Top Games Menarik di Era PS4 Menurt Saya (2014-2020)

Era keemasan dari generasi console PlayStation 4 (PS4) akan segera berakhir dan di gantikan dengan console terbaru yakni PlayStation 5 (PS5) pada November 2020 ini. Hal ini tentunya membuat saya mulai mengenang kembali judul-judul game apa saja di PS4 yang cukup berkesan untuk saya. Di sini berkesan tidak hanya dalam artian baik, namun ada beberapa games yang membuat saya tidak nyaman dan kesal. Semua game akan saya urut kan dari time line waktu yang tercatat di sini : SINI

"listen to my story..." Quote by Tidus Final Fantasy X

October 2014
Watch Dogs - Game yang pertama kali saya mainkan di PS4, walau banyak orang bilang jelek, game ini sebenarnya memiliki cerita yang cukup bagus, dan tema hacker saya sangat suka sekali, menurut saya ini merupakan genre cerita yang fresh. Biasa lah masih terkagum - kagum dengan console baru.
inFamous Second Son - Saya sudah mengikuti franchise ini sejak di PS3 (inFamous 1 dan 2) , saat ada di PS4 perubahan grafis dan mekanisme cukup signifikan sekali. Uniknya game ini pertama kali di perkenalkan fitur speaker suara dalam stick DS4, Saya masih sangat ingat pada poin tertentu saat DS4 di kocok akan keluar suara kelereng pilox, seakan akan kita benar-benar membuat grafity pada sebuah dinding. Ending nya juga ada dua, bisa memilih menjadi baik atau jahat.

January 2015

Sleeping Dogs: Definitive Edition - Game bertemakan triad gangster china, cukup berkesan dengan cerita penyamaran polisi masuk ke triad serta tentang penghianatan. Mekanisme yang mengadopsi gaya GTA, namun memiliki nilai plus seni bela diri khas asal negara china.
The Walking Dead - Game ini sudah tidak perlu di tanya lagi, ceritanya luar biasa dalam, perasaan kita di bolak - balik memilih berbagai macam karakter yang harus kita selamatkan. Saya tidak mengira game dengan mekanisme interactive drama bisa memberikan pengalaman bermain yang luar biasa.

March 2015
Dragon Age: Inquisition - Salah satu game yang sangat berkesan untuk saya, tema medieval dungeon and dragon sangat cocok untuk saya, ini game pertama yang saya rasa memiliki grafis paling indah untuk saat itu, dan benar aja game ini menjadi GOTY. Ceritanya dan mekanisme nya bisa di bilang cukup oke, dan yang paling saya ingat game ini adalah, ada exploit untuk menggandakan item, membuat game ini menjadi sangat mudah. Pertama kali juga saya melihat konten dewasa secara vulgar dalam video game, karakter kita bisa jadi lesbi atau gay.

May 2015
The Wolf Among Us - Sama mirip seperti The Walking Dead, alau ceritanya tidak sekuat The Walking Dead namun game ini cukup berkesan, mengambil tema karakter-karakter dari kisah berbagai macam Fabel dan Fairy tale seperti Big Bad Wolf, Snow White, Beauty and the Beast, Grendel, Bloody Mary, Little Mermaid, Three Little Pigs di rangkum menjadi sebuah cerita detektif untuk mencari penjahat dari gerombolan tersebut.

July 2015
The Order: 1886 - Game ini cukup memukau buat saya karena memberikan cinematic yang terlihat sangat bagus, grafis nya pernah menjadi yang terbaik di tahun itu. Hal berkesan untuk saya di game ini adalah tema Steampunk dan Werewolf. Saya juga cukup memperhatikan desain baju dari masing-masing karakter yang cukup stylist ala-ala Knights of the Round Table. Sayang game ini belum jadi dan tidak di teruskan, kritik durasi game yang sangat singkat juga menghantui game ini.

September 2015
Need for Speed: Rivals - Game balapan pertama yang saya mainkan di PS4, dan surprisingly berkesan untuk saya, balapan antara mobil polisi dan pembalap jalanan begitu intens dan begitu liar.

October 2015
Lords of the Fallen - Ini merupakan game pertama saya dengan genre Souls series KW, berkesan karena saya merasa tidak begitu sulit dan dari sini saya mulai merasa sombong menganggap game Souls series itu mudah hanya di besar-besarkan aja. Mekanisme nya bagus karena nyomot dari DS, detail armor nya keren terlihat besar dan berat, namun cerita dari game ini hancur lebur.

November 2015
Onechanbara Z2: Chaos - Game yang saya beli karena dengar - dengar plot ceritanya bagus :D, game ala-ala Devil My Cry wanna be ini cukup berkesan karena fan service yang di berikan. dah itu aja. Ckckck...

December 2015
Until Dawn - Game ini berkesan karena memberikan sebuah pengalaman horror dan menarik untuk saya, sistem butterfly effect nya yang membuat kita seakan-akan bisa mengontrol kejadian dan waktu yang ada di game ini. Yang saya ingat dari game ini sebagian besar saya mainkan di volume TV 0, sehingga jump scare nya mental di saya. Saya tidak suka game horror.

February 2016
The Witcher 3: Wild Hunt - OMG kalau ini merupakan sebuah game game terbaik dari yang terbaik yang pernah saya mainkan di era ini, mekanisme, cerita, dan mini game kartu Gwen terasa sangat adiktif. Game ini saat di mainkan di level paling susah (Death March!) benar-benar menjadi beda banget pengalaman bermain nya, setiap langkah harus ter ukur, crafting potion, minum doping dkk, saya benar-benar larut menjadi Geraldo of Trivia. Game ini adalah sebuah maha karya untuk generasi kita.

March 2016
Senran Kagura Estival Versus - Salah satu game boing-boing yang mungkin di sukai para lelaki. Kenapa berkesan karena game ini terlalu berlebihan mengeksploitasi bagian tertentu tubuh wanita. Saya memainkan game ini hanya untuk reserch semata ya.

April 2016
Middle-earth: Shadow of Mordor - Game ini cukup berkesan karena mengambil tema dunia dari The Lord of the Rings, mekanisme battle-nya nya cukup menarik dan mudah untuk di pelajari, merebut benteng-benteng musuh, bentuk orc general nya yang cukup detail dan mengerikan, membuat game ini cukup menarik, kalau dari segi cerita tidak terlalu bagus.

June 2016
Ratchet and Clank - Game ini cukup berkesan karena riuh dan hura-hura, ledakan di mana-mana, Colors yang sangat warna warni, bermain sebagai space traveller pindah-pindah planet dengan suasana yang berbeda-beda. Cerita nya yang ringan membuat di sukai oleh anak-anak, Namun fakta nya setiap saya merekomendaikan game ini ke anak-anak, mereka selalu menolak, mereka lebih memilih game GTA5, saya tidak tau se menarik apa game GTA5, sampai detik saya tulis artikel ini saya tidak tertarik untuk main GTA5 dan tidak tertarik.

October 2016
Zero Time Dilemma - OMG cerita dari game ini benar-benar gila. yang belum main dan suka dengan sebuah game narasi story bisa mencoba game ini. Dilema adalah istilah umum yang merujuk kepada suatu kondisi yang menyulitkan yaitu munculnya sebuah masalah yang menawarkan dua kemungkinan, di mana keduanya sama-sama tidak praktis untuk diterima. Wikipedia.

December 2016
Final Fantasy XV - Game pertama Final Fantasy yang menimbulkan benih-benih tidak suka sama si developer Square Enix, Final Fantasy 13 masih saya maklumi karena ceritanya selesai, walau rumit dan kusut, namun di seri FFXV saya merasa sangat marah karena cerita yang di potong-potong dan game yang tidak selesai. Game ini harusnya menunggu 1-2 tahun lagi supaya benar-benar matang, saya rela menunggu lagi. Sekarang atau 50 tahun lagi, ku masih akan tetap mencintaimu, tak ada perannya rasa cintaku, masih sama seperti pertama bertemu.

January 2017
My Name is Mayo - Game pertama yang menurut saya hanya menjual platinum, bisa di dapat dalam 20-30 menit aja. Sejak tau kalau game seperti ini ternyata ada peminatnya maka sejak saat itu bermunculan lah game-game yang platinum nya hanya di bawah 1-5 jam.

Uncharted 4: A Thief's End - Oyeh ini game sangat berkesan, cinematography dalam sebuah game yang hampir menyamai film box office. Memiliki karakter-karakter yang seakan-akan hidup, ceritanya keren, dan menjadi game dengan grafis terbaik tahun itu. Dan saya yakin semua orang pasti pernah memainkan game ini, selalu saya rekomendasikan ke teman jika ada yang tanya, salah satu top noch exclusive game di PS4. Saya mengikuti seri Uncharted PS3, dan memainkan kembali seri remastered nya, supaya saat memainkan seri ke 4 nya ini jadi berkesan dan ceritanya fresh kembali.

February 2017
I Am Setsuna - Akhirnya setelah sekian lama, saya merasakan kembali sebuah game classic JRPG, cukup nostalgia denga cerita yang saya sudah lupa karena tidak begitu menarik. Mekanisme berkelahi turn base dengan grafis yang sangat familiar bagi para pencinta JRPG.

October 2017
NieR: Automata - Kalau ini salah satu masterpiece, saya belum pernah sama sekali memainkan seri NieR sebelumnya. Cerita dari game ini menjelaskan tentang kemanusiaan, makna dari hidup, dan di sampaikan dengan cara yang sangat unik, Ost lagu-lagu dari game ini juga luar biasa, baru pertama kali saya mendengar sebuah suara vokal yang hanya di ibart-kan sebuah instrumen musik dalam sebuah melodi lagu.

January 2018
Diablo III: Reaper of Souls - Saat memainkan game ini saya baru sadar kenapa fan base dari Diablo sangat besar, ternyata game nya sangat-sangat adiktif sekali, untuk beberapa saat saya hanyut memainkan game ini.

February 2018
Mighty No. 9 - Bagi pecinta Rock Man pasti tau kegagalan game ini, dan saya juga salah satunya yang cukup kecewa. Dan akhirnya tidak tamat dengan sempurna. Sangat di sayangkan.

April 2018
Kingdom Come: Deliverance - Masih ingat dengan selogan "mendadak kingdom"?, ya game dengan harga 680 rupiah ini sempat menjadi tenar di grup PS4 Indonesia, dan saya juga kebagian untuk memainkan nya. Dan sungguh di luar dugaan, saya suka sekali dengan game model seperti ini, ternyata ceritanya cukup menarik, mekanisme dan suasana jaman kegelapan saat itu sangat terasa.

April 2018
God of War - Ini nih sebuah game yang sangat di tunggu-tunggu, game yang berubah secara total serta memiliki story dan mekanisme yang sangat kuat. Game ini membuat kipas PS4 pro saya teriak seperti akan meledak dengan grafis partikel yang luar biasa. Saya kaget, merasa kalau memainkan game ini dalam durasi lama, maka PS4 Pro Saya akan rusak, akhirnya saya menurunkan resolusi dari PS4 ke 1080p, dan disini si PS baru bisa tenang. Saya tidak sabar dengan GOW Ragnarok di PS5, Boii.

May 2018
Uncharted: The Lost Legacy - Spin off dari seri Uncharted saya cukup suka dan memang dari awal tidak menduga kalau kita akan menjalankan tokoh lain selain Drake. Sayangnya cerita dari game ini cukup singkat, mirip stand alone DLC inFamous First Light. Mekanisme nya masih sama dengan core gamenya, mengambil setting di India. Ternyata karakter Cloe sangat bad ass, Saya yakin Uncharted 5 nanti akan memainkan tokoh Cassie Drake anak dari N-Drake.

July 2018
Ni no Kuni II: Revenant Kingdom - Ni no Kuni merupakan sebuah game JRPG yang sangat berkesan di jaman PS3, namun sayangnya Revenant Kingdom ini tidak se-bagus seri pertamanya, namun cukup berkesan karena banyak mekanisme dan sistem baru yang di implementasikan di dalam seri ke 2 ini.

August 2018
Horizon Zero Dawn - Ini salah satu game exclusive dari PS4 yang memiliki grafis unik, degan Decima engine benar-benar menujukan taringnya, saya tidak menyangka tema peradaban kuno bisa di gabung dengan robot-robot Mecha-Dino yang sangat keren-keren bentuknya dengan detail lingkungan yang sangat bagus.

September 2018
Marvel's Spider-Man - Kalau game ini sudah tidak perlu di tanya lagi, sebuah game Spider-man paling sempurna, battle nya fluid, traversal nya fluid, ceritanya bagus, grafis nya bagus, benar-benar berkesan. Ini game tema super hero terbaik setelah Batman. Kalau Marvel's Avengers Game jangan di beli karena buatan Square Enix DLC nya nanti ada sekitar 7000 lebih semua karakter marvel mau di masukan ke game ini dan baru full Super Royal Deluxe di tahun dua ribu satu milyar. I hete you Square eneg.

October 2018
Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age - Ah ini menurut saya game JRPG terbaik di PS4, mekanisme turn base, ceritanya yang sangat bagus, grafis yang khas, karakter-karakter yang kuat kecuali karakter utama. Benar-benar suatu pengalaman bermain yang belum bisa saya lupakan. Artwork dari Akira Toriyama begitu familiar di mata saya.

November 2018
Castlevania Requiem: Symphony of the Night & Rondo of Blood - Kalau game ini berkesan lebih ke arah rasa sentimentil saya terhadap Castlevania Symphony of Night yang sangat membekas dulu di era PS1. Saat tau kalau ternyata Castle-nya bisa ke balik dan ternyata ending nya belum final ending, jaman dulu kita barus menunggu beberapa tahun rahasia itu baru bisa terungkap. Saya memainkan game ini di beberapa platform berulang-ulang. Saya tunggu versi PS5 nya.

December 2018
Red Dead Redemption 2 - Sangat tidak suka dengan game ini, tidak tau kenapa saya sangat tidak suka tema koboi, karena koboi membantai suku Indian dan Bison, dan saya malah belum tamat. Saya sangat suka pas tau game ini tidak menang GOTY.. Senyum jahat :P.

January 2019
Chasm - Sebuah game yang cukup menarik, mengingatkan saya game Metroid dan Castlevania, saya sangat menikmati memainkan game ini dengan berbagai macam mekanisme yang sudah familiar. Grafis pixeled yang di sajikan cukup indah. Dari segi cerita tidak terlalu bagus.

Super Daryl Deluxe - Ini sebuah game indie yang saya tidak mengira akan sangat menikmati game ini, ceritanya yang lucu dan mengunakan berbagai macam parodi dari anime dan cerita yang ada di dunia nyata. Game ini mengusung tema bullying dengan latar sekolah yang unik.

February 2019
The Evil Within 2 - Game ini jadi berkesan untuk saya karena tiba-tiba ada update mode cheats, jadi karakter utama memiliki ammo dan nyawa tidak terbatas membuat tema Servival Horror dari game ini hilang. Karena karakter utama tidak bisa mati saya jadi memainkan game ini dengan suka cita, padahal saya tidak suka game horror.

March 2019
The Witcher 3: Wild Hunt – Game of the Year Edition - Game terbaik dari yang terbaik harus di mainkan 2x. Kali ini saya sangat menikmati seri DLC nya, dan tentunya menunggu seri PS5 nya keluar untuk di mainkan ulang, motifasi terkuat saya untuk nantinya membeli PS5 karena game ini.

April 2019
Undertale - Ini salah satu game indie yang memiliki cerita sangat dinamis sekali, sangat recommended bagi yang belum pernah main. Ceritanya unik, dan banyak rahasia di dalam gamenya. IGN memberikan 10/10 untuk game ini.

The Surge - Ini salah satu game jenis Soul KW lagi, anehnya saya sangat suka, karena tidak terlalu susah, sistem mekanik Exo robot yang di implementasi kan ke dalam tubuh lama kelamaan terlihat semakin keren dengan berbagai macam skill yang akan mempermudah petualangan tokoh utama. Dari segi cerita biasa, cuma saya suka mekanisme gameplaynya. Dari sini saya makin sesumbar ingin menamatkan semua game Dark Souls.

May 2019
Days Gone - Wah ini salah satu game dengan cerita yang sangat bagus, cerita tentang persahabatan dua laki-laki geng motor (no homo), saya juga ikut merasakan hubungan antara karakter-karakternya, di saat dunia sudah hancur yang kamu punya hanya sahabat kamu. Mekanisme dan dunianya juga menarik, sayang hype dari game ini turun drastis karena banyak bug, padahal game bagus banget. Ceritanya juga masih bersambung. Jadi ingat Quotenya Deacon St. John "Don't give up, Dust yourself off and start again and my other one is why do we keep going? Because what the hell else are we gonna do..." karena dunianya sudah hancur.

June 2019
Assassin's Creed Odyssey - Yang menarik dari game ini, kita secara 3D di bawa kembali ke dunia masa Yunani kuno, alam yang indah, patung-patung ukiran dan kehidupan masyarakat di dalamnya, dari sini saya sedikit berfikir hanya dari game kita bisa mengeksplorasi dunia Yunani yang terlihat sangat indah. Pengalaman ini tidak akan kita rasakan hanya degan menonton channel sejarah, atau datang ke museum. Terimakasih AC Odyssey, saya jadi tau kenapa Spartan dan Yunani bapak dari Demokrasi runtuh.

July 2019
Sekiro: Shadows Die Twice - Game Anj*ng satu ini sangat susah sekali, akhirnya saya tobat tidak merasa sombong lagi, game asli garapan FromSoftware telah memberikan traumatis kepada saya, rasanya kalau ingat masa-masa memainkan game ini teringat kembali pengalaman buruk itu. Awalnya saya merasa dunia Sekiro indah, dan memutuskan untuk memainkan game ini, karena sangat susah Saya akhirnya tidak bisa menikmati cerita dari game ini. Karena fokus ke skill bertarung dan mengulang berkali-kali. Cukup no more Souls Games :(, maafkan diriku yang awalnya sesumbar.

September 2019
Detroit: Become Human - Salah satu game dengan story dan gameplay yang sangat bagus, saya memainkan semua game dari developer game ini bahkan sampai beberapa kali di PS3 dan remastered nya di PS4, cuma menurut saya Detroit: Become Human ini yang paling matang dari segala aspek nya. Di game ini di tunjukkan betapa buas-nya manusia itu.

October 2019
Bloodstained: Ritual of the Night - Saya cukup kecewa dengan game kickstarter ini, karena game nya try so hard untuk menjadi Castlevania symphony of the night, jadi malah kehilangan originalitas dari game itu sendiri, sangat di sayangkan Igarashi san. Saya lebih mending Chasam.

Ni no Kuni Wrath of the White Witch Remastered - Aduh ini game memang bagus banget, art karakter dan dunia dari Studio Ghibli memang tiada duanya, mekanisme JRPG Clasic di dipadukan dengan menjinakkan monsnter-monster yang mirip Pokemon.

January 2020
Star Wars Jedi: Fallen Order - Salah satu game Star Wars yang akhirnya bisa di deliver secara bagus dari aspek singel player story. Tidak terlalu sempurna, namun saya sangat menikmati pindah-pindah planet dengan segala macam mahluk buas di dalamnya. Serasa jadi seorang Jedi beneran, ceritanya juga ada sedikit twist, saya tidak sabar menggu kelanjutan seri ini.

February 2020
Fallout 4 - Salah satu game yang saya tunda sangat lama, ternyata sangat-sangat fun untuk dimainkan, memungut sampah-sampah di kota Boston, untuk membangun Factions kita sendiri. Dengan cerita yang cukup simple dan mekanisme gameplay yang kaya membuat saya sangat betah memainkan game ini.

March 2020
Control - Ini merupakan sebuah game yang tidak saya duga ternyata cukup bagus, baru tau judul ini saat masuk nominasi GOTY, dan ternyata sangat cantik game nya, pantulan cahaya Ray Tracing terlihat sangat indah di gabung dengan elemen misteri. Saya tidak sabar memainkan versi PS5 nya.

April 2020
Final Fantasy VII Remake - Salah satu game yang sangat di tunggu-tunggu semua orang, namun menurut saya pribadi tidak terlalu bagus karena ceritanya sudah tau, yang saya ingat dari game ini adalah beberapa aset yang LQ, dan loading yang lama yang ditutupi dengan traversal masuk ke lorong-lorong sempit. Namun cerita yang di ubah pada akhir cerita patut di apresiasi. Saya tunggu part 2 nya.

May 2020
Royal Edition - Final Fantasy XV - Waduh setelah memainkan lengkap semua DLC nya game ini menjadi sangat matang, perasaan yang akan di sampaikan oleh developer sampai ke pemainnya, dunia EOS di jelaskan lebih detail, beserta karakter-karakternya. Ini FF menurut saya hampir sempurna sebanding dengan FF masa silam.

July 2020
The Last of Us Part II - Salah satu game yang saya harap menjadi GOTY 2020, Sebuah game yang di sukai semua orang. Ceritanya dalam banget menyentuh hati sanubari saya sebagai pemain, banyak banget pesan moral yang yang bisa kita ambil dari kejadian yang ada di game ini. Benar-benar saya bisa larut dengan dua sudut pandang yang berbeda. Saya tidak sakrasme game ini memang bagus dari cara penyampaian cerita, detail, dunia dan mekanisme bermain.

August 2020
Call of Duty: Modern Warfare 2 Campaign Remastered - Saya sangat jarang main game FPS, dan saat memainkan game ini, suasana riot perang begitu terasa, pelurunyasar, mana lawan mana kawan menjadi membingungkan, keadaan perang itu begitu mengerikan. saya bener-bener bisa merasakan kengerian dari perang antar negara.

October 2020
Tales of Berseria - Game JRPG yang ceritanya gila, masing-masing karakter yang memiliki sifat sangat kuat dengan tujuan masing-masing, menurut saya ini game Tales dengan cerita terbaik yang pernah saya mainkan. 200 jam waktu saya di sedot oleh game ini

Mad Max - Game ini masih on progress, namun jadi berkesan karena namati nya di kejar waktu sebelum 31 Oktober 2020, setelah itu tidak akan ada yang tau apa yang akan terjadi, karena server nya akan di tutup.
Back Log game yang ingin saya mainkan :
  • Ghost of Tsushima
  • Death Strending
  • Atelier Ryza
  • Dragon Ball Kakaroto
  • Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain
  • Shadow of tomb raider
  • Devil my cry 5
  • Assassin Origin
  • Re 7 dan RE3 remek
  • Kindom heart series
  • Rage 3
  • The outer worlds
  • Persona 5/ Royal
  • Spyro 1-3
  • Batman Arkam Night
  • Bloodborne, DS1-3 tapi dalam mimpi
  • Wolfenstein 2
  • Titafall 2
  • Doom
  • Dishonored 2
  • Celeste
  • Vampyr
  • Watch Dogs 2
Dan masih banyak game yang lainnya..sambil saya cari formula untuk hidup abadi..

Top 5 dari semua games yang saya mainkan di PS4:
1. Dragon Age: Inquisition
2. The Witcher 3: Wild Hunt – Game of the Year Edition
3. Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age
4. Marvel's Spider-Man
5. NieR: Automata

Statistiknya total yang bisa di selesaikan manusia normal
- 11 Games di 2014 dimulai bulan Oktober
- 25 Games di 2015 full 12 bulan
- 22 Games di 2016 full 12 bulan
- 15 Games di 2017 full 12 Bulan
- 35 Games di 2018 full 12 bulan - banyak main game indie
- 46 Games di 2019 full 12 bulan
Pandemic Alert
- 31 Games up to Oktober 2020.

Total : 181 Games di PS4
* Belum termasuk game receh yang saya mainkan di PS Vita dan platform lain

Dari line up di atas sering kali saya memainkan game tidak tepat waktu pas game itu release, karena menunggu harga turun, game-game 2019 baru saya mainkan di 2020, enaknya kita tau game-game apa yang masuk GOTY dan bisa di coba jika belum di mainkan. Kalau ada yang tanya waktu bermain saya standard 3-5 jam perhari, kalau hari libur bisa lebih. Setelah menamatkan game berat biasanya saya stop tidak main game 1-2 hari, lalu memulai lagi dengan game yang singkat dan ringan, lalu baru ke game yang berat lagi.
Saya sudah tidak sabar line up game apa nantinya yang saya mainkan di PS5 di tahun 2021 atau 22, menunggu mesin dan harganya stabil

Terakhir saya mau ucapkan terimakasih PS4 yang sudah menemani 6 tahun, fantasi dan semua petualangan hebat ini, namun tetap game terbaik itu adalah hidup yang sedang kita jalani ini.

Yang mau add PSN Saya silahkan di : SetyaPanca

12 comments:

  1. yg punya gameplay unik ada ref ga mas? semisal remember me yg bisa ganti ingatan orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ini mas :
      - Super Daryl Deluxe - Unik ceritanya, karakter-karakternya, misteri di dalamnya.
      - My Name is Mayo - Ini unik juga game cuma tap-tap botol mayo, gila out of box.
      - Control - Game unik dari segi gameplay, semua objek di dalamnya bisa hancur, terus pencahayaan nya bikin saya kaget di awal.
      - Life is Strange - Ceritanya bagus, karakter utama bisa ngontrol waktu

      Delete
  2. The last of us yg pertama pantes buat di coba mas..salah satu game terbaik jg menurut gw.
    Gw jg salah satu org yg habis main sekiro benar2 kapok.. ga brani lg maen game dari from software :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iya mas saya dah coba beberapa kali main TLOU 1 cuma putus di tengah jalan terus.. entar lah di coba lagi 🙏🏻

      Delete
    2. Mas yg the evil within 2 mode cheatsnya dah ilang ya?

      Delete
    3. Masih ada harusnya tinggal buat akun betesda aja di menu in game nya

      Delete
    4. maksudnya bikin akun dulu di bethseda.net? (done) ini ps4 kan mas?

      Delete
    5. Iya mas ps4 buat akunnya ada di menu setting/option, trus nanti tinggal di link kan akun dan gamenya, otomatis ada menu baru. Pastikan juga gamenya sudah di update ke update versi paling baru mas

      Delete
    6. maaf nanya lagi, cara nge link akunnya gimana? sy cek di option gamenya ga ada, sy cek di menu setting ps ga nemu mas.

      Delete
    7. Coba cek versi gamenya versi berapa? Minimal versi 1.05, daftar dan link kan batesda ada di menu option di dalam gamenya, harusnya mudah aja di temuin. Ini beritanya : https://www.truetrophies.com/n16240/the-evil-within-2-patch-adds-cheats-trophies-still-unlock

      Delete
  3. Ga bisa d updated mas, ternyata mentok di 1.04. Sy googling jg bnyk yg ga bs updated k 1.05

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.