Cerita Film : Transformasi Tokoh Paul Atreides di Film Dune


Dalam film Dune Part 2 kita di perlihatkan karakter utama yang ber transformasi berulang kali. Di Dune part 1 kita diperlihatkan karakter utama memerankan tokoh "Paul Atreides", seorang pewaris keluarga bangsawan yang kalem, cerdas dan berani. Tokoh ini masih sangat hijau dan belum memiliki ambisi.

Lalu bertransformasi menjadi tokoh "Usul Muad’Dib" saat dia tinggal bersama kelompok Freman. Tokoh Muad’Dib terlihat tangkas dan cerdik, di tunjukkan dengan strategi kemapuan dia untuk menghancurkan banyak mesin pemanen rempah milik Harkonnen.

Puncaknya adalah transformasi sepurna setelah meminum water of life, di mana momen ini merupakan poin no return bagi tokoh Paul, saat dia benar-benar menjadi tokoh "Lisan Al-Gaib", karakternya benar-benar berubah total. Terlihat sangat meluap-luap, tidak ragu dan karismatik.

Dengan menjadi Lisan Al-Gaib atau Kwisatz Haderach maka Paul bisa melihat masa lalu dan masa depan secara jelas.

Konsep "Kwisatz Haderach" dalam film Dune itu bukan sebuah hal mistis, melainkan terinspirasi dari sebuah konsep yang namanya "Laplace's demon", yakni sebuah konsep dalam ilmu filsafat dan sains yang pernah diusulkan oleh Pierre-Simon Laplace, seorang matematikawan dan ahli fisika Prancis yang sangat berpengaruh pada abad ke 18-19.

Bahwa jika seseorang mengetahui posisi dan kecepatan setiap partikel di alam semesta pada suatu waktu tertentu, bersama dengan hukum fisika, mereka dapat memprediksi dan menghitung seluruh masa depan dan masa lalu di alam semesta.

Ini adalah sebuah pandangan deterministik yang menyiratkan bahwa dengan pengetahuan "lengkap", maka masa depan sepenuhnya dapat diprediksi. Persis seperti kemampuan dari tokoh Kwisatz Haderach.

Namun sayangnya saat Paul sudah menjadi Kwisatz Haderach pun, dia tidak bisa lepas dari yang namanya determinisme, bahwa pada akhirnya setiap keputusan yang dia ambil adalah tidak bebas, tidak ada yang namanya kebebasan mutlak di dunia ini.

#DunePartTwo

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.