History Saved Games - 002

HISTORY SAVED GAMES - 002
Di awal dunia video games, para gamers tidak ada kebutuhan untuk melakukan penyimpanan game data, karena biasanya games pada saat itu tidak memiliki plot cerita yang kompleks dan umumnya game-game tersebut durasinya sangat singkat. Sehingga gamer bisa menyelesaikan game tersebut tanpa menggunakan save story.


Barulah di tahun 1978 TAITO, dengan game arcade-nya berjudul Space Invaders memperkenalkan metode menyimpan skor tertinggi (high scores), yang mana metode itu hampir digunakan di semua mesin arcades pada saat itu. Sehingga pada saat itu para gamers berloba-lomba untuk mendapatkan skor tertinggi dan menuliskan inisial ID-nya pada papan skor sebagai sebuah kebanggaan. Masih ingat dengan game-game seperti Metal Slug, Samurai Shodown, Soul Edge, Street Fighter II, Double Dragon, dll.


Untuk dunia console, diawali dengan Nintendo Entertainment System (NES) dengan game berjudul The Legend of Zelda (1986), dimana di dalam kaset terdapat sebuah baterai backup yang dapat meyimpan memory pada RAM, yang mana ini bisa digunakan untuk menyimpan data dalam game tersebut. Dikarenakan saat itu game-games NES mulai memiliki story yang lumayan panjang dan sedikit kompleks. Game pertama kali yang Saya mainkan dan itu menggunakan save story adalah Castlevania II: Simon's Quest.




Namun jauh sebelum itu game-game pada NES sudah menggunakan metode Password untuk meyimpan dimana posisi terakhirnya dalam bermain sebuah games. Namun kelemahan dari password ini tentunya rentan kena hack, yang mana dulu jaman saya kecil, setiap games yang ada passwordnya selalu mencobanya dengan metode acak, dicoba-coba per masing-masing karakter sampai ditemukan sebuah kecocokan, di jaman moderen sekarang namanya Brute-force dalam dunia hacking password. Jadi jaman dulu anak gamers pasti punya buku sakti yang isinya trick dan password dari game-game yang pernah dimainkannya.


Seiring berjalannya waktu, mulailah penyimpanan game data di simpan pada media floppy disks (PC), Memory Card (PlayStation One) dan akhirnya di era moderen saat ini menggunakan hard drives sebagai media penyimpanan game data yang absolut.


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.