Game Review : Dragon Age INQUISITION


Dragon Age merupakan game RPG fantasy petualangan yang dibuat oleh Bioware, Bioware merupakan dev yang terkenal dengan game Mass Effect-nya. Dragon Age Inquisition sendiri merupakan seri ke 3 dari Dragon Age Series, Dragon Age: Origins (2009), Dragon Age II (2011) dan Dragon Age Inquisition (2014). Bisa dibilang Dragon Age Inquisition ini merupakan Dragon Age ter sukses sepanjang seri tersebut (9/10 - GameSpot, 8.8/10 - IGN), dan merupakan salah satu game dengan rate sempurna di beberapa situs review tentang game. Dragon Age Inquisition ini merupakan game seri Dragon Age pertama yang saya mainkan, jadi saya tidak punya ekspetasi apa-apa terhadap game ini.


Dragon Age Inquisition bercerita tentang petualangan seorang Inquisitor (Jaksa), yang ingin menyelesaikan masalah kerusuhan sipil di benua Thedas serta menutup air mata misterius dari langit yang dinamakan Rift, Rift ini mengeluarkan demon yang mengancam dunia, dan Rift hanya bisa ditutup oleh orang yang terpilih, dan tentunya karakter utama merupakan 'the chosen one'. Di awal game ini kita bebas mendesain karakter utama, class (warrior, mage dan rogue), gender dan Ras (human, dwarf, elf dan Qunari).

Gameplay Dragon Age Inquisition cukup menarik, dimana combat bisa mengunakan senjata atau magic, dengan efek magic yang cukup bagus. Dalam satu kelompok ada beberapa NPC yang membantu dalam combat. Kita tidak harus mengikuti seri Dragon Age sebelumnya untuk bisa menikmati Dragon Age Inquisition ini karena ceritanya terpisah. Combat bisa dilakukan secara langsung atau sistem strategi, NPC bisa kita perintah untuk menyerang musuh tertentu dengan serangan tertentu. Terdapat juga skill tree untuk masing-masing karakter, di awal karakter utama akan mengikuti job class yang sudah ada namun di pertengahan akan lebih spesifik dan unik dibanding class lainnya.
Secara keseluruhan Dragon Age Inquisition tipe  hampir sama seperti game RPG Open world lainnya dimana ada main story mission dan side mission, Di sini Karakter utama mengumpulkan orang-orang untuk bergabung dalam sebuah organisasi yang dinamakan Inquisition, Dari awal karakter utama akan bertemu beberapa karakter utama lainnya dan mulai masuk ke alur cerita dari masing-masing karakter tersebut, dimana kita bisa menjadikan salah satu atau beberapa karakter menjadi pasangan kekasih. Kita memulai membangun sebuah kerajaan dari awal hingga menjadi sebuah kerajaan yang besar.


Dari segi story bisa di bilang cukup standard, namun menurut Saya yah lumayan cukup bagus, dimana terdapat beberapa misteri yang akan terungkap sedikit demi sedikit seiring dengan berjalannya game. Gameplay juga sampai 100+ jam, tidak terasa rasanya menjelajahi dunia Dragon Age
Dari segi dunia, Dragon Age cukup bervariasi, mulai dari hutan yang hijau, gurun pasir yang tandus, hingga pegunungan es bersalju. Benar-benar dunia yang sangat-sangat indah, refleksi genangan air di hutan sungguh cantik, pencahayaan matahari membuat betah dan bertanya-tanya akan ada kejutan apa lagi di depan. Pada awalnya game ini menurut saya merupakan sebuah game dengan grafis teri indah di PS4.
Dari segi monster lumayan bervariasi juga, mulai dari monster kecil hingga besar, dan tentunya ada beberapa naga yang bisa kita lawan secara optional, dan tiap naga memiliki elemen tertentu. Battle dengan naga-naga sungguh terasa sangat epic, detail dari masing-masing naga terlihat cukup bagus, dan bentuknya berbeda-beda tergantung jenis naga nya.

Armor dan senjata merupakan poin penting dari game ini, setiap armor dan senjata memiliki bentuk yang berbeda-beda, dengan naiknya level maka armor akan naik level nya, kita haru mencari beberapa material dan batu-batuan akik tertentu untuk upgrade armor. Untuk senjata ada efek elemen yang dapat di masukan ke dalam senjata tersebut.
Secara keseluruhan game ini wajib dimainkan di PS4, tidak ada alasan untuk tidak memainkan game ini, Ada glitch positif dimana kita bisa menggandakan item tertentu, ini yang menyunat gameplay menjadi 100+ jam, kalau tidak ada glitch ini kemungkinan bisa lebih panjang, karena harus grinding item tertentu. Ada beberapa Romance Scenes yang tentunya sayang untuk dilewatkan, tapi tentunya akan agak awkward jika karakter laki-laki dengan pasangan laki-laki nya.

Score dari Saya : 9/10 (pada saat era itu)

Dimainkan di PS4 Fat TV Hd 24''

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.