Review: Assassin's Creed Odyssey (PS4)

Assassin's Creed Odyssey merupakan seri Assassin's Creed ke 11 yang mengunakan time line utama, dari total semua seri Assassin's Creed yang berjumlah 21 judul. Assassin's Creed Odyssey ini di develop oleh Ubisoft Quebec yang sebelumnya membuat seri Assassin's Creed Syndicate (2015). Assassin's Creed Odyssey sendiri merupakan seri Assassin's Creed yang memiliki dua tokoh utama, sama seperti Assassin's Creed Syndicate dan kita di awal di suruh memilih antara dua karakter ini. Assassin's Creed Odyssey mengambil setting waktu jauh mundur ke tahun 431 sebelum Yesus lahir, dengan mengambil tema peperangan antara Yunani, Sparta dan Persian. Mengusung tema politik dan demokrasi serta korupsi pada era itu. Kita akan di bawa masuk dan berkeliling kota Yunani kuno dan di berikan keindahan-keindahan karya seni patung dan bangunan yang sangat menarik untuk di lihat. Dimana lagi kita bisa melihat dan menikmati sebuah dunia imajinasi dan keliling-keliling sebuah kota yang sudah lama tidak ada.

Di awal permainan ini kita akan di suruh memilih antara dua karakter utama yakni Alexios atau Kassandra yang merupakan saudara kandung, mereka sejak kecil terpaksa dipisahkan oleh sebuah takdir yang cukup kelam yang mana takdir tersebut lah yang akhirnya menuntun mereka kedalam sebuah petualangan untuk memecahkan misteri tentang takdir mereka itu. Tentunya di akhir game ini kita akan menyaksikan beberapa ending yang bercabang tergantung dengan seriap keputusan yang kita buat dalam memainkan game ini. Total ada 9 ending dari game ini, tergantung pilihan kita membunuh atau menyelamatkan karakter-karakter yang kita temui. Tentunya saya memilih karakter Kassandra dalam permainan ini.
Tanpa basa-basi di awal permainan ini kita juga langsung di berikan dengan sebuah pemandangan alam yang sangat indah, memang tujuan utama dari game ini tentunya memamerkan grafis yang sangat indah di awal permainan. Pencahayaan yang bagus serta siklus siang malam yang memukau, beberapa tempat yang terlihat sangat khas era-era jaman Yunani, eksplorasi saya lakukan ke semua titik pada game ini, mulai dari daratan rawa, gunung berapi aktif, perkotaan, pedesaan, hutan, daerah tandus dan lain-lain. Beberapa tempat landmark memang sengaja di desain dengan sangat apik oleh developer seperti pertambangan garam, batu dan sungai merah. Detail  rumput, pohon, ranting, dedaunan yang gugur, bunga-bunga terlihat begitu bagus.
Elemen battle bernuansa RPG masih sangat kental sekali terasa pada seri terbaru Assassin's Creed ini, dan karena saya sangat menyukai tema RPG jadi saya langsung bisa menikmati game ini tanpa memikirkan akar asli dari game Assassin's Creed yang harusnya bermain sembunyi-sembunyi dan bisa membunuh secara instan musuh-musuhnya. Level up dan mendapatkan skill merupakan elemen utama dari game ini, namun uniknya level musuh pada game ini akan mengikuti level kita, jadi membuat battle melawan musuh menjadi selalu menegangkan, beberapa boss malah level nya ada di atas karakter kita. Yang membedakan kita dengan musuh adalah berbagai macam equipment yang di jatuhkan oleh musuh atau kita temukan selama petualangan ini. Beberapa senjata dan Equipment langsung berubah secara visual saat kita mengenakannya pada karakter utama.

Boss battle pada game ini cukup seru sekali, beberapa boss dari mahluk-mahluk mitos seperti Medusa, Sphinx, Cyclops, Minotaur di desain sangat bagus, animasi gerakan dan efek serangan yang memukau, boss battle menjadi terasa sangat seru.
Kita juga bisa mengendalikan kapal perang, transportasi yang kita gunakan untuk berpindah ke pulau kecil yang tidak ada fast travel. Kita juga bisa upgrade kapal kita dengan mengumpulkan beberapa sumber daya yang bisa kita beli atau kumpulkan dari alam. Kita juga bisa merekrut musuh menjadi anggota kru dari kapal kita, dan setiap musuh yang kita rekrut memiliki skill khusus yang bermanfaat untuk kapal kita. Animasi kapal dan ombak air pada game ini cukup bagus, seakan-akan kita benar-benar menjadi seorang penjelajah lautan. Kalau di darat tentunya kita bisa menggunakan kuda. Ada juga mini game peperangan, dimana dalam satu arena ada puluhan prajurit dan kita di suruh memihak salah satu sisi, antara Sparta atau Yunani, dan dalam mini game tersebut kita di suruh untuk membunuh kapten atau prajurit musuh sebanyak-banyaknya.
Untuk story dari game ini terbilang cukup standard, namun karena banyaknya story tambahan jadi saat saya memainkan saya sampai lupa ini story yang mana, karena beberapa story terlalu banyak cabangnya, dan kadang saya menyelesaikan story yang malah belum di mulai. Namun menurut saya tipikal game Assassin's Creed modern memiliki cerita yang tidak kuat. Karakternya pun menurut saya tidak hidup dan kurang kuat pembawaannya. Beberapa misi sampingan terasa repetitive cuma ya itu tipikal game open world saya maklumi.
Armor dan senjata di awal permainan cukup menarik untuk di simak, dengan memakai armor satu set makan kita akan mendapatkan semacam status khusus dari armor yang kita pakai. Armor yang kita equip juga langsung memberikan perubahan secara visual pada karakter kita. Namun saat saya sudah ada di pertengahan game semua armor ternyata terlihat repetitive itu-itu saja, hanya berbeda status tambahan pada armor tersebut. Begitu pula dengan senjata, dan pada akhirnya saya hanya menggunakan satu jenis senjata dan armor satu set dan tidak saya ganti-ganti lagi sampai akhir permainan.
Overall menurut saya Assassin's Creed Odyssey merupakan sebuah game yang memiliki nafas baru, dengan segala macam elemen baru yang di masukan ke dalam game ini membuat game ini sangat berbeda sekali dengan game Assassin's sebelum-sebelumnya. Hal ini menurut saya ada baik nya juga, dimana kita tidak bosan di berikan hal-hal yang sama di setiap seri Assassin's Creed. Saya menghabiskan sekitar 100 Jam dalam game ini, namun tetap experience permainan tidak se menarik saat saya memainkan game The Witcher 3. Menurut saya cukup worth it menghabiskan full price uang kita untuk membeli game ini, dan juga update dari game ini masih cukup sering, seperti quest baru, item baru dan lain-lain.

Score dari saya : 9/10

Dimainkan di : PS4 pro, 4K, HDR, Auto Motion ON


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.