Kaset PS4 Retak? Kok bisa?



Dulu saya kira kaset PS4 itu sangat kuat dan tidak mungkin rusak misal kita rawat baik-baik, memang sih kualitas Blu Ray memang diatas kualitas CD/DVD biasa, yang gambang sekali tergores, walau kita bersihkan/ usap menggunakan tisue/ kain Microfiber.

Saya ada pengalaman, tidak tau kenapa, mungkin karena tertekan, atau mungkin sering kena panas dari jok motor, atau sering lepas/pasang dari case box nya, jadi pinggiran lubang O lama kelamaan retak sedikit, namun lama-lama ternyata retak ini menjalar sampai ke ujung, yang mengakibatkan kaset jadi tidak terbaca (ya jelas lah)...


Untuk pengalaman aja sih, bagi teman-teman yg suka beli kaset 2nd, wajib memastikan kalau kepingan cd kaset sama sekali tidak ada retakan, walaupun saat itu bisa aja di install dan dimainkan, karena retakan ini ternyata menjalar. Di forum2 sudah ada beberapa kasus seperti ini, di jual kaset dengan harga yang lebih miring.

Awalnya sih sedih, cuma ya udh lah, semua ada masanya..

15 comments:

  1. kalo kaset
    retaknya kecil bisa kebaca nggak ?

    ReplyDelete
  2. kalo kaset
    retaknya kecil bisa kebaca nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi hati2 kaset disk bisa pecah di dalam ps4, apa lagi pas install dia kan muter kencang.. kaset saya ini awalnya retak tipis, lama2 jd kayak gitu, krna getar kan di dalam bd rom nya..

      Delete
  3. Bang kalau kaset CD/DVD kan walau tampilannya bagus tapi bisa kusut, apakah kaset PS4 seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mas, Blueray PS4 ini lebih kuat kok di banding CD atau DVD, permukaannya kayak ada lapisannya lagi, jd tdk mudah tergores.. saya kadang lap pake tisue biasa, tp permukaannya masih kinclong.. kalo dvd sudah baret halus kayak rambut kalau di usap pake tisue kering..kaset retak di atas kayaknya gara2 sering lepas pasang dari box nya..

      Delete
    2. gan kalo boleh tau tempat yang jual kaset gores dmn ya

      Delete
    3. Saya ada beberapa kaset yg tergores, cuma dah ga bisa di pake main sih hehe

      Delete
  4. Apakah ada cara memperbaiknya bro? Soalnya kaset sy retak pdhl bru aja dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada mas, saya tidak menyarankan utk di plester karena akan menonjol. Cuma saya kepikiran supaya retaknya tidak menjalar mingkin bisa di kasih lem cina, cuma kembali saya tidak menyarankan, sayang kalau ps4 rusak karena kaset retak ini pecah di dalam diak drive nya :(

      Delete
  5. Mau tanya klo pas main game ps pas intstall klo lama n kadang2 gak kebaca itu rusak dari kaset atau apanya ya
    klo game yang lain mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dua kemungkinan
      1. Kasetnya yg masalah, bater halus
      2. Optik sudah lemah, jd ga bisa baca yg baret halus tersebut

      Saya punya pengalaman, kaset baret di cover print atasnya, dan akhirnya ga bisa ke baca, pas install error pada % tertentu..

      Delete
  6. Kaset ps4 tuh cara kerja nya gimana yak sya ga ngerti masa main game pake kaset apa di download dulu terus gimana bang performa nya sama ga kyk game digital soal nya agak ragu karna menurut sya harus baca kaset dulu pas main game harga nya mahalan mana yak kalo fisik vs digital terus klo digital pake hotspot telkomsel download game misal 25 GB itu berapa hari ya itungan sampe selesai klo mau game dgital internet nya apakah wajib pake mnc atau biznet atau firstmedia atau gak harus maksain tinggal beli paket unlimited telkomsel buat main dan download maaf bang moga mau jawab sya butuh jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. - Kalau game fisik / BD itu data installer game nya ada di dalam disk, jadi saat kita masuk in BD ke dalam PS, dia akan meng install/copy file data game ke hdd ps4 kita. Jadi setelah itu BD hanya di gunakan sesekali untuk cek lisensi dari game yang kita mainkan.
      - Kalau game digital tentunya kita harus mendownload dulu file dari game nya lalu di install di HDD ps4 kita.
      - Harga fluktuatif, kadang digital bisa sangat murah sekali kalau pas diskon, 100rb ke bawah, kalau fisik jarang sampai ada harga 100rb ke bawah kalau tidak game fifa/pes
      - Enaknya kalau game fisik tentunya kita tidak perlu download lagi, bisa langsung di mainkan, kelebihan lainnya kaset fisik bisa di jual lagi dengan mudah
      - kalau digital saya sarankan pakai koneksi langganan mas, seperti yang mas sebutkan, karena game2 PS4 skrg ukurannya besar 50-100GB, pas download juga butuh koneksi yang stabil supaya data yang di download tidak corrupt.
      - Kalau saya masih lebih berat ke fisik, kalau digital butuh hdd yg besar kalau mau byk game yg terinstall, saya hanya beli game digital saat harganya 50rb ke bawah.

      Delete
  7. Gan ane mu tanya , kl misalkan kaset bd pes kita rusak terus beli baru lagi . Apakah kita harus menginstal/copt lagi dari awal atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, asal BD baru yg kita beli region nya identik dgn BD yg lama

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.