Membongkar dan Membersihkan PS4 Pro

Intermeso dulu, Saya beli PS4 pro ini second hand alias bekas, tangan pertama pada 24 Mei 2017, anggaplah orang pertama sudah memakai PS4 Pro ini selama 6 bulan, awal PS4 Pro release, jadi bisa di kira-kira umur PS4 Pro saya sekitar 2 tahun 2 bulan

Saya bermain game sehari sekitar 4-5 jam di hari biasa dan bisa sampai 13-15 jam di hari weekend kalau tidak ada kegiatan lain, mainnya pada suhu ruangan biasa kadang menggunakan Air Conditioning. Jadi kesimpulannya PS4 Pro kerjanya lumayan berat, dan lagi di rumah saya ada kucing oreng jadi memang bulunya ada di mana-mana. Posisi rumah tidak pada jalan utama jadi debu lalu lalang kendaraan tidak terlalu banyak.

Perlunya membersihkan PS4 Pro ini sebenarnya pertama kali saya rasakan saat memainkan game God of War sekitar bulan April 2018, untuk pertama kalinya saya mendengarkan suara PS4 Pro saya berbunyi sangat-sangat kencang sekali seperti Pesawat Jet luar angkasa mau lepas landas dari Bumi, saat saya cari-cari di internet memang game itu memaksakan kerja PS4 Pro untuk mengeluarkan semua tenaganya atau mungkin game nya ada bug nya. 

Kurang lebih seperti ini lah suaranya (youtu.be/1gs3BrkgEJE), dan jujur itu sangat-sangat mengganggu, sampai volume tv aja kalah dengan kebisingan suara kipas yang berputar sangat kencang. Hingga saya harus menurunkan resolusi PS4 Pro saya ke 1080p supaya suara kipas nya berkurang. Setelah itu game yang sudah support 4K seperti Horizon Zero DawnMarvel's Spider-ManRed Dead Redemption 2Days Gone suara kipas sangat mengganggu. 

Akhirnya saya putuskan untuk melakukan Project Membongkar PS4 Pro saya dengan melengkapi persiapan yang di butuhkan sejak bulan lalu. Sebelumnya  saya sudah sering membersihkan lubang-lubang penyedot udara yang berada di pinggir-pinggir dari PS, hingga buka cover atas yang tidak memerlukan buka baut/segel, dengan membongkar cover atas kita bisa membersihkan kipas bagian atas. Biasanya PS4 Pro saya bersihkan kalau saya mau game yang sekiranya berat-berat.

Sebelum membongkar PS4 Pro ini tentunya kita membutuhkan thermal paste, saya cari di Tokopedia, saya membeli thermal paste merek Thermal Grizzly Kryonaut yang infonya merupakan thermal paste TERBAIK untuk saat ini. Saya mendapatkannya dengan harga 80rb ukuran 1 Gram. 

Setelah itu saya membutuhkan Obeng 37 in One lengkap yang saya beli di Miniso seharga 60rb bisa juga di beli di Tokopedia. Untuk persiapan lainnya tissue/ kain mikro fiber kalau ada, tissue yang mengandung 70% alkohol saya dapat dari bonus beli Grizzly Kryonaut dan cotton bud secukupnya untuk menjangkau daerah-daerah yang sempit.


Sebenarnya untuk panduan membongkar PS4 Pro, sudah sangat banyak, saya sudah menonton puluhan video tear down PS4 Pro, namun saya mengambil referensi dari dua sumber berikut ini yang saya anggap paling mudah di pahami dan diikuti step by step nya :

1. youtu.be/YfEsR0a6CUY (panduan video)
2. ifixit.com/Teardown/PlayStation+4+Pro+Teardown/72946 (Panduan gambar)


Sebelum membongkar PS4 Pro ini saya tidak memainkan PS4 Pro ini sehari semalam, melepaskan kabel power dan HDMI sehingga PS4 Pro saya sama sekali tidak meninggalkan listrik statis di dalam nya, saya tahu hal ini dari teknisi laptop yang menggunakan meja khusus anti listrik statis yang kadang bisa merusak komponen sensitif yang hanya kita pegang saja. 

Saya memulai pagi hari jam 7.30 Pagi selesai sekitar jam 12 Siang, karena masalah obeng yang tidak cocok nanti saya ceritakan, ayo kita mulai step by step nya. (Klik gambar untuk membesarkan ukuran supaya lebih jelas)
A. Pertama-tama adalah melepas hardisk pada bagian belakang PS4, saya tinggal melepas pelindung hardisk, saya menggunakan tangan dan tidak kuat, akhirnya saya menggunakan obeng minus untuk mencongkel pelindung hardisk, dan melepas 1 baut plus, dan menarik perlahan keluar hardisk PS4 Pro.

B. Setelah itu, letakkan hardisk pada tempat yang aman, selanjutnya adalah melepas 2 segel (garansi akan void kalau PS4 masih dalam masa garansi) dan 1 baut lagi pada bagian belakang PS4 Pro dengan obeng Miniso yang saya punya, dan ternyata oh ternyata, masalah muncul di awal-awal, ternyata semua obeng lengkap Miniso saya tidak ada yang cocok.  

Obeng yang dibutuhkan adalah model TR8 Torx Security Screwdriver, yakni obeng model torx yang di tengahnya ada lubang nya, akhirnya tanpa putus semangat saya akal-in membukanya menggunakan obeng minus, di putar pelan-pelan supaya tidak merusak obeng dan baut, hal sepele yang akhirnya membutuhkan waktu paling lama.. Tapi harus tetap semangat. :D
C. Setelah 3 baut belakang di lepas, maka kita bisa buka cover plastik bagian bawah, dengan mulai membuka pada bagian samping belakang nya, untuk lebih detail tentunya bisa cek di video panduan, setelah cover bawah terbuka terlihatlah debu di mana-mana, berikut ini penampakan debu yang sudah menumpuk selama 2 tahunan.
D. Selanjutnya lepaskan 11 baut berwarna silver (tanda warna kuning) menggunakan obeng TR8, lalu lepas 11 baut warna hitam (tanda warna merahdengan obeng plus ukuran #0. 

Setelah semua baut terlepas, lepas juga 3 kabel antena dengan menarik kepalanya perlahan, singkirkan kabel antena ini ke bagian samping yang sekiranya aman, setelah itu kita bisa melepas besi pelindung bagian bawah.

E. Setelah cover pelindung terbuka, kita bisa melepas 7 kabel data yang terhubung dengan motherboard (tanda merah) dengan menarik permukaan keras berwarna biru, kabel data yang paling besar no. 7, kita harus buka menguncinya terlebih dahulu baru di tarik permukaan biru nya. Setelah itu lepas 8 baut pelindung CPU dan GPU (tanda kuning), setelah itu congkel penutup nya dengan kuku, maka akan terlihat bracket X CPU.
F. Lepas 4 baut plus pada bracket X CPU (tanda merah), untuk info perhatikan posisi thermal pad (tanda kuning) yang menempel pada permukaan aluminium, pastikan semua ada pada posisinya (kadang menempel pada ram motherboard). Thermal pad ini fungsinya sebagai pengantar panas dari RAM ke permukaan aluminium di atasnya. 

Setelah melepas X bracket, akan ada satu pelindung terbuat dari plastik, pelindung ini tinggal kita angkat, cuma angkat perlahan-lahan karena ada satu sisinya yang sedikit susah untuk di angkat, kalau di paksa bisa patah.
G. Pada bagian bawah PS4 sudah selesai, selanjutnya kita balik posisi PS4 Pro, kita buka cover plastik bagian atasnya, saat membalik pastikan di bawahnya ada alas, atau taruh kain, tissue atau alas karpet supaya empuk. Untuk membuka cover plastik bagian atas silahkan cek di video karena susah untuk menjelaskan nya. Video menit 1:30.
H. Setelah cover atas terbuka, selanjutnya adalah melepas baut yang menempel di Power Supply, total ada 5 baut warna silver, 2 baut berukuran panjang dan 3 pendek. Cover aluminium pipih dan besar yang terlihat sangat mencolok ini merupakan pengantar panas dari power supply untuk keluar keluar.
I. Setelah semua baut di lepas, perlahan-lahan angkat power supply ke atas, tarik secara bersamaan bagian pinggir-pinggir nya, agak sedikit berat di awal, setelah terangkat secara keseluruhan balik power supply letakkan di atas permukaan PS dan lepas 1 kabel socket power, seperti gambar di bawah.
J. Setelah power supply terlepas maka kita bisa melepas motherboard pada sisi sebaliknya, putar posisi PS4 perlahan-lahan karena sudah tidak ada pengunci dari motherboard. Angkat motherboard perlahan-lahan maka kita akan melihat thermal paste pada CPU dan GPU. 

Jujur saat melihat kondisi thermal paste nya saya kaget, karena kondisinya masih cukup basah dan masih layak pakai, saya bilang seperti itu karena saya pernah melihat kondisi thermal paste pada laptop yang sangat kering sampai bisa di patahkan kayak kapur.
K. Taruh motherboard pada tempat yang aman, langkah selanjutnya adalah melepas cover heat sink, dengan cara melepas 2 baut silver (tanda merah), perhatikan posisi thermal pad tetap pada posisinya (tanda kuning). 
L. Lalu angkat cover heat sink, pada bagian ini yang dari awal saya anggap paling banyak debu dan bulu kucing oreng, dan ternyata memang benar. Bulu kucing dan debu menumpuk menjadi satu menutupi sirkulasi udara masuk ke dalam copper heat sink, Just info pada bagian ini yang memakan waktu cukup lama untuk di bersihkan, karena harus benar-benar bersih saya merasa bagian ini merupakan komponen utama pengantar panas dari CPU dan GPU PS4 Pro.
M. Terakhir adalah melepas kipas dari PS4, karena pada bagian kipas ini sudah sering saya bersihkan dengan hanya melepas cover plastik bagian atas PS4 Pro jadi kondisinya tidak terlalu kotor. Untuk melepas kipas tinggal melepas 2 baut silver (tanda merah).
N. Setelah semua bagian terpisah dan terurai, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian-bagian yang berdebu, tentunya saya memfokuskan pada heat sink dan kipas, pada kipas saya menggunakan cotton bud, yang sedikit sekali di basah in, pastikan saja tidak ada air berlebih, hanya usapan yang langsung kering, memang bagusnya adalah menggunakan 100% alkohol supaya langsung menguap. 

Pada heat sink saya menggunakan bantuan batang lidi kecil sesuai ukuran lubang heat sink, supaya bisa mencakup sampai dalam dengan kain tipis, kalau pada bagian ini bagusnya menggunakan vacuum cleaner.  Sisa thermal paste pada CPU dan Copper head sink saya bersihkan menggunakan cotton bud lalu usap menggunakan tissue ber alkohol bonus dari beli Grizzly Kryonaut

Sisanya bersihkan debu-debu tipis pada cover-cover aluminium, motherboard, sisi-sisi tempat masuk angin nya PS4, bagian belakang, bagian dalam power supply yang terlihat dan pada bagian mana saja yang sekiranya ada menempel debu menggunakan tissue kering. Sayang saya lupa foto heat sink saat setelah di bersihkan.

O. Setelah semua bersihpasang kipas dan cover heat sink seperti biasa. Poin K pada artikel ini.
P. Langkah selanjutnya adalah memasang thermal paste baru Thermal Grizzly Kryonaut, cara aplikasinya saya letakkan memanjang, seperti gambar di bawah, saya sudah melakukan reset cara aplikasi thermal pasta, dan kesimpulan yang bisa saya rangkum adalah semua sama aja mau model Dot satu titik di tengah, buat simbol X atau langsung di ratakan

Kalau dari segi jumlah thermal paste yang di aplikasi kan ke permukaan CPU malah lebih baik kebanyakan dari pada kurang, saya berkaca dari thermal paste bawaan PS4 Pro aja yang sampai keluar-keluar. 

Karena bentuk CPU PS4 Pro memanjang jadi logika saya kalau saya taruh 1 titik di tengah takutnya sisi-sisi yang panjang tidak terjangkau, kalau menggunakan simbol X juga bentuk X nya tentunya akan jelek dan akan banyak keluar, jadi fix saya memilih untuk meletakkannya memanjang. 
Q. Selanjutnya tinggal pasang motherboard, cara pasang motherboard harus perlahan-lahan karena sudah ada thermal paste pada CPU, saya tidak mau thermal paste berantakan tidak pada posisi yang pas. 

Trick nya saya masukan miring dulu (lihat gambar di bawah), masukan port - port LAN, HDMI dll pada posisinya (arah panah merah), perhatikan gambar di bawah, lalu kalau sudah ada pada posisinya tinggal turunkan secara perlahan, pada sisi-sisi motherboard sebenarnya sudah ada lubang-lubang yang akan menuntun motherboard untuk pada posisinya yang tepat.
R. Setelah itu tekan secara perlahan dan pastikan posisi motherboard sudah tepat, hal ini tentunya akan membuat thermal paste yang sudah kita letakkan di CPU akan menyebar dengan sendirinya. Lalu tinggal pasang terlebih dahulu 11 baut hitam agar posisi motherboard tertahan. Kembali ke Poin D pada artikel ini.

S. Pasang pelindung pelasik pertama dan berikutnya pasang bracket X CPU, pada poin ini pastikan saat memasang 4 baut pada bracket X pada kondisi yang benar-benar kencang jangan sampai ada yang longgar, karena ini pengunci lempeng copper heat sink, permukaan CPU dan thermal paste. Setelah sudah yakin aman pasang cover pelindung X bracket seperti biasa.
T. Balik posisi PS4, lalu pasang Power supply seperti biasa, jangan lupa connector nya di pasang dulu. setelah itu pasang 5 baut silver power supply.


U. Balik lagi posisi PS4 pasang 11 baut silver, karena kita harus memasang power supply terlebih dahulu baru bisa memasang baut 11 silver secara keseluruhan.


V. Pasang 3 kabel antena dan 7 kabel data, pastikan semua sudah ter terpasang dengan sempurna, lakukan cross check 2-3 kali untuk memastikan semua sudah terpasang dengan tepat baik baut atau hal-hal lainnya. karena kita sudah berada di tahapan akhir dari Game ini.
W. Pasang cover plastik bagian bawah PS4, pasang 3 baut di luar, lalu pasang hardisk dan pelindung hardisk, balik lagi posisi PS4 pasang cover bagian atas dan Done :D.


X. Selanjutnya tinggal melakukan test menyalakan PS4 Pro, test menyala menggunakan tombol fisik power, test tombol eject bluray, jika sudah oke masuk ke test menu, test koneksi wifi dan port network dll apakah berjalan dengan normal. Jika berjalan dengan normal, coba 


Y. Overall membongkar dan membersihkan PS4 Pro saya rasa tidak sulit sama sekali, asal kita sudah tau dari awal-step by step nya, dan tentunya di dukung dengan obeng yang tepat. 

Saya juga menggunakan karet gelang sisa nasi padang untuk mengelompokkan baut (lihat gambar di bawah), baut di kelompokan dari awal di lepas sampai terakhir jadi saat memasang kembali tidak ada baut yang tersisa dan semua menempel sesuai dengan lubang baut nya masing-masing, dengan bantuan foto pun bisa menjadi dokumentasi dan tau posisi-posisi baik kabel atau baut, kita juga bisa melihat video panduan di youtube jika lupa step urutan memasang kembalinya.
Z. Kesan saya setelah mengganti thermal paste dan membersihkan PS4 Pro saya, suara kipas PS4 Pro saya jadi sangat sunyi, jujur saya sangat kaget, sampai-sampai tidak bersuara, tanpa basa-basi saya langsung mencoba memainkan game Sekiro: Shadows Die Twice, game ini sudah saya tamatkan 3x jadi saya paham sekali pada posisi mana kipas berputar sangat kencang, dan setelah ganti thermal paste ini. 

Sama sekali tidak terdengar suara putaran kipas yang kencang pada poin game tertentu, tentunya saat memainkan game nya volume TV dan kipas angin saya matikan, benar-benar hening, saya coba cek panas di atas PS4 pro normal, buangan angin belakang normal, sedotan udara di samping juga aman. 

Alhamdulillah akhirnya project ini berjalan dengan lancar dan hasilnya pun sangat memuaskan, saya benar-benar tidak mengira akan se hening ini, dan tentunya akan saya update kedepan nya, karena saya rencana akan memainkan Detroit: Become Human.
Semoga informasinya bermanfaat. 

7 comments:

  1. Gan ente tah tempat jual share akun ps4 yang udah ada gamemya gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di fjb game ps4 di facebook, sempat lihat beberapa yg jual sepaket..

      Delete
  2. Wah gan, artikelnya dalem2. Mending bikin situs game deh. Ane akan jdi pembaca setia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Arie, saya cuma ingin berbagi aja sih dengan temen2 pengguna PS4 baru.. karena di forum2 saya sering melihat pertanyaan2 yg berulang2 jadi mending saya buat artikelnya semoga bisa bermanfaat.

      Delete
  3. Gan, mau tanya nih kok pas ane input alamat abis input kredit card jenius malah error dan suruh liat info yg ada dri credit card kita? alamatnya mesti sesuai dengan apa ya? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu sering begitu mas, tapi setelah pake jaringan telkomsel jadi lancar, dan sekarang pake indihome jadi lancar juga, ga tau deh kenapa itu

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.