Cara berbagi akun PSN, berbagi library games digital.


Beberapa hari ini saya melihat di OLX Balikpapan, ada beberapa member yang menjual ID PSN yang berisi game digital didalamnya, dan tidak tanggung-tanggung harga yang di banderol cukup murah untuk satu paket games. Dari sini muncul berbagai macam pertanyaan, apakah ini legal? apakah game bisa dimainkan secara online atau hanya offline? apa konsekuensi nya?

Yuk mari kita bahas, saya akan mencoba menjabarkan se singkat mungkin, dan konten yang saya bahas hanya untuk se putaran berbagi akun untuk console PS4 saja.

Pertanyaan pertama : Apakah game yang dishare itu legal? atau tidak melanggar ketentuan dari Sony?

Jawabannya adalah legal, sebenarnya pihak Sony memperbolehkan kita untuk melakukan share akun PSN ke maksimal 2 console PS4 dan itu merupakan hal yang murni dilegalkan, namun hal ini dalam cakupan digunakan dalam hubungan keluarga, jadi Sony memperbolehkan membeli 1 game dan bisa dimainkan oleh 2 console milik 2 anggota keluarga yang berbeda misal si kakak, adik, dan ayah dalam satu keluarga dan satu rumah. jadi total ada 3 console yang secara legal bisa memainkan game tersebut. *TOS dari Sony akan selalu diperbarui sampai Oktober 2018 kita masih bisa share ID

Namun dalam kasus di atas tentunya sudah banyak diselewengkan, share akun PSN ke teman, orang tidak dikenal dan bahkan di jual belikan ke orang lain, makanya hal ini menjadi sedikit "abu-abu" dan jujur pihak Sony pun kesusahan untuk mengontrol hal ini. Dan untuk penjual ID kita tidak tau ID tersebut sudah dijual ke berapa user, dan inilah sebenarnya yang jadi masalah, karena kita tidak kenal jadi kita tidak tau, jika ID tersebut dibagikan ke banyak user ini yang akan menjadi masalah di kemudian hari, Sony akan mendeteksi kalau ID tersebut telah digunakan oleh lebih banyak console dan selanjutnya kita tidak tau apa yang akan terjadi, bisa ke banned atau game nya di lock/ di tarik, kita tidak tau. Jadi untuk hukum jual beli akun PSN teman-teman bisa menilai sendiri apakah itu termasuk legal atau ilegal.
Pertanyaan kedua : Apakah game yang dishare bisa dimainkan secara online bersamaan atau harus offline?

Jawabannya game yang sudah dibagi ke 2 console tentunya bisa dimainkan secara online, baik itu secara bersamaan dalam waktu yang sama. Dan jika game itu game offline, game tersebut tetap bisa kita mainkan tanpa harus terhubung di internet terus menerus, setelah game tersebut selesai di download.

Just for information aja untuk temen-teman ada satu metode lagi, yakni share ID secara benar-benar ILEGAL, dan ini bisa dilakukan ke banyak console secara tidak terbatas, namun syaratnya kita tidak boleh sama sekali terkoneksi dengan internet, jika kita terkoneksi maka semua gamenya akan tergembok dan tidak bisa dimainkan lagi.

Pertanyaan ketiga: Apakah semua DLC dan konten berbayar dari game yang sudah di beli di akun yang di share juga bisa di download di mesin lain?

Jawabnya tidak semua DLC bisa di share, yang jelas premium avatar, in game money seperti di uang cash di game GTA 5, Fifa Coin dan sejenisnya tidak bisa di share ke akun lain, aksesoris dalam game MMO juga tidak bisa di share.

Pertanyaan Terakhir : Bagaimana cara share akun PSN ke orang lain?
Untuk share ID PSN sebenarnya cukup mudah sekali, pada menu utama PS4 sebelum login atau pada menu setting kita tinggal buat login/sign in id baru, yang kita perlukan adalah USERNAME dan PASSWORD dari akun yang mau di share, kalau kita sudah login ke akun tersebut dan melakukan Set As Primary PS4 maka otomatis kita bisa mengakses library games yang pernah dibeli dari akun tersebut, dari sini kita bisa bisa men download game yang ada di library, jika sudah selesai di download kita bisa memainkan game tersebut secara online atau offline. biasanya setelah proses ini pihak penjual ID akan mengganti password dari akun tersebut, supaya kita tidak bisa membagikan username dan password dari id tersebut ke orang lain lagi.
Free games dan layanan PS+ juga bisa ikut di share ya temen-temen, jadi kita bisa membeli PS+ di region 3 yang lebih murah dan menggunakan free games atau layanan onlinenya di akun primary kita misal region 1.

Kesimpulannya adalah, dengan berbagi akun PSN ini sebenarnya membeli game digital menjadi lebih murah karena 1 harga di bagi menjadi 3, asal 3 orang teman kita ini berkomitmen dan tidak meng share lagi ID tersebut ke pihak ke 4 dst. Sebenarnya hal ini cukup menguntungkan kita dari pihak konsumen, dan jujur sebenarnya share akun PSN ini tidak terlalu di expose beritanya ke khalayak ramai, dan terkesan "sedikit" ditutup-tutupi oleh pihak Sony, tau sendiri lah, Sony tentunya mau meraup keuntungan sebesar-besarnya dari kita para konsumennya. Share id PSN juga sangat menguntungkan untuk teman-teman yang menggunakan untuk usaha rental PS4.

Contoh kasus :

1. Mesin 1 : ID Utama yg beli PES2019/FIFA2019 deactive as primary
2. Mesin 2 : ID Kedua yg di share set as primary

3. Mesin 3 : ID Ketiga yang di share set as primary
Namun bagi sebagian orang saya yakin pasti ada perasaan kurang 'Puas' tidak 'Srergg', muncul semacam semacam ketakutan dll, karena bisa jadi akun yang kita beli akan bocor, dipakai orang lain dll. Sebenarnya sih secara hakiki baik itu kita beli game secara fisik atau digital, kita sebagai pengguna hanya meminjam game tersebut, dan yang memiliki game tersebut secara hukum tertulis ada pihak developer, kita hanya meminjam game dari mereka, Sony cuma sebagai penyedia platforming dan penyedia hardware, jadi ya sama aja library game yang kita punya bisa ditarik oleh developer kapan saja.

Semoga informasinya bermanfaat, syarat dan ketentuan di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak Sony. Kalo ada kurang lebihnya saya silahkan di koreksi. Dari ini kita jadi lebih tau lagi bahwa ada cara lain memainkan game secara lebih murah, tanpa membajak console tersebut :)

106 comments:

  1. *Update September 2018, trik di atas sudah di patch sama pihak sony, sekarang hanya bisa aktifkan 1 primary dan 1 secondary, 1 akun hanya bisa dibagi ke maksimal 2 org aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana itu.. Berti tidak bisa ke 2 ps4 lainnya.. Cuma bisa dibagi ke 1 ps4 aja. .Atau gimana.. Yg dimaksud max 2 orang gimana itu

      Delete
  2. Mas, kalo misalnya saya beli game yang spesial atau ultimate edition, apakah teman saya juga dapat konten yang sama dalam game tersebut? Contohnya side mission tambahan, kendaraan & asesoris seperti baju itu apa teman saya juga bisa dapatkan? atau hanya saya saja sebagai pemegang akun gamenya yang dapat?
    Mohon pencerahannya ya, Mas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat mas, full seperti ID utama, saya ada pengalaman beli Spiderman, dalap bonus DLC costume, teman saya bisa menggunakan juga kostum tersebut, jadi harusnya sama aja dengan versi digital yg ultimate.

      * UPDATE LAGI
      12 Oktober 2018, Trick share id ini bisa digunakan lagi

      Delete
    2. Lalu kalo untuk DLC nya gimana,Mas? Spiderman yang deluxe kan ada dlc nya juga, apa nanti teman mas juga bisa dapat dlc nya? Lalu untuk redeem bonus kontennya dilakukan in game ya, Mas? Terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. Iya redeem dan download kontennya kan di ID yang bersangkutan mas, setelah di set as primary di ps4 nya mas kan otomatis DLCnya kebuka juga di mesin ID PSN dan PS4 mas, tinggal di dalam game utk akses menu DLCnya, dulu saya juga pernah coba DLC the witcher 3 juga jalan aja kok..

      Delete
    4. Saya mau memastikan lagi nih, mas. Saya ada rencana mau PO RDR 2 yang ultimate edition. Dan di game nya dikatakn bahwa nanti kita akan mendapatkan bonus seperti cash for gta online sebanyak 2 juta, lalu ada single & multiplayer konten. Apa nantinya saya & teman saya bisa dapat keseluruhan konten tersebut, mas? Terima kasih banyak sebelumnya, Mas.

      Delete
    5. Menyambung balasan terkait redeem & download konten/DLC. Apakah setelah saya melakukan redeem & download di PS 4 saya, konten/DLC tersebut juga langsung bisa digunakan oleh teman saya? Atau teman saya juga harus melakukan redeem pada akunnya?

      Delete
    6. Mas setau saya utk cash/ mata uang dalam game itu hanya bisa di redeem di 1 id saja, sama seperti avatar juga hanya bisa di 1, namun kalau DLC dalam bentuk kosmetik, story, senjata dll bisa di share ke akun lain. Prinsipnya, jadi misal temen mas beli digital RDR2 ultimate di id PSN dia, otomatis dia full dapat semua konten tersebut di ID dia, lalu teman mas share id dan passwordnya ke mas, lalu mas login di PS4 mas, lalu download game RDR2 tersebut di PS4 mas, setelah itu ID teman mas mas set as primary, lalu log off, mas login pake id asli mas, jadi otomatis mas dan teman mas bisa main game yg sama secara bersamaan.

      Delete
    7. Oh begitu,terima kasih pencerahannya. Lalu untuk DLC berupa kosmetik, story & senjata bagaimana cara saya redeemnya ya, mas? Apa begitu game dimainkan DLC tersebut langsung otomatis bisa digunakan oleh saya? Terima kasih sebelumnya

      Delete
    8. Redeem tetap di 1 id mas, karena sekali di redeem kode dlc langsung tidak aktif. SUpaya bisa di pake di id mas dlc tersebut, id yang sudah redeem dlc tersebut di set as primary, Kalo mas mau coba sekarang mas buat aja akun baru, trus di akun tersebut download free games, trus log off, buka id mas, mas lihat game free tersebut pasti ke gembok, saat mas sudah set as primary id baru yang tadi pasti game free tadi gemboknya hilang, berlaku juga utk dlc prinsipnya sama

      Delete
    9. Jadi untuk id yang punya game tersebut, id nya harus di non aktifkan set as primary nya ya, mas Panca? Berarti kalo id pemilik game sudah redeem DLC nya, ketika saya log in ke gamenya DLC tersebut juga langsung bisa saya gunakan ya, mas?

      Delete
    10. Betul mas, id yg beli game jgn di set as primary, dlc otomatis akan masuk ke id yg di share, saya sudah coba di game Spiderman, bonus kostum saya mainkan di id utama saya, pdhal redemnya di id lain

      Delete
    11. Mau tanya suhu.1 ps4 maksimal bisa buat berapa pengguna online?soalmya akun saya yg ada ps plus nya cuma satu.trus saya buat pengguna baru ada 4 pengguna baru.semuanya kok bisa main game online ya ?padahal gk ada ps plusnya?

      Delete
  3. Kalau untuk share game..duanya mau main online bersamaan bisa tidak ya?
    Contoh game sepak bola PES2019 share akun dan mau main online bareng..bisa ga?thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bgt mas, temen saya sudah ada yg coba PES2019 sama Monster Hunter World. Share beli game di mesin A kemudian set as primary di mesin B

      Delete
  4. Nanya mas akun utama yang mau di share awal nya set as primary nya active atau deactive.?
    Max brp konsole mas, buat rental soalnya. Mau isi game pes19 ma fifa 19.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas setahu saya
      1. Mesin 1 : Id Utama yg beli PES2019/FIFA2019 deactive as primary
      2. Mesin 2 : Id kedua yg di share set as primary
      3. Mesin 3 : ID ketiga yang di share set as primary

      Jadi setahu saya maksimal bisa utk 3 console, cuma antara nomer 2 dan 3 kemungkinan kadang akan tiba2 ke lock/gembok, jadi harus set as primary ulang di id yang ter lock utk bisa memainkan game yg di share.

      Delete
    2. Untuk Main offline semua juga bisa di lock.?

      Delete
    3. Kalo setelah set as primary lalu di offline kan, otomatis gamenya tidak akan terlock mas, suatu saat saat terkoneksi internet baru terlock

      Delete
    4. Cuma ada info juga dari teman, ada beberapa game yg kalo offline malah tergembok, kalo online ke buka gemboknya, kalo saya belum pernah ngalamin mas, soalnya online terus..

      Delete
    5. Ok mas, makasih atas info nya, semoga bermanfaat buat rental saya yang udah sepi gini masih pake pes 2017..

      Delete
    6. Cara membuat id dan membeli game digital ny gimana ya mas. . Udah punya ps3 sebanyak 6 unit.. Sekarang saya tambah biar apdate ke ps 4 sebanyak 2 unit ps saya sekarang tipe slim. ..Apa cocok ps4 mode slim untuk direntalkan.. Apa lebih baik yg tipe fat? Trmksi mhon diberi masukan ny monggo

      Delete
    7. Saya lebih cocok pake yang flat mas, udh 2 thn belom ada kendala. Klo cara membuat ID ps4 nya harus connect ke internet.

      Delete
    8. Mau nanya. Unit ke 3 dari ps4 kan gak boleh di online kan, kalau online ntar unit ke 2 ny ke lock. Kalau terlanjur ke lock bisa dibuka lagi gak?

      Delete
    9. Bisa dong tinggal masukin username dan password lagi, sama set as primary akun psn yang isinya game itu

      Delete
  5. Ajari saya untuk membuat id agar bisa beli game digital. .Biar hemat. .Mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cara daftar PSN bisa ke web ini mas : https://digicodes.net/cara-membuat-account-psn-sen/

      Untuk rental kalo menurut saya lebih cocok menggunakan PS4 tipe Slim, karena:
      1. Hemat listrik (165watt)
      2. Lebih dingin
      3. Lebih senyap suaranya
      4. Serinya lebih baru thn 2016 sedang fat 2013

      Sebenarnya Fat juga oke asal seri terbaru seri CUH-12XXB, kalo kedepannya mau banyak game digital tentunya pake yg seri B hardisk 1TB. Jangan menggunakan PS4 Pro karena boros listrik 310watt atau PS4 fat seri awal-awal CUH-1006 karena ada bug auto eject.

      Delete
  6. mau tanya mas, jd pd dasarnya bs saling bertukar game antar ID ya?
    misal ID 1 punya PES, lalu ID 2 punya FIFA..
    dg mengikuti cara share diatas..
    ID 1 set ID 2 sbg primary untuk bs memainkan FIFA bgtu jg sebaliknya
    jd ID 1 dan 2 bs sama2 memainkan PES ataupun FIFA secara bersamaan (online) ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali bisa berbagi game di masing2 ID, asal saling percaya aja antara kedua org yg saling berbagi ID

      Delete
  7. Mas klo mau buat rental ps4 mendingan pake digital apa fisik ya buat game.a

    ReplyDelete
    Replies
    1. digital, kalo kaset ada masa rusak fisik, kalo digital bisa selamanya, dan bisa share id

      Delete
  8. Mas mohon penjelasan nya.saya bli ps4 bekas.sama penjual.katanya share akun.tapi saya di buat kan id.jadi waktu saya masuk ke ps menggunakn user saya sendiri.katanya punya penjual akun nya sudah di kunci.3hari saya bisa main online.setelah itu tdak bisa.kata penjual suruh bli ps+.kalo saya beli ps+ penjual bisa memakainya apa tdak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di PS4 ada beberapa ID pastikan kita pegang username dan password dari ID tersebut, baik email atau id psn nya, kalo kita tidak pegang, bisa di bagikan ke org lain atau di pake sendiri oleh penjual jika penjualnya nakal. Kalo game yg kegembok bisa jadi game free PS+ yang sudah habis masa langganan PS+ nya, jadi harus langganan lagi.

      Delete
  9. Penjual bisa pakai juga klo kmu pake akun penjual.

    ReplyDelete
  10. Ini dalam artian jika Set Primary maka ID beli gamenya bisa di switch ke ID utama si pemain kan. Jika ID Secondary, cuman bisa main di ID yg beli game itu. Benarkan gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang membingungkan share id ini kalo tdak di parktekkan.
      PS4 1 ada dua id A dan B, id A beli game fifa20, jika di set as primary id A, maka id B juga bisa memainkan game fifa20.

      lalu id A di pinjamkan ke PS4 2, di PS4 2 ada dua id, id A dan id C, saat id A di set as primary di PS4 2 makan id C bisa memainkan game fifa20

      Delete
    2. Nah sekarang gan yang berlaku gimana ya? Denger-denger akhir tahun lalu udah gak bisa lagi ya 1 akun di Primary di 2 console PS4 jadi hanya bisa 1 akun saja. Selebihnya cuman bisa jadi secondary dan wajib online.

      Delete
    3. Saya dengar sih juga seperti itu, cuma terakhir test spiderman setelah set as primary harus putus internet supaya 2 console bisa sama2 set as primary, pas jaman GOW bisa di 2-3 PS di set as primary..

      Delete
  11. Cara beli game nya digital gmn ya gan ..maaf bru bli ps4 masih bingung😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara beli game digital :
      1. Beli voucher kayak voucher pulsa, cuma ini namanya PSN Gift Card/ PSN Money Voucher, setelah beli nanti akan dapat kode, nah kode ini kita masukan di PSN ID kita, patikan PSN ID nya region 3 (Asia).
      Beli nya paling gampang di tokopedia: https://www.tokopedia.com/voucher-game lalu cari PSN Money Voucher harganya 130rb untuk 100rb PSN

      2. Pake Debit Card/ ATM, di akun PSN Reg 3, ada pilihan masukin pembayaran, pilih aja kartu debit, maukan angka yg ada di kartu atm, masukan juga 3 digit VCC yg ada di balik kartu, Saya pake BTN bisa, beli game 100rb bayar 100rb tanpa kena PPN, infonya kartu BCA juga bisa, Bank BTPN, kalo Mandiri saya pernah test tidak bisa.

      3. Pake Kartu kredit, metodenya sama kayak nomer 2.

      Setelah masukin metode pembayaran, kalo bisa langsung di hapus data-datanya supaya tidak di salah gunakan, saya setiap habis transaksi langsung hapus data2 kartu debit yang saya masukan.

      Delete
  12. Gan misal mesinnya region 2, bisa ngga kasih akun psn region 3, dan game fisik apa bisa share akun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin PS4 saya region 2, akun yg saya gunakan region 1, saya beli game di region 3 karena lebih murah, saya main game region 3 pake akun region 1, dan bisa, saya biasa juga share akun reg 3 cuma ke sesama region 3, intinya game region berapa pun bisa di share. Game fisik ga bisa di share

      Delete
  13. Halo mas panca, mau tanya ini mas saya beli digital game PES19 via share akun. Tp klo saya pakai akun saya sendiri gamenya di gembok mas. Jd pakai akun yg ngeshare td, masalahnya klo saya mau maen online kan harus pakai akun yg ngeshare td.gimana untuk bisa pakai akun asli saya.dan tidak di gembok saat swit akun.. mohon bantuanya mas panca terimakasih

    ReplyDelete
  14. halo mas panca,saya coba game sharing yang bisa di set as primary hanya 1 console saja,jadi sharenya cuman bisa dibuat 2 console.. apa sekarang memang seperti itu atau saya yang kurang tau caranya,rencana mau share ke 3 console..?mohon pencerahanya,terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lama juga saya tidak coba mas, cuma untuk yang PASTI 2 console, satu set as primary, satu pake ID aslinya

      Delete
  15. Mas kalo internet pake ip dimanic bisa ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas biasanya internet yang kita pake memang menggunakan IP Dynamic, IP Dynamic adalah IP yang selalu berubah-ubah kalau restart modem. Cara cek ip, bisa search di google, ketik aja "whats my ip" nanti akan kelihatan IP Dynamicnya, biasanya 125.xx.xxx, atau 110.xxx.xx, atau 10.xx.xx, atau 36.xx.xxx tergantung dari providernya. Sebenarnya yang lebih bagus adalah IP Statik, ip yang tidak akan berubah kalo kita restart modem. Kalo indihome ini namanya paket gamers, kelebihanya IP kita terjamin. Karena IP Dynamic selalu berubah-ubah, pengalaman saya pernah dapat IP yang di blacklist oleh server PSN, jadi harus restart beberpa kali dulu sampai dapat IP yang bagus.

      Delete
  16. gan, kalo misal saya udah beli game lewat metode share akun.
    terus game tersebut sudah saya download. dan saya mau mainkan di id saya yg asli apa bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, akun yg di pake untuk beli game di set as primary dulu, nanti bisa di mainkan di akun asli kita.

      Delete
  17. Saya kamrin beli game yg id share akun mas, email sama pasword ny d kasih , apa lebih baik saya gnti email sama pasword ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli share akun ada dua kemungkinan,Nomer 1. itu hasil hack akun milik orang lain, yang mana orang itu tidak tau kalau ada orang lain yang login menggunakan akun milik dia di PS4 lain, yang nomer 2. itu murni akun punya orang yang benar-benar di share atau di jual lagi.

      Dari kemungkinan di atas, jika No 1. saat kamu ganti username dan password, otomatis akan berdampak dengan pemilik akun yang asli, dia akan kebingungan kenapa tiba-tiba akun nya berubah passwordnya, maka orang tersebut akan request ke PSN atau pilih menu forget password sehingga dia akan merubah lagi password yang kamu ubah di awal. kalau kita forget password, maka password baru akan di kirim ke email saat daftar dan biasanya saat kita beli akun kita hanya di kasih username dan password PSN saja.

      jika kemungkinan no 2. Pastikan kamu mendapat 2 hal yakni username dan password dari akun PSN dan username dan password dari email, jadi saat kita rubah password akun psn dan email otomatis game digital tersebut menjadi 100% milik kita.

      Kalau menurut saya sih misal game share akun itu dari metode hack-hack an itu sama halnya dengan mencuri, walaupun yang punya akun aslinya tidak sadar kalau secondary dari akun nya di pakai oleh orang lain. Menurut saya sangat lemah jika kita hanya di kasih username dan password PSN karena kita tidak tau akan berapa lama akun tersebut bisa bertahan.

      Delete
    2. Sesuai dengan yg nomer 2, pastikan utk di ganti aja semua passwordnya

      Delete
    3. Berarti kamu cuma di kasih user PSN ya, berupa email pengguna dan password PSN belum di kasih password email..

      Delete
    4. Saya di kasih email sama paswordny gan bukan user name, brrti kalau saya gnti email sama password ny bakalan aman gg?

      Delete
    5. Saya di kasih email sama pasword ny, terus pernah login d hp,dan bisa. Apakah aman jika saya gnti email sama paswordny?kareana akun yg saya beli udah d set as primary?

      Delete
    6. Terus game share yg saya beli bisa online , tpi saya main pake akun saya, apakah game share yg saya beli akan terus aman?

      Delete
    7. Gini mas, yg saya maksud PSN ID itu berupa username biasanya nama@email.com dan passwordnya, Sedang untuk login email ada lagi beda, biasanya dikasih juga nama@email.com dan password yang mungkin berbeda dari PSN ID yang di kasih di awal.

      Contoh game digital spiderman :
      login PSN : spiderman2019@yahoo.com
      password : spiderman2020

      trus saya di kasih lagi untuk login password ke alamat email spiderman2019@yahoo.com, supaya saat saya reset password di akun spidermen2019 langkah resetnya akan di kirim ke alamat email spiderman2019@yahoo.com

      Delete
    8. Game share mas akan aman kalo mas ga ubah password dan yg jual ke mas ga jual id itu ke org lain lagi, karena set as primary maksimal hanya untuk 1 PS4 yang mana dah mas gunakan.

      Delete
    9. Oh..iya" saya ngerti, tpi klo sya ubah psn id sma pswordny amankah?soalny dulu akun prtama saya d kasih psn id sma pasword doang sma tmen ,trus sya ubah ke email milik saya gpp.

      Delete
    10. Terus satu lg gan, klo share akun ada expired ny gg?kira" brp bulan?

      Delete
    11. Kalo rubah email setau saya aman aja mas, selama akun yg di share tidak di pake orang lain atau bukan akun hack2an. Share akun tidak ada masa expairednya selama kita pegang password PSN ID dan email

      Delete
    12. Mas panca.. sy mau tny.. klo sy bli nya pake akun baru yg sy buat.. trus sy share k tmn sy.. gmn solusinya biar bs maen d akun utama sy n akun utama tmn sy.. trims

      Delete
    13. Mad saya berlangganan PSn dapet game gratis kalo misal saya tidak langsung download masuk ke library dan ternya sudah lewat bulan ( game gratis PSn nya sudah ganti ) apakah game yg td d library saya masih bisa di download wali sudah lewat bulan??

      Delete
  18. mas, saya kan mau beli senjata fortnite akun saya. nah, sellernya minta id ps4 atau nick name saya. aman gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kala cuma kasih id PSN aman aja, asal jangan kasih sama passwordnya ya.

      Delete
  19. Okeii..tengkyu atas responny gan, soalny ada satu akun yg d ubah pasword sma penjual, tapi game masih aman main onlen juga, apa yg ini bisa expired kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih ya mas, jika id di ganti passwordnya maka, di PS4 lain yg sudah download gamenya akan di gembok jika terkoneksi internet.

      Delete
  20. Gan numpang tanya, kan sya mau jual id.
    Di id primary A sya bnyak game digital, trus sya bikin second id B trus game nya di share ke id B ini dari id A tapi di console yg sama ng share nya (di ps4 saya pribadi). Trus yg id B nya saya jual. Nah itu kira2 bisa ga? (id B download, maen game onlne/offline)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Game nempel di ID mas, jadi kalo mas jual ID B ya ga bisa download game dari id A, solusinya, jual ID A, suruh user download semua game yg mau di mainkan, set ps4 jadi offline, trus mas ganti password, otomatis di PS4 yg sudah pake ID A akan bisa memainkan game yg sudah di download asal jangan terkoneksi ke internet, jika terkoneksi game akan di gembok..

      Delete
  21. Smpe skrang Akun yg udah ganti psword msh aman gan main onlen juga, tpi kmarin akun yg blm gnti psword gameny k gembok, itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ID nya di share ke org lain dan di ganti passwordnya sama org yg punya akun itu

      Delete
  22. secondary akun sekarang masih bisa buat online berdua ya mas?

    ReplyDelete
  23. gan, misalkan saya beli akun orang yang udah ada ps+ nya 1 tahun. Dia udah kasih username dan password. kalo primary ps4 nya di pindah ke ps saya, dia(penjual) ga bisa make akunnya lagi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta emailnya juga biar aman, karena kalo penjual masih pegang email, trus dia forget password maka panduan untuk reset password di kirim ke email penjual..

      Delete
  24. "Just for information aja untuk temen-teman ada satu metode lagi, yakni share ID secara benar-benar ILEGAL, dan ini bisa dilakukan ke banyak console secara tidak terbatas, namun syaratnya kita tidak boleh sama sekali terkoneksi dengan internet, jika kita terkoneksi maka semua gamenya akan tergembok dan tidak bisa dimainkan lagi"
    Dalam kasus ini, semisal saya pindahkan game-nya ke HD-EKSTERNAL kemudian saya lepas dari konsol. Apakah sudah aman bermain online ?
    Dan apakah gamenya tidak akan terkunci ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap ter gembok harusnya, game datanya ada di hdd, sedangkan shortcut luncher tetap tersimpan di internal PS4, begitu connect ke intranet makan akan di cek apakah id game sesuai dengan id psn, jika tidak sama maka game akan di kunci..

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Gan misi mau tanya terkait "kita bisa membeli PS+ di region 3 yang lebih murah dan menggunakan free games atau layanan onlinenya di akun primary kita misal region 1"
    1. Kalo kita beli game di region 1, diskonnya tetep dapet dari ps+ kita yg di region 3?
    2. Semisal dulu kita share game RD2 dengan region 1, dan dilock, dan kita beli di region 3 apa save-annya aman (bisa nerusin atau baru lagi)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tidak bro diskon di masing-masing negara, PS+ yg di share cuma layanan online kalo antar ID PSN.
      2. Tidak bisa juga bro, save2an itu nempel di ID & Region, jadi kalo beda region pasti harus ngulang dari awal. Saya aja kadang sama regionnya tetap harus ngulang, ga tau tuh knpa..

      Delete
  27. Mas panca..
    Saya beli ps4 isi 5 game digital, katanya WAJIB offline nanti ke lock..
    Tapi bukan HEN..
    Saya beli kaset krna ingin main game online..
    Apakah saya bisa..
    1.buat akun utk game fisik ?
    2.apa bisa main pake kaset dan terkoneksi internet ?
    3.jika sudah terkoneksi internet menggunakan akun baru, tapi main game internet menggunakan kaset, apakah game digital saya akan ter LOCK ?
    Mohon pencerahannya mas panca

    ReplyDelete
  28. Mau tanya mas.1 consol ps4 bisa buat maksimal berapa pengguna?di ps saya 1 user yg ada ps plusnya.yg 4 user gk ada ps plusnya.tapi waktu sya log out akun saya yg ada ps plusnya.akun lain nya masih tetap bisa main online.padahal tidak ada ps plusnya?

    ReplyDelete
  29. Mau tanya mas.gimana cara melihat melihat bulan.tgl.tahun di akun psn yg sudah pernah kita buat?

    ReplyDelete
  30. mas misal saya share akun buat main monster hunter, apa save an nya berbeda ? dan bisa di mainkan dalam waktu yg bersamaan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Save2an beda, kan mainnya pake akun yg berbeda..save2an itu melekat di ID PSN

      Delete
  31. Bisa, temen saya pernah coba untuk share akun monster hunter world, dan mereka main online sacara bersamaan, satu set primary untuk login pake id yg lain, satu main pake akun asli yg beli game

    ReplyDelete
  32. saya mau beli ps trus ada game digital nya, klo misal saya ganti akun ps di console itu, apa kah game digital saya akan hilang atau ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Game digital melekat di ID PSN, kalo ganti konsole ganti akun, maka game akan hilang, tapi kalau login apke akun yang ada gamenya tentunya game tersebut bisa di download di console tersebut

      Delete
  33. Masih bisa, semua yang sudah masuk library bisa di download kapan aja, salah masih dalam periode berlangganan PS+, kayakanya komentar di sini sudah terlalu banyak, jadi ga ke load pertanyaanya yg terakhir

    ReplyDelete
  34. Mau tanya nih tentang metode yg illegal, misal primary di 4 ps trus offline, nah pas di konek internet kan langsung ke kunci tuh, klo di set primary lagi bisa ga? Atau ke kunci selamanya? Atau akun nya dibanned? Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, kalau yang ilegal setelah di offline-kan tidak boleh terhubung dengan internet, karena tiap game akan nge-check ke server apakah game sesuai dengan ID/PS4, jika tidak sesuai akan di gembok. Kalau kita set as primary lagi otomatis bisa aja, habis itu baru offline lagi. Se pengetahuan saya berbagi ID tidak akan sampai di banned mas, tergantung juga ID itu sudah di share ke berapa PS4 sih.. Pengalaman saya belum pernah dapat laporan sampai ID ke banned..

      Delete
  35. Replies
    1. Masih dong, cuma di batesin aja ke 2 PS4 dulu 3

      Delete
  36. Mas numpang tanya. Saya kan punya game share akun yang wajib offline. Misalnya saya mau beli BD, apakah berpengaruh dengan BD & game share akun wajib offline nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas, selama mas tetap offline game share akun tidak pengaruh, mas boleh instal lewat BD sebanyak apa pun..

      Delete
  37. Mas maaf aku tanya pertanyaan receh karena emang baru punya ps4. aku di tawari isi game offline harga paketan 650 rb. Nah kira2 aman ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini terbilang game yang abu-abu mbak Ninik, Saya tidak bisa bilang itu aman atau tidak, tergantung pihak Playstation bagai mana menanggapi, namun jelas itu melanggar ketentuan yang ada, Intinya game yang di jual paket an itu merupakan game sharing/hack ID PSN atau semacam celah yg di temukan oleh para pengguna PS4 (penjual pihak ke 3), yang mana penjual akan menjual paket game tersebut ke banyak orang, dan akan di install di banyak PS4, jadi jika pihak PlayStation melihat itu merugikan perusahaan mereka dan tentunya itu melanggar aturan yang mereka buat, maka kemungkinan terburuk adalah ID PSN/PS4 punya mbak di banned, di banned di sini maksudnya tidak bisa mendownload + Update game dari layanan service PSN, namun tetap aja PS4 mbak bisa memainkan game dari Bluray fisik.

      Saya masih mending game sharing yang bisa online buka offline, karena kalau online itu hanya bisa di bagi ke 2-3 PS4 dan memang ada aturan seperti itu, sharing game dengan keluarga namanya, kalau offline ini kita yang tidak tau, bisa di share ke ratusan PS4 mungkin, dan tidak ada batasannya.

      Delete
  38. Maaf mas mau numpang nanya, ini kan saya baru beli ps4 bekas dan di dlm ps sdh ada game digital pes yg kata penjualnya bisa online / offline.. Nah yg mau saya tanyakan apakah kita bisa lgsg masuk ke akun id itu? Secara kita g tau email dan pasword? Trus seumpama kita buat id baru, apakah kita bisa ttp main pes nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya maafkan :D,
      1. Kita bisa masuk akun di PS4 tanpa email dan password, jadi bisa langsung login.
      2. Bisa main pakai ID baru, ID yg ada game PES nya di set as primary, otomatis gamenya ke share ke ID baru mas.

      Yg jadi masalah adalah kalau org yg punya ID isi game PES itu merubah passwordnya dan saya yakin suatu saat bakal dia lakukan, jadi game PESnya akan ter gembok dan sama sekali tidak bisa di mainkan, karena kita tidak tau passwordnya..

      Delete
  39. Mas,jika saya beli games dalam bentuk bd(blue ray) atau fisik,bisa kah dishare walaupun beda regionya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya di share di ID PSN lain di PS4 yang sama ya? jawab nya bisa aja mas, PSN saya region 1. dan kebanyakan saya main (BD) game Region 3, kadang saya test juga game nya di region 2 dan 3 saya.

      Delete
  40. Jadi bisa di share ke 2 ps4
    1. PS4 A - Yang beli GTA5 dan PS+ masin pake akun PS4 A.
    2. PS4 B - share akun dari PS4 A, lalu set as primary akun PS4 A, download dan install GTA5, log off lalu mainkan pake akun lain PS4 B, krna sudah di set as primary akun PS4 A jadi GTA5 dan PS+ bisa di gunakan juga di akun PS4 B.

    ReplyDelete
  41. Mau tanya mas jadi kalo misalkan kita sudah download dari ID B yang beli game ke ID A PS4 harus dalam keadaam offline sebelum memainkan gamenya atau bisa juga kita connect ke inet tp jgn dimainkan game tersebut untuk menghindari game tsb dilock soalnya kalo ps4 offline terus kan ga bisa karema kita juga pasti download game baru kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share akun ya mas? kalau share akun wajib offline karena id nya suatu saat pasti di ganti passwordnya, kalau di ganti pasti akan ke lock gamenya. Kalau tidak share akun alias kita pemilik akun A dan B bebas aja mau online karena yang tau password kita sendiri.

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.