Perlukah TV/Monitor Dengan Refresh Rate Tinggi Saat Bermain PS4?

Sebelum kita mulai Refresh Rate adalah salah satu aspek paling membingungkan dari teknologi TV, dan perusahaan pembuat TV pun tidak berbuat banyak untuk menjelaskan nya, yang mana biasanya refresh rate tidak di tulis dalam spesifikasi dari TV. Refresh Rate sendiri adalah sebuah angka yang digunakan untuk menghitung perubahan setiap gambar pada TV kita dalam hitungan per detik, semakin tinggi Refresh Rate maka diklaim gambar yang di hasilkan juga akan semakin halus pergerakan nya. Kebanyakan TV terbaru yang di jual di pasaran memiliki 60hz (satuan hertz), beberapa TV LCD lama masih memiliki 24hz dan sebaliknya monitor gaming high end yang sudah menembus angka 240hz. Dari penjelasan di atas tentunya timbul pertanyaan bagi kita semua, apakah perlu kita membeli TV/ monitor dengan Refresh Rate tinggi untuk bermain PS4?
Sebelumnya penjelasan yang sering membingungkan antara Refresh Rate dan Frame Per Second (FPS),  FPS adalah sebuah angka yang digunakan oleh sebuah hardware untuk menghasilkan gambar dalam hitungan detik dan ini ada pada hardware komputasi grafis (GPU/VGA) (Komputer, PS4), sedangkan Refresh Rate posisinya ada display atau output (TV, Monitor) untuk menampilkan gambar dari hardware pemberi gambar. 
Mari kita ulas, karena kita pengguna console, khususnya PS4 maka, yang pertama kita lakukan adalah mengecek sampai se kuat apa hardware PS4 bisa menghasilkan FPS, setelah saya cek lebih dalam ke spesifikasi PS4 dan juga sesuai dengan pengalaman saya, semua varian (fat, slim dan pro) dan ternyata maximal adalah resolusi 1080p di 60 fps, dan itu pun tentunya tidak semua game, hanya beberapa game yang bisa di angkat oleh mesin PS4 untuk berjalan di 60 fps. Langkah selanjutnya saya mengecek spesifikasi TV saya, mampu menerima dan menampilkan hingga berapa hertz (hz), saya menggunakan TV 4K KU6300 (2016) dan saat cek di spesifikasi pada setting an, maksimal TV ini mampu mengeluarkan Output hingga 60hz. 
Jadi kesimpulannya adalah PS4 Pro Saya sudah menampilkan gambar semaksimal mungkin dan display TV saya sudah menampilkan performa sebaik mungkin yang di terima dari PS4 Pro. Sehingga gambar yang muncul tentunya kualitas ter maksimal yang bisa  di berikan oleh PS4 Pro dan di terima oleh mata kita. Saat pertama kali PS4 dinyalakan, biasanya muncul peringatan pada TV kita kalau PS4 ini jalan di berapa hz.
Dari sedikit percobaan di atas, maka muncul pertanyaan, bagai mana jika saya menggunakan PS4 Pro saya yang cuma maksimal hanya bisa menghasilkan maksimal 60 fps sedangkan menggunakan monitor gaming terkini yang sudah memiliki Refresh Rate 240hz? Setelah saya mencari dari berbagai macam sumber, ternyata monitor dengan Refresh Rate 240hz hanya berguna atau ngefek saat kita menggunakan PC dengan spesifikasi yang tentunya bisa menghasilkan 240 FPS juga, itu pun harus menggunakan kabel khusus dan software khusus yang ter install di komputer tersebut. Saat kita menggunakan HDMI dan PS4 maka monitor tersebut akan otomatis mendeteksi Refresh Rate 60hz.
Pertanyaan berikutnya adalah, bagai mana kalau TV yang saya gunakan masih model TV lama dan hanya mendukung hingga 24hz? sedangkan PS4 Pro bisa menghasilkan 30-60FPS, jawabanya adalah, biasanya gambar game yang kita mainkan saat bergerak akan patah-patah, hal ini biasa saya temukan saat bermain game 3D di komputer jadul atau dulu saat nonton VCD di monitor yang masih model tabung.
Jadi kesimpulan akhirnya dari pertanyaan di judul ini adalah, kita tidak perlu menggunakan monitor dengan frame rate tinggi untuk memainkan game-game di PS4, karena TV yang kita gunakan sekarang ini sudah cukup untuk semua itu. Berbeda jika kita menggunakan PC Rig dengan spesifikasi 4K 60fps, mungkin monitor dengan Refresh Rate tinggi akan sangat berpengaruh. Saya pernah menonton video dari Linus Tech Tips, dia membandingkan monitor dengan 60, 144 dan 240Hz dan digunakan untuk bermain CS GO, dan player yang menggunakan monitor dengan 240hz lebih sering berhasil menembak dengan Sniper di bandingkan 60/144hz, itu menandakan hasil gambar yang dihasilkan oleh monitor 240hz lebih mulus, tapi perlu di ingat dengan spesifikasi PC yang harus tinggi juga.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.