Glitch Paling Langka Yang Pernah Terekam di Dunia Video Games

Kejadian ini merupakah glitch ter-langka yang pernah terekam di dalam dunia video games, pada tahun 2013 seorang speed runner Twitch bernama DOTA_Taebag sedang memainkan game Super Mario 64 di consolenya, pada saat dia mencapai level Tik Tok Clock, hal sangat aneh terjadi di arena ini, saat karakter Mario meloncat ke sebuah platform, tiba-tiba saja karakter Mario melakukan warp up ke arena yang berada di atasnya. 

DOTA_Taebag tentu sangat terkejut dengan apa yang baru saja terjadi. Saat itu dia mengira ada glitch baru yang secara tidak sengaja dia ciptakan. Videonya bisa di cek di link di bawah ini :


Jika benar glitch ini bisa di ulang, maka akan sangat bermanfaat untuk para speed runner lainnya, karena glitch tersebut bisa di pakai untuk mengurai waktu permainan. Speed runner Youtube dengan nama Pannenkoek20012 hingga membuat sayembara, bagi siapa pun yang bisa mereplika glitch tersebut maka dia akan memberikan uang sebesar $1000 (11jt)

Tentu pada akhirnya banyak yang ikut sayembara tersebut, dengan menganalisis video dari DOTA_Taebag lalu mencoba mereplika gerakannya frame by frame serta melihat kode apa saja yang sedang berjalan.

Namun tidak ada satu pun yang berhasil me-replika glitch tersebut, dan tidak ada yang bisa menjelaskan kenapa glitch tersebut bisa terjadi, hingga 6 tahun berlalu, pada 2021, saat Pannenkoek20012 menganalisis bagian memory ram ternyata kode bit pada saat kejadian tersebut adalah 11000101, dan saat digit terakhir di ubah ke 0, menjadi 11000100, maka hal yang sama persis pun terjadi, seperti video di bawah ini:


Hal paling rasional yang bisa menjelaskan terjadinya bit flip tersebut adalah karena fenomena "Cosmic Rays /Sinar kosmik"Cosmic Rays adalah energi radiasi tinggi dan berasal dari luar angkasa. Berisi partikel proton dan partikel alpha, yang kadang memiliki muatan listrik. Menurut Nasa, cosmic rays adalah radiasi yang terus masuk menghujani bumi tanpa pernah berhenti, namun karena bumi memiliki perisai electromagnetic, maka cosmic rays ini menjadi tidak terlalu berbahaya bagi makhluk hidup, namun kadang mempengaruhi peralatan elektronik.
Pada kasus DOTA_Taebag, sinar kosmik mengenai memory ram pada console Nintendo 64 miliknya, sehingga secara tidak sengaja mengubah angka bit 1 menjadi 0, dan terjadilah glitch seperti yang sudah kita lihat di atas. Jadi kita bisa melihat secara visual bisa fenomena yang cukup langka ini.
Bit flip ini juga pernah terjadi pada saat diadakan pemilu secara digital di negara Belgia pada Mei 2003. Seorang kandidat dengan nama Maria Vindevogel, mendapat kelebihan pemilih sebanyak 4096 pemilih, kasus ini muncul karena penduduk pada kota tersebut tidaklah sebanyak itu. Setelah di cek berkali-kali oleh para programmer, ternyata tidak di temukan ada bug pada software mereka, dari segi hardware pun di cek dan tidak ada kendala sama sekali. 


Setelah di teliti hingga ke nilai bit saat terjadi kejadian tersebut, yang seharusnya nilai bit 0000001000000010 = 514, 514 merupakan nilai yang seharusnya di dapatkan oleh Maria Vindevogel. Jika baris ke 13 kita ubah dari 0 ke 1, 0001001000000010, maka hasilnya adalah 4610, jika di kurangi nilai awal 514 maka hasilnya 4096, sama persis seperti angka di awal.

Di era modern seperti sekarang, setiap memory ram yang terpasang di setiap hardware sudah di lengkapi dengan chip khusus yang di namakan Error correction code memory (ECC memory), yakni sebuah chip yang fungsinya untuk mengoreksi secara otomatis jika terjadi bit flip. 
Namun tetap saja error bit ini bisa saja terjadi karena pengaruh cosmic rays, salah satunya yang sering kita lihat adalah random Blue screen of Death pada windows kita. Memang BSOD tidak selalu terjadi karena cosmic rays, bisa juga karena pengaruh lainnya. Sebuah fenomena aneh yang sebenarnya selalu terjadi di depan mata kita, namun kita tidak bisa melihatnya.

Semoga artikelnya bisa bermanfaat. Terima Kasih

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.