Perbandingan PS4 Biasa dan PS4 Pro dalam Game Shadow Of Mordor




Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya dalam bermain game Middle-earth: Shadow of Mordor di PS4 Pro, dan membandingkannya dengan saat bemain di PS4 biasa.

Game ini sebenarnya sudah 2 kali saya mainkan, dulu April 2016 versi biasa dan beberapa hari yang lalu saya menamatkan kembali game ini namun dalam versi GOTY dan memainkan nya di PS4 Pro. Untuk info aja TV yang saya gunakan resolusi Full HD 1080p belum 4K.



Shadow of Mordor merupakan salah satu game yang mendapat update yang Full Compatibility ke PS4 Pro, jadi pada menu Option dari game ini ada menu tambahan, yakni untuk merubah setting "Graphics Mode", dalam menu ini kita akan diberikan 2 pilihan lagi, yakni Favor Resolution dan Favor Quality. 


Dari keterangan yang saya baca, jika kita menggunakan Favor Resolution maka, resolusi game akan diubah secara dynamic ke resolusi 4K, dengan kata lain game ini akan di render benar-benar dalam resolusi Native 4K, bukan up scaling, dan jika TV kita belum support 4K maka grafis akan di super sample mengikuti resolusi dari TV kita. Jika kita memilih Favor Quality, maka game akan di lock di resolusi 1080p Full HD, namun akan lebih meningkatkan kualitas dari grafis.
Tentunya untuk pertama kali saya memilih Favor Resolution, dan mencoba menyelesaikan beberapa misi yang ada di game ini, Kesan pertama saya menggunakan setting-an ini adalah, saya merasa tidak ada perubahan yang signifikan sama sekali, kemudian saya lanjut merubah ke Favor Quality,  dan lagi-lagi saya tidak bisa menemukan perbedaan yang signifikan dengan menggunakan setting ini, semua detail terlihat sama saja, tidak ada yg berubah, dari sini kemudian saya mencoba merubah-rubah setting ini, dan mendatangi tempat yang sama, seperti lokasi yang banyak batu-batu, tembok dan horizon, dan ketiga kalinya saya tidak menemukan sesuatu yang berbeda, rasanya sama saja, Sama persis saat saya memainkan nya dulu di PS4 Fat saya.


Dari sini saya coba mencari perbandingannya lewat video dari youtube, dan capture ini lah yang saya dapatkan, silahkan teman-teman bandingkan sendiri,
Terlihat dari dua perbandingan gambar yang ada, jelas terlihat kalau game ini masih menggunakan texture grafis yang sama antara PS4 biasa dan PS4 Pro, jadi saat dimainkan di resolusi 4K ya hasilnya sama aja, cuma lebih terasa tajam saja texture nya, dan experience ini tidak saya dapatkan.

Ada sedikit minus saat saya menggunakan setting Favor Resolution dimana saat karakter utama berlari menuju suatu titik maka, objek terlihat di kejauhan yang ada di depannya kadang baru tiba-tiba muncul, nampaknya PS4 Pro belum cukup kuat untuk melakukan render dalam sekala besar. Saat saya menggunakan setting Favor Quality frame-rate jelas lebih stabil, sama sekali tidak ada frame rate drop, dan nampaknya FPS meningkat di atas 30FPS, dan ini tentunya membuat mata kita menjadi lebih nyaman saat melihat pergerakan dari karakter yang ada di game ini.
Intinya sih saya tidak tau dimana yang salah/miss, tv saya, mata saya, game nya yang masih game lama, atau kah video 4K harus disaksikan secara langsung di TV 4K, tidak bisa dilihat saat sudah di konversi via Youtube. Mungkin nanti saya juga akan membandingkan dengan beberapa game yang release setelah PS4 Pro keluar, jadi dari segi texture mungkin ada berbedaan, yang saya maksud dengan perbedaan yang "Signifikan" adalah, berubahan grafis setting-an dari medium ke hight pada PC atau lebih mudahnya perbedaan grafis dari PS3-PS4. Yang saya tangkap dari perubahan grafis di atas cuma dari Hight ke Little Hight bukan ke setting Ultra.

Semoga informasinya bermanfaat, artikel di atas cuma opini saya pribadi. Jujur expetasi saya di atas ini, saya kira PS4 Pro memberikan pengalaman bermain yang lebih dari ini.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.