Tips Cara Merawat Console PS4 ala Saya

Perlu kita ketahui kalau semua barang elektronik pasti ada umur dan masa nya, namun dengan kita merawat dengan baik barang tersebut maka kita bisa memaksimalkan umur dari barang elektronik tersebut, hal ini pun berlaku untuk console PS4 kesayangan kita.

Saya sudah memiliki PS3 2011 dan PS4 2014, dan semua console saya Alhamdulillah tidak pernah mengalami masalah, bisa jadi karena nasib baik atau memang saya bisa merawat console saya tersebut, di sini saya akan berbagi tips bagaimana cara merawat console PS4 ala saya.

1. Posisi peletakan PS4, Pastikan PS4 kita di letakkan pada ruangan yang cukup terbuka dan datar, agar sirkulasi udara dari PS4 bisa bagus dan tidak mudah overhead, kita harus benar-benar menjaga jangan sampai overhead, karena kalo dah kena sekali maka biasanya penyakitnya akan merembet ke mana-mana. Pastikan juga di belakang PS4 kita tidak ada penghalang/ tembok, paling tidak 20-30cm sama juga di samping kanan dan kiri, karena PS4 menarik udara dari samping dan mengeluarkan nya lewat belakang. Saya sudah lakukan test, meletakkan PS4 pada ruang DVD pada lemari TV walaupun dalam keadaan terbuka PS4 lebih cepat panas.


2. Sering dibersihkan dari debu, hal inilah yang sering saya lakukan sebelum bermain games, berhubung posisi PS4 saya berada di ruang terbuka, otomatis debu akan sangat cepat menempel pada sisi kanan dan kiri (penyedot udara), nah supaya sirkulasi udara bagus maka harus sering di bersihkan seminggu 2x, ibarat kipas angin yang berdebu, walaupun kipasnya berputar namun tidak ada angin nya, atau tidak maksimal, jadi kita harus menanggulangi ini, dengan cepat dibersihkan maka kotoran yang ada di dalam mesin akan bisa dihindari. Saya kadang usap pakai tisu sela-sela nya atau akhir-akhir ini lebih sering pakai Kemoceng / Sulak Bulu Ayam. Jangan sering-sering melepas kabel HDMI dan Power pada PS4, bersihkan ditempat nya tanpa merubah posisi PS4.


3. Hal terpenting lain nya, menurut saya adalah listrik, musuh dalam selimut yang utama dari barang-barang elektronik adalah tegangan listrik yang tidak stabil dan sering mati secara mendadak, kita semua tau kalo di Balikpapan ini kadang listrik suka mati, jadi alangkah baiknya jika menggunakan Stabilizer + UPS. Namun saya sendiri tidak menggunakan UPS, karena saya pernah punya pengalaman buruk menggunakan 2x UPS dengan harga murah-murah, tidak tau kenapa kipas PS4 jadi sering berbunyi kencang, sejak saat itu saya tidak menggunakan UPS lagi, namun untuk instalasi listrik ke PS4 saya menggunakan material kualitas yang bagus, seperti kabel 1 phase dengan 3 kabel (dengan grounding) sehingga saya menggunakan colokan kaki 3 yang ada sikring-nya, pada stop kontak cari yang ada breaker nya/ saklar On-Off, sehingga bisa di matikan dan hidup kan menggunakan saklar tersebut, jadi semisal tidak digunakan lama (kerja keluar kota), atau saat hujan petir biasa saya mati kan lewat saklar tersebut.

4. Untuk durasi bermain games, saya sendiri bermain game sekitar 5 jam di hari kerja dan 10 jam di hari libur, karena menurut artikel-artikel di luar sana, durasi kita bermain game juga mengikis umur dari mesin PS4 kita, secara normal PS4 bisa dimainkan di 4-5 jam, namun tentunya kita kadang sering lupa waktu karena keasyikan bermain game.

5. Koneksi internet menggunakan Wifi, saya selalu menggunakan koneksi nirkabel, bukan kabel LAN, walaupun menggunakan kabel lebih stabil di banding wifi, namun ada beberapa kasus, teman saya di balikpapan, port lan PS4nya tersambar petir, yang ter sambar adalah station tower dari telkom, namun menjalar ke device-device lainnya sampai ke rumah-rumah, jadi saya sangat menghindari menggunakan kabel LAN untuk koneksi internet.

6. Posisi bluray (BD) games setelah bermain baik nya berada di luar atau dikembalikan ke box game atau di tinggalkan dalam mesin PS4, nah kalo ini sebenarnya pro dan kontra, saya sendiri dari dulu jalan PS3 sampai sekarang setelah bermain game kaset BD selalu berada di dalam mesin, jadi saat mau main lagi ke esokan harinya tidak ribet maukin game nya lagi. Namun sebenarnya lebih baik kalau BD dikeluarkan, logikanya sebenarnya mesin PS4 itu panas, apalagi di dalamnya, saat selesai main ada beberapa menit BD dalam mesin akan terpapar panas tersebut selama proses cooling down, material BD terbuat dari plastik, saat platik terkena panas lama kelamaan akan memuai dan menyusut saat pada suhu normal, dan mungkin lama kelamaan BD kita akan rusak, baik material nya atau data yang ada di dalam BD tersebut. Kadang ada kasus yang BD masih mulus saat di install di PS4 BD tersebut tidak dikenali.

7. Hindari menggunakan kipas, atau aksesoris tambahan yang langsung terhubung dengan power dari USB PS4, boleh menggunakan aksesoris tambahan asal menggunakan sumber listrik sendiri, seperti adaptor. Karena kelistrikan di PS4 cukup penting, jangan sampai listrik pada mesin tekor karena di sedot oleh aksesoris tersebut, pengalaman beberapa teman yang menggunakan kipas external yang menyambung pada USB PS4 umur power supply PS4nya rata-rata tidak lama.

Oke semoga 7 tips dari saya bisa bermanfaat untuk teman-teman semua pengguna PS4, jika ada yang mau menambahkan silahkan aja tulis di komentar, kita berbagi ilmu bersama..

7 comments:

  1. yang ketujuh juga ke apply ama aksesoris kaya speaker ama controler keyboard mouse (horitech tactical assault commander pro)???

    ReplyDelete
  2. Mati lampu sering gak gan pas main ps? Saya udh 7 kali. Takut soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang berbahaya sebenarnya bukan mati listri namun listrik naik turun, memang sih mati listrik tidak baik utk hardisk juga..

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sebenernya berguna g sih.. coolin fan itu atau malah memperparah kipas angin ps4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah dilakukan test ternyata pake fan tambahan malah ga ngaruh sama sekali, sidah di test di ps4 fat, slim pro, jd percuma pake fan tambahan, mungkin sedikit mengurangi cuma tidak signifikan

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.