Game Review : Persona 4 Golden (PS Vita)



Akhirnya ada kesempatan saya untuk buat review game lagi, setelah 10 tahun (2008) game ini release di PS2 akhirnya saya berkesempatan untuk memainkan port dari game ini di PS Vita. Seri game Persona yang saya mainkan pertama kali dulu adalah Persona 2: Innocent Sin, jaman PS1 tahun 1999 dan pada saat itu masih menggunakan bahasa jepang. Yah tentunya karena kendala bahasa akhirnya game ini mentok dan tidak tamat, jaman dahulu belum ada gamefaqs atau youtube yang siap membantu kita dalam bermain games.


Persona 4 Golden merupakan game dari developer Atlus, yang merupakan sebuah game bergenre tradisional RPG turn base dengan gameplay yang dibumbui oleh sistem simulasi kehidupan keseharian anak sekolah di negara Jepang. Sistem simulasi dan mengumpulkan berbagai macam Persona merupakan ciri khas dari game ini. Persona sendiri merupakan sebuah istilah yang artinya Personality atau kepribadian, yup benar sekali dalam game ini kita akan bertitik fokus pada keadaan sosial-individu dalam lingkungan game ini.


Karakter-karakter dalam game ini, sangat kuat sekali Personalitynya, dan masing-masing tokoh memiliki sifat yang berbeda-beda, yang mana hal itu sangat ditekankan dalam game ini, sudah jarang sekali ada sebuah game di era modern seperti sekarang ini yang memiliki sebuah karakteristik karakter dalam gamenya yang dibuat sedetail ini, dan jika kita mengikuti cerita dari game ini banyak kelucuan dan kekocakan yang terjadi dalam hubungan antar para karakter-karakternya. Kita akan dibuat mengikuti sebuah alur cerita kehidupan seorang anak sekolahan di jepang, dimana ada beberapa kejadian seperti ujian semester, libur musim panas, kegiatan sekolah, hangout bersama teman-teman, kencan, dan masih banyak aktivitas lainnya dari game ini.


Inti cerita dari game ini adalah adanya sebuah pembunuhan berantai yang terjadi secara misterius di sebuah kota kecil bernama Inaba, karakter protagonis yang baru pindah dari kota besar dan berada di kota tersebut akan mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya dan perlahan-lahan akan mengumpulkan temannya untuk memecahkan misteri ini. Story dari game ini menurut saya sangat bagus sekali, pembawaannya yang ringan dibumbui dengan kehidupan sehari-hari, membuat kita akan semakin penasaran dengan cerita dari game ini, rumor atau isu-isu yang beredar dalam lingkungan sekolah akan menambah bumbu lebih dan memperkuat cerita dari game ini.


Overall game ini memiliki gameplay yang sangat solid, baik dari segi cerita, gameplay dan battle, kita bisa mengumpulkan lebih dari 179 Persona dengan skill yang bermacam-macam pula, membuat game ini memiliki playtime lebih dari 100+ jam. Ending dari game ini juga tidak bisa ditebak dengan banyaknya twist cerita membuat kita yang mengikuti ceritanya akan terkagum-kagum ternyata pembunuh aslinya adalah si A, Yah hampir sama seperti kisah detective Conan. Game ini sangat saya rekomendasikan, awalnya saya menunda-nunda memainkan game ini karena punya pengalaman buruk memainkan seri Persona yang masih berbahasa jepang, dan ternyata saat memainkan Persona 4 Golden ini sudah banyak sekali improvement yang dibuat oleh developernya. Skor dari saya : 10/10

2 comments:

  1. Gamenya menarik juga ya.. Jadi pengen coba.
    Oh ya nitip info ya kak, kalau sewaktu-waktu butuh voucher game bisa cek di GoToMalls. Harganya beneran T.O.P !

    ReplyDelete
  2. Gamenya menarik juga ya.. Jadi pengen coba.
    Oh ya nitip info ya kak, kalau sewaktu-waktu butuh voucher game bisa cek di GoToMalls. Harganya beneran T.O.P !

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.