tukra dolar-rupiah

      Delete
    4. Ane mo bli game region US mentok pas masukin alamat jenius nya gan, soalnya region US ane make alamat california, jadi ga bisa, ada cara lin ngga gan selain make voucher PSN US?

      Delete
    5. Kalau region US biasa agak susah pas set CC di awal, sering gagal, kalau gagal 1-3x coba via app ps di handphone set jeniusnya, coba 3x, kalau gagal coba set via ps4 2x atau via web broser 2x, Kalu gagal 10x suruh tunggu 24 jam baru bisa masukin lagi

      Delete
  2. Gan, mau tanya nih kok pas ane input alamat abis input kredit card jenius malah error dan suruh liat info yg ada dri credit card kita? alamatnya mesti sesuai dengan apa ya? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  3. Ada yang sama dengan saya gak. Beli 3 game yang sama tapi akun email beda2. Trus pada transaksi ke empat, tidak bisa buat beli game lagi?
    Oh iya saya pakek region 3

    ReplyDelete
  4. Kalo bikin d kantor cabang btpn apakah ada nominal minimal setoranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Se ingat saya ga pake saldo awal, bisa buka akun via app juga kayak saya di atas

      Delete
  5. Min, mw tanya transaksi pake kredit card emang sulit ya d pa store, saya checkout loading mulu, habis itu malah back ke chart

    ReplyDelete
  6. Waduh saya belum pernah coba pake kartu kredit mas, soalnya ga punya. Pengalaman dari temen2 coba belinya langsung via store di ps4, atau coba pake koneksi internet lain misal berbagi internet via hp.. kalau selama ini pake jenius sih aman aja.. yg penting data2nya bener, kayak nama, no kartu, cvv, tgl kartu

    ReplyDelete
  7. Artikelnya lengkap, makasih. Langsung mau coba bikin dan nanti aku masukkan referral $setyapanca. Makasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih mas, region turki lagi banyak diskon mas, ayo sikat :)

      Delete
    2. Bg Setya, gimana caranya beli game di turki bg? Sy uda bikin id turki, dah siap nih mau belanja. 😁 Bole kasitau tutorial lengkapnya bg, takut salah.

      Delete
    3. WAW pas sekali ini saya ada artikelnya : https://hydeist666.blogspot.com/2020/04/beli-games-ps4-murah-di-region-2-turki.html semoga bermanfaat

      Delete
    4. Bang mau tanya klo id saya Indonesia, mainin game R1 atau R2 + DLC bisa ga?

      Delete
    5. Agak susah mas karena DLC ikut ke region game, jadi kalau mas ID reg 3 beli game reg 3 maka dlc yang bisa di pake reg 3 ini saya ada artikelnya lengkap utk lintas region, cuma tetap wajib base game dan DLC wajib 1 region: https://hydeist666.blogspot.com/2020/04/memainkan-konten-dlc-region-tertentu-di.html

      Delete
    6. Eh saya ga baca lengkap, kalau ID mas reg 3, game reg 1 DLC reg 1, pasti bisa 100% mas, mas tinggal buat id reg 1 dan beli DLC nya di id itu, saya id psn utama reg 1 cuma sering main game reg 3 dan kadang klaim dlc di reg 3. makanya di PS4 saya lengkap ada id reg 1,2 dan 3 utk keperluan klaim free dlc atau free game dadakan

      Delete
  8. Bang alamat nya sesuai dengan apa ya? kok disuruh cek terus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya alamat sesuai dengan alamat Rumah saya kalau Reg 3, kalau Reg 2 dan 1 saya cari alamat sesuai dengan negara id tersebut. Kalau gagal coba cek CVV pastikan CVV itu yg punya e-card buka yg kartu/ m-card

      Delete
    2. Ecard atau mcard jenius sebenarnya sama aja mas, saya udah coba sukses ke dua2 nya

      Cuma kadang jenius suka error' aja di aplikasi nya

      Klo eror, logout aja dulu dari hp
      Terus masuk lagi

      Delete
  9. BCA debit Mastercard udah bisa buat beli di psn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rangkum dari PS4 Indonesia, namun saya coba pake Debit Mandiri GOLD tidak bisa, pake bank BTN dulu bisa, sekarang tidak bisa, akhirnya pakai jenius :

      Kartu Kredit (modelnya ngutang, bayar ketika tagihan diterbitkan oleh bank issuer)
      Visa BCA
      Visa BNI46
      Visa ANZ
      MasterCard BRI Business Card
      Visa Standard Chartered
      Visa CIMB Niaga
      Visa Citibank
      MasterCard Bank Mega
      MasterCard CIMB Niaga
      VISA BRI Touch
      VISA Mandiri
      VCN Mastercard Debit BNI46 (kadang bisa kadang nggak)
      Danamon (VISA/Mastercard?)
      MasterCard Mandiri

      Kartu Debit (modelnya langsung bayar sesuai saldo yg tersedia di rekening)
      BTPN Jenius
      BTPN Jenius dapat digunakan di store lain (selain reg 3 indo) dengan konversi otomatis. Proof: https://www.facebook.com/groups/ps4ID/permalink/2045488808902669/
      Kartu ATM Permata Bank (chip/non-chip)
      Debit BNI Mastercard (transaksinya kena pajak ~13,5k)

      Delete
  10. Om, tanya dong.. saya udah ada jenius dan udah top up.. tapi pas mau beli ps plus Di pa store gagal aja.. ada ide kah dan harus gmn supaya berhasil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caba pastikan :
      1. Saldo e-card cukup, lebihkan 50rb dari harga game
      2. Dobel cek yg di masukan angka e-card sudah benar, pastikan Bulan, thn, nama dan cvv sudah benar
      3. Masukan alamat sesuai region, saya yang sering gagal di reg 1 dan 2 uk, utk reg 2 turki dan 3 indo ga pernah gagal..
      Semoga membantu

      Delete
    2. Makasih om, saya ada account reg uae sama indo. Enak nya pake reg mana ya?

      Delete
    3. Pake reg 3 indo aja mas, sebagai akun utama.
      Sisanya tinggal buat akun lain dari negara2 seperti turki,usa, utk ngejar kalau ada diskon game yg bagus dan murah.. kalau saya akun utama reg 1 usa, reg 3 indo utk ps4 dan reg 2 turki utk suplay game2 di murah..

      Delete
    4. Ok om.. saya sudah cek ulang 3 point diatas.. tetap tidak bisa melakukan pembelian.. kata nya ada error.. ga tau error nya dmn..😭

      Delete
    5. Mas transaksi di PSN Store region mana mas? mata uang apa? kartu nya sudah bisa di masukkan ke PSN Store? atau gagal pas mau beli/pay out?

      Delete
    6. Reg indo om.. mata uang rupiah.. kartunya udah masuk ke psn store dan sudah terverifikasi.. jadi gagal saat proses pembelian. Jadi ada notif encountered an error and .............

      Delete
    7. Saya pernah alami error transaksi reg 3 indo, pas ada ganguan kartu, setelah tunggu 24 jam bisa lagi, coba di isi saldo e-card sama m-card nya di lebihkan dikit. Atau coba transaksi pakai browser lain, coba transaksi lewat ps app di hanphone, coba pake koneksi internet yg lain.. kalau masih tdk bisa telp CS nya, suruh cek knpa ga bisa utk transaksi PSN

      Delete
  11. Om, bisa ga ya beli game ps4 pake akun jenius temen saya? Saya ga punya cc. Mau beli pake ps wallet mahal bgt harga per paketnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh bisa dong, tinggal bilang aja ke temen mas, kasih login psn dan password punya mas, temen mas entar login trus belikan game yg mas mau, mas bayar pake uang mas senilai yg sudah di sepakati.. saya juga buka jasa jenius mas kalau minat :)

      Delete
  12. Ok sdh aktivasi dan ref jg $setyapanca, thanks infonya

    ReplyDelete
  13. bang saya mau isi saldo wallet, mau transaksi lewat bni tf ke e-card jenius. setelah itu apakah saldo langsung masuk d psn wallet ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tdk mas dari jenius harus transaksi lagi ke psn store, jadi misal mau beli game harga 200rb, transfer ke jenius 200rb lalu beli gamenya di psn store dgn masukin no jenius

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.