Kenapa karakter di game NieR: Automata Selalu Menggunakan Penutup Mata?

Saya selalu merasa aneh, kenapa karakter dalam game NieR: Automata selalu menggunakan kain penutup mata. Pada awalnya saya mengira penutup mata tersebut merupakan bagian dari desain fashion karakter android di game tersebut tersebut.

Setelah beberapa waktu yang lalu mengikuti serial Animenya di Netflix, saya jadi sadar akan sesuatu.

Di awal cerita anime tersebut, ada seorang manusia yang bertanya pada android 2B,
"Mengapa kalian menggunakan penutup mata?", Lalu android 2B mengatakan kalau itu bukanlah penutup mata, melaikan sebuah kacamata canggih, android 2B berbohong pada manusia, yang mana itu sebenarnya cuma tutup mata biasa.

Di pertengahan film, ada robot yang meminta android 2B untuk melepas penutup mata tersebut, namun 2B menolak, karena dia di perintah untuk tidak melepas penutup matanya. 2B tidak mau melanggar perintah dari penciptanya. Bahkan android 2B tidak pernah bertanya kenapa mata mereka harus di tutup.

Setelah saya pikir lebih dalam, ternyata penutup mata tersebut adalah simbol dari sebuah "BELENGGU", kalau android hanyalah sebuah alat dan hanya bergerak mengikuti perintah penciptanya, yakni manusia. Para android seperti buta dan hanya menjalakan apa yang di perintahkan saja, tanpa harus tau mana baik dan buruk. Semuanya demi kepentingan penciptanya.

Belenggu ini ter gambarkan dari adegan android 9S yang tanpa ragu membunuh robot-robot anak kecil yang tidak berdaya. 9S berkata ke android 2B "Jangan pernah ragu" dengan tatapan muka yang dingin.

Seiring berjalannya cerita, penutup mata ini akan mulai terbuka, untuk pertama kali android 2B dan 9S bisa melihat indahnya dunia. Keindahan dari sebuah ironi, dunia yang sudah hancur karena perang yang tidak kunjung usai. 

Mulai dari sini para android mulai mendapatkan kesadaran, pikiran, dan mulai banyak pertanyaan, mereka mulai mencari makna dari kebenaran. 

Kebenaran mutlak adalah, kebenaran yang tidak memihak. Bukan di pihak manusia, bukan di pihak alien, bukan di pihak android bukan pula di pihak robot.

#nierautomat

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.