Game Overview : Final Fantasy Type-0 HD



Game Overview : Final Fantasy Type-0 HD

Dah lama tidak nge-Review karena kerjaan yang menumpuk, Oke tanpa basa basi lanjut ke review berikutnya Final Fantasy Type-0 HD, Sebenarnya game ini dibuat pertama kali tahun 2011 untuk PSP, dan bahasanya masih jepang, karena kelihatannya gamenya rumit dan tidak paham bahasanya jadi saat itu skip dulu, dan eng ing eng di tahun 2015 ini muncul lah versi HDnya untuk PS4, dengan karakter yang secara keseluruhan di re-render ulang menjadi halus, namun untuk ukuran game sekelas PS4 Final Fantasy Type-0 HD masih jauh grafiknya, oke mari kita kesampingkan grafik dan kita bahas lagi masalah Gameplay.

Secara Story FF Type-0 HD, masih satu mitos/ dunia dengan FF 13, apalagi dengan Lightning Returns: Final Fantasy XIII, ada beberapa istilah yang sama diantara kedua game tersebut. Secara singkat Saya jabarkan, diceritakan pada game ini dunia terbagi menjadi beberapa negara, dan setiap negara memiliki sumber daya manusia yang berbeda-beda, baik secara militer atau sda.  Setiap negara diwakili oleh simbol-simbol seperti Vermilion Bird negara yang bisa mengontrol magic, White Tiger Negara yang mengontrol persenjataan dan ilmu pengetahuan, Azure Dragon Negara yang bisa mengontrol naga, dan Black Tortoise Negara dengan simbol pertahanan. 


Setiap negara memili masing-masing kristal yang dilindungi oleh masing-masing negara tersebut, Setiap kristal memilih seorang pelayan, pelayan tersebut dinamakan l'Cie, l'Cie memiliki umur panjang dan  kemampuan yang luar biasa, serta dapat berubah menjadi kristal. Setiap l'Cie memiliki sebuh simbol di badanya, dan karakter FF 13 semua karakter memiliki simbol tersebut. Singkat cerita Negara White Tiger menciptakan sebuah alat yang dinamakan Crystal Jammer yang mengakibatkan negara Vermilion Bird tidak bisa menggunakan magic, dan Negara White Tiger mulai menyerang negara-negara lain (mirip cerita Avatar Ang). Di sini munculah 12 murid special yang dinamakan Class 0 (Zero) yang datang dan meyelamatkan Sekolah mereka saat diserang. Anehnya saat semua magic tidak bisa digunakan, namun murid class 0 masih bisa menggunakan kemampuannya.


Lanjut ke karakter FF Type-0 HD, pada game ini terdiri dari 12 murid serta tambahan 2 murid lagi yang ahli diberbagai macam senjata dan magic, setiap karakter memiliki kemampuan dan gaya berklahi yang berbeda-beda. Karakter utamanya adalah Ace dengan sejata Dek kartu Remi. Setiap karakter memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda pula. Karakter favorit Saya adalah karakter yang memili serangan jarak jauh seperti Ace, King, Cater. Tambahan 2 karakter adalah Machina dan Rem, disinilah salah satu inti cerita. Kalo menurut saya adanya 14 karakter yang datang secara bersamaan mebuat bingung dan terlalu banyak, sehingga ke masing-masing karakter tidak terlalu jelas.



Bicara Final Fantasy, tentu tidak lepas dengan Battle Systemnya, di FF Type-0 HD ini battlenya cukup unik, hampir mirip dengan FF12+FF13 LR. Tentunya di bumbui dengan skill dan magic. Dan jujur saja battle systemnya buat nagih, serasa ingin masuk ke battle lagi dan lagi untuk grinding Level.



 
Di game ini juga ada beberapa mini game strategi, dimana kita harus merebut suatu wilayah tertentu dengan cara menghancurkan pertahanan masuk ke kota, melawan boss dan merebut kota tersebut.



Dari segi cerita jujur cukup membingungkan bagi Saya untuk mengikutinya, dan tetap enjoy di gamenya. Ada beberapa cutscane yang menurut Saya cukup keren diama seorang l'Cie melakukan summon Alexander dan menghancurkan kota. Dari segi gamenya jujur cukup singkat karena gamenya diambil dari PSP, jadi pas tamatnya yah gitu dongan akhirnya. Bagi penggemar seri Final Fantasy harus coba game ini.


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.