Ceritagames : Cara Menjadi Trophy Hunter di PlayStation

Trophy hunter merupakan sebuah julukan yang di berikan kepada para pemain game yang memainkan game dengan cara-cara tertentu untuk mencapai hal-hal tertentu. Secara garis besar ada berbagai macam cara memainkan sebuah game atau lebih di kenal dengan istilah play style, seperti; 

- Casual Gamer, yakni seseorang yang memainkan game hanya sekedar sampai game tersebut tamat saja, setelah tamat mereka berganti memainkan game yang lainnya.

- Speed Runner, yakni seseorang yang memainkan game dengan mengejar kecepatan dan ketepatan, semakin cepat tamat semakin bagus. Biasanya speed runner mengejar audience di komunitasnya.

- Trophy Hunter, yakni seseorang yang bermain game dengan merasakan semua konten dan tantangan yang sebenarnya tersembunyi dalam game tersebut. Membuka berbagai macam kriteria trophy yang memang sudah di desain oleh game developer untuk memandu pemainnya agar bisa menikmati potensi terbesar dari game tersebut.

- Completionist, yakni seseorang yang memainkan game hingga melebihi semua gaya bermain di atas, menyelesaikan semua cerita, tantangan, misi sampingan, mengumpulkan semua item dst dst, serta menghabiskan waktu hingga ratusan jam hanya pada satu game tertentu.

Kalau bermain game di ibaratkan menikmati sebuah hidangan dalam sebuah piring, maka casual gamer hanya memakan hidangan utamanya saja (nasi + daging sate + ayam suwir), lalu meninggalkan makanan yang tidak dia suka di atas piring, sedang speed runner mereka memakan makanan hanya sedikit saja yang penting cepat selesai (nasi + kacang) lalu meninggalkannya. 

Sedangkan trophy hunter, mereka memakan semua makanan yang ada dalam piring sampai habis tidak tersisa (nasi + daging sate + ayam suwir + sambal + sayur + jeruk nipis + timun + telur + ikan teri dan tomat), baik makanan itu dia suka atau tidak, seorang trophy hunter tetap memakannya sampai habis. Sedangkan yang paling ultimate adalah seorang completionist, karena mereka memakan makanan beserta dengan piringnya. 

Saya memulai cara bermain sebagai Trophy Hunter sejak tahun 2012, di saat saya pertama kali membeli console PS3. Saat itu saya sedang memainkan game Final Fantasy XIII, saat memainkan game itu saya cukup kebingungan dengan pop-up yang sering muncul di pojok atas layar TV diiringi dengan bunyi yang khas. Apa itu? apa fungsinya?? dan buat apa?. Jadi pertanyaan yang sering di tanyakan oleh member PS4 Indonesia, "trophy itu untuk apa?" sebenarnya sudah pernah saya pertanyakan sejak 10 tahun yang silam (2012).

Dari situ saya mulai sadar, kalau itu adalah reward trophy/ piala, yang muncul jika kita menyelesaikan sesuatu hal khusus yang ada di dalam sebuah game. Ternyata puncak dari kumpulan trophy set tersebut adalah Platinum Trophy. Pada saat itu saya langsung merasa cocok dengan gaya bermain mengejar trophy seperti ini, karena harga kaset PS3 pada saat itu cukup mahal, sekitar 300-400rb di FJB Kaskus, jadi saya merasa sayang jika tidak berlama-lama dengan game yang baru saya beli. 

Dengan bermain mengejar trophy saya merasa bermain game menjadi cukup sistematis dan ada sebuah GOAL yang harus dikejar, tentunya itu menambah motivasi saya dalam bermain sebuah game. Selain itu setelah mendapatkan platinum dari suatu game, rasanya saya bisa "merelakan" game tersebut dan meninggalkannya untuk selama-lamanya.

Pada tahun 2012, panduan untuk mengumpulkan trophy belum semudah dan sebanyak sekarang, bahkan untuk membuka trophy tertentu butuh mencari ke dalam forum-forum khusus yang cukup dalam. Saya membutuhkan waktu lebih dari 4 bulan, sampai akhirnya saya bisa mendapatkan platinum dari game Final Fantasy XIII. Dari situ juga saya mulai sadar, kalau ada yang namanya MISSABLE trophy, ONLINE Trophy dll, bahwa ada game yang tidak bisa saya dapatkan Platinumnya. Sungguh sebuah kenyataan yang pahit.

Untuk memulai menjadi trophy hunter tentu modal utamanya adalah dapat memahami artikel dalam bahasa inggris, karena pada poin-poin tertentu kita butuh pemahaman terhadap sesuatu yang kita baca. Jadi kita "belajar" bukan hanya saat mau ujian sekolah, tapi sebagai trophy hunter juga "belajar/membaca/memahami" artikel yang cukup panjang, sebelum memulai memainkan sebuah game. Dengan memahami ini jadi seakan-akan saya ada persiapan sebelum memulai sebuah game, dengan persiapan yang baik maka hasil akhirnya juga akan lebih baik.

Selain itu trophy hunter juga membutuhkan waktu luang yang lebih panjang, karena pola bermainnya cukup berbeda dengan casual gamer. Jika durasi sebuah game kebanyakan cuma 25 jam, biasanya saya sudah siap-siap mendobelkan angka itu menjadi 50 jam, waktu yang saya perkiraan untuk mendapatkan platinum dari game itu. Cuma semua kembali ke awal, kita harus bisa menikmati setiap prosesnya, jangan sampai waktu yang lama tersebut malah menjadi beban, karena main game itu untuk mencari kesenangan.

Di tahun 2022 ini untuk menjadi Trophy Hunter sudah sangat mudah, informasi dan komunitas Trophy Hunter sudah berkembang dengan pesat, baik pada media artikel ataupun panduan video di Youtube. Saran saya untuk memulai bermain menggunakan gaya bermain trophy hunter adalah dengan mencoba beradaptasi dan memulai dengan game-game yang mudah terlebih dahulu.

Game-game seperti : Ghost of Tsushima, Marvel's Spider-Man atau Horizon Zero Dawn, saya kira cocok mewakili bagi teman-teman yang ingin memulai menjadi seorang trophy hunter. Game di atas merupakan game AAA yang memiliki tingkat kesulitan rendah (3/10), durasi pendek sekitar 25 jam, serta hanya butuh 1x playthrough dalam mendapatkan platinum trophy-nya.

Untuk mengetahui tingkatan kesulitan, durasi lama platinum, dan panduan step by step biasanya saya menggunakan website inipsnprofiles.com, di dalam website tersebut sudah dibuatkan panduan secara sistematis dari awal sampai akhir game. Kita tinggal mengikuti panduan yang ada sambil sesekali berimprovisasi. Jadi jangan dikira seorang trophy hunter itu adalah seorang yang jago main game, itu salah, sebenarnya kita cuma jago "meniru" saja. Saya contohkan gambar di bawah ini panduan dari game Marvel's Spider-Man.

1. Hal yang perlu dipahami secara General
DIFFICULTY - Tingkatan kesulitan dalam mendapatkan Platinum, biasanya di tandai dengan nilai 1/10 untuk game yang paling mudah dan 10/10 untuk game yang sangat sulit. Saya biasa bermain di angka 1-7/10.
PLAYTHROUGH - Berapa kali kita harus menamatkan sebuah game, biasanya game-game tertentu memiliki 3-4 ending yang berbeda sehingga kita harus mengulang game tersebut sebanyak itu.
HOURS - Perkiraan jumlah jam yang dibutuhkan untuk mendapatkan platinum trophy dalam sebuah game.

2. Penjelasan Sub general
STORY - Trophy-trophy yang terbuka hanya dengan menyelesaikan misi-misi utama saja, misal setelah menyelesaikan chapter 1, 2, 3 dst.
UNMISSABLE - Trophy yang sangat jarang terlewatkan, biasanya kita di suruh mengumpulkan item A sebanyak 10 biji, sedangkan selama permainan kita pasti mengumpulkan item tersebut lebih dari 100 biji.
MISSABLE - Trophy yang bisa terlewati, jika sudah terlewat untuk mendapatkannya lagi kita harus mengulang game dari awal. Trophy yang cukup menjengkelkan menurut saya.
STACKABLE - Trophy yang di dapat biasanya dengan menyelesaikan tingkat kesulitan tertentu, misal kita langsung menyelesaikan trophy very hard, maka trophy hard, normal dan easy langsung terbuka secara berurutan.
BUGGY - Trophy yang biasanya bermasalah, di laporkan oleh beberapa pemain. Trophy nge-bug ini biasa terjadi saat kriteria untuk membuka trophy sudah terpenuhi namun trophy tetap tidak terbuka.
UNATTAINABLE - Trophy yang sudah tidak mungkin di dapatkan lagi. Hal ini bisa terjadi karena sebuah game yang memiliki online trophy dan sekarang tidak dapat diperoleh karena server dari game tersebut telah di tutup.
DIFFICULTY SPECIFIC - Trophy yang membutuhkan kita memainkan game pada tingkat kesulitan tertentu untuk bisa di buka, misal harus menamatkan game The Last of Us dalam level very hard.
TIME LIMITED - Trophy akan terbuka saat kita menyelesaikan persyaratan dalam batas waktu tertentu (misal selesaikan game dalam waktu kurang dari 6 jam, kalahkan bos dalam waktu kurang dari 10 menit dll).
COLLECTABLE - Trophy yang di dapatkan setelah kita mengumpulkan/memperoleh item dalam jumlah tertentu (misal temukan 50 bulu kucing, kumpulkan 60 relik dll). 
GRIND - Trophy yang membutuhkan banyak waktu, biasanya melakukan hal yang sama berulang-ulang untuk membuka trophy ini (misalnya mencapai level 100, membunuh monster X sebanyak 5.000x dll).

3. Online Fu*king Trophy
ONLINE REQUIRED - Trophy yang hanya membutuhkan koneksi online (tanpa PS+), tanpa harus bermain secara multiplayer atau co-op.
MULTIPLAYER ONLY - Wajib online menggunakan PS+, biasanya harus bermain secara multiplayer atau co-op.
ONLINE CO‑OP - Bermain 2 Player namun harus sama-sama online
OFFLINE CO‑OP - Bermain 2 Player lokal offline

Tentunya dalam mengejar platinum di sebuah game, sub-general-nya akan selalu berbeda - beda, semakin kompleks sub general maka akan semakin sulit untuk mendapatkan platinum pada game tersebut. 

Kalau Saya pribadi sudah jarang membaca dari awal sampai akhir, saya cuma baca di bagian RODMAP, lalu mengecek bagian MISSABLE Trophy, jika tidak ada, ya sudah saya akan memainkan game tersebut dengan tenang. Jika ada MISSABLE Trophy maka akan saya catat di stage berapa dan memahami apa yang membuatnya menjadi missable. Selain itu saya juga cek DIFFICULTY SPECIFIC Trophy, karena itu juga di perlukan saat mau memulai sebuah game.

Saya sangat menghindari game yang memiliki trophy online, karena trophy tersebut sangat ribet, membutuhkan koneksi internet yang waras, mengandalkan orang lain dan juga merepotkan juga. Online trophy kadang membutuhkan koordinasi tertentu dengan orang bule, beda zona waktu lagi. Selain itu juga saya membenci TIME LIMITED Trophy, karena dalam bermain game saya tidak suka di buru-buru, harus santai saja tidak boleh stress. 

Sebagai penutup, tentunya gaya bermain trophy hunter ini tidak selalu cocok dengan sebagian besar gamer, namun jika kamu belum mencobanya maka kamu tidak akan pernah tau, siapa tau gaya bermain seperti ini cocok untuk kamu. Seperti saya jelaskan di awal, bahwa seorang trophy hunter menghabiskan makanan dalam piring sampai habis, jadi seorang trophy hunter akan menikmati hidangan tersebut melebihi gamer casual, merasakan sesuatu yang tidak di rasakan oleh gamer casual, serta lebih menghargai jerih payah Koki yang sudah membuat makanan tersebut.

Jika sudah lama tenggelam dalam trophy hunter ini, maka kamu bahkan bisa "merasakan" trophy set yang di buat oleh developer itu apakah memang bagus, atau sekedar asal-asalan saja. Trophy set yang di buat untuk memaksimalkan potensi sebuah game atau hanya kumpulan trophy yang di buat sebagai pelengkap saja. Tidak itu saja, dengan melihat kumpulan trophy set yang sudah pernah kita paroleh pun bisa memicu otak kita untuk sekilas mengingat kenangan/memory saat kita mem-platinumkan game tersebut / ada kenang-kenangannya.

Bagi saya trophy hunter adalah sebuah "Art /Seni" dalam memainkan sebuah video games, suatu "cerita" yang kelak bisa saya wariskan kepada seseorang :).

Semoga artikelnya bisa bermanfaat dan terima kasih.

*Spesial Thank untuk agan Stefanus Senjaya yang sudah memberikan saya kaos Trophy Hunter yang super keren di atas. Yang mau order silakan hub FB doi ya.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.