Apakah PS4 Pro worth it untuk dibeli?


Mungkin banyak dari teman-teman semua yang sudah memiliki PS4 sempat berpikir untuk upgrade ke PS4 Pro, dan sebenarnya itu lah yang saya pikiran dulu, saat itu saya merasa perlu upgrade ke mesin yang lebih power full untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal. Namun teman-teman harus melakukan research terlebih dahulu untuk mencari perbedaan antara kedua console ini.

Perasaan bertanya-tanya dan penasaran, membuat saya browsing dan mencari informasi tentang perbandingan PS4 Pro dan PS4 biasa, hasilnya tentu "rata-rata" ada sebagian yang menganggap perlu upgrade ada yang tidak, dan tentunya semua jawaban itu tidak membuat saya merasa puas sama sekali. Perlu upgrade karena kita akan merasakan performa bermain games dalam mode 4K, yang mana ini adalah pengalaman pertama saya bermain games dalam resolusi ini.
Hingga akhirnya, saat manusia mencari sesuatu, maka terbukalah jalan.. Ada teman saya menjual PS4 Pro dengan harga PS4 biasa, singkat cerita akhirnya saya membeli PS4 Pro punya teman saya itu, dan jujur ekspektasi saya saat itu untuk PS4 Pro sangat tinggi sekali, di kepala saya cuma ada bayangan main game PS4 dengan grafik dan frame rate yang JAUH LEBIH BAIK dari sebelumnya.
Dan akhirnya saya mencoba dan mengetes PS4 Pro tersebut, saya langsung memainkan beberapa game yang sudah ada patch untuk PS4 Pro, seperti Ratchet And Clank, Rise of Tomb Raiders, Last of us Remastered, waktu itu saya mencoba nya di TV LG 32" FHD, dan ternyata oh ternyata, tidak ada perubahan yang signifikan dari segi grafik, texture dll tidak berubah, hanya "sedikit" perubahan nya, saat setting grafik dinaikkan ke resolusi native 4K. Saat itu saya masih belum percaya, mungkin ada yang salah, atau ada yang belum saya setting, waktu itu saya mencoba semua kombinasi setting an yang ada di PS4 Pro atau setting yang ada di dalam game, dan hasilnya tetap sama saja. Namun untuk beberapa game yang improve di FPS seperti Final Fantasy XV, in Famous Second Son saat kita ON kan fps memang terasa langsung di mata, 60fps memang sangat nyaman di mata. Inti nya dari percobaan pertama ini resolusi, grafik tidak terlalu terasa, yang terasa saat game di set 60Fps, nah sayangnya hanya sebagian kecil game yang bisa di up sampai 60FPs. (Sember : http://www.gamesradar.com/ps4-pro-confirmed-games-list/)
Dari percobaan di atas saya mengambil kesimpulan, kalau PS4 Pro WAJIB menggunakan TV 4K HDR supaya hasilnya lebih maksimal, dan saat itu saya masih tetap bertahan di TV FHD, hingga suatu hari TV FHD saya tiba-tiba rusak karena kena air, dan singkat cerita lagi, saya bisa beli TV 4K HDR UHD Samsung 40KU6300, dengan semangat 45 kala itu saya sudah tidak sabar untuk mencoba TV tersebut di PS4 Pro, lagi-lagi dengan ekspektasi yang melambung tinggi.
Saat pertama kali dicoba, memang sudah terasa perbedaan gambar nya, saya merasa senang sekali, gambar lebih detail, pada menu utama pun sudah terlihat perbedaannya dengan TV lama saya, detail kecil begitu jelas terlihat, saat itu saya tidak sadar kalau detail tersebut di dapat bukan karena PS4 Pro melainkan karena resolusi TV 4K yang lebih detail. Tanpa basa basi saya langsung mengetes kembali beberapa game yang dulu pernah saya test di PS4 Pro, dan memang ada perubahan tampilan, namun kembali ini semua tidak signifikan, semua setting telah saya coba, HDR, Boost Mode, setting-bolak balik di game hingga akhirnya saya sadar, apa pun yang saya lakukan hasilnya tidak akan jauh dari apa yang saya lihat saat itu, dan akhirnya saya menyerah, terima apa adanya.
Dari situ saya merasa untuk upgrade dari PS4 biasa ke PS4 Pro SANGAT TIDAK WORTH IT  kita harus mengeluarkan uang 6.5Jt untuk tampilan yang HAMPIR sama saja seperti PS4 biasa, kalau sebelumnya kita sudah melihat grafik PS4 maka grafik di PS4 Pro tidak ada yang "WAH". Lagi - lagi ini merupakan sebuah trik marketing dari Sony, agar mendongkrak penjualan console nya. Saya jadi ingat beberapa hari yang lalu, saat saya mencari Indomie edisi "Vintage" yang dijual di Indo-maret, dan setelah keliling se-Balikpapan semuanya habis terjual, dari situ saya belajar satu hal, kalau sesuatu hal yang SAMA, dengan rasa yang SAMA, dengan bumbu yang SAMA, dengan porsi yang SAMA pula, saat hal itu di packing dengan packing yang berbeda dan memberikan embel-embel edisi khusus maka, masyarakat akan berbondong-bondong untuk membeli barang tersebut.. itu lah trick marketing. Sebenarnya PS dah dari lama melakukan trik di atas dengan mengeluarkan PS dengan warna-warna tertentu, edisi Fat, Slim dll, cuma beda nya di PS4 Pro ini ada penambahan hardware yang merupakan hal "Baru" di dunia console.
Kesimpulannya:
- Tidak worth it bagi user yang sudah memiliki PS4 upgrade ke PS4 Pro, baik menggunakan TV 4K atau TV FHD Biasa.
- Saya lebih menyarankan untuk user baru yang belum memiliki PS4 langsung upgrade ke PS4 Pro, karena dari segi stabilitas dan power lebih power full ketimbang PS4 biasa. Jika dana nya mencukupi.
- Saya lebih menyarankan untuk upgrade TV FHD ke TV 4K, karena ada fasilitas HDR di PS4 Biasa yang bisa aktif di TV 4K, adanya fasilitas Auto Motion Plus dan yang jelas menjadi new experience bagi kita.
-Stay di PS4 sambil menunggu PS5 dengan major upgrade hardware yang lebih signifikan.
- Game PS4 sekarang di build dan di develop dengan menggunakan engine PS4 biasa jadi saat di mainkan di PS4 Pro ya tidak ada perubahan signifikan, karena masih menggunakan data file seperti PS4 Biasa, cuma tetap ada peningkatan sedikit.
- PS4 Pro tidak perlu karena beberapa TV sudah ada fasilitas Auto Motion Plus, yang membuat semua games, acara TV dan Moves bisa di tayangkan dengan 60Fps jadi saya merasa TV dengan fiture ini lebih worth it ketimbang PS4 Pro (Baca: http://hydeist666.blogspot.co.id/…/fiture-motion-smoothing-…)
Saya tidak melarang bagi teman-teman yang mau membeli PS4 Pro, silahkan, itu hak anda pribadi, semua artikel di atas murni cuma pendapat pribadi saya sebagai user PS4, namun mungkin teman-teman bisa lebih dipertimbangkan kembali dan tidak termakan trick marketing, uang 6.5jt its a lot of money, jadi belanjakan dengan bijak. Semoga artikelnya bermanfaat..

*UPDATE 19 DESEMBER 2019
Tidak sengaja kembali membaca artikel ini, jadi teringat begitu kesal nya saya pada waktu itu saat PS4 Pro tidak sesuai expetasi saya, sekarang kurang lebih sudah 2 tahun berlalu PS4 Pro saya menemani saya dalam bermain berbagai macam games dan menulis review nya di blog sederhana ini. Setelah 2 tahun rasanya saya sudah tidak mementingkan resolusi 4K lagi, saat bermain game saya lebih sering pada setting an default aja, tanpa terlalu peduli dengan resolusi, mungkin karena mata ini sudah beradaptasi dengan resolusi 4K jadi terasa nya biasa saja. PS5 sudah di ujung tanduk, tentunya investasi dalam bentuk TV 4k lebih menguntungkan, teman-teman saya yang dulunya masih menggunakan TV FHD kini mulai membeli TV 4k yang sekarang harganya jauh lebih terjangkau dari saat itu. PS4 Pro saya merupakan generasi paling awal sama seperti saat di release di worldwide, dan Alhamdulillah sama sekali tidak ada masalah hardware yang signifikan, cuma sekali pernah saya bongkar untuk membersihkan debu dan mengganti termal pasta

(baca:https://hydeist666.blogspot.com/2019/07/membongkar-dan-membersihkan-ps4-pro.html)

Saya mengakui PS4 cukup awet dari segi hardware, pengalaman PS4 fat kemudian ganti ke PS4 slim, lalu ke PS4 Pro 1 dan PS4 Pro 2 semua tidak ada masalah. Semoga informasi tambahan ini bisa membantu teman-teman semua, keputusan saya tentunya tidak berubah kalau PS4 pro tidak worth it untuk di beli.

5 comments:

  1. jadi ragu upgrade ke ps4 pro, btw udah coba horizon zero dawn di ps4 pro & 4k tv kata ny sih keliatan beda ny dgn ps4 biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk sama aja bro, bedanya cuma dikit, ps4 pro kalo pake resolusi 4k bunyinya kayak pesawat jet mau lepas landas, saya test di GOW, RDR2, Horizon, sampe kadang di ps4nya saya set ke resolusi 1080p supaya ga bising bgt, menggangu suaranya..

      Delete
    2. Emg kalau setiing 4K suaranya berisik?

      Delete
    3. Berisik, sebagian besar game yg sudah support 4K kalo di set ke setting ini suara kipas kayak jet, ini berlaku utk PS4 pro seri awal2..

      Delete
  2. PS4 Pro batch terakhir, silent banget brooo.. Ga ada namanya bunyi pesawat jet lagi.

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.